Laptop Jumbo LG Gram 17, Layar Maksimal Berat Minimal

Laptop Jumbo LG Gram 17. Jika Anda kini terbiasa bekerja dari rumah dengan  laptop 13, 14 atau 15 inci dan produktivitas Anda menurun dengan bekerja di layar kecilnya, Anda mungkin ingin pindah ke sesuatu yang lebih besar. Sebuah layar eksternal mungkin yang paling masuk akal dengan asumsi Anda punya meja yang lebih luas.

Laptop Jumbo LG Gram 17
LG Gram 17 via www,theverge.com

Namun, jika Anda membutuhkan sesuatu yang lebih mobile dan ramah pangkuan, LG Gram 17 mungkin adalah solusi, meskipun memiliki layar 17 inci yang tinggi, ini sangat ringan dengan masa pakai baterai yang lama sehingga membuatnya menonjol dalam kategorinya.

CPUIntel Core i7-1065G7 1,3GHz (quad-core, 8MB Intel Smart Cache, hingga 3,9GHz dengan Turbo Boost)
GrafisIntel Iris Xe (terintegrasi)
RAM16GB LPDDR4 (3,200MHz)
Layar17-inci WQXGA ( 2.560 x 1.600)
Penyimpanan2 x 512GB SSD (PCIe, NVMe, M.2)
Dimensi15 x 10.3 x 0.7 inches (381 x 261 x 17.78 mm; W x D x H)
Ports3 x USB-A 3.1, 1 x Thunderbolt 3, pembaca kartu microSD, colokan audio combi, 1 x HDMI
KonektivitasIntel Wi-Fi 6 AX201 Bluetooth 5.0
Kamera720p Webcam
Berat1,35 kg
Fitur LG Gram 17

Saat Anda membayangkan laptop dengan layar 17 inci seperti LG Gram 17, Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah perangkat yang mengemas segala komponen paling kuat di pasaran, sekaligus besar, tebal, dan berat. Nah, bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa tidak ada yang benar dalam pikiran Anda mengenai tentang LG Gram 17?

LG Gram 17, sesuai namanya maka laptop ini memiliki ukuran layar 17 inci dengan resolusi layar IPS 2.560 x 1.600 dengan rasio aspek 16:10, yang terus terang luar biasa untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Layarnya juga sangat berwarna, sangat bagus untuk menonton beberapa anime saat waktu senggang Anda.

Laptop ini dilengkapi dengan Intel Core i7-1065G7 kelas atas, tetapi dikonfigurasi dengan daya 15W, lebih kecil 25W dari yang akan Anda temukan dalam beberapa konfigurasi komponen yang lebih bertenaga.

Untuk lebih menghambat kinerja maksimum prosesor ini, LG memiliki solusi pendinginan yang cukup ringan, yang menghindarkannya dari peningkatan temperatur yang cukup tinggi seperti Surface Book 3 dengan dilengkapi prosesor yang sama.

Baca juga review , Dell XPS 15, Laptop Windows Terbaik dengan Desain Futuristik.

LG Gram 17 memiliki berat hanya 1,3kg dan tebalnya hanya 0,7 inci, menjadikannya laptop 17 inci paling portabel yang pernah ada. Sekadar perbandingan, Surface Book 3 yang baru saja kami sebutkan adalah perangkat 15 inci dan beratnya 2kg. Bahkan Dell XPS 15, yang merupakan laptop yang keren untuk sebuah aktifitas di luar ruangan, memiliki bobot lebih dari 2,5 kg.

Jadi, pada dasarnya, jika Anda mencari laptop dengan layar besar dan numpad yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana tanpa membebani Anda, LG Gram 17 harus berada di bagian atas daftar Anda.

Laptop ini bahkan memiliki banyak pilihan port, yang menjadikannya sempurna untuk bekerja saat dalam perjalanan. Di sisi kiri laptop, Anda mendapatkan port pengisian daya, USB-A, HDMI-out dan USB-C, yang juga dapat digunakan untuk mengisi daya.

Di sisi berlawanan, Anda mendapatkan MicroSD, dua port USB-A lagi dan kunci. Dalam laptop setipis dan ringan ini, LG Gram 17 menyediakan begitu banyak port sehingga kami tidak bisa tidak bertanya-tanya mengapa akhir-akhir ini banyak orang hanya fanatik pada penggunaan USB-C saja.

LG Gram 17 via www,theverge.com

Namun, desain yang tipis dan ringan LG Gram 17 memiliki satu kelemahan kritis yaitu ketahanan. Dek dan layar keyboard memiliki terlalu banyak kelenturan sehingga mengurangi kemampuannya untuk bertahan dari segala jenis benturan.

LG memang mengklaim bahwa sasis magnesium-alloy telah melewati 7 tes daya tahan MIL-STD, tetapi ini jelas merupakan perangkat yang Anda harus berhati – hati ketika membawanya. Jangan terlalu sering mengalami benturan apalagi sampai patah hati.

Dek keyboard tampak fleksibel dan elegan, mengetik di laptop ini adalah impian mutlak yang menjadi kenyataan. Keyboard LG Gram 17 memiliki pengaturan chiclet yang cukup standar, dengan masing – masing tombol memiliki jarak yang tepat sehingga mengetik tenang dan nyaman, tanpa mengacaukan akurasi.

Kita tahu bahwa ada semakin banyak laptop besar yang keluar dengan numeric pad, tentu LG Gram 17 adalah salah satunya. Terutama karena itu tidak benar-benar membuat sisa keyboard terasa sempit – lagi karena ukuran perangkat yang tipis.

Touchpad pada LG Gram 17 bekerja dengan baik dan sejujurnya merupakan salah satu trackpad Windows terbaik yang pernah kami gunakan. Ini masih tidak sebagus trackpad pada  laptop Razer Blade 15 atau MacBook, tetapi tetap enak digunakan karena gerakan serta pelacakannya bagus dan akurat.

Lalu apakah LG Gram 17 tidak memiliki kekurangan? Tentu punya, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah, dan kekurangan adalah dari mantanmu.

Kelemahan terbesar LG Gram 17 adalah tentang audio, tentu tentang perangkat speaker. Entah kenapa speakernya dibuat di bawah sehingga lagu yang bagus bisa terdengar sangat datar. Mendengarkan “Bohemian Rhapsody” dari Queen, kami merasa bass yang sangat kurang dan nada dalam lagu yang seharusnya ciamik menjadi seperti suara yang dilucuti.

LG Gram 17, tanpa diragukan lagi, adalah laptop Windows 10 full-fat paling tahan lama yang pernah ada, bertahan selama 14 jam dan 28 menit dalam uji baterai PCMark 10, dan keseluruhan 9 jam dan 38 menit untuk memutar film.

Baca artikel review lainya yuk, Macbook Air M1, Menjajal Prosesor Terbaru Buatan Apple.

LG Gram tidak hanya membantu Anda melewati hari kerja tanpa perlu pengisi daya, tetapi mungkin juga membantu Anda untuk menghemat penggunaan listrik di kantor atau di rumah.

Beberapa orang mungkin saja memerlukan layar besar untuk bekerja meski sedang dalam perjalanan – kombinasi dari bentuk yang ringan, masa pakai baterai yang sangat lama, dan layar resolusi tinggi sudah cukup untuk membuat LG Gram 17 merupakan rekomendasi yang tepat.

Meski kinerja CPU agak diturunkan dari kemampuan sebenarnya demi untuk menghemat baterai, tetapi LG Gram 17 adalah sebuah kepastian dari sebuah laptop 17 inci yang apabila dibawa di dalam tas maka beratnya sama dengan laptop 13 inci. Seolah LG ingin mengatakan bahwa laptop ini bersedia untuk menemani kita sepanjang hari.

layar LG Gram 17
LG Gram 17 via www,theverge.com

Layar

LG Gram 17 menawarkan resolusi WQXA berukuran 2.560 x 1.600 piksel, yang menempatkannya di antara full HD (1.920 x 1.080) dan 4K (3.840 x 2.160). Warnanya cemerlang, teks tampak sangat tajam, dan kualitas gambar tetap stabil meskipun melihat layar dari sisi sudut.

Bagian terbaik dari tampilan, tentu saja, adalah ukurannya. Layar 17 inci dapat menampung dua jendela berdampingan dengan cara yang benar-benar berguna, seperti dapat menampilkan sebagian besar situs web atau cukup baris spreadsheet untuk mencegah pengguliran yang berlebihan.

Jika anda sering menggunakan sepasang jendela aplikasi secara berdampingan pada layar 13 atau 14 inci, tentu akan takjub ketika bekerja dengan dua jendela pada satu layar berukuran 17 inci.

Layar Gram 17 memang kekurangan beberapa kualitas yang kami cari di laptop Windows dengan harga ini. Salah satu kekurangan yang dirasa penting adalah tidak ada dukungan sentuh atau pena, yang menghilangkan tidak hanya kemampuan untuk sesekali menulis atau menggambar di layar, tetapi juga bagian penting dari interaksi dengan elemen layar di Windows 10.

Yuk baca juga, Lenovo Legion Slim 7i, Laptop Gaming Ringan Seharga Rp27 Jutaan.

Layar juga tidak memiliki dukungan untuk rentang dinamis tinggi (HDR) color, yang sekarang tersedia secara konsisten dalam konten dari situs streaming video utama seperti Amazon dan Netflix.

Beli atau Tidak?

LG Gram 17 yang kualitasnya ditingkatkan secara signifikan menawarkan kombinasi paling menarik antara ukuran layar dan bobot ringan yang pernah kami lihat dari laptop mana pun saat ini.

LG melakukannya dengan aneka peningkatan kualitas meski dengan sedikit kompromi pada kecepatan demi daya tahan baterai.

Meski begitu, Gram 17 benar-benar hanya cocok untuk pembeli yang perlu sering bepergian dengan laptop layar lebar.

Ada banyak laptop lain yang lebih berat dalam kisaran harganya, seperti Spectre x360 15 dan XPS 15, yang menawarkan layar 15,6 inci yang sedikit lebih kecil tetapi juga kombinasi kinerja dan fitur yang lebih baik.  

Namun jika anda membutuhkan layar yang lebar dan masa baterai yang tahan lama, LG Gram 17 adalah pilihan terbaik Anda.