Laptop

Lenovo Legion Slim 7i, Laptop Gaming Ringan Seharga Rp27 Jutaan

Perkembangan dunia gaming dan content creator di Indonesia yang terus meningkat tampaknya menjadi lahan bisnis menjanjikan bagi produsen laptop. Karena bagaimanapun juga, kedua kegiatan tersebut membutuhkan laptop mumpuni. Seolah membaca permintaan pasar, Lenovo Legion Slim 7i pun hadir untuk masyarakat Indonesia.

Perusahaan teknologi multinasional asal China yang merupakan bagian dari Legend Holdings, produsen PC terbesar di Tiongkok ini tampaknya cukup percaya diri Legion Slim 7i akan diterima dengan positif di Tanah Air. Sekadar informasi, Legion Slim 7i sendiri sudah dirilis Lenovo secara global pada Agustus 2020 meskipun baru tiba di Indonesia sejak awal Februari 2021.

Dilansir Gizmologi, Hendra Wijaya selaku Gaming Business Development Manager Lenovo Indonesia, menyebutkan kalau Legion Slim 7i tidaklah monopoli untuk para gamers saja. Lebih lanjut menurutnya, Legion Slim 7i bisa digunakan oleh para content creator dan mereka para pekerja industru kreatif lainnya yang memang butuh mobilitas tinggi.

Baca juga: Dell XPS 15, Laptop Windows Terbaik dengan Desain Futuristik

Spesifikasi Lenovo Legion Slim 7i

© zenthegeek.tech
  • Ukuran Layar: IPS 15.6″ 1920 x 1080 pixel dengan refresh rate 144Hz
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Prosesor: Intel Core i7 10870H
  • Grafis: Nvidia GeForce RTX 2060 with Max-Q Design
  • RAM: 32 GB 2.933 MHz DDR4
  • Penyimpanan: 1 TB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Kamera Webcam: 720p aspect ratio 16:9 dan frame rate 30fps
  • Konektivitas: WLAN, Intel WiFi 6 (802.11 ax), Bluetooth 5
  • Kemampuan Baterai: 3 cells, 71 Wh
  • Bobot: 1.86 kg
  • Audio: Speaker System for Gaming 2 x 2W Dolby Atmos

Dari sekali lihat spesifikasi yang dimiliki, Lenovo Legion Slim 7i tentu bisa jadi salah satu laptop gaming paling tangguh. Jika mayoritas laptop gaming dengan spesifikasi ’dewa’ punya bobot cukup berat, tidak dengan Legion Slim 7i. Dengan ketebalan 17.9mm dan berat 1.86kg saja, Anda tak akan kerepotan membawanya bepergian lantaran cukup ringan tapi punya performa tinggi.

Untuk pasar Indonesia, Lenovo Legion Slim 7i tersedia warna slate gray saja. Dibanderol dengan harga Rp27.999.000, Lenovo memberikan sejumlah bonus untuk konsumen. Bonus itu mulai dari paket software Microsoft Office Home & Student 2019 senilai Rp1,8 juta, on-site service selama tiga tahun dan garansi ADP (Accidental Damage Protection) tiga tahun.

Lenovo juga memilih memboyong model 82BC0049ID saja ke Tanah Air untuk saat ini. Belum diketahui kapan varian Legion Slim 7i bakal dipasarkan ke Indonesia. Namun dengan berbagai bundling aksesoris gaming seperti Legion M500 RGB Gaming Mouse, Legion H300 Gaming Headset dan Legion Recon Backpack, membuat laptop ini sangat layak dipertimbangkan.

Bodi Aluminium dengan Desain Elegan

© Pemmz Channel/Dayu Akbar

Seperi klaim Lenovo, Legion Slim 7i memang hadir sebagai laptop gaming paling tipis dan ringan di kelasnya. Jika mayoritas laptop gaming berbobot kisaran 2.5kg, Legion Slim 7i justru membuatnya tidak sampai 2kg. Yang menarik, meskipun cukup ringan ternyata laptop ini menggunakan material aluminium yang memiliki ketahanan perlindungan maksimal.

Baca juga: Macbook Air M1, Menjajal Prosesor Terbaru Buatan Apple

Tak ada banyak perubahan desain yang dilakukan Lenovo untuk Legion Slim 7i. Bahkan jika dibandingkan dengan seri terdahulu, tampak tak ada perubahan terutama kemiripan dengan lini Ideapad Gaming. Namun justru desain simple dan sederhana ini yang membuat laptop-laptop Lenovo tampak begitu elegan.

Untuk Lenovo Legion Slim 7i, Anda bisa melihat tulisan LEGION yang di-emboss pada sisi pojok kanan atas. Huruf O pada LEGION sendiri bisa berwarna putih saat laptop tengah dinyalakan. Seperti kebanyakan laptop masa kini, hinge layar bisa dibuka sampai 180 derajat. Mempunyai ukuran panjang 35.6cm dan lebar 25cm, laptop ini jelas sangat ergonomis.

Berpindah ke desain keyboard, Lenovo melengkapinya dengan area numpad yang tak terlalu lebar dengan ukuran lebih kecil daripada keyboard. Lenovo memasang keyboard gaming terbaru yang responsif dengan tombol-tombol empuk, Legion TrueStrike Gaming. Untuk area touchpad, tak ada tombol fisik klik kanan atau kiri yang membuatnya minimalis dan makin elegan.

Akurasi Layar Baik untuk Laptop Teringan di Kelasnya

© Pemmz Channel/Dayu Akbar

Yang namanya laptop gaming sudah pasti punya kualitas layar yang tak mengecewakan. Hal itu bisa Anda lihat dari Lenovo Legion Slim 7i ini. Meskipun ukuran layar hanya 15.6 inci, resolusinya sudah full HD dengan refresh rate 144Hz yang memang diperuntukkan bagi para gamers. Untuk panel IPS yang dipasang, mempunyai tingkat kecerahan 300 nits.

Dengan kemampuan layar yang sudah pasti tak mengecewakan itu, Legion Slim 7i jelas akan bisa memberikan tampilan visual monitor yang cerah. Dibingkai dengan bezel tipis di seluruh sisi, membuat tampilan Legion Slim 7i makin modern. Anda pun tak perlu merasa lelah berada lama di depan layar karena Lenovo memasang lapisan matte dan anti-glare pantulan cahaya.

Audio Dolby Atmos dan Webcam Mumpuni

© zenthegeek.tech

Menyadari diri sebagai laptop gaming, kebutuhan entertainment jelas jadi hal yang diperhatikan oleh Lenovo. Untuk itulah Lenovo memasang speaker ganda di bagian bawah. Sudah memakai Dolby Atmos speaker system, kemampuan audio Legion Slim 7i jelas tak bisa diremehkan dan akan menambah sensasi saat gaming.

Baca juga: MateBook D15, Laptop Unggulan Huawei Seharga Rp8 Jutaan

Menurut review yang dilakukan Dayu Akbar seperti dilansir Pemmz Channel, pengguna bisa menyesuaikan pengaturan audio sesuai dengan beberapa jenis game seperti genre shooter, racing atau RPG termasuk keberadaan fitur Sound Radar yang bisa mengetahui arah kedatangan musuh. Dengan webcam resolusi 720p, membuat kebutuhan meeting online teratasi.

Performa Kencang dengan Suhu Dingin

© zenthegeek.tech

Tidak lengkap rasanya membahas laptop gaming tanpa mengetahui kemampuan komponen dapur pacunya. Lenovo memasang Intel Core i7-10870H sebagai prosesor yang merupakan anggota baru dari lini Intel Core i7 generasi ke-10 seri H. Sementara untuk kartu grafis, NVIDIA GeForce RTX 2060 versi Max Q yang dipilih dan khusus untuk laptop gaming tipis.

Paduan hardware itu jelas membuat performa Lenovo Legion Slim 7i cukup kencang. Apalagi dilengkapi dengan storage SSD berkapasitas 1TB, menjadikan laptop ini mampu ’melahap’ game-game dengan ’spek dewa’ secara mudah. Lantas apakah dengan performa kencang itu membuat Legion Slim 7i mudah panas dan boros baterai? Jelas tidak.

Lenovo membenamkan software Lenovo Vantage yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan fungsi, serta mengetahui informasi hardware. Namun yang menarik adalah adanya pengaturan power Mode yakni Performance Mode, Balance Mode dan Quiet Mode. Diperkuat dengan sistem pendingin Legion Coldfront 2.0, membuat suhu panas terbuang mudah.

Baca juga: HP ProBook x360 435 G7, Laptop Untuk Pelaku UMKM Indonesia

Jadi, Apakah Lenovo Legion Slim 7i Layak Dibeli?

Tentu melihat serangkaian informasi dan keunggulan yang dimiliki, Legion Slim 7i jelas termasuk salah satu laptop gaming yang sangat dibutuhkan. Apalagi kalau Anda juga cukup sibuk dalam keseharian dan harus memboyong laptop ke manapun pergi, Legion Slim 7i jelas tak akan merepotkan dan masih bisa memuaskan Anda saat main game.

Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Lenovo Legion Slim 7i tidaklah melulu fokus untuk para gamers saja. Anda yang memang menyukai laptop tipis, ringan, performa kencang, penampilan elegan dan harga yang sangat worth-to-buy, wajib untuk mempertimbangkan laptop minimalis ini untuk dibawa pulang.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

5 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago