Apa Yang Anda Dapatkan Dari Laptop 32 Juta? Ini Dia Razer Blade Pro 17

Dikemas dengan GPU laptop seri RTX 3000 baru dari Nvidia, Razer Blade Pro 17 (2021) adalah perangkat yang sangat bertenaga, dan pastinya MAHAL. Grafis terbaru dari Nvidia membuat laptop ini ganas dalam bermain game, tapi juga merupakan tempat kerja kreatif yang sangat baik.

Saya akan menyebut harga sebelum Anda membaca lebih lanjut. Semoga jiwa missqueen Anda tidak meronta – ronta. 😊 Laptop ini meluncur ke pasaran dengan harga 32 juta rupiah.

CPUIntel Core i7-10875H 2.6GHz (octa-core, cache 16MB, hingga 5.1GHz)
GrafisNvidia GeForce RTX 3080 Laptop GPU (16GB GDDR6 VRAM)
RAM32GB DDR4 (2.933MHz)
Layar17,3 inci, 4K (3.840 x 2.160) 120Hz, layar sentuh
Penyimpanan1TB M.2 PCIe SSD
Dimensi15,55 x 10,24 x 0,78 inci (39,5 x 26 x 1,99 cm; W x D x H)
Ports2 x Thunderbolt 3 (USB Type-C), 3 x USB 3.2, 1 x HDMI 2.0b, colokan headset, 2.5 Gb Ethernet LAN, UHS -III Pembaca kartu SD
KonektivitasIntel Wireless-AX210 Wi-Fi 6E (802.11a / b / g / n / ac / ax), Bluetooth 5.2
Kamera720p Webcam
Berat2,75 kg
Spesifikasi Razer Blade Pro 17
Razer Blade Pro 17
©www.razer.com

Review dua menit

Dalam banyak hal, Razer Blade Pro 17 (2021) bisa dikategorikan sebagai pemuncak laptop kelas gaming.Laptop ini mengemas beberapa perangkat keras seluler paling kuat yang bisa Anda dapatkan saat ini.

Perangkat yang paling utama adalah GPU laptop Nvidia RTX 3080 baru dan prosesor generasi ke-10 Intel Core i7. Beroperasi dengan layar 120Hz 4K 17,3 inci, dan semuanya dikemas dalam ukuran yang sangat tipis.

Namun semua perangkat terbaik itu tentu punya konsekuensi. Apalagi kalau bukan tentang harga yang seperti saya sebut diatas.

Baca juga, Acer Swift 3X, Grafis Intel Iris Xe Max Dan Daya Tahan Baterai 10 Jam

Dengan merogoh kocek 32 juta, Anda akan mendapatkan prosesor Intel Core i7-10875H CPU, Nvidia RTX 3080 16GB GPU, 32GB RAM, layar sentuh 4K 120Hz, dan 1TB SSD. Apakah Anda sudah mulai pusing? Saya juga, hehehe.

Harga diatas menjadikan Razer Blade Pro 17 (2021) sebagai laptop termahal di pasaran saat ini. Resikonya adalah banyak orang yang tidak bisa menjangkau harga ini, mereka mungkin akan lebih memilih membeli ASUS Rog atau ASUS Tuf yang lebih terjangkau, tentu dengan spek yang lebih rendah.

Desain Razer Blade Pro 17 (2021) masih identik dengan keluaran sebelumnya. Sederhana namun memiliki estetika. Pada bagian atas ada logo Razer yang bersinar, dan keyboardnya juga punya pencahayaan RGB. Anda bisa mengatur pilihan warna sesuai mood hari ini.

Jika 32 juta terlalu mahal untuk Anda, dan tentu kami juga. Razer Blade Pro 17 mempunyai beberapa pilihan model dengan harga lebih terjangkau.

Yang paling membedakan beberapa pilihan model adalah tentang layar.Ada opsi layar 360Hz 1080p, 165Hz Quad HD, dan plus 120Hz dalam resolusi 4K, yang pertama di laptop Razer.

Dengan begitu, Razer Blade Pro 17 (2021) memberikan opsi yang sangat luas bagi para gamer. Memang laptop ini tampaknya mengutamakan tingkat resolusi ataupun pergerakan visual yang lebih halus.

Namun kami kecewa dengan daya tahan baterai yang sangat buruk. Anda hanya mendapatkan ketahanan daya sekitar empat jam untuk penggunaan biasa.

Tentu akan menjadi lebih sedikit jika Anda bermain game atau menggunakan program intensif. Ini berarti ini adalah laptop yang Anda perlukan untuk tetap terhubung ke sumber listrik.

Sepertinya Razer menyadari bahwa ini adalah laptop yang mahal, kabarnya mereka tidak akan memproduksi terlalu banyak. Seolah Razer ingin menyatakan bahwa Razer Blade Pro 17 adalah sebuah laptop langka, maka wajar jika dibanderol mahal.

Desain

Razer Blade Pro 17
©www.razer.com

Razer memiliki salah satu bahasa desain paling khas sebagai produsen laptop. Jika Anda pernah melihat produk Razer sebelumnya, maka Anda tidak sulit memperkirakan apa yang akan Anda dapatkan pada Blade Pro 17 ini.

Sebuah desain serba hitam dengan lampu latar berwarna hijau di bagian keyboard dan slot usb, memberikan kesan mewah dan gagah. Untuk penggemar Razer, Razer Blade Pro 17 (2021) akan cocok dengan kit Razer Anda yang lain.

Baca juga, Acer Swift 3X, Grafis Intel Iris Xe Max Dan Daya Tahan Baterai 10 Jam

Ini juga salah satu desain yang lebih bersahaja untuk sebuah laptop gaming. Sehingga Anda dapat menggunakan Razer Blade Pro 17 (2021) untuk bekerja di kantor atau rapat bersama klien, masih tampak elegan.

Razer Blade Pro 17 (2021) tidak pelit dalam memberikan pilihan port. Di sebelah kiri adalah port Ethernet, dua port USB-A, USB-C, dan jack audio. Ada juga port untuk charging yang Anda akan sangat membutuhkannya.

Di sisi kanan ada port HDMI ukuran penuh, port USB-A, USB-C, dan pembaca kartu SD. Dengan pilihan port sebanyak ini, Anda dapat menyambungkan sebagian besar periferal tanpa memerlukan adaptor.

Port Ethernet sangat bagus untuk orang-orang yang memainkan game online multi-player. Mereka bisa menggunakan koneksi internet kabel yang cenderung lebih stabil.

Slot kartu SD akan lebih menyenangkan para fotografer. Mereka bisa kapanpun memindah hasil bidikan ke dalam laptop.

Ketika membuka laptop, Anda disajikan dengan layar 17,3 inci yang menawan dengan bezel tipis di kedua sisinya. Bezel atas sedikit lebih tebal untuk webcam dengan dukungan Windows Hello, sehingga Anda dapat masuk hanya dengan memandang ke kamera.

Papan kerjanya adalah salah satu favorit kami. Dengan susunan keyboard simpel dan tulisannya berwarna RGB dan touchpad besar yang responsif dan nyaman digunakan. Dua speaker yang menghadap ke atas berada di kedua sisi keyboard, memberikan suara yang lebih jelas.

Razer Blade Pro 17
©www.razer.com

Dengan dimensi 0,78 x 10,24 x 15,55 inci (19,9 x 260x 395 mm) dan berat 6,06 lbs (2,75 kg), ini bukan laptop termudah atau ternyaman untuk dibawa-bawa. Tetapi untuk ukuran laptop 17 inci, jarang sekali tampak tipis dan ramping.

