MacBook Pro 16 inci, MacBook Terbaik dan Terkuat

MacBook Pro 16 inci bukan hanya MacBook paling kuat yang pernah dibuat Apple, namun juga yang terbaik. Dengan mendengarkan masukan dari para pengguna dan menerima kritik atas model sebelumnya, Apple telah membuat MacBook Pro yang ditingkatkan hampir di setiap aspek komponennya. Jika Anda memiliki anggaran untuk itu, ini adalah salah satu laptop terbaik yang dapat Anda beli.

CPUProsesor Intel Core i9 2,3 GHz (octa-core, hingga 4,8 GHz)
GrafisAMD Radeon Pro 5500M
RAMGDDR6 4 GB: 16 GB (2.666 MHz DDR4)
Layar16 inci, 3.072 x 1.920 layar Retina (LED backlit , IPS, kecerahan 500 nits, gamut P3 warna lebar)
PenyimpananPort SSD 1TB
Dimensi0,64 x 14,09 x 9,68 inci (1,62 x: 35,79 x 24,59 cm; W x D x H)
Ports4x Thunderbolt 3 (USB-C), colokan headphone 3,5 mm
Konektivitas802.11ac Wi-F, Bluetooth 5.0
Kamera720p FaceTime HD webcam
Berat2 kg
Fitur Macbook Pro 16 inci
MacBook Pro 16 inci, MacBook Terbaik dan Terkuat
MacBook Pro 16 inci via www.slashgear.com

MacBook Pro 16 inci 2019 langsung menjadi hit begitu diluncurkan ke pasaran. Apple telah melakukan revitalisasi  pada laptop jajaran Pro, yang sangat membutuhkan pembaruan yang tepat.  Model terbesar dalam jajaran MacBook Pro ini hanya menerima pembaruan dan penyegaran bertahap selama beberapa tahun terakhir.

Selangkah lebih maju dari MacBook Pro 15 inci 2019 , MacBook Pro 16 inci 2019 juga belajar dari kesuksesan MacBook Pro 2020 13 inci . Itu juga membenarkan banyak kesalahan yang dialami para profesional baru-baru ini dan dilengkapi dengan beberapa penyempurnaan penting seperti tampilan yang lebih besar dan lebih cantik.

Peningkatan lebih lanjut ditemukan pada komponen internal, dengan kartu grafis seri 7nm AMD Radeon Pro 5000M memulai debutnya, memberikan workstation mobile ini beberapa grunt grafis yang sangat mengesankan.

Yuk baca review lainya, HP EliteBook x360 1040 G5, Laptop Bisnis Setipis Tablet.

Dan, untuk pertama kalinya, MacBook Pro 16 inci dapat dikonfigurasi dengan RAM hingga 64 GB dan penyimpanan SSD hingga 8 TB. Kedua pembaruan ini membuat laptop ini menjadi pemain yang sangat tangguh dalam hal tugas intensif grafis seperti merender video.

Masa pakai baterai telah ditingkatkan dengan baterai 100 watt-jam (16 WH lebih besar dari model sebelumnya, dan sekarang baterai laptop berkapasitas terbesar yang dapat diizinkan FAA dalam penerbangan) – dan dalam pengujian kami, kami benar-benar terpesona oleh caranya selama model MacBook Pro 16 inci bertahan di antara pengisian daya.

Anda benar-benar tidak perlu mengalami masa pakai baterai yang sangat singkat hanya karena Anda menggunakan laptop yang kuat dengan MacBook Pro baru. Ini adalah perubahan yang banyak diminta oleh pengguna loyal Apple.

Speaker yang jauh lebih baik dan mikrofon internal melengkapi MacBook Pro 16 inci sebagai perangkat kerja seluler yang sangat mumpuni – dan di mana Anda tidak lagi merasa perlu mencolokkan terlalu banyak perangkat eksternal.

Hadir bersama dengan desain tipis dan ringan yang hampir identik yang kami sukai dari MacBook, menjadikan MacBook Pro 16 inci sebagai laptop pro portabel yang sesungguhnya.

MacBook Pro 16 inci, MacBook Terbaik dan Terkuat
MacBook Pro 16 inci via www.laptopmag.com

Kami bahkan belum banyak bicara tentang  layar. Apple melakukan peningkatan ke layar 16 inci, namun menurut kami ini tidak menghasilkan kompromi dalam kualitas gambar, dengan resolusi yang ditingkatkan hingga 3.072 x 1.920 dan kepadatan piksel 226 piksel per inci.

