Samsung

6 Keunggulan Smart Monitor Samsung, Terobosan Baru Awal Tahun 2021

Apa itu smart monitor? Lalu apa bedanya dengan Smart TV yang secara fisik juga merupakan monitor?

Setidaknya itu adalah dua pertanyaan yang akan muncul dalam benak anda ketika membaca judul artikel diatas. Karena kami juga penasaran dengan apa yang membedakan Smart Monitor dengan Smart TV yang juga buatan Samsung, mari kita bedah bersama-sama di artikel ini.

Pada dasarnya Smart Monitor merupakan pengembangan dari Smart TV yang awalnya hanya mempunyai fungsi utama sebagai perangkat hiburan, namun setelah Samsung memasukkan sistem operasi Tizen ke dalam monitor tersebut kemudian menambahkan beberapa fitur seperti Wireless Adapter, Bluetooth, dan konektivitas Samsung Dex untuk Smartphone Samsung maka jadilah dia sebuah monitor yang bisa digunakan untuk bekerja tanpa tersambung dengan PC.

Tizen sendiri merupakan OS yang awalnya dikembangkan oleh Linux untuk perangkat gadget yang kemudian disupport oleh Samsung untuk disematkan pada semua produk Smart TV dari Samsung sejak tahun 2015. Salah satu kelebihan dari Tizen ini adalah mempunyai fitur Smart Hub yang mampu terkoneksi dengan aneka perangkat lainnya.

Kembali ke Smart Monitor, Samsung mengklaim dalam video iklan yang berdurasi 48 detik bahwa ini adalah “The First Do It All Screen”, yaitu monitor pertama di dunia yang bisa digunakan untuk bekerja, belajar, dan hiburan.

Keunggulan Smart Monitor Samsung

Tampak dalam iklan tersebut seorang lelaki yang bekerja dari rumah kemudian menyambungkan smartphone dengan smart monitor kemudian mengakses office 365 dan menyelesaikan segala pekerjaan kantor dari rumah.

Smart monitor dihadirkan dengan menggabungkan konsep monitor konvensional, portal hiburan, media streaming, konektivitas mobile dan remote office sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan seluruh penghuni rumah.

Satu hal yang tidak dimiliki Smart Monitor dari Smart TV adalah tv tuner yang terintegrasi, sehingga Smart Monitor tidak bisa mengakses siaran TV konvensional dengan antena UHF.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Beli iPhone 12

Lalu apa saja keunggulan Smart Monitor Samsung sehingga membuat anda merasa perlu untuk membelinya? Dibawah ini kami merangkum 6 keunggulan Smart Monitor Samsung.

1. Mirroring dari Smartphone

Samsung DeX memberikan konektifitas terbaik agar anda bisa mengerjakan berbagai tugas kantor yang dikirim melalui smartphone untuk dibuka di Smart Monitor. Sehingga anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih jelas dan leluasa untuk menyunting aneka dokumen melalui Office 365.

Kalau Smartphone Galaxy anda belum dilengkapi dengan Samsung DeX, jangan khawatir karena anda tetap bisa melakukan screen mirroring dengan fitur tap view atau App casting. Samsung Smart Monitor juga bisa terhubung dengan iphone melalui Apple Air Play 2.

Tentu Screen Mirroring tidak hanya untuk bekerja, namun anda juga bisa menonton video atau bermain game dari Smartphone dengan tampilan lebih lebar di Smart Monitor.

2. Akses Langsung ke Laptop atau PC

Kelebihan OS Tizen yang disematkan dalam Smart Monitor ini adalah pada kemampuannya untuk menjadi remote access untuk mengakses data dalam laptop atau PC dengan konektivitas wireless.

Jika anda lebih suka menggunakan kabel, Smart monitor juga dilengkapi dengan port USB Type C, port USB 2.0, dan port HDMI.

3. Bekerja tanpa PC

Anda bisa menyambungkan keyboard dan mouse dengan koneksi wireless atau bluetooth.

Smart Monitor anda akan tampak seperti sebuah komputer tanpa kotak kubus yang biasanya berisi motherboard dan RAM. Dua hal tersebut sudah berada di dalam monitor anda.

4. Adaptive Picture

Smart Monitor dilengkapi kemampuan untuk beradaptasi dengan cahaya di sekelilingnya dan menyesuaikan tingkat kecerahan yang paling pas untuk mata anda.

Hal ini akan membuat pengguna nyaman untuk menatap monitor meski dalam jangka waktu yang lama.

5. Ultrawide Game View

Fitur ini tentu memanjakan para gamers, karena dengan rasio maksimal 21:9 sehingga bisa menampilkan konten yang didesain untuk widescreen. Kita tahu beberapa game di smartphone memiliki tampilan yang detail dan agak sulit ditampilkan secara penuh di beberapa layar Smartphone.

Dengan menggunakan Smart Monitor ini untuk bermain game, anda tidak akan khawatir untuk melewatkan beberapa detail dan permainan pun akan semakin menarik.

6. Voice Assistant

Tidak lengkap rasanya sebuah perangkat pintar tanpa bisa kita memanggilnya dengan suara, oleh karena itu Samsung melengkapi Smart Monitor ini dengan Bixby 2.0 agar bisa merespon suara kita dan melakukan hal yang kita inginkan.

Samsung Smart Monitor hadir dalam dua tipa yang berbeda, yakni M7 dan M5. Tipe M7 hadir mengemas panel seluas 32 inci dengan resolusi 3840 x 2160 pixel, sedangkan tipe M5 dengan panel seluas 27 atau 32 inci beresolusi 1920 x 1080 pixel.

Perbedaan selanjutnya terletak pada konektivitasnya; tipe M7 punya port USB-C yang memungkinkan transfer data sekaligus daya hingga 65 W hanya dengan menggunakan satu kabel saja.

Selebihnya, kedua tipe Samsung Smart Monitor ini sama-sama dilengkapi sepasang port HDMI 2.0, tiga port USB 2.0, Wi-Fi 5, dan Bluetooth 4.2. Dukungan format HDR10 turut tersedia, demikian pula sepasang speaker berdaya total 10 W.

Dengan 6 keunggulan Smart Monitor diatas, apakah anda akan segera ingin memilikinya?

Sabar sebentar, karena Smart Monitor ini masih dalam status pre order melalui laman resmi Samsung.com/id, Blibli, JD.id, Bhinneka.com, dan Shopee. Samsung Smart Monitor M7 dengan layar 32 inch dipatok dengan harga Rp5.999.000.

Bagi yang memesannya selama periode pre-order berlangsung (8 – 24 Januari 2021), mereka berhak mendapatkan bonus eksklusif berupa bundling Microsoft 365 Personal selama satu tahun dan keyboard plus mouse Microsoft Wireless Desktop 900 senilai Rp1.600.000.

Baca juga : Ini Dia 6 Smart Speaker Terbaik Menjelang 2021

Jika anda merasa harga ini terlalu tinggi, jangan khawatir karena pada bulan Februari 2021 Samsung akan mengeluarkan tipe M5 dengan layar 27inch dan tentu harga yang lebih miring.

Penutup

Inovasi Smart Monitor ini merupakan terobosan yang cerdas dari Samsung mengingat tren bekerja dan belajar dari rumah masih akan berlangsung setidaknya sampai akhir tahun 2021. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika pola kerja seperti ini dirasa lebih efektif untuk operasional sebuah perusahaan, maka bekerja dari rumah akan menjadi sebuah aktifitas yang sudah dianggap normal entah di masa pandemi atau pasca pandemi.

Tetap jaga kesehatan, berfikiran positif, dan memakai masker, setidaknya tiga hal ini adalah kunci untuk terus bertahan dalam menghadapi situasi pandemi ini. Semoga sehat selalu. Bye!!

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago