Ubah Peruntungan di Pasar HP, LG Kenalkan Velvet

Pandemi Covid-19 tampaknya masih akan berdampak buruk pada pasar smartphone dunia. Bahkan hingga memasuki kuartal kedua (Q2) tahun 2020 ini, masih banyak saja negara-negara yang menerapkan karantina total alias lockdown sehingga berimbas pada perekonomian global.

Perekonomian yang memburuk juga memukul industri smartphone yang benar-benar muram. Namun kondisi tak bersahabat ini rupanya tidak melenyapkan semangat LG untuk mengenalkan produk baru. Di mana pada awal April kemarin, perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan itu siap meluncurkan smartphone 5G terbaru.

Bukan tanpa alasan kenapa ponsel 5G menjadi fokus LG pada 2020 ini. Karena memang teknologi 5G diprediksi bakal sangat happening di tahun ini. LG sendiri berniat mengusung smartphone dengan sub-brand baru yang pastinya lebih murah daripada kompetitornya, meskipun sama-sama merupakan ponsel kelas premium.

Baca juga: Kyocera DuraXV Extreme, HP Rp3,6 Juta yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Seperti dilansir The Korea Times, perusahaan yang berpusat di Seoul itu bahkan menyebutkan jika produk barunya ini nanti akan lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S20. Sekadar informasi, Galaxy S20 dibanderol Samsung dengan harga Rp12,9 juta.

Demi mewujudkan ambisi itu, LG sampai melakukan perubahan dengan menyederhanakan merk dan desain pada produk barunya ini. Hingga akhirnya pada akhir April kemarin, LG merilis sebuah video singkat berdurasi 35 detik lewat channel Youtube LG Electronics Korea. Dari video itu, terungkap kalau smartphone unggulan baru mereka ini mengusung nama Velvet.

Spesifikasi LG Velvet

  • Sistem Operasi: Android 10
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Ukuran Layar: P-OLED 6.8″ dengan resolusi 1080 x 2460 pixel
  • Chipset: Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver)
  • GPU: Adreno 620
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 5MP (macro)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Koneksi Internet: GSM / HSPA / LTE / 5G
  • Kapasitas Baterai: 4300 mAh dengan fast charging 30W dan fast wireless charging 10W

Desain LG Velvet Sangat Anggun

tampilan belakang LG Velvet
via gadgetren

Seperti dilansir Gizmochina, dalam video singkat yang dirilis lewat channel Youtube resmi mereka, bisa disimpulkan kalau desain Velvet ini memang cukup classy dan anggun. Video promosi itu sendiri dimulai dengan tetesan air yang berubah jadi kamera belakang utama. Dari video itu, calon konsumen bisa melihat betapa sederhana tapi sangat cantik desain LG Velvet.

LG menggunakan bingkai berwarna perak yang memisahkan bagian belakang dan depan bodi ponsel. Menguatkan kesan mewah, bagian depan dari Velvet tampak terbuat dari logam dengan lapisan cermin. Di sisi kanan, terlihat tombol pengisian daya sementara di sisi kiri, ada tombol volume serta tombol Google Assistant.

LG memasang tray kartu SIM untuk Velvet di bagian atas bersama dua garis antena berwarna putih. Kemudian di bagian bawah ponsel, ada jack audio 3.5 mm, port USB Type-C dan lubang speaker. Berpindah ke bagian belakang bodi ponsel, Velvet tampak melengkung dan meruncing ke tepian. Untuk peletakan kameranya, Velvet memiliki tiga kamera yang dipasang vertikal.

Hanya saja untuk kamera utama dengan kemampuan lensa 48MP, terlihat agak menonjol dibandingkan dua kamera lainnya. Tepat di bawah ketiga kamera itu, ada lampu flash LED yang dipasang rata dengan bodi ponsel. Lalu untuk kamera selfie di bagian layar, Velvet mempunyai notch dengan desain waterdrop sebagai rumahnya.

Baca juga: Infinix Note 7 Lite, HP Rp1,9 juta dengan 4 Kamera Belakang

Dari desain yang sudah dijelaskan di atas, LG memang berniat menjadikan Velvet sebagai pusat perhatian. Desainnya sendiri memang dibuat sangat khas dan memiliki keunggunan tactile. Bahkan untuk pemasangan kameranya, LG mengklaim kalau Velvet adalah yang pertama menggunakan desain bertipe raindrop unik dengan tampilan simetris. Desain raindrop ini membuat ketiga kamera dan lampu LED di bagian belakang Velvet dipasang mirip tetesan air hujan, mulai dari tetesan terbesar hingga mengecil.

LG Velvet Usung Performa Premium

desain kamera Raindrop LG Velvet
desain kamera Raindrop LG Velvet

Velvet sendiri direncanakan oleh LG bakal dikenalkan secara resmi pada 15 Mei 2020 mendatang. Hanya saja hingga saat ini, belum diketahui jadwal pasti kapan Velvet dijual ke pasar smartphone dunia. Meskipun begitu, calon konsumen bisa mengetahui komponen-komponen yang digunakan oleh LG untuk Velvet terlebih dulu.

Karena dikabarkan bakal menggantikan LG G9 ThinQ yang rilis paling lambat semester pertama 2020, spesifikasi Velvet pun tak jauh berbeda. Sama-sama mengusung teknologi 5G, LG menggunakan chipset Snapdragon 765 untuk Velvet. Pemilihan Snapdragon 765 cukup memuaskan karena memang chipset ini digadang-gadang bakal jadi prosesor kelas menengah terbaik.

Menawarkan performa lebih baik dan mendekati handset premium, Snapdragon seri 7 memang jadi ‘jembatan’ antara chip low-end seri 4 dan high-end seri 8. Dengan modem terintegrasi X52, Snapdragon 765 disebut jauh lebih hemat energi dibandingkan seri 8 yang memang punya performa optimal.

Tak main-main, Snapdragon 765 akan mempunyai kecepatan unduh 3.7 Gbps dan unggah 1.6 Gbps yang mendukung semua pita frekuensi 5G. Bukan hanya itu saja, Snapdragon 765 juga mampu bekerja sangat baik dalam kebutuhan multi-kamera. Hal ini menjadikan Velvet bisa merekam 4K HDR dengan lebih dari satu miliar warna.

Masih kurang? Paduan chipset Snapdragon 765 dan Adreno 620 lebih dari mampu melaksanakan tugas-tugas berat seperti gaming dan rendering video. Khusus untuk penggemar fotografi, Velvet sudah mengusung kamera dengan lensa besaran teknologi pixel-binning. Dikabarkan akan ada empat pilihan warna untuk Velvet yakni Aurora White, Aurora Green, Aurora Gray, dan Illusion Sunset.

Fitur Tambahan LG Velvet Tak Bikin Kecewa

tampilan depan LG Velvet
© Phone Arena

Dengan desain yang begitu cantik dan performa memuaskan, kehadiran Velvet bukan tak mungkin akan membuat persaingan ponsel-ponsel kelas menengah semakin seru. LG pun semakin menyempurnakan Velvet berkat beragam fitur yang disematkan padanya.

Yang pertama adalah adanya kemampuan fast charging 30W dan fast wireless charging 10W untuk Velvet. Kemampuan pengisi daya yang lebih cepat ini memang menjadi hal normal pada smartphone-smartphone baru, mengingat gaya hidup saat ini adalah begitu cepat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga: Imbas Covid-19, Samsung Bakal Rilis Ponsel 5G Murah

Fitur berikutnya yang membuat Velvet sangat layak dipertimbangkan adalah kemampuan merekam ASMR, sehingga kualitas suara jauh lebih baik saat Anda merekam video. Hal ini tentunya begitu menguntungkan para content creator yang kerap membuat video ASMR.

Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak sekali video ASMR di Youtube lantaran memberikan kesan menonton jauh lebih real. Tak perlu cemas dengan kemampuan penyimpanan, Velvet mempunyai slot MicroSD yang mendukung hingga 2TB, sehingga Anda bisa menyimpan banyak file penting.

Kemudian terakhir, Velvet hadir dengan dukungan aksesori LG Dual Screen dan LG Stylus Pen, tapi dijual terpisah. Supaya bisa mengetahui kinerjanya, LG sampai merekrut 300 VELVETists yang merupakan komunitas penguji smartphone.

LG Velvet Gantikan LG G Series

bodi belakang LG Velvet
© Phone Arena

Demi menarik perhatian calon konsumen, LG menyebutkan kalau Velvet akan hadir dengan algoritma software berdaya rendah, sehingga baterainya tidak cepat boros sekalipun mengakses teknologi internet 5G. Namun lepas dari itu, Velvet memang diusung LG sebagai produk unggulan yang akan menggantikan posisi G series.

Seperti yang diketahui, dari tahun ke tahun, LG memang rutin merilis dua ponsel flagship yang berjarak enam bulan. Hal ini terlihat dari kebiasaan LG untuk merilis G series di awal dan kemudian V series di penghujung tahun. Namun rutinitas ini berganti pada 2019 saat LG merilis G8 ThinQ di bulan April, kemudian langsung diperbaharui dengan G8X ThinQ tak lama setelah V50S ThinQ 5G rilis bulan Oktober 2019.

Lantaran dianggap strategi tahun 2019 itu tidak berdampak maksimal ke penjualan, LG menerapkan strategi baru di 2020 ini. Di mana mereka memutuskan menjadikan V series sebagai lini flagship yang diawali dengan mengusung nama baru yakni LG Velvet.

Velvet Jadi Peruntungan Baru LG

Menurut Chang Ma selaku Vice President of Product Strategy dari LG Mobile Communications Company, Velvet mengusung dua kunci karakteristik desain yakni lustrous smoothness dan premium softness. Demi perubahan itu sendiri, LG meninggalkan penamaan angka pada smartphone mereka dan lebih menggunakan nama yang ekspresif serta familiar untuk ponsel.

Baca juga: Murah Meriah, Xiaomi Jual Redmi 8A Pro Seharga Rp1,6 Juta

Melalui Velvet, LG akan memulai era baru yang lebih fokus pada desain dan mencerminkan selera serta emosi pribadi individu yang unik. Melihat keseriusan LG dengan Velvet, bukan tak mungkin kalau riwayat G series dan V series dari LG akan tinggal kenangan. Apalagi LG dengan cukup percaya diri akan membuat Velvet tampil dengan desain berbeda, di mana ponsel-ponsel masa kini cenderung punya tampilan mirip dan sulit dibedakan.

Dari Velvet pula, LG akan menggunakan nama yang berbeda untuk tiap-tiap model smartphone baru mereka. Di mana masing-masing nama akan mewakili desain serta fitur khusus dari tiap ponsel. Strategi ini dipilih LG untuk mengubah peruntungan mereka di industri smartphone yang kurang cemerlang.

LG G9 ThinQ
LG G9 ThinQ

Apalagi dilaporkan bahwa selama 19 kuartal berturut-turut, divisi smartphone LG selalu merugi. Tak main-main, kerugian kumulatif hingga tahun 2019 menyentuh 1,1 triliun won atau sekitar Rp13,5 triliun. Bahkan di 2020 ini, LG yang hendak merilis G9 ThinQ harus membatalkan rencana itu lantaran Covid-19. Tentunya kerugian yang terus-menerus membuat petinggi LG harus sesegera mungkin menyiapkan strategi baru, agar smartphone LG bisa bertahan di pasaran.

Kendati demikian, LG tak menampik bahwa G series merupakan produk inovatif sejak tahun 2012. Dengan jadwal pengenalan Velvet yang makin dekat, LG disebut akan membanderol produk itu di harga US$700 (sekitar Rp10,5 juta). Semoga saja Velvet akan benar-benar mampu membuat LG kembali bangkit di industri ponsel dunia, dan tidak tergulung gelombang smartphone murah asal Tiongkok.