6 Kamera Mirrorless & DSLR Canon Terbaik 2021, Mana Favorit Kamu?

Untuk menentukan kamera Canon terbaik menurut Anda kini pasti sedikit lebih rumit daripada beberapa tahun yang lalu.

Hal ini disebabkan Canon menawarkan banyak ragam model kamera yang disesuaikan dengan semua jenis fotografer, seperti kamera mirrorless, DSLR, full-frame dan APS-C. Belum lagi ditambah dengan kamera seri premium yang mengesankan.

Tapi tidak perlu khawatir, kami melakukan beberapa hal untuk mengatasi kebingungan anda dengan merangkum kamera terbaik dari semesta kamera Canon.

Kami telah menyertakan masing-masing model kamera Canon yang ada di pasaran secara menyeluruh, dari model lama hingga flagships baru.

Hampir semua orang tahu bahwa Canon adalah pemain besar di pasar DSLR. Meski akhir-akhir ini juga berkonsentrasi untuk merilis model mirrorless yang luar biasa juga.

Pengenalan yang relatif baru dari Canon EOS R5 dan R6 merupakan kamera foto terbaik Canon. Canon EOS R5, khususnya, menawarkan kekuatan yang fantastis melalui sensor full-frame.

Jika anda memiliki anggaran yang terbatas, jajaran DSLR dan mirrorless masih menawarkan kualitas yang baik .

Contohnya pada kamera Canon EOS M50, yang kami rekomendasikan sebagai kamera perjalanan kecil yang rapi dan bisa juga digunakan sebagai kamera sehari-hari.

Mari kita ulas beberapa rekomendasi model kamera Canon terbaik yang masih bisa menjadi pilihan anda untuk digunakan di tahun 2021.

1. Canon EOS R5

Spesifikasi :

SensorCMOS full frame
Megapiksel45
AutofokusAF 5.940
Jenis layarlayar sentuh miring 3,15 inci, titik 2,1m
Kecepatan pengambilan gambar20fps
Film8K
Tingkat penggunaPenggemar / ahli fotografi
Spesifikasi Canon EOS R5
Canon EOS R5
Canon EOS R5

Canon EOS R5 merupakan kamera terbaik yang paling tepat untuk digunakan seorang fotografer, terutama jika anda menghabiskan waktu untuk melakukan seni still fotografer. Faktanya, bahwa tidak pernah ada kamera Canon yang lebih baik untuk aktifitas tersebut.

Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang fantastis, fokus otomatis yang sangat mengesankan, dan masa pakai baterai yang layak. Desain bodinya juga didesain dengan perhitungan yang matang, layar sentuh yang bagus dan jendela bidik elektronik yang luar biasa.

Meskipun ada spesifikasi video 8K yang menarik perhatian utama, namun kami tidak menyarankan seorang videografer untuk memilih model ini.

Karena EOS R5 ini hanya menyediakan waktu perekaman video maksimal 20 menit sebelum akhirnya mesin kamera ini mengalami peningkatan temperatur dan secara otomatis akan berubah pada mode standby.

Tentu segala keunggulan EOS R5 harus ditebus dengan mahal, harga pasaran di Indonesia yaitu 80an juta. Fantastis bukan? Namun ini akan sesuai dengan hasil yang diberikan.

2. Canon EOS R6

Spesifikasi :

SensorCMOS full frame
Megapiksel20.1MP
AutofokusAF 6.072
Jenis layarlayar sentuh vari-angle 3 inci, 1.620K
Kecepatan pengambilan gambar12fps
Film4K / 60p
Tingkat penggunaMenengah / ahli fotografi
Spesifikasi Canon EOS R6
Canon EOS R6
Canon EOS R6

Secara teori, Canon EOS R6 adalah versi R5 yang lebih terjangkau dengan fitur yang diturunkan. Pada kenyataannya, ini adalah salah satu model terbaik yang bisa dijangkau oleh banyak konsumen.

Pada resolusi 20,1MP, sensor full-frame-nya memiliki jumlah piksel yang lebih rendah daripada EOS 6D Mark II. Meski resolusi videonya tidak mendekati 8K yang ditawarkan oleh R5, namun kualitas 4K masih bisa dinikmati sebagai konten pada media sosial.

Dengan menggunakan kecepatan 12fps EOS R6 cukup untuk menjepret objek yang bergerak sekalipun. Autofokus Piksel Ganda benar-benar cepat dan akurat, sehingga menghasilkan pengambilan gambar yang stabil.

Sedikit kekurangan pada EOS R6  adalah anda benar-benar harus memicingkan mata untuk melihat piksel yang kurang detail pada layar display membuat kurangnya detail di bawah sinar matahari yang cerah, tetapi reproduksi warna sudah sangat baik, dengan penanganan noise baik, dan kualitas gambar secara keseluruhan bisa dibilang mengesankan.

Kamera Canon EOS R6  ini memiliki harga pasaran di Indonesia 18 – 19 Juta.

3. Canon EOS 250D

Spesifikasi :

SensorCMOS APS-C
Megapiksel24.1MP
AutofokusAF 9, Dual Pixel CMOS AF
Jenis layarlayar sentuh vari-angle 3 inci, 1.040.000 dots
Kecepatan pengambilan gambar5fps
Film4K UHD
Tingkat penggunaPemula
Spesifikasi Canon EOS 250D
Kamera Mirrorless & DSLR Canon Terbaik
Canon EOS 250D

Canon EOS 250D adalah model DSLR untuk level pemula yang memiliki antusiasme tinggi belajar fotografi. Dilengkapi dengan sistem Dual Pixel CMOS AF yang bekerja dengan baik secara konsisten menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Bodinya yang kecil, ringan dan enak dipegang, didukung dengan layar sentuh yang responsif membuat 250D nyaman digunakan.

Tentu, sistem AF 9 tidak terlalu menghasilkan gambar yang tajam, tetapi 250D adalah kamera serba bisa yang memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada orang yang baru saja akan membeli kamera untuk pertama kalinya. Kamu bisa mendapatkan kamera ini di kisaran harga 7 jutaan.

4. Canon PowerShot G7 X Mark III

Spesifikasi :

JenisKompak
Ukuran sensortipe 1.0
Resolusi20.1MP
Panjang fokus efektif24-100mm
ViewfinderTidak ada
MonitorLayar sentuh sudut kemiringan 3,0 inci
Resolusi film maks4K
Ukuran, berat105,5 x 60,9 x 41,4mm, 304g
Spesifikasi Canon PowerShot G7 X Mark III
Canon PowerShot G7 X Mark III
Canon PowerShot G7 X Mark III

Kamera model ini populer di kalangan vlogger, ini adalah seri terbaru dari keluarga Canon G7X. Masih dengan sensor satu inci 20,1MP yang sangat mumpuni, dilengkapi dengan perekaman video 4K yang tidak terpotong, dan, sesuatu yang telah diminta berkali-kali oleh para pengguna sebelumnya, soket mikrofon.

Itu berarti Anda dapat meningkatkan dengan menggunakan mikrofon eksternal. Selain itu, kamera canon G7X mark III dapat melakukan streaming langsung ke YouTube, sehingga Anda dapat melakukan aktifitas vlog langsung tanpa harus melakukan downgrade menggunakan smartphone.

Pengisian daya USB adalah fitur hebat lainnya yang berarti anda mengisi daya saat bepergian, terutama jika Anda telah merekam banyak video 4K. Kamera ini berada di kisaran harga 7 jutaan di Indonesia.

5. Canon EOS M6 Mark II

Spesifikasi :

JenisMirrorless
Ukuran sensorAPS-C
Resolusi32.5MP
Panjang fokus efektifN / A
Jendela bidikTidak terpasang
MonitorLayar sentuh vari-angle 3,0 inci
Resolusi film maks4K 30p
KonektivitasWi-Fi, NFC, Bluetooth
Ukuran, berat119,6 x 70 x 49,2mm, 408g
Spesifikasi Canon EOS M6 Mark II
Canon EOS M6 Mark II
Canon EOS M6 Mark II

EOS M6 Mark II hadir sebagai kamera kompak yang serba bisa. Bentuk yang ringkas sebagai pilihan tepat untuk teman perjalanan. Dilengkapi dengan soket input mikrofon dan layar yang menghadap ke depan untuk memudahkan para vlogger.

Tubuh mungil EOS M6 Mark II menampung sensor APS-C 32,5MP, bekerja dengan prosesor gambar Digic 8, menawarkan pengambilan gambar kontinyu hingga 14fps – bagus untuk memotret aktifitas olahraga, kehidupan liar, fotografi jalanan, dan lebih banyak lagi.

Meski bentuknya kecil, tapi harganya lumayan lho. Berada di kisaran 12 jutaan untuk pasar di Indonesia.

6. Canon EOS 90D

Spesifikasi :

SensorCMOS APS-C
Megapiksel32.5MP
AutofokusAF 45
Jenis layarlayar sentuh artikulasi 3,0 inci, 1.040K
Kecepatan pengambilan gambar11fps
Film4K / 30p
Tingkat penggunaAntusias
Spesifikasi Canon EOS 90D
Canon EOS 90D
Canon EOS 90D

EOS 90D adalah kamera pertama dari jenis DSLR yang memiliki sensor 32,5MP dan prosesor Digic 8. Hal ini memberikan kemampuan untuk menangkap video 4K hingga 30fps.

Ada juga sensor pengukuran baru di bawah kap dan kinerjanya luar biasa, memperlihatkan area cahaya dan bayangan mendekati kesempurnaan. Namun karena kepadatan piksel yang tinggi pada sensor crop, performa noise bukanlah yang terbaik, tetapi masih dalam batas yang wajar.

Baterainya memiliki peringkat CIPA 1.300 bidikan yang jauh lebih dari apa yang anda dapatkan dari kamera mirrorless di level yang sama. Secara keseluruhan, kamera ini sangat serbaguna bagi siapa saja yang lebih menyukai pengalaman DSLR.

Cukup dengan menyediakan bujet sebesar 17jutaan, kamu bisa mendapatkan kamera ini dengan lensa bawaanya.

Baca juga :

  1. 7 Hp Kamera Instagramable Terbaik, Mulai 1 Jutaan!
  2. Rekomendasi 10 Kamera Vlog Terbaik

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi kamera Canon dengan performa yang bagus dan bersaing dengan pabrikan lain. Namun 6 ulasan diatas merupakan hasil rangkuman dari beberapa halaman website yang khusus mengulas tentang kamera dan juga memperhatikan komentar para pengguna. Semoga ulasan ini bisa memberikan solusi bagi anda yang ingin membeli kamera Canon, tentu menyesuaikan kebutuhan dan bujet anda.