ZTE Nubia Red Magic 3S, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Satu lagi, vendor asal Tiongkok yaitu ZTE mengeluarkan sub-brand ponsel terbarunya bernama Nubia. Pada mulanya, Nubia ini adalah nama seri HP dari ZTE. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman saat ini, Nubia menjadi bagian sub-brand dari ZTE.

Sayangnya, brand ini masih kurang kuat. Orang-orang masih mengenal Nubia bagian dari ZTE karena itulah nama ZTE masih di bawa dalam seri ini, yaitu ZTE Nubia Red Magic 3s.

Perlu diketahui, dibalik belum kuatnya branding tersebut, Nubia adalah smartphone yang menarik bahkan kualitasnya bisa disandingkan dengan smartphone sejenis yang sudah dikenal banyak orang. Salah satu produknya yang patut diperhitungkan tersebut adalah Nubia Red Magic 3s.

Lalu, apa saja yang harus Anda ketahui dari smartphone tersebut? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari ZTE Nubia Red Magic 3s berikut ini.

Mengenal Spesifikasi ZTE Nubia Red Magic 3s

Mengenal Spesifikasi ZTE Nubia Red Magic 3s

Pada tanggal 5 September 2019, secara resmi perusahaan ZTE di negeri China merilis ponsel gamingnya bernama Nubia Red Magic 3S. Smartphone ini merupakan seri terbaru dari produk ZTE Nubia sebelumnya, yaitu Red Magic 3.

Tentunya, pada seri ini ada perubahan dan sistem kinerja yang diperbaharui hingga membuat smartphone tersebut lebih baik lagi dari sebelumnya.

Untuk melihat detailnya, bisa Anda simak pada pembahasan berikut ini;

1. ZTE Nubia Red Magic 3S Memiliki Design Kipas Baru

Perbedaan pertama yang cukup mencolok dari seri sebelumnya adalah pada design kipas pada smartphone tersebut.

Adanya design kipas baru tersebut membuat kinerja Nubia Red Magic 3S menjadi lebih baik. Hal tersebut berpengaruh pada sistem kerja CPU atau GPU hingga ketika bermain game menjadi lebih jernih dan lebih baik.

Selain itu, design kipas baru bisa membuat pembaruan saluran udara yang masuk membuat pendinginan smartphone lebih aktif dan efisien serta membuat ventilasi udara menjadi lebih lancar.

2. Layar dari smartphone tersebut menggunakan AMOLED FHD 6,65 inci dengan refresh rate 90Hz dan refresh rate sentuh 240Hz serta kecerahannya mencapai 430 nits.

3. Smartphone Nubia Red Magic 3s ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 855 yang tentunya membawa efek yang lebih baik untuk kinerja smartphone itu sendiri.

Smartphone ini memiliki RAM 8GB dan 12 GB serta penyimpanan internalnya sebesar 128 /256 GB. Uniknya, dalam teknologi ini terdapat teknologi penyimpanan internal berbasis UFS 3.0 hingga menimbulkan efek smartphone yang lebih cepat untuk meresponya.

4. Pada smartphone Nubia ini juga dilengkapi dengan pencahayaan RGB di bagian belakang hingga pencahayaan ini bisa membuat atmosfer yang lebih baik bagi para penggunanya.

5. Bagian bodi belakangnya sudah menggunakan design simetrsi Red Magic X sehingga membuat smartphone tampka lebih elegan.

Warna yang tersedia pada smartphone ini pun beragam, yaitu black, red, blue, dan silver storm. Tentunya dengan banyak pilihan warna bisa disesuaikan dengan warna kesukaan Anda.

6. Harga yang dibanderol pun cukup beragam, yaitu Rp 6 juta untuk kapasitas 8 GB+ 128Gb, Sedangkan untuk 12Gb + 128GB dibandrol dengan harga Rp7 jutaan.

Mengenal Kelebihan Nubia Red Magic 3s

Kelebihan Nubia Red Magic 3s

Sebelum membeli smartphone tersebut, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu keunggulan atau kelebihannya, sebagai berikut;

1. Memiliki Performa yang Baik untuk Bermain Game

Untuk pencinta game, tentunya ini menjadi kabar baik bagi Anda karena semakin banyak smartphone yang memfasilitasi bermain dengan performa yang baik.

Nubia Red Magic 3s ini sangat mumpuni untuk bermain game karena menggunakan chipset Snapdragon 855+ dan menggunakan memori internal dengan menggunakan tipe penyimpanan FS 3.0.

Tentunya kedua hal tersebut bila digabungkan bisa menghasilkan performa yang baik dan cepat dibandingkan seri sebelumnya.

Bahkan ketika dibandingkan lebih dalam dengan smartphone lainnya yang sejenis, Nubia Red Magic 3s ini memiliki skor yang tinggi dibandingkan merk smartphone lainnya.

Karena itulah, smartphone ini bisa dilakukan untuk bermain game, seperti Fortnite, Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan Critical Ops dengan lancar.

Selain lancar bermain game, smartphone ini sangat lancar untuk multitasking membuka aplikasi lain.

2. Memiliki Layar AMOLED 90 Hz

Smartphone Nubia Red Magic 3s ini masih mempertahankan layar yang ada di seri sebelumnya. Yaitu Layar ponsel yang menawarkan 6,65 inci dengan memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel.

Selain itu, pada layarnya terdapat panel AMOLED 90 Hz dengan menawarkan teknologi DCI-P3 100% dan DCI-P3 100%.

Karena itulah layar ini sangat nyaman untuk bermain game serta menggunakan untuk aktivitas lain di smartphone tersebut.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Android Autohority, dimana tampilan layarnya sangat bagus dan tidak mengecewakan. Sehingga bisa memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa fantastis.

3. Dilengkapi Sistem Pendingin yang Bagus

Kelebihan lainnya yang cukup ditonjolkan pada smartphone ini adalah memiliki sistem pendingin yang bagus. Hal ini juga sebelumnya terdapat pada seri sebelumnya yang ternyata disukai oleh para pengguna gadget tersebut.

Sistem pendingin tersebut bernama ICE 2.0 multi-dimensional cooling system. Adanya sistem tersebut mampu mendukung area pendingin dengan keefektifan 32000 mm.

Manfaat sistem pendingin ini adalah untuk menurunkan suhu bodi ponsel hingga mencapai 18℃ dan menurunkan suhu permukaan ponsel hingga mencapai 3℃.

Sistem pendingin ICE 2.0 multi-dimensional cooling system ini sangat berkualitas karena berkolaborasi dengan sistem pendingin lainnya, yaitu liquid cooling dan air cooling.

Adapun tujuan kolaborasi ini adalah agar tidak terlalu berisik dan smartphone memiliki suhu yang selalu tetap terjaga.

4. Memiliki Daya Tahan Baterai yang Lama dan Pengisian yang Cepat

Smartphone Nubia Red Magic 3s ini memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh sehingga daya tahan baterainya pun tergolong lama. Hal tersebut juga tela diakui oleh GSMArena yang mencatat hasilnya hingga 115h.

Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh AndroidCentral, dimana smartphone ini bisa bertahan hingga mencapai dua hari jika saat keadaan awalnya sudah full charge.

Adapun jika digunakan untuk bermain game, baterai bisa bertahan hingga satu hari penuh.

Selain memiliki daya tahan yang lama, smartphone ini bisa mengisi dengan cepat di bawah 2 jam.

5. Memiliki Tombol Khusus untuk Bermain Game

kelebihan dan kekurangan ZTE numbia red magic 3s

Hal yang menarik dan menjadi nilai plus dari Nubia Red Magic 3s adalah memiliki tombol khusus untuk bermain game.

Tombol tersebut berada di bagian body samping kanan. Fungsi dari tombol tersebut seperti tombol L1 dan R1 untuk mengontrol saat bermain.

Tentunya kehadiran tombol ini sangat disukai oleh banyak orang terutama menjadi kabar baik untuk para gamers.

Selain tombol tersebut, terdapat tombol tambahan lain yang bisa mendukung permainan, tombol tersebut adalah sensor sidik jari HP yang fungsi utamanya untuk keamanan smartphone tersebut.

6. Memiliki Kualitas Speaker yang Prima

ZTE Nubia Red Magic 3s rupanya tergolong sebagai smartphone yang special karena memiliki kualitas speaker yang prima dan baik.

Biasanya sangat jarang, smartphone khusus game memperhatikan kualitas speakernya sehingga bisa menghasilkan kualitas yang baik dan prima.

Adapun ‘’rahasia’’ dari speaker tersebut adalah memiliki dual front-firing speaker. Sehingga menghasilkan efek kualitas suara yang enak, baik ketika bermain game, menonton video, youtube, Netflix, dan lain sebagainya.

Selain itu ‘’’rahasianya’’ adalah sektor audio tersebut mempertahankan audio jack 3.5 mm. karena banyak pula smartphone kelas atas yang menghilangkan port audio. Padahal jika dipertahankan akan membuat ponsel tersebut menjadi sesuatu yang special dengan kualitas sangat baik.

7. Bisa Merekam Video Hingga 8 K

Kelebihan smartphone ZTE Nubia Red Magic 3s berikutnya adalah bisa merekam video hingga 8k. Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang fantastis mengingat banyak smartphone serupa yang tidak memiliki kualitas tersebut.

Tentunya dengan kualitas tersebut hasil video tampak jernih dan pada seri ini berhasil mempertahankan kelebihan dari seri terdahulunya yang menjadi nilai jual dari smartphone tersebut.

Mengenal Kekurangan ZTE Nubia Red Magic 3s

8. Tidak Didukung Slot Memori Eksternal

Selain kelebihan yang dimilikinya, Anda pun harus mengetahui kekurangan smartphone ZTE Nubia Red Magic 3s.

Kekurangan pertama yang dimilikinya adalah tidak didukung oleh slot memori eksternal, Hingga para penggunanya harus puas dengan kapasitas penyimpanan bawaan dari smartphone tersebut.

Maka dari itu, Anda harus memilih dua varian penyimpanan yang ditawarkan, yaitu Varian RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB dan RAM 12 GB dengan memiliki memori internal 256 GB.

Hal ini biasanya bisa menjadi sesuatu yang fatal sehingga konsumen tidak jadi untuk memilih smartphone tersebut dikarenakan tidak ada pilihan untuk menambahnya.

9. Kualitas Kamera Tidak Terlalu Istimewa

Seperti yang diketahui, ZTE Nubia Red Magic 3s ini hanya memiliki satu kamera belakang yang memiliki kapasitas 48 MP.

Namun kehadiran kamera tersebut menjadi kekurangan dari smartphone tersebut mengingat banyak smartphone sejenis terutama untuk bermain game, minimal memiliki dua kamera di bagian belakangnya.

Sebenarnya hasil dari kamera Nubia Red Magic 3s sendiri cenderung bagus tetapi bukan sesuatu yang istimewa dan tidak bisa dikatakan jelek.

Tetapi, banyak para pecinta gadget yang menyayangkan hal ini karena secara keseluruhan hasil foto tampak biasa saja dan tidak menarik.

Banyak yang menilai bahwa hasil foto tergolong tidak dinamis dan tidak terlalu kuat. Bayangan foto pun tampak hancur sehingga pencahayaan gambar kurang terang.

Hal tersebut bisa dinilai bahwa hasil tangkan kamera dari smartphone tersebut memang tidak maksimal.

10. Design yang Tidak Disukai Banyak Orang

Pada dasarnya design dari Nubia Red Magic 3s ini tergolong unik, anti mainstream, menarik, dan berbeda dari smartphone sejenis lainnya.

Sayangnya, banyak pakar yang menilai bahwa design tersebut tidak cocok dan tidak ditujukan untuk semua orang.

Baca juga : Infinix S5 Lite, Berikut 10 Kelebihan dan Kekurangannya

Design smartphone terkesan tidak halus dan strip LED yang ada di body design smartphone pada mulanya menyenangkan namun lama-kelamaan daya tariknya menjadi hilang dan biasa saja.

Namun, soal design ini memang tergantung dari selera masing-masing. Hanya saja memang ‘’pandangan’’ pertama saat melihatnya akan menimbulkan persepsi yang berbeda-beda.

Smartphone ZTE Nubia Red Magic 3s ini siap untuk bersaing dengan smartphone lainnya yang telah lebih dahulu dikenal.

Buktinya, smartphone tersebut mampu menghadirkan fitur-fitur terbaik yang terus disempurnakan hingga memang diminati oleh para pecinta gadget.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda yang memang tengah mencari smartphone baru di awal tahun ini.