Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3, Mahalnya Sesuai Dengan Performanya

Anda harus mempunyai pendanaan yang besar untuk membeli Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3. Mengingat kekuatan mesin dan tampilannya yang kokoh tentu akan ada banyak orang yang rela mengeluarkan bujet sekitar 30 jutaan untuk bisa memilikinya.

 Jika Anda menginginkan kekuatan tingkat desktop dengan portabilitas dalam paket yang kuat, X1 Extreme Gen 3 dibuat untuk itu. Ketika pembuat laptop menempatkan ‘Ekstrim’ pada nama suatu produk, itu merupakan indikator kuat bahwa desain ini akan menjadi spektakuler setidaknya dalam satu aspek atau lebih.

CPUIntel Core i7-8750H 6-core 2.2GHz (Turbo 4.1GHz)
GrafisGeForce GTX 1050 Ti Max-Q (4GB)
RAM32GB DDR4 (2400MHz)
Layar15,6 inci 4K HDR IPS multi-touch
Penyimpanan1TB PCIe NVMe SSD
Dimensi361,8 x 245,7 x 18,7mm (W x D x H)
Ports2 x Thunderbolt 3, 2 x USB 3.0 (Tipe-A), konektor ekstensi Ethernet, HDMI 2.0, pembaca kartu SD, colokan kombo mikrofon / headphone
Konektivitas802.11ac 2×2 Wi-Fi, Bluetooth 5.0
KameraKamera IR 720p
Berat1,8kg
Fitur Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3
Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3
Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 via www.pcmag.com

Dibandingkan generasi kedua ThinkPad X1 Extreme hanya terdapat perbedaan dalam hal konektivitas. Notebook sekarang tersedia dengan LTE, tetapi Anda harus memilihnya saat membeli perangkat, karena X1 Extreme Gen3 belum siap untuk WWAN (tidak ada antena yang terpasang).

Port Mini-Ethernet hilang dan tidak ada lagi kartu LAN khusus (Intel I219-V pada pendahulunya), tetapi Anda mendapatkan adaptor USB-C ke Ethernet sebagai gantinya. Pembaca SmartCard juga telah dihapus. Namun, konstruksi dasar sasis tidak berubah.

Jika Anda menggunakan konfigurasi dengan layar 4K, Anda akan mendapatkan penutup dengan pola serat karbon.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 mendorong kinerja terbaik di hampir setiap bagiannya, menggabungkan CPU Intel Core i7 generasi ke-8 dengan GPU Nvidia Max-Q dan mengemasnya dalam casing serat karbon dan aluminium.

Diatas kertas Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 adalah laptop impian banyak orang, namun apakah benar performanya bisa sehebat harganya?  Mari kita simak.

Desain

desain Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3
Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 via www.pcmag.com

Filosofi ThinkPad tradisional tidak pernah menawarkan sesuatu yang terlalu radikal, karena pasar korporat tidak terlalu peduli dengan gaya atau imajinasi. Oleh karena itu, bagian luar laptop ini sangat mirip dengan produk sebelumnya, dengan menonjolkan kata ThinkPad dengan skema warna hitam yang hampir sama.

Sepertinya desain luar Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 Gen 3 adalah sesuatu yang paten dan tidak bisa dirubah. Perubahan dan perkembangan difokuskan ke titik di mana sebagian besar bersifat internal daripada sekedar tampilan luar. Begitulah Lenovo memberi nilai pada mesin andalannya ini.

Meski begitu, Lenovo layak untuk mendapatkan pujian terkait rekayasa bodi notebook ini.  Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 menggabungkan permukaan atas serat karbon empat lapis dengan sasis bawah paduan aluminium untuk memberikan perlindungan selayak armor para ksatria yang digunakan untuk bertarung di medan laga.

Dengan sasis yang bagaikan armor ini, maka kelemahan signifikan dari keseluruhan desain ini adalah bobotnya. Dengan berat lebih dari 1,84kg ini bukanlah sebuah perangkat  yang ingin Anda bawa dalam waktu lama, dan ini bukan komputer yang dapat Anda ambil dengan mudah dengan satu tangan.

Meskipun demikian, bahkan pada bobot ini, ini bukan ThinkPad terberat yang dibuat Lenovo, beberapa gram lebih ringan dari T580.  Dengan laptop sekuat ini, kipas dapat menyala saat Anda mulai mendorong sistem, dan dengan X1 Extreme, ini terdengar jelas.

Layar OLED Maksimal

Model paling dasar dari Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3  memiliki prosesor enam inti Intel Core i7-10750H, memori 8GB, solid-state drive 256GB, dan layar IPS 1080p dengan kecerahan 300 nits.

Ada tiga opsi tampilan yang lebih baik: 500-nit full HD, 600-nit 4K (3.840-by-2.160-pixel) IPS dengan Dolby Vision, dan layar sentuh 400-nit 4K dengan teknologi OLED dan Dolby Vision True Black.

Layar OLED-nya, yang menggabungkan warna hitam tinta dengan warna-warna cerah. Kecerahannya cukup, dengan latar belakang putih bersalju, dan kontrasnya setinggi sudut pandang yang lebar. Detail halus dan tepi huruf dapat dibuat setajam resolusi 4K.

Kecerahan rata-rata di atas 500 cd / m² dan bahkan melampaui layar 4K yang kami ulas pada model 2019. Nilai hitamnya agak tinggi di 0,38, tetapi rasio kontrasnya masih bagus di lebih dari 1300: 1.

Anda dapat melihat cahaya latar yang memudar di bagian tepi pada gambar yang benar-benar hitam, tetapi dalam praktiknya ini bukan masalah besar.

Bezel layarnya berukuran tidak terlalu tipis dan masih memberikan kesan yang tegas. Webcam pengenalan wajah dan pembaca sidik jari memberi Anda dua cara untuk melewati kata sandi pengetikan dengan Windows Hello.

Port Tambahan

Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3
Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 via www.pcmag.com

Tidak ada bagian dari perangkat portabel ini yang akan membuat para pemakainya kebingungan.Semua konektor tersusun di sepanjang sisi, tombol dan port semuanya berlabel jelas, ditambah keyboard dan touchpad yang besar dan responsif. Semuanya bagus, semua disetel untuk penerimaan pengguna yang cepat, dan siap untuk diajak dalam berbisnis.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3  memiliki dua port USB 3.2 Type-A (satu selalu aktif) bersama dengan kartu SD dan slot kunci Kensington di sisi kanannya. Di sebelah kiri adalah port HDMI, dua port Thunderbolt 3, jack audio, dan konektor untuk adaptor AC saku.

Keyboard

Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 via www.pcmag.com

Anda tidak bisa menemukan keyboard laptop yang lebih baik daripada yang ada di ThinkPads kelas atas. The Extreme mengikuti tata letak perusahaan yang sudah dikenal (tombol Home dan End di baris atas, Page Up dan Page Down di kanan bawah dengan panah kursor).

Tombol Fn dan Kontrol bisa dibilang berada di tempat satu sama lain di kiri bawah, tetapi jika Anda tidak dapat menyesuaikannya, Anda dapat menukarnya dengan aplikasi Lenovo Vantage yang disediakan, yang menggabungkan berbagai macam pengaturan sistem dengan keamanan Wi-Fi.

Tersedia dua tingkat lampu latar keyboard; Tombol baris atas berfungsi untuk melakukan dan mengakhiri panggilan di Microsoft Teams dan Skype for Business. Nuansa mengetik tenang tapi tajam, dengan umpan balik taktil yang tegas.

Kipas perangkat penunjuk dapat memilih antara panel sentuh berukuran sedang dan joystick mini TrackPoint yang disematkan di keyboard, dengan tiga tombol mouse yang terletak di bawah bilah spasi. Keduanya bekerja dengan lancar dan akurat.

Bagi mereka yang belum pernah memiliki ThinkPad, satu-satunya peringatan yang kami berikan adalah bahwa terhadap logika keyboard konvensional, tombol Fungsi ada di paling kiri baris bawah, bukan CTRL.

Itu bukan masalah besar bagi sebagian besar pengguna, tetapi mungkin diperlukan beberapa penyesuaian bagi mereka yang menggunakan komputer desktop dengan keyboard yang ditata secara konvensional.

Spesifikasi Komponen

Saat perangkat sudah berjalan,  Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3 adalah komputer portabel paling kuat yang dapat Anda beli. Meski Lenovo tidak menggunakan Core i9-8950HK atau Xeon E CPU, Core i7-8750H adalah prosesor monster dengan silikon enam inti yang tidak kalah dari Core i9.

Ini adalah perangkat keras yang sempurna untuk memaksimalkan penyimpanan NVMe dan RAM DDR4 2400MHz, membuat kinerja yang sangat kuat hampir terlepas dari tantangan yang ada sebelumnya.

Dalam hal grafis, di mana sebagian besar laptop mencapai batas kemampuannya, X1 Extreme memiliki Nvidia GeForce GTX 1050 Ti dengan teknologi Max-Q dan memori DDR5 khusus sebesar 4GB untuk diandalkan.

Performa

Reaksi awal bagi sebagian orang adalah terhadap GPU atau unit prosesing gambar yang terpisah dalam desain X1 Extreme Gen 3, mengapa perangkat keras ini ada di perangkat  yang tidak dipromosikan sebagai laptop khusus game?

GPU Intel UHD 630 yang berada di Core i7-8750H tidak dibuat untuk menangani  tampilan dengan ukuran 3.840 x 2.160 piksel, dan pemutaran video dari konten streaming 4K atau citra yang dihasilkan 3D secara efektif akan dikurangi dimensinya.

Meskipun GTX 1050 Ti tidak cukup untuk kecepatan frame game 4K, ia dapat mencapai sebagian besar persyaratan aneka software bisnis pada resolusi itu, dan jika Anda menurunkan output ke 1080p, ia dapat menjalankan game di lebih dari 100 frame per detik.

Kekuatan grafis tersebut memberikan kemungkinan menggunakan mesin ini untuk pekerjaan desain, CAD, pemodelan 3D ringan dan tugas presentasi, di samping semua penggunaan tipikal untuk pekerjaan kantor.

Namun, sisi negatif dari GPU adalah konsumsi daya, karena kemampuan untuk mencapai lebih banyak frame per detik hadir dengan masa pakai baterai yang mengurangi overhead.

X1 Extreme Gen 3 memiliki baterai Li-Polymer 80WHr empat sel, yang setidaknya 50% lebih besar dari paket daya di sebagian besar mesin portabel. Sepertinya cukup besar sampai Anda mulai mempertimbangkan kebutuhan tinggi dari CPU Core i7, penyimpanan NVMe, RAM 32GB dan GPU GeForce, yang semuanya menyedot kekuatan daya baterai.

Baterai

Berbicara tentang baterai, Jangan berharap mesin ini memiliki masa pakai baterai yang setara dengan Dell XPS atau laptop Toshiba Portégé. Meskipun kami menduga bahwa model X1 Extreme Gen 3 dengan layar 1080p dan tanpa GeForce GPU mungkin akan memiliki ketahanan yang sedikit lebih lama.

Dengan ketahanan hanya 4jam, praktis Anda perlu untuk selalu mencari posisi duduk yang berdekatan dengan soket listrik bahkan jika Anda berada di luar kantor. Ini adalah satu-satunya kekurangan utama dari X1 Extreme Gen 3.