Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Murah Dengan Grafik Nvidia RTX 2060

Dikemas dengan teknologi terjangkau seperti Nvidia RTX 2060, laptop gaming kelas menengah ini akan menjadi pilihan tepat bagi para gamer yang ingin menghemat uang hanya dengan beberapa kompromi.

Satu-satunya kelemahan utama adalah kurangnya ruang penyimpanan, kecuali jika Anda hanya suka bermain beberapa game dalam satu waktu.

Berikut konfigurasi laptop Lenovo Legion 5i yang kami ulas:

CPU2.5GHz Intel Core i5-10300H (quad-core, 8MB cache, hingga 4.5GHz)
GrafisNvidia GeForce RTX 2060 Laptop GPU (6GB GDDR6 VRAM)
RAM8GB DDR4 (2.933MHz)
Layar15,6 inci, FHD (1.920 x 1.080) 144Hz
Penyimpanan256GB M.2 PCIe SSD, Ada model dengan 512GB
Dimensi14,3 x 10,2 x 0,95 inci (36,3 x 25,9 x 2,4 cm; W x D x H)
Ports1 x Thunderbolt 3 (USB Type-C), 4 x USB 3.2, 1 x HDMI 2.0b, colokan headset,
Konektivitas LAN Ethernet 1 Gb : Intel Wi- Fi 6 (802.11a / b / g / n / ac / ax), Bluetooth 5.0
KonektivitasIntel 2×2 802.11ac
KameraWebcam HD (720p)
Berat2,3kg
Spesifikasi Lenovo Legion 5i

Review dua menit

Lenovo Legion 5i
Lenovo Legion 5i via www.techradar.com

Lenovo Legion menyertakan dashboard fitur gaming lewat Lenovo Vantage. Yang memang menunjukkan bahwa sasaran utama dari laptop ini adalah para gamers. Di sini Lenovo Legion 5i masih menyertakan area tombol Numpad yang sebetulnya jarang disediakan di laptop gaming.

Jadi semakin jelas bahwa Lenovo ingin menargetkan pengguna yang merupakan gamer sekaligus pekerja atau profesional atau gamer yang ingin tetap low profile. Area palm rest di kanan dan kiri trackpad cukup lega saat laptop digunakan bekerja. Saat bermain game, area ini dan area keyboard tidak terasa panas.

Baca, Asus Chromebook Flip C302, Chromebook Premium Terbaik Dikelasnya

Pengalaman ini bisa dibilang berasal dari fitur Lenovo Legion Cold Front 2.0. Fitur ini dijelaskan Lenovo mampu mengendalikan thermal atau suhu panas efek samping dari komponen di dalamnya. Hal ini juga berpengaruh ke performa sehingga tidak terjadi throttling, jadi performa akan stabil.

Di sini kami akan mengulas LEgion 5i kelas menengah yang dilengkapi dengan prosesor Intel i5 generasi ke-10 quad-core, GPU Nvidia RTX 2060, dan layar 144Hz, 1080p 15,6 inci.

Untuk model seperti diatas berada di kisaran harga 16 jutaan, dan Anda akan mendapatkan lebih dari apa yang Anda bayar. Dengan prosesor Intel Core i5-10300H, GPU Nvidia GeForce RTX 2060 6GB, RAM 8GB dan layar 1080p.

Satu-satunya masalah perangkat keras yang dapat kami temukan adalah penyimpanan SSD 256GB yang sangat sedikit dan webcam 720p. Kamera ini membutuhkan banyak cahaya untuk bekerja dengan baik.

Kami mengakui banyak kelebihan yang diusung Legion 5i. Desainnya terasa premium dan tidak norak seperti beberapa perangkat keras game di luar sana. Anda bahkan tetap percaya diri menggunakan laptop ini di kantor.

Ada juga banyak port yang ditempatkan dengan baik untuk semua perangkat eksternal Anda. Ada juga Slot kartu SD untuk Anda mentransfer data dari kamera digital.

Dalam hal kinerja, Legion 5i sangat bagus. Anda mungkin harus mengorbankan beberapa frame untuk mendapatkan grafis berkualitas Ultra, tetapi itulah yang diharapkan dari laptop gaming dengan harga ini. Namun suara kipasnya terlalu keras sehingga Anda perlu memakai headphone.

Untuk perangkat audio, Lenovo bekerjasama dengan Harman untuk menyajikan suara yang bersih dengan bass yang lumayan. Harman ini adalah produsen aneka perangkat audio, HArman Kardon adalah salah satu favorit kami.

Varian Model Produk Lenovo Legion 5i

Lenovo Legion 5i
Lenovo Legion 5i via www.techradar.com

Jajaran laptop Lenovo Legion 5i menempati pilihan game menengah ke bawah, dengan komponen yang layak dengan harga yang murah. Model yang kami hadir dengan prosesor Intel Core i5-10300H, GPU Nvidia GeForce RTX 2060 6GB, RAM 8GB, layar 144Hz 1080p 15,6 inci dan 256 GB dari SSD.

Anda juga dapat menghemat sedikit dengan harga yang lebih murah. Semua spesifikasi identik dengan yang diatas kecuali untuk GPU Nvidia GeForce GTX 1650 lebih rendah dari RTX 2060.

Atau jika Anda mempunyai cukup anggaran, dapatkan model terbaik dengan RAM 16GB, Prosesor Intel Core i7-10750H, GPU Nvidia GeForce RTX 2060 6GB dan penyimpanan SSD 512 GB.

Desain Lenovo Legion 5i

Legion 5i adalah laptop dengan tampilan yang cukup standar – ini bukan salah satu dari perangkat seperti Razer dengan fitur dan warna ikonik – tetapi hasil akhirnya terasa premium dan semuanya ditata dengan sangat baik.

Desain Lenovo Legion 5i
Lenovo Legion 5i via www.techradar.com

Keyboardnya menyala, cocok bagi mereka yang menginginkan sedikit penerangan dari bawah. Ada opsi lampu latar putih dan RGB untuk menerangi keyboard. Dengan pendekatan yang lebih lembut ini membuat kesan bahwa laptop gaming ini tidak akan membuat Anda malu untuk dibawa ke kantor.

Tidak ada konsep minimalis dalam port, ada banyak pilihan untuk semua kebutuhan Anda dan ditempatkan dengan baik di sekitar laptop.

Anda memiliki port USB-A 3.1 di sisi kiri dan kanan, serta dua port USB-A 3.1 di belakang. Ini akan lebih dari cukup untuk add-on apa pun yang Anda perlukan untuk mendapatkan pengalaman bermain game terbaik, seperti mouse eksternal.

Di bagian belakang Anda juga akan menemukan port HDMI 2.0,bisa Anda gunakan untuk memasang monitor kedua. Kemudian ada  port Ethernet  untuk memaksimalkan kecepatan internet yang dapat dicapai laptop Anda.

Ulasan produk lain, Google Pixelbook, Chromebook Premium Terbaik

Selanjutnya ada port USB-C 3.1, Anda tidak akan dapat mengisi daya dengan port ini. Tetapi dengan port ini Anda dapat menghubungkan dan mengisi daya perangkat lain.

Lenovo tidak lupa menyediakan port aux headphone / mic di sisi kiri. Ini sangat penting jika Anda perlu mencolokkan headset untuk berbicara dengan rekan satu tim di petualangan Game multiplayer.

Kami sangat menyukai port belakang. Yang tidak hanya terasa lebih praktis, tetapi juga membantu laptop mempertahankan tampilannya yang bersih. Anda juga tidak perlu berurusan dengan banyak kabel yang memanjang dari samping.

Layar Lenovo Legion 5i

layar Legion 5i memiliki resolusi 1080p dengan lebar  15,6 inci. Layar ini tampak hebat, dengan hanya bezel tipis di sisi dan bezel sedikit lebih tebal di sepanjang tepi atas untuk menampung webcam.

Layar Lenovo Legion 5i
Lenovo Legion 5i via www.techradar.com

Dilihat dari dimensi keseluruhan, Legiun 5i berukuran 14,3 x 10,2 x 0,95 inci (36,3 x 25,9 x 2,4 cm) dengan berat 5,1 lbs (2,3 kg), jadi tidak terlalu merepotkan untuk dibawa bepergian. Kami mampu membawa Legiun 5i dengan satu tangan tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Shutter privasi built-in untuk menutupi webcam adalah sentuhan bagus lainnya. Ini menambahkan jaminan ekstra bahwa tidak ada yang dapat memata-matai kita dengan melakukan hijacking ke kamera web kita.

Performa Lenovo Legion 5i

Ketika menggunakannya untuk bermain game atau melakukan apa saja di Lenovo Legion 5i, kami tidak memiliki banyak keluhan.

Performa Lenovo Legion 5i
Fitur Lenovo Vantage Untuk Gaming via www.medcom.id

Untuk penggunaan sehari-hari, Legion 5i dapat mengikuti semua yang kami inginkan. Windows 10 melakukan booting dengan baik dan cepat, dan kecepatan itu dibawa ke program-programnya.

Dari segi permainan, mesin ini bertahan bahkan pada pengaturan Ultra untuk beberapa judul favorit kami – seperti Horizon Zero Dawn dan Destiny 2. Anda mungkin hanya mendapatkan game 1080p, tetapi Legion 5i melakukannya dengan sangat baik sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan resoilusi 4K.

Meski layar hanya memiliki kemampuan dibawah 60FPS, namun pada pengaturan tertinggi Anda masih mendapatkan sekitar 50 FPS. Ini masih cukup baik untuk digunakan dalam bermain Game.

Namun Legion 5i tidak unggul di semua tempat. Kamera web pasti mengecewakan, gambar lebih buram daripada yang kami inginkan kecuali Anda berada di ruang yang sangat terang dan penyimpanan 256GB terisi dengan sangat cepat.

Kami menemukan bahwa kami dapat mengunduh sekitar tiga game berukuran cukup besar  dalam satu waktu. Bagi Anda yang biasa menggunakan memori 1TB, Anda pasti ingin berinvestasi dalam model dengan lebih banyak penyimpanan.

Suara kipas juga bisa menjadi masalah. Sistem pendinginnya benar-benar berfungsi, kami dapat bermain hingga larut malam dengan Legiun 5i di pangkuan kami tanpa rasa panas di paha.

Tentu sebagai konsekuensi adalah suara kipas yang terlalu bising. Kecuali jika Anda tidak bermain game, laptop hampir tidak mengeluarkan suara berisik.

Baterai Lenovo Legion 5i

Lenovo Legion 5i juga mempunyaii masa pakai baterai yang rendah. Ini tidak seburuk beberapa laptop gaming di luar sana, tetapi Anda masih perlu untuk membawa kabel pengisi daya ke mana-mana jika Anda sedang bepergian.

Pada pengujian untuk menonton film, kami mendapat hanya di bawah enam setengah jam. Kemudian pada tes PC Mark 10 – yang mensimulasikan tugas sehari-hari yang intensif – kami mendapat lebih dari 5 jam. Keduanya cukup mengecewakan, khususnya apabila dipakai untuk orang dengan mobilitas tinggi.

Yuk baca, 10 Laptop Terbaik Untuk Pemrograman, Programmer Harus Punya!!

Namun karena ini adalah laptop gaming yang terjangkau dengan komponen yang cukup menyedot daya, masa pakai baterai yang singkat ini sudah diperkirakan. Karena Lenovo berpikir bahwa aktifitas gaming lebih banyak duduk di satu tempat alih-alih bepergian.