Itu adalah lompatan yang biasa saja dari model 15 inci dengan resolusi 2.880 x 1.800, yang menawarkan kerapatan piksel 220ppi. Layar yang lebih besar dengan kerapatan piksel yang meningkat memang sangat disambut baik.

Namun, ada juga fakta baik bahwa peningkatan ukuran layar tidak membuat model 16 inci lebih besar dari model 15 inci, berkat bezel yang jauh lebih tipis yang mengelilingi layar.

Ada banyak hal yang disukai tentang MacBook Pro 16 inci 2019, dan tidak banyak yang tidak disukai. Kurangnya ekspansi di luar empat port Thunderbolt tetap mengecewakan pengguna pro.

Tapi, laptop juga menebusnya dengan menambahkan fitur yang membuat Anda cenderung tidak perlu mencolokkan alat eksternal.

Siapa yang membutuhkan hard drive eksternal jika Anda memiliki penyimpanan SSD 8TB? Meski mengenai harga, yang memang lumayan mahal.

Namun pada kenyataannya, sebenarnya harganya sama dengan model sebelumnya, yang mungkin mengganggu siapa saja yang baru saja membeli salah satunya.

Secara keseluruhan, Apple telah meningkatkan hampir setiap aspek MacBook Pro, dan mengatasi keluhan orang-orangyang kecewa karena rilis MacBook Pro baru-baru ini tidak revolusioner atau tidak menarik.

MacBook Pro 16 inci menunjukkan bahwa Apple masih menyukai MacBook dan memiliki beberapa ide menarik untuk masa depannya.

Desain

Sekilas, MacBook Pro 16 inci tidak terlalu berbeda dari model 15 inci. Itu sendiri merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat layar yang lebih besar fitur baru MacBook Pro.

Sekarang jejak dari MacBook Pro 16-inch adalah lebih besar dari 15 inci, dengan dimensi 0,64 x 14,09 x 9,68 inci (1,62 x: 35,79 x 24.59cm) versus 15-inci ini 0,61 x 13,75 x 9,48 inci (1,55 x 34,93 x 24,07cm; W x D x H), tetapi itu tidak terlalu menimbulkan perbedaan yang mencolok. Benar-benar mengesankan.

Jadi, bagaimana Apple mengelola ini? Saat membuka MacBook Pro 16 inci, jawabannya terbukti, dengan bezel yang mengelilingi layar jauh lebih tipis dari model sebelumnya.

Hal ini tidak hanya memungkinkan Apple untuk menyesuaikan layar yang lebih besar ke dalam MacBook Pro baru tanpa secara drastis meningkatkan ukuran keseluruhan laptop, tetapi juga membuat tampilan dan nuansa MacBook Pro baru menjadi jauh lebih modern. Ini juga memastikan bahwa semua perhatian Anda diarahkan ke layar cantik itu.

Dan layarnya – sungguh indah. Ini adalah layar terbesar di MacBook sejak MacBook Pro 17 inci dihentikan pada tahun 2012.

Baca juga, Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3, Mahalnya Sesuai Dengan Performanya.

Jelas bahwa Apple telah mendengar feedback dari pengguna pro yang menginginkan layar lebih besar, bahkan dengan mengorbankan portabilitas, dan Apple berhasil mengeksekusinya.

MacBook Pro 16 inci, MacBook Terbaik dan Terkuat
MacBook Pro 16 inci via www.laptopmag.com

Layar

Meski MacBook Pro 16 inci hadir dengan layar yang lebih besar, Apple telah memastikan bahwa kualitas gambar tetap tinggi, karena juga telah meningkatkan resolusinya menjadi 3.072 x 1.920.

Hasilnya adalah tampilan tajam dan indah yang terlihat tajam dan cerah. Ini tidak dikemas dengan piksel seperti layar Razer Blade 15 Studio Edition , yang memiliki resolusi 4K 3.840 x 2.160.

Layar Razer Blade 15 Studio Edition jelas merupakan salah satu yang harus dikalahkan saat ini ketika datang ke laptop pro. Ini adalah layar OLED yang dikalibrasi oleh pabrik dan benar-benar menakjubkan. Tidak hanya memuaskan dalam hal resolusi, tetapi juga layar sentuh.

Apakah itu penting pada perangkat pro? Nah, salah satu nilai jual besar MacBook pro 16 inci, ketika kami berbicara dengan Apple, adalah cara menjalankan macOS Catalina.

OS Catalina memungkinkan Anda menggunakan iPad sebagai layar kedua saat menggunakan fitur Sidecar. Ada sejumlah aplikasi kreatif yang memungkinkan Anda menggunakan iPad bersama dengan stylus Pensil Apple untuk mengontrol aplikasi melalui sentuhan.

Ini adalah cara yang bagus untuk memungkinkan materi iklan berinteraksi dengan alat mereka secara intuitif. Namun, itu juga membutuhkan iPad – yang merupakan biaya tambahan.

Jika MacBook Pro hadir dengan layar sentuh, itu tidak akan menjadi masalah. Seperti yang ditunjukkan Razer, memang mungkin untuk menyertakan layar sentuh tanpa mengorbankan kualitas gambar – meskipun ada untungnya dalam hal harga.

Keyboard

Keyboard
MacBook Pro 16 inci via www.laptopmag.com

Keyboard adalah hal yang paling mendapat kritik pada seri sebelumnya. Kini tak akan ada lagi masalah yang dialami keyboard Butterfly (di mana tombol menjadi ‘macet’ atau tidak responsif saat debu atau kotoran lain menemukan jalan di antara tombol).

Saat dilakukan pembongkaran MacBook Pro 16 inci baru-baru ini, iFixit menemukan bahwa Apple tidak lagi menyertakan membran pelindung di bawah tombol, yang disertakan dalam MacBook terbaru lainnya dalam upaya untuk memperbaiki masalah yang dihadapi sakelar Butterfly.

Dengan tidak menyertakan membran, tampaknya Apple yakin bahwa keyboard baru MacBook Pro 16 inci tidak akan mengalami masalah tersebut.

Sakelar Scissor juga memungkinkan keyboard MacBook Pro 16 inci untuk melakukan pekerjaan yang layak saat tombol ditekan, sambil tetap menjaga MacBook Pro seramping mungkin.

Hasilnya langsung terlihat: keyboard baru MacBook Pro 16 inci sangat menyenangkan untuk mengetik, dan pengalaman yang jauh lebih responsif dan memuaskan. Saat beralih kembali ke keyboard MacBook Pro 15 inci yang lebih lama, terasa agak datar jika dibandingkan.

Kami tidak sabar untuk kembali menggunakan keyboard yang lebih baru. Bagi siapa saja yang banyak mengetik, keyboard MacBook Pro 16 inci yang baru dan lebih baik akan menjadi nilai jual yang sangat besar.

Perubahan lebih lanjut pada keyboard termasuk memperpendek Touch Bar dan memasukkan tombol Esc fisik lagi.

Ini mungkin bukan perbedaan besar bagi banyak orang, tetapi bagi banyak orang – terutama pembuat kode – ini akan menjadi perubahan yang disambut baik – dan sekali lagi menunjukkan bahwa Apple telah mendengarkan permintaan pelanggannya.

Tombol Touch ID, yang memungkinkan Anda masuk ke MacBook Pro atau melakukan otorisasi pembayaran Apple Pay, juga telah diubah sedikit sehingga lebih mudah ditemukan.

Tombol arah juga telah diubah, dan sekarang kembali ke tata letak klasik ‘T terbalik’. Sekali lagi, ini adalah tata letak yang lebih intuitif yang memungkinkan orang menekan tombol tersebut tanpa harus melihatnya, dan ini telah menjadi fitur yang lama diminta oleh sebagian orang.

Ini semua adalah perubahan desain yang sangat disambut baik, yang menunjukkan bahwa Apple telah mendengarkan. Perubahan ini meningkatkan kinerja dan kegunaan MacBook Pro, tanpa mengubah tampilan atau nuansa laptop secara drastis.

Port Eksternal

MacBook Pro 16 inci via www.laptopmag.com

Apple terlihat hanya memasukkan empat port Thunderbolt 3 USB-C dan jack audio. Sekarang, port tersebut baik-baik saja untuk pengguna biasa yang memiliki periferal modern dengan konektor yang tepat.

Namun, MacBook Pro 16 inci adalah laptop yang ditujukan untuk para profesional, dan kurangnya port membuat frustrasi. Banyak orang memiliki periferal lama yang mereka andalkan untuk pekerjaan yang tidak dapat dicolokkan ke port Thunderbolt 3 tanpa adaptor.

Memiliki port USB berukuran standar bersama dengan pembaca kartu memori, misalnya, akan membuat MacBook Pro 16 inci menjadi perangkat yang jauh lebih serbaguna bagi para profesional.

Sebagai gantinya, Anda harus membeli adaptor untuk menyambungkan perangkat tersebut ke MacBook Pro. Ini adalah biaya tambahan, dan bukan solusi yang sangat elegan. Ini adalah sisa dari etos ‘bentuk alih fungsi’ Apple yang dipopulerkan oleh Jony Ive.

Anda dapat memaafkan produk berorientasi konsumen seperti MacBook Air atau iPhone 11 karena mengorbankan port dan fitur agar terlihat setipis dan seseksi mungkin, tetapi dengan perangkat prosumer seperti MacBook Pro 16 inci, tetap terasa seperti pilihan yang salah.

Semakin banyak pesaing MacBook Pro, seperti Razer Blade 15 Studio Edition, yang menawarkan pilihan port yang jauh lebih luas. Sayang sekali Apple tampaknya tidak mau mengalah dalam hal ini, karena ini adalah satu area di mana MacBook Pro 16 inci tidak terasa seperti mendapatkan peningkatan dari apa yang datang sebelumnya.

Performa

MacBook Pro 16 inci adalah MacBook paling kuat yang pernah dibuat – terutama jika Anda menggunakan model yang paling mahal dengan prosesor Intel 8-core, RAM 64GB dan SSD 8TB, Anda tidak akan mendapatkan laptop lain yang seperti itu.

Dalam penggunaan sehari-hari, MacBook Pro 16 inci tentu sangat menyenangkan.Sistem operasi macOS Catalina terasa cepat dan mulus, dengan aplikasi dimuat dalam sekejap. Setiap saat, Anda tahu bahwa sedang mengerjakan laptop yang sangat mumpuni.

Kami juga ingin menunjukkan bahwa meskipun sedang proses loading, MacBook Pro 16 inci tetap senyap secara mengesankan. Kami telah menggunakan laptop lain – termasuk beberapa MacBook – yang mengeluarkan banyak suara saat perangkat keras saat  kipas mulai bekerja.

Ini adalah bukti desain termal baru yang dibuat Apple, memungkinkan MacBook Pro 16 inci tetap tenang. Kami juga tidak melihat masalah pelambatan (di mana kecepatan CPU diturunkan untuk mencegah panas berlebih, yang memengaruhi kinerja) selama kami menggunakannya – sesuatu yang dialami oleh beberapa MacBook Pro sebelumnya.

Kinerja MacBook Pro 16 inci tentu juga cemerlang saat dilakukan pemutaran media. Kami telah cukup membahas kualitas layar diatas, dan sudah disimpulkan bahwa tampilan foto dan video nampak optimal.

Speaker

MacBook Pro 16 inci via wccftech.com

Speaker internal baru juga luar biasa. Ada enam speaker di MacBook Pro, dengan woofer yang mendukung Force Feedback. Ini memungkinkan MacBook Pro menghasilkan suara bass tanpa getaran asing yang menyebabkan distorsi yang tidak diinginkan.

Hasilnya luar biasa, dengan suara yang sangat jernih yang berasal dari speaker yang relatif kecil. Jika Anda terbiasa dengan suara nyaring yang keluar dari speaker laptop yang lemah, Anda akan sangat terkesan dengan kualitas suara MacBook Pro 16 inci. Itu cukup keras untuk mengisi ruangan berukuran sedang tanpa distorsi.

Musik terdengar fantastis, tetapi menonton film dan acara TV juga menjadi sorotan, dengan panggung yang lebar dan pemisahan stereo yang jernih yang dapat membuat Anda berpikir bahwa Anda sedang mendengarkan dua speaker eksternal yang diposisikan berjauhan satu sama lain. Ada juga efek surround virtual yang lumayan bagus. Kami sangat terkesan.

Array mikrofon baru di MacBook Pro 16 inci juga jauh lebih baik. Kami terkesan dengan kejernihan dan kualitas audio yang direkam, dan seperti pengeras suara, itu berarti jika Anda bepergian tanpa mikrofon eksternal, memilih mikrofon internal bukanlah kesulitan besar.

Kami mengeluh tentang kurangnya port sehingga sulit untuk menyambungkan periferal eksternal ke MacBook Pro 16 inci, tetapi speaker dan mikrofon baru, bersama dengan keyboard yang ditingkatkan dan penyimpanan yang besar, berarti Anda cenderung tidak perlu mencolokkan perangkat tambahan lagi.

Daya tahan baterai

MacBook selalu memiliki masa pakai baterai yang mengesankan, terutama dibandingkan dengan laptop Windows. Meskipun MacBook Pro 16 inci memiliki masa pakai baterai yang lebih pendek dari perkiraan Anda, karena layarnya yang lebih besar dan komponen yang lebih bertenaga.

Baca ulasan kami lainya, Google Pixelbook Go, Chromebook Besutan