Secara keseluruhan, desain Razer Blade Pro 17 (2021) ramping dan canggih. Ini cocok untuk para profesional yang mencari laptop workstation yang tangguh, juga dapat digunakan untuk memainkan game terbaru, dan dpat menggunakannya dengan nyaman di kantor atau studio.

Yuk baca ulasan lain, MacBook Pro 16 inci, MacBook Terbaik dan Terkuat

Namun jika dibandingkan dengan beberapa desain yang lebih berani, terutama dari Asus, Razer Blade Pro 17 (2021) juga terasa sedikit polos. Bodi logam yang dianodisasi memberikan bobot yang kokoh, meski akan sangat malas membawanya saat bepergian.

Performa Razer Blade Pro 17

Kami tentu tidak memiliki keluhan apa pun dengan kinerja Razer Blade Pro 17 (2021). Selama kami menggunakannya, ia bisa memenuhi semua permintaan kecuali jodoh.

Seperti yang Anda harapkan dari laptop dengan spesifikasi dan harga yang disertakan dengan Razer Blade Pro 17 (2021). Laptop ini bekerja seperti seekor naga yang siap meliuk – liuk untuk kecepatan bekerja.

Performa Razer Blade Pro 17
©www.razer.com

Model yang kami ulas hadir dengan GPU laptop RTX 3080 dari Nvidia. Ini merupakan GPU gaming paling kuat yang akan Anda temukan di laptop.

Pada spesifikasi layar 1080p, Razer Blade Pro 17 (2021) dapat dengan mudah menangani game yang paling berat sekalipun. Metro Exodus pada pengaturan Ultra mencetak refresh rate 74.11FPS yang luar biasa, menawarkan pengalaman visual yang menakjubkan.

Kartu grafis RTX dari Nvidia mempunyai dukungan untuk ray tracing dan DLSS. Jika Anda senang bermain pada 1080p, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang luar biasa yang hanya dapat ditandingi oleh sedikit laptop gaming.

Tentu saja, spesifikasi yang kami miliki di sini juga bagus untuk materi iklan digital. Faktanya, RAM 32GB itu akan menjadi berlebihan bagi siapa saja yang hanya ingin laptop untuk bermain game.

Namun untuk aktifitas multitasking dengan banyak aplikasi yang terbuka sekaligus, bermain game atau membuat desain rumah dengan 3D. Maka Razer Blade Pro 17 (2021) terbukti menjadi workstation yang sangat sukses.

Bersama dengan pembaca kartu memori internal, aktifitas fotografer dan materi digital akan terasa menyenangkan. Dengan cakupan 100% Adobe RGB yang disediakan layar, memungkinkan warna terlihat cerah, bersemangat dan yang terpenting, akurat.

Ini tidak hanya menguntungkan pembuatan materi iklan digital, tetapi aktifitas bermain game dan menonton film juga terlihat fantastis di layar ini.

Baterai

Razer Blade Pro 17 (2021) jelas unggul hampir di semua bidang. Satu bidang yang menjadi masalah untuk kita semua adalah masa pakai baterai, dan itu mungkin tidak terlalu mengejutkan.

Dengan komponen yang kuat seperti yang ditemukan di laptop ini, masa pakai baterai akan selalu pendek. Kami mendapat lebih dari lima jam dalam pengujian pemutaran video kami, dan hanya empat jam untuk melakukan tugas-tugas intensif sehari-hari.

Ini cukup buruk untuk laptop di zaman sekarang mengingat pesaing dari Razer mempunyai ketahanan 7 sampai 8 jam, meski spesifikasinya tentu lebih rendah. Ini membuat Anda harus selalu berada di dekat sumber listrik ketika Anda bekerja dengan laptop.

Baca, Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3, Mahalnya Sesuai Dengan Performanya

Jika Anda menggunakan laptop sebagai pengganti desktop, itu tidak akan mengganggu aktifitas. Tetapi jika Anda ingin laptop yang enak diajak jalan – jalan, tentu ini bukan pilihan.