Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10

Bulan april tahun 2020 ini Xiaomi menunjukan teaser produk terbaru mereka yang akan dirilis di Indonesia. Hal ini membuat penggemar ponsel Cina ini penasaran dan tidak sabar menunggu peluncurannya.

Kabar yang beredar juga terdengar bahwa Xiaomi yang diluncurkan ini merupakan seri “Flagship” Xiaomi yang juga menAndai perjalanan Xiaomi selama 10 setelah didirikan. Xiaomi sudah berkiprah sangat lama di dunia smartphone, sehingga penggemar ponsel ini sudah tidak diragukan kualitasnya.

Xiaomi Mi 10 adalah nama terbaru dari seri yang dikeluarkan oleh Xiaomi yang akan segera dirilis. Sambil Anda menyiapkan tabungan untuk menggaet Xiaomi keluaran terbaru ini, lebih baik Anda tahu terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari Xiaomi Mi 10 yang akan segera diluncurkan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10, Kamera Terbaik dengan Performa Dapur Pacu

Ponsel Xiaomi memang sangat identik dengan harga yang murah tetapi berkualitas cukup bagus. Ponsel ini mentok di kisaran harga 3 jutaan sehingga banyak yang memburu ponsel ini. Sejak pertama kali dirilis ponsel ini sudah memikat jutaan orang.

Hingga saat ini Xiaomi sudah mengeluarkan berbagai jenis tipe Xiaomi dengan beragam jenis spesifikasi yang sudah semakin diperbaiki. Dan kali ini Xiaomi naik kelas dengan seri Xiaomi Mi Note 10 dan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Seri ini digadang-gadang memiliki kamera terbaik dari seri sebelumnya.

Itulah kenapa seri flagship Xiaomi kali ini cukup menantang bagi Xiaomi, terutama seri Xiaomi Mi 10. Tanpa banyak kata, mari kita simak kekurangan dan kelebihan dari Xiaomi Mi 10 sebelum Anda membeli ponselnya.

Kelebihan Xiaomi Mi 10

Kelebihan Xiaomi Mi 10

Kelebihan dari Xiaomi Mi 10 menjadi yang terdepan dan sangat diutamakan oleh Xiaomi, karena memang ponsel keluaran baru ini merupakan jajaran teratas smartphone Xiaomi. Dari mulai dapur pacu seri ini ditingkatkan menjadi lebih oke dan tidak ada bandingannya. Selain itu, seri ini juga mengutamakan kelebihan kamera yang pastinya sudah dipersiapkan dengan matang.

  • Kualitas Rekaman Video Ultra HD Hingga 8K

Kualitas fantastis untuk merekam video ditawarkan oleh Xiaomi Mi 10 ini dengan kualitas hingga 8K Ultra HD. Saat perekaman video ada fitur Pro Mode yang bisa digunakan dan memiliki fungsi keren seperti AE/AF Lock, Focus Peaking hingga Shot Steady. Sehingga video yang dihasilkan menjadi seperti hasil dari kamera profesional.

Satu lagi fitur keren yang ditawarkan Xiaomi Mi 10 yaitu Movie Frame, dimana Anda bisa membuat video sedang membuat film. Ada 8 filter video juga aspek rasio video 2,35:1 dengan tambahan color focus filter yang luar biasa membuat hasil video menjadi lebih profesional.

Dengan kualitas rekaman video yang super canggih ini, Anda yang suka mengupload video di Youtube dan membuat konten Youtube bisa dengan leluasa merekam hanya dengan satu smartphone canggih ini. Dengan begitu, kualitas video yang dihasilkan akan sangat memuaskan seperti menggunakan kamera profesional.

  • Sensor Kamera Besar Hingga 108MP

Selain kualitas video yang memukau, Xiaomi Mi 10 juga memberikan kualitas foto dengan resolusi yang besar. Xiaomi memang selalu memberikan kualitas paling utama untuk fotografi, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta selfie.

Pengaturan kamera utama Xiaomi Mi 10 adalah 108 MP (f/1.7), dilengkapi dengan kamera ultra wide 13 MP (f/2.4), juga kamera makro 2 MP (f/2.4) dan kamera 2MP untuk depth sensor (f/2.4).

Anda tidak harus khawatir dengan kualitas resolusi yang besar yang digunakan, karena didukung dengan Qualcomm Spectra 480 ISP, AI 2.0 Optimization dan juga teknologi HEIF Compression. Sistem ini memberikan hasil foto dengan kualitas tinggi, tetapi ukuran dari file foto lebih kecil.

Untuk kamera depannya sendiri, Xiaomi Mi 10 menggunakan kamera depan berukuran 20 MP (f/2.0). Kamera depan disimpan di punch hole pada sebelah kiri layar atas. Membuatnya terlihat sangat elegan dan menarik.

Dengan kamera depan ukuran 20 MP kualitas selfie akan jauh lebih bagus dan memberikan ketajaman  pada hasil foto. Membuat hasil foto selfie lebih memuaskan dan beragam efek dari ponsel akan membuat Anda ingin terus selfie dan menguploadnya di sosial media.

  • Liquid Cooling Technology

Untuk para pecinta game, Xiaomi Mi 10 juga menawarkan teknologi yang bisa digunakan untuk kebutuhan berat. Sehingga saat bermain game ponsel tidak akan panas apalagi hingga overheat. Teknologi ini tentu saja sangat berguna saat Anda merekam video dalam durasi yang panjang.

Biasanya pengguna ponsel zaman sekarang bisa menghabiskan waktu seharian di depan ponsel, nonton drama ataupun scroll sosial media saja. Ponsel biasa mungkin tidak bisa menahan suhu karena penggunaan yang terlalu lama, sehingga ketika dipegang ponsel terasa sangat panas. Berbeda jika Anda menggunakan Xiaomi Mi 10, selama apapun menggunakannya, ponsel tidak akan terasa panas.

Teknologi ini bernama teknologi liquid cooling dengan fasilitas vapour chamber yang lebih besar dan lebih bagus dari versi sebelumnya. Teknologi ini juga diklaim bisa menurunkan suhu panas dari ponsel hingga 10.5 derajat celcius.

  • Dilengkapi RAM dan Memori Kencang dengan Ukuran Besar

Xiaomi Mi 10 dilengkapi dengan RAM 8GB LPDDR5 dengan performa yang lebih kencang 29% dibandingkan dengan seri LPDDR4X. Teknologi ini bisa mendongkrak performa Snapdragon 865. Sehingga memang tidak usah ragu untuk mengincar ponsel keren ini.

Ponsel ini dilengkapi dengan memori internal 256 GB UFS3.0 dengan kecepatan write dan read super kencang. Sehingga saat bermain dan memasang game tidak akan lemot dan lelet.

RAM dan memori yang besar akan memudahkan Anda menyimpan file dalam kapasitas yang lebih besar tanpa harus mendapati ponsel lelet. Seperti misalnya Anda yang suka download drama Korea, meskipun file disimpan dalam jumlah banyak dalam memori ponsel, Xiaomi Mi 10 akan tetap bekerja dengan maksimal tanpa ada kata lelet.

  • Baterai Fast Charging Dengan Kapasitas 30W

Daya baterai dari Xiaomi Mi 10 sangat update, dengan kapasitas baterai 4.780 mAh. Dengan kecepatan pengisian yang kencang karena memiliki fasilitas fast charging 30W. Fast charging in juga bisa melalui kabel maupun fast wireless charging 30w.

Untuk pengisian daya baterai kosong hingga penuh 100%, Xiaomi Mi 10 mengklaim bisa mengisinya hanya butuh waktu 57 menit saja. Super cepat bukan?

Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang suka bepergian dan harus charge ponsel di tempat charging yang berbayar atau di bAndara. Karena pengisian yang super cepat, baterai bisa full sambil Anda menunggu panggilan pesawat. Sehingga, saat tiba di tempat tujuan Anda tidak harus charge ponsel kembali.

  • HDR 10+ dan Refresh Rate 90Hz

Mi 10 dilengkapi dengan layar 6.67 inci dan curved display 3D yang super canggih. Layar ini memungkinkan ponsel bisa melengkung mengikuti genggaman tangan pengguna.

Kualitas layar juga super Amoled FullHD+ (1080 x 2340 pixel) yang juga mendukung HDR 10+. Untuk streaming video akan terasa lebih memuaskan karena bisa full layar tanpa tanpa membuat gambar terlihat aneh.

Refresh rate 90 Hz dari Mi 10 membuat tampilan dari layar menjadi lebih halus, sehingga tidak sulit saat harus scroll, swipe ataupun memindahkan navigasi.

Dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang paling terbaru sehingga bisa membuat layar lebih aman dan mampu memproteksi dirinya sendiri.

  • Dilengkapi Performa Qualcomm Snapdragon 865 Super Kencang

Mi 10 akan menjadi ponsel Xiaomi terkencang yang pernah ada. Karena dilengkapi dengan Snapdragon 865. Sehingga cocok sekali untuk Anda yang suka bermain game, karena tidak akan terjebak lag.

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 ini dilengkapi dengan 8 ini (octa-core) dengan kecepatan 1 2.84 GHz Kryo 585 & 3 2.42 GHz Kryo 585 & 4.18 GHz Kryo 858.

Sehingga versi ini diklaim memiliki performa 25% lebih baik, begitupun dengan konsumsi dayanya. Sedangkan untuk AntuTu Benchmark, berada di skor 580.000 poin.

Kekurangan Xiaomi Mi 10

Kekurangan Xiaomi Mi 10
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10

Dari performa yang sudah kami jabarkan di atas, Anda mungkin tertarik dengan ponsel keren ini. Sehingga merasa harus menabung untuk mendapatkannya. Tetapi, dengan kekurangan yang akan kami jelaskan berikut, mungkin bisa jadi pertimbangan saat Anda akan membeli ponsel yang satu ini.

  • Tidak Mendukung Koneksi 5G

Untuk versi globalnya sendiri Xiaomi Mi 10 sebenarnya sudah bisa digunakan untuk koneksi 5G, karena di dalamnya ada Qualcomm Snapdragon 865 yang digunakan di dalam sistem. Koneksi  5G memang teknologi mutakhir dan banyak ditunggu oleh pengguna smartphone.

Tetapi, kemungkinan besar untuk versi Xiaomi Mi 10 yang akan diluncurkan di Indonesia, fitur 5G ini tidak bisa digunakan. Dan hanya bisa menggunakan jaringan 4G LTE saja. Jadi, jika Anda berharap mencoba fitur 5G di ponsel ini, Anda harus mempertimbangkan kembali untuk membelinya.

  • Sertifikasi IP68 Belum Ada

Untuk Anda butuh ponsel tangguh yang ada di luar ruangan, Xiaomi Mi 10 tidak bisa memberikan Anda kepuasan. Sertifikasi IP68 tidak ada dalam Xiaomi Mi 10 ini, sehingga membuatnya tidak cukup tahan air dan debu. Sehingga Anda perlu khawatir jika ponsel ternyata tidak sengaja tercebur atau terciprati air.

  • Tidak Ada Port Audio Jack 3.5mm

Jika Anda suka mendengarkan music dengan menggunakan headset, Xiaomi Mi 10 bukan pilihan Anda. Karena audio jack 3.5 mm dihilangkan dari Xiaomi Mi 10 ini. Hal seperti ini biasa terjadi karena Xiaomi Mi 10 merupakan flagship. Sehingga mereka lebih memilih menanggalkan fitur yang satu ini.

Apalagi ketika brand lain menawarkan headset Bluetooth dengan beragam pilihan merk yang berkualitas dan cantik. Xiaomi Mi 10 tidak bisa menggunakan headset tersebut sebagai tambahan perangkat.

Itulah kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 10 yang bisa kami jelaskan untuk Anda. Menggunakan smartphone flagship bisa memudahkan dan kesan premiumnya sangat terasa. Dengan harga terjangkau di kisaran 6 jutaan, Mi 10 ini sangat cocok dipertimbangkan bagi Anda yang mencari smartphone dengan fitur yang super lengkap dan berkualitas.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa kami bisa menjadi informasi bermanfaat untuk Anda. Kekurangan dan kelebihan dari Xiaomi Mi 10 ini sebaiknya menjadi bahan pertimbangan untuk Anda membeli ponsel keren yang satu ini.