Laptop

Spesifikasi Mantap, Inilah 7 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis di 2020!

Perkembangan zaman yang makin serba teknologi, berimbas pada dunia pendidikan termasuk keberadaan jurusan desain grafis. Bahkan dalam perkembangannya, berbagai universitas seolah berlomba-lomba membuka kelas desain grafis. Tingginya minat generasi muda untuk belajar desain grafis ini sebagai bukti kalau profesi tersebut makin dan dibutuhkan di berbagai industri pekerjaan.

Bukanlah hal yang berlebihan jika disebutkan tanpa adanya seorang desainer grafis, tampilan iklan atau informasi tidak akan menjadi menarik dan tersampaikan dengan baik. Hal inilah yang membuat profesi desain grafis termasuk bergengsi lantaran hasil kerja mereka tak bisa dianggap sebelah mata.

Untuk menjadi seorang desainer grafis yang berkualitas tentu haruslah memiliki ide-ide inovatif serta adanya media yang tepat untuk berkarya. Di zaman sekarang, salah satu ‘alat perang’ desain grafis adalah laptop. Dengan laptop dan aplikasi yang mumpuni, desain grafis bisa menghasilkan karya yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun melihat sistem kerja mereka, tentunya laptop yang digunakan untuk desain grafis bukanlah sembarang laptop. Guna menunjang karya yang baik, laptop yang dipilih haruslah memiliki spesifikasi khusus. Nah, jika Anda adalah seorang desainer grafis dan tengah mempertimbangkan untuk membeli laptop baru di tahun 2020, berikut ini beberapa di antaranya yang punya spesifikasi istimewa dengan harga kompetitif.

Daftar Laptop Terbaik yang Cocok Untuk Desain Grafis

Sebagai website teknologi terpercaya, kali ini ArusGadget.com akan mengulas tentang laptop-laptop terbaik untuk kebutuhan desain grafis. Perlu diketahui, dalam membeli laptop yang tepat bukanlah cuma sekadar mengenal merk saja. Anda harus mengetahui spesifikasi yang mumpuni di dalamnya guna bisa menggunakan laptop tersebut secara bijak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

1. Lenovo Yoga 730-15IKB

© Mobile Geeks

Sejak dikenalkan oleh Lenovo untuk kali pertama pada pertengahan 2018, Yoga 730-15IKB memang langsung menghentak dengan tampilan yang begitu elegan dan desain tidak serupa laptop-laptop masa kini. Dijuluki sebagai laptop yang terlahir khusus untuk para seniman, Yoga 730-15IKB memang memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh para desainer grafis. Seperti apa? Simak ulasannya:

Memiliki Spesifikasi yang Garang

Berbeda dengan laptop untuk kebutuhan tulis-menulis, perangkat media desain grafis haruslah lebih garang dan dibekali komponen terbaik. Hal itulah yang ditawarkan Lenovo lewat Yoga 730-15IKB ini. Menggunakan prosesor Intel Kaby Lake-R Core i7 generasi 8, laptop dengan layar selebar 15.6″ ini mempunyai kapasitas RAM 16 GB, full HD display dan memori sebesar 512 GB.

Dengan kapasitas dan prosesor tersebut, Anda bisa mengunduh aplikasi yang mumpuni untuk kebutuhan desain grafis serta tidak ada masalah ketika harus menyimpan file-file hasil karya tersebut. Bahkan kabar baiknya, Yoga 730-15IKB juga mempunyai fitur pengeras suara JBL serta Dolby Atmos yang tentunya akan membuat pengalaman gaming, mendengarkan musik atau menonton film jadi sempurna. Sedang jenuh mengerjakan deadline desain grafis? Yoga 730-15IKB akan jadi teman penghibur yang sempurna.

Desain Ramping untuk Pengguna Mobile

Mayoritas para desainer grafis saat ini memang menjalankan profesi mereka secara freelancer. Sering berpindah lokasi kerja? Tentu menenteng Yoga 730-15IKB bukanlah hal yang berat. Mempunyai desain ringan dan ramping, bobot Yoga 730-15IKB hanyalah sekitar 1,12 kilogram sehingga tak akan terasa berat. Anda bahkan bisa membawa laptop dengan kartu grafis NVIDIA GTX 1050 4GB ini ke manapun termasuk saat travelling, sambil tetap menyelesaikan orderan sesuai deadline.

Tersedia Pilihan Mode Tablet

Keunggulan lain dari laptop yang dibanderol dengan harga Rp15 juta ini adalah memiliki layar yang bisa dilipat dan diubah menjadi mode tablet. Jika sudah begitu, Anda bisa menggunakan teknologi layar sentuh dengan stylus Lenovo Active Pen 2. Sehingga, ketika Anda memperoleh ide baru dan ingin menggambar, kapanpun dan di manapun Anda bisa membuat desain yang bagus serta menarik.

2. Apple MacBook Pro 16 Inch 2019

© Macworld

Mendengar kata Apple, tentunya setiap orang akan langsung percaya bahwa produk yang diciptakannya tersebut sangatlah sempurna. Begitupun dengan salah satu produk yang diluncurkannya yaitu MacBook Pro 16 Inch, yang dirilis pada November 2019 silam. Sebagai generasi terbaru MacBook Pro, laptop ini jelas dilengkapi teknologi mutakhir yang dibutuhkan para desainer grafis.

Saat dikenalkan pertama kali, Apple memang menyebutkan MacBook Pro 16 Inch 2019 ini sebagai yang terbaik. Bukan tanpa alasan, karena selain performanya yang oke, ada keunggulan lain dari laptop yang dilengkapi New Magic Keyboard dengan model scissor ini:

Bisa Memilih RAM dan Ruang Penyimpanan

Layaknya iPhone yang memiliki beragam pilihan RAM, hal itu pun berlaku bagi Macbook Pro 16 Inch ini. Beberapa pilihan yang disediakan oleh Apple seperti RAM 8 GB dengan penyimpanan 8 TB dan RAM 32 GB dengan penyimpanan SSD 4 TB!

Tak cuma ruang penyimpanan super lega, MacBook Pro 10 Inch ini juga memiliki peningkatan kecepatan jadi 2,666Mhz dibandingkan seri sebelumnya yang hanya 2,400 MHz. Untuk prosesornya sendiri, Apple menawarkan pilihan Intel Core i7 6-core hingga Intel Core i9 8-core. Sementara di sektor grafis, Apple menyematkan GPU 7 nm buatan AMD dengan pilihan Radeon Pro 5300M dan 5500M yang tentunya membuat pengalaman mendesain jadi tanpa masalah.

Baterai Tahan Lama Hingga 11 Jam

Sebagai seorang desain grafis, pastinya sangat mempertimbangkan tentang ketahanan baterai dari laptop yang digunakan, terlebih ketika banyak deadline yang mendera. Tentu saja bila baterai hanya bertahan sebentar, Anda harus mencari sumber energi listrik supaya laptop tetap menyala dan itu benar-benar merepotkan para pekerja mobile.

Nah kabar baiknya, MacBook Pro 16 Inch ini tidak akan membuat Anda bete karena baterai yang ada di dalam laptop dengan resolusi layar 3072 x 1920 piksel ini cukup besar. Apple meningkatkan kemampuan baterainya dengan 100-watt-hour (16 WH lebih besar daripada seri sebelumnya). Bahkan MacBook Pro 16 Inch ini juga dilengkapi adaptor 96 W yang bisa mengisi daya baterai jauh lebih cepat.

Tertarik meminang laptop super premium ini? Siapkan dulu dana yang cukup lumayan karena Apple membanderol MacBook Pro 16 Inch ini mulai Rp33,6 juta.

3. Asus ZenBook Pro Duo UX581

© CNet

Laptop terbaik berikutnya untuk para pekerja desain grafis adalah Asus ZenBook Pro Duo UX581. Dikenalkan oleh Asus Indonesia secara resmi pada Desember 2019, ZenBook Pro Duo UX581 memang memiliki target pasar para content creator. Bukan tanpa alasan, karena ZenBook Pro Duo UX581 memang diberkahi spesifikasi istimewa yang akan membuat banyak desainer grafis mendambakannya seperti berikut ini:

  • Memiliki layar ganda yang berteknologi OLED atau yang disebut dengan ScreenPad Plus dengan ukuran 14 inci dan resolusi 4K UHD 3840 X1100 piksel. Layar ScreenPad Plus bukan sekadar layar saja, karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti handwriting, task swap, organizer, perluasan view layar, shortcut, task group, dan lain sebagainya
  • Layar sentuh pada ScreenPad Plus dengan teknologi Windows Ink dan pena khusus ini memang sangat dibutuhkan para ilustrator dan layaknya peti harta karun. Anda pun bisa mudah mengatur aplikasi yang ditampilkan lewat desain antarmuka khusus dari ZenBook Pro Duo UX581, sehingga sangat memudahkan kebutuhan multitasking
  • Pada media penyimpananya terdapat SSD atau Solid State Drive hingga mencapai kapasitas 1TB. Dengan kapasitas tersebut tentunya bisa menampung data-data atau karya Anda di laptop tersebut tanpa takut memori penuh
  • Keberadaan teknologi Four Sided Frameless Display pada layar berukuran 15.6 inci ini membuat tingkat kecerahannya otomatis tinggi. Tak main-main, kecerahan layar ZenBook Pro Duo UX581 mencapai 400 nits yang memiliki spektrum warna 133% RGB dan 100% DCI-P3 color gamut. Teknologi ini membuat ZenBook Pro Duo UX581 menghasilkan akurasi warna yang jernih dan tepat, sesuai dengan kebutuhan desainer grafis supaya warna pada laptop sama persis saat ketika dicetak
  • Agar performa dapur pacunya sempurna, Asus membenamkan prosesor tertinggi Intel Core i9-9980HK dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Hal ini membuat ZenBook Pro Duo UX581 memiliki kecepatan pemrosesan hingga 5GHz yang artinya sanggup menjalankan aplikasi dengan beban kerja tinggi. Didampingi kartu grafis NVIDIA GeForce RTX2060 yang merupakan GPU kelas gaming dan RAM DDR4 32GB, ZenBook Pro Duo UX581 akan bisa menjalankan kebutuhan Anda tanpa hambatan

Melalui berbagai keunggulan di atas, ZenBook Pro Duo UX581 tentu menjadi salah satu laptop khusus desainer grafis terbaik yang pernah ada. Berminat? Untuk versi Intel Core i9, ZenBook Pro Duo UX581 dijual dengan harga Rp55,9 juta sementara untuk versi Intel Core i7, di kisaran Rp45,9 juta.

4. Microsoft Surface Book 2

© cnetcontent.com

Boleh jadi nama Microsoft Surface Book 2 ini terdengar asing oleh orang-orang yang bukan pecinta laptop. Tetapi pada kenyataannya, laptop keluaran Microsoft ini justru menjadi incaran para pekerja desain grafis. Bahkan ketika pendahulu Surface Book 2 dirilis tahun 2015 silam, tak ada yang bisa menduga kalau produk Microsoft ini bisa membuat MacBook Pro tampak seperti mainan murah.

Lantaran kesan yang begitu eksklusif itulah, Surface Book 2 memiliki harga jual yang cukup tinggi hingga menembus puluhan juta Rupiah. Microsoft sendiri memang tidak mau bertaruh dengan nama besar mereka, sehingga Surface Book 2 memang dibuat begitu sempurna. Kendati produk awal dirilis pada akhir 2017, Surface Book 2 generasi terbaru ini sudah diperbarui Microsoft secara diam-diam dengan dapur pacu yang lebih baik. Penasaran? Intip berbagai keunggulannya:

  • Surface Book 2 Hadir dengan layar yang memiliki resolusi 4K dengan fitur teknologi PixelSense Display. Layar sebesar 15″ ini bisa dilepas dari bodi laptop dengan mudah. Hal ini tentu akan menjadi nilai plus tersendiri karena makin efisien dalam membuat gambar
  • Menggunakan prosesor Intel Core i7-865OU dengan konfigurasi 4-core, Surface Book 2 mempunyai kemampuan pemrosesan mencapai 4,2GHz dengan Turbo Boost. Dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 (6GB GDDR5 VRAM), Surface Book 2 jelas bisa melakukan kebutuhan aplikasi berat tanpa hambatan
  • Lantaran pekerjaan desain grafis membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar, Microsoft memberikan pilihan yang cukup lega bagi pengguna Surface Book 2. Di mana ruang penyimpanan laptop ini mencapai 1TB dengan RAM 16 GB

Terakhir, Surface Book 2 ini bisa digunakan bekerja cukup lama yakni mampu tahan hingga 17 jam. Adanya teknologi built-in XBox One Wireless yang diberikan Microsoft, membuat Anda pun bisa sejenak rehat dari pekerjaan ketika jenuh tanpa pergi jauh-jauh dari Surface Book 2.

5. HP Spectre x360-15-df0043dx

© PC Mag

Tak mau ketinggalan, HP juga mengenalkan salah satu produk unggulannya untuk para desainer grafis yakni Spectre x360-15-df0043dx. Kendati generasi awalnya sudah dirilis pada pertengahan tahun 2018, Spectre x360-15-df0043dx tetaplah eksis saat ini karena memang masih mampu menjawab kebutuhan konsumen.

Apalagi dengan zaman yang terus berkembang dan menjamurnya profesi desainer grafis, membuat Spectre x360-15-df0043dx sebagai salah satu laptop pilihan. HP sangatlah tanggap dengan menyediakan perangkat yang mampu memenuhi kebutuhan akan desain grafis, ilustrator atau content creator lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Spectre x360-15-df0043dx yang layak untuk dipertimbangkan:

  • Laptop keluaran HP yang dibanderol dengan harga Rp18 juta ini sudah menggunakan prosesor yang keren dan terkini yaitu Intel Core i7 8565U. Prosesor dengan konfigurasi 4 cores itu mampu membuat Spectre x360-15-df0043dx meraih kecepatan hingga 4.6GHz dengan teknologi Intel Turbo Boost.
  • Untuk kartu grafisnya sendiri, HP membenamkan NVIDIA GeForce MX150 (2 GB GDDR5) pada Spectre x360-15-df0043dx sehingga sudah bisa menjawab kebutuhan multitasking
  • Kendati belum mencapai kapasitas penyimpanan 1 TB, Spectre x360-15-df0043dx sudah memiliki ruangan cukup lega yakni SSD 512 GB dengan RAM 16 GB. Hal ini membuat Spectre x360-15-df0043dx mampu menyimpan hasil karya desain yang sesuai kebutuhan
  • Memiliki layar sentuh seukuran 15.6″ dengan resolusi 3840 x 2160 piksel 4K IPS micro-edge WLED yang mampu menghasilkan warna gambar akurat dan tidak berbeda dari hasil cetaknya nanti. Untuk layarnya, Spectre x360-15-df0043dx sudah dilindungi Gorilla Glass NBT sehingga tampak kuat, mewah dan bertenaga

Dengan berat 2.17 kilogram, Spectre x360-15-df0043dx tidaklah terlalu merepotkan jika harus dibawa bepergian. Apalagi dengan adanya baterai 6-cell, 84 Wh Li-ion, Anda akan memperoleh waktu hidup yang cukup lama hingga 15 jam. Tentunya sangat cocok jika mengerjakan ilustrasi atau desain yang jauh dari sumber energi listrik.

6. Acer Spin 5 (SP513-52N)

© Ultrabook Review

Lantaran masih sangat kompatibel dengan kebutuhan para desainer grafis masa kini, Spin 5 yang pertama kali dikenalkan pada akhir 2017 ini terus terlahir lagi lewat komponen-komponen yang lebih baik seperti Spin 5 (SP513-52N). Laptop keluaran Acer yang disebut-sebut sebagai salah satu notebook hybrid terbaik dengan perfoma optimal ini, memang sangat layak dipertimbangkan oleh pekerja desain grafis.

Melalui langkah pembaruan dari Acer, teknologi Spin 5 (SP513-52N) digadang-gadang jauh lebih baik dengan harga yang tentunya makin kompetitif. Berikut ini adalah beberapa keunggulan Spin 5 (SP513-52N) yang tentunya akan menarik perhatian Anda:

  • Dengan bodi ramping, Spin 5 (SP513-52N) diberkahi layar sentuh IPS Full HD dengan ukuran 13.3″. Resolusi display 1920 x 1080 piksel membuat Spin 5 (SP513-52N) bisa menghasilkan tampilan yang cukup memuaskan
  • Untuk dapur pacunya, Acer membenamkan prosesor Intel Core i5-8250U dengan konfigurasi 4-core sehingga mampu mencapai kecepatan proses 1.60GHz. Di bagian grafis, Spin 5 (SP513-52N) menggunakan Intel UHD Graphics 620 yang bisa memenuhi kebutuhan desain dengan tepat
  • Kendati memiliki ruang penyimpanan SSD 256 GB, kemampuan RAM Spin 5 (SP513-52N) belumlah terlalu besar yakni cuma 8 GB. Namun ukuran itu sudah bisa memenuhi berbagai aktivitas pekerjaan content creator

Keunggulan terakhir dari Spin 5 (SP513-52N) ini adalah pengguna bisa mengubah mode pada layar laptop sehingga bisa digunakan sesuai fungsi dan kebutuhan. Laptop yang dibanderol Acer di di kisaran Rp14 juta ini memiliki daya baterai sebesar 4570 mAh yang bisa bertahan selama 13 jam. Dengan begitu, Spin 5 (SP513-52N) masihlah cocok untuk desainer grafis freelancer yang membutuhkan laptop terjangkau dengan performa memuaskan.

7. Dell XPS 15 7590

© slickdeals

Laptop terakhir yang bisa dipilih para pekerja desain grafis adalah Dell XPS 15 7590. Dikenalkan pada pertengahan 2019 silam, generasi terbaru XPS 15 7590 yang awalnya hanya menyasar pasar gaming ini justru bisa menjadi perangkat impian para content creator. Tentunya Dell melakukan peningkatan spesifikasi sehingga membuat XPS 15 7590 sangat layak dipertimbangkan para desainer. Berikut ulasannya:

  • XPS 15 7590 yang memiliki ukuran layar 15.6″ ini sudah menggunakan teknologi Samsung OLED panel sehinggamampu menghasilkan tampilan layar luar biasa jernih. Meskipun belum layar sentuh, resolusi 3840 x 2160 piksel (UHD) menjadikan XPS 15 7590 sebagai salah satu produk terbaik dari Dell
  • Dell membenamkan prosesor Intel Core i7-9750H yang menjadikan XPS 15 7590 bisa mencapai kecepatan pemrosesan 2.6GHz sampai 4.5GHz lantaran keberadaan konfigurasi 6-core dan 12-thread
  • Kartu grafis intel UJD 630 dan NVIDIA GeForce GTX 1650 (4GB GDDR5) membuat XPS 15 7590 tidak menemui hambatan berarti saat diharuskan melakukan berbagai kebutuhan multitasking dan mengolah aplikasi-aplikasi yang cukup berat
  • Dengan RAM 16 GB dan SSD berkapasitas 512 GB, XPS 15 7590 akan bisa menyimpan berbagai file-file dan aplikasi penunjang desainer grafis yang biasanya memakan ruangan cukup besar

Dibanderol oleh Dell dengan kisaran harga Rp30 juta, fitur-fitur canggih dari XPS 15 7590 tentunya sebanding sehingga sangat layak untuk dibeli. Peningkatan performa dan tampilan yang cukup elegan menjadikan XPS 15 7590 sebagai laptop yang sempurna bagi para desainer grafis profesional.

Melihat ulasan ketujuh laptop di atas, bisa disimpulkan kalau perangkat terbaik para desainer grafis ini memang memiliki harga yang cukup fantastis. Namun jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan laptop-laptop premium tersebut, tentu sesuai dan sudah bisa dipastikan mampu memenuhi kebutuhan desainer. Bukankah karya-karya berkualitas dihasilkan dari perangkat terbaik? Jadi, manakah laptop yang bakal Anda pilih? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago