Kelebihan dan Kekurangan OPPO A92

OPPO kini hadir dengan berbagai tipe ponsel yang semakin menarik. Seri baru sudah beredar di pasaran dengan harga yang semakin terjangkau yaitu sekitar 2-4 jutaan saja. Pecinta ponsel OPPO tentunya semakin disuguhi banyak pilihan untuk ponsel keren dengan harga yang murah.

OPPO memiliki seri ponsel yang sangat unggul dan banyak dicari pecinta ponsel, salah satu seri yang banyak dicari adalah OPPO seri A. Dan yang terbaru dari seri A pun sudah keluar di tahun ini, yaitu OPPO A 92.

Dari namanya bisa ditebak kalau OPPO A92 ini adalah penerus dari OPPO A91 yang rilis waktunya juga memang tidak terlalu lama. OPPO A91 diluncurkan di Indonesia pada Mei 2020 sedakan seri A92 diluncurkan pada Mei 2020.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A92

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A92

Jika Anda berminat untuk membeli ponsel baru dan tertarik untuk membeli ponsel merk OPPO seri terbaru dari OPP ini patut Anda pertimbangkan. Meskipun dalam segi perilisan ponsel OPPO A91 dan A92 ini tidak begitu jauh, tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan dari ponsel ini.

OPPO A92 ini secara bentuk fisik sangat mirip dengan OPPO A52 bagai pinang dibelah dua. Tetapi ada banyak perubahan dan perbedaan yang sangat mencolok dari kedua seri ini.

Sebelum kami jabarkan kekurangan dan kelebih dari OPPO A92, sebaiknya Anda tahu spesifikasi lengkap dari OPPO A92 berikut ini :

Spesifikasi OPPO A92

  • Rilis : Mei 2020
  • Layar : IPS LCD 6.5 inches 1080×2400 piksel
  • Chipset : Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11nm)
  • CPU : Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Micro SDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang : Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan : 16 MP
  • Baterai : Non-Removable Li-Po 5000 mAh
  • Kelebihan OPPO A92

OPPO A92 dilengkapi dengan sejumlah kelebihan yang patut diacungi jempol. Segmen dari ponsel yang satu ini juga dibuat lebih tinggi, terlebih bagi mereka yang membutuhkan ponsel dengan daya banting multitasking yang tinggi. Dan bagi Anda yang suka dengan kualita kamera yang super jernih.

Baca juga : Dihargai Rp4,1 Juta, Oppo A92 Ponsel Gaming Cocok untuk Lebaran

AI Quad Camera dengan Resolusi 48MP

AI Quad Camera dengan Resolusi 48MP

OPPO A92 dilengkapi dengan empat buah kamera atau dikenal dengan istilah AI Quad Camera yang didesain dengan bentuk L pada bagian belakang. Yang membedakan dari seri A sebelumnya, OPPO A92 ini kamera utamanya dibekali dengan resolusi yang jauh lebih besar.

Kamera belakang yang beresolusi 48 MP dilengkapi dengan kamera Ultrawide 8MP dan 2MP kamera depth. Dengan kualitas gambar seperti ini tentu saja kualitas gambar sangat bagus dan detail. Sehingga bisa dibandingkan dengan kamera profesional.

Untuk Anda yang sedang mencari ponsel dengan hasil video anti shaking, Anda bisa mengAndalkan OPPO A92 ini. Pasalnya ponsel ini dilengkapi dengan fitur anti getar ketika Anda membuat sebuah video. Sehingga hasil dari video lebih stabil.

Ditambah dengan kualitas video hingga 4K yang membuat resolusi dari video yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan tajam. Sedangkan kamera depan dilengkapi dengan resolusi kamera 16 MP yang dengan fitur AI beautification sehingga hasil foto lebih cantik.

Dilengkapi RAM dan Memori Internal Yang Besar

Untuk Anda yang senang membuat video atau berfoto di ponsel, ponsel ini juga bisa dijadikan pilihan. Pasalnya OPPO A92 ini dilengkapi dengan memori internal 128 GB sehingga bisa menyimpan kumpulan video dengan jumlah yang cukup banyak. Dan bisa koleksi ribuan foto selfie tanpa takut kehabisan memori.

Memori sebesar ini membuat Anda bisa lebih nyaman melakukan multitasking. Untuk bermain game dengan ukuran besar pun tidak akan membuat ponsel lag. Sehingga Anda bisa dengan leluasa bermain game tanpa gangguan ponsel lag.

Dilengkapi dengan RAM 8GB yang didukung dengan teknologi LPDDR4X sebagai pendukung multitasking Anda. Sehingga seberapa banyak pun aplikasi yang dibuka, tidak akan membuat ponsel tiba-tiba tidak bergerak atau lag.

Qualcomm Snapdragon 665 Berperforma Kencang

Untuk dapur pacunya, OPPO A92 ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 665 octa-core. Kecepatannya juga hingga 4×2 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver. Untuk bermain game dan penggunaan harian spesifikasi seperti ini sudah sangat bagus.

Anda bisa bermain game PUBG tanpa harus takut lag di tengah jalan. Pasalnya OPPO A92 ini dilengkapi dengan kartu grafis Adreno 10 dan OPPO Hype Boost. Jadi Anda pecinta game sepertinya bisa melirik ponsel keluaran baru dari OPPO ini.

OS Android yang digunakan pada OPPO A92 sudah berbasis Android 10.0 dan antarmuka Color OS 7.1. Nah, dengan kualitas android sebesar ini ponsel bisa memainkan game apapun yang Anda inginkan.

Bahkan yang ukurannya besar seperti PUBG Mobile pun mampu dijalankan dalam ponsel ini.

Tampilan Mewah dengan Neo Display Paling Baru

Jika ingin mencoba layar desain baru bernama Neo Display Anda wajib membeli ponsel yang satu ini. Ponsel asal Tiongkok ini memboyong layar Neo Display dengan resolusi layar Full HD (1080 x 2400 piksel) serta panel IPS yang akan memberikan pengalaman nonton video yang lebih nyaman. Streaming film dan bermain game menjadi lebih seru dan nyaman.

OPPO A92 ini juga dilengkapi dengan sidik jari yang disimpan di bagian sisi ponsel. Atau istilah lainnya yaitu side-mounted fingerprint. Sehingga memberikan kesan mewah pada ponsel. Apalagi ditambah dengan besi tipis di samping membuat ia semakin terlihat super keren.

Berbagai pilihan warna juga ditawarkan oleh OPPO A92 ini, seperti Twilight Black, Stream White, dan Aurora Purple. Anda tidak akan bisa melihat warna-warna cantik dari ponsel OPPO A92 ini, dan pasti akan kebingungan memilih warna yang akan dibeli.

Dilengkapi Fast Charging dengan Baterai 5000mAh

Zaman sekarang baterai ponsel selalu didukung dengan fasilitas fast charging sehingga pengguna tidak harus menunggu lama saat harus mengisi baterai. Fasilitas ini sudah dimiliki oleh beberapa ponsel teranyar, seperti halnya OPPO A92 ini.

Fasilitas fast charging akan membuat Anda lebih bisa menghemat waktu saat mengisi baterai. Baterai juga berkapasitas besar yaitu 5000 mAh sehingga bisa lebih awet untuk digunakan dengan pemakaian berkapasitas tinggi.

Kualitas Speaker yang Baik di Kelasnya

OPPO A92 dilengkapi dengan teknologi Dual Stereo Speaker yang disimpan di bagian bawah dengan dengan port audio jack. Dan speaker kedua diletakan di bagian atas menyatu dengan mic kedua. Dengan hadirnya dua speaker ini, kualitas suara yang dihasilkan oleh OPPO A92 sangat jernih dan nyaman di telinga.

Kekurangan OPPO A92

Kekurangan OPPO A92

Di samping kelebihan yang sudah kami sebutkan di atas. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan yang dibawa oleh ponsel OPPO A92. Ponsel ini tidak luput dari kekurangan maka dari itu, Anda perlu simak kekurangan dari OPPO A92 agar tidak salah pilih ponsel.

Baca juga : Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo A9 2020

Selisih Harga Cukup Mahal

OPPO A92 ditingkatkan performanya dalam sektor fotografi, dengan peningkatan kualitas kamera yang sangat besar. Sehingga Anda yang suka dengan fotografi atau membuat video bisa memilih ponsel ini.

Tetapi bagi Anda yang mengejar performa, Anda bisa cukup membeli OPPO A52 untuk chipset Qualcomm Snapdragon 665. Karena selisih harga dari ponsel ini lumayan besar hingga 1 juta rupiah.

Chipset Qualcomm Snapdragon 665 sangat biasa di kelasnya, dan cukup banyak digunakan untuk ponsel yang keluar pada tahun 2019 dan 2020. Sehingga untuk chipset seperti ini OPPO A92 performanya tidak jauh dibandingkan dengan OPPO A9, A5 dan A52.

Meskipun David dari channel GadgetIn mengatakan kalau performa sebesar ini cukup berpotensi besar saat main game PUBG Mobile. Dengan pengaturan grafis yang lebih smooth high. Tetapi ketika digunakan untuk GFXTool, performa lebih meningkat dan bisa memainkan game PUBG dengan grafis Smooth extreme dan balanced Extreme.

Performa OPPO A92 bukan tidak bagus, tetapi untuk ponsel sekelasnya masih banyak yang memiliki performa lebih bagus lagi. Dan juga, banyak ponsel yang menawarkan chipset sama dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari OPPO A92.

Kembali lagi pada pilihan Anda sendiri, apakah butuh ponsel dengan performa yang bagus atau ponsel dengan kamera yang bagus.

Tidak Ada Kamera dengan Konektivitas NFC

NFC adalah fitur yang mendukung pembayaran digital secara nirkontak. Dan fitur ini belum dimiliki oleh OPPO A92 yang digadang-gadang mengincar segmen menengah ke atas. Padahal masyarakat menengah ke atas sudah melek pembayaran digital yang memang sangat dibutuhkan di zaman sekarang.

Untuk harga ponsel 4 jutaan rasanya saying sekali ponsel ini belum bisa memiliki fasilitas tersebut. Karena ponsel saat ini seharusnya sudah bisa memfasilitasi penggunanya dengan layanan konektivitas NFC.

Kualitas Kamera Tidak Terlalu Istimewa

Empat kamera belakang yang diusung oleh OPPO A92 ini cenderung biasa. Kualitas gambar tidak begitu tajam dan kurang detail. Apalagi jika kondisi low-light. Meskipun tergolong biasa, tetapi tidak tergolong jelek.

Lagi-lagi OPPO A92 ini menawarkan kamera yang tidak jauh berbeda dari seri A yang sebelumnya seperti A91. Tetapi OPPO A92 menawarkan harga dengan kisaran yang cukup jauh dari A92 ataupun A52.

Yang patut diapresiasi dari ponsel OPPO A92 ini tidak lain adalah kualitas video 4K yang diusungnya. Pasalnya ponsel seri A sebelumnya tidak menawarkan fitur tersebut untuk kamera mereka. Jadi, untuk Anda yang membutuhkan ponsel dengan kualitas video 4K Anda bisa memilih ponsel OPPO A92 sebagai pilihan utama.

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A92, ponsel keluaran terbaru dari OPPO A series. Ponsel ini memiliki performa yang patut diacungi jempol dengan kualitas kamera yang juga sangat bagus. Apalagi fitur kamera video 4K yang bisa Anda pertimbangkan ketika ingin menghasilkan video dengan kualitas jernih dan tanpa goyang.

Baca juga : Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

Meskipun begitu kekurangan dari ponsel kelas menengah ini masih banyak dan bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli ponsel yang satu ini. Apalagi kisaran harga yang begitu jauh dari seri sebelumnya dengan peningkatan performa yang tidak begitu signifikan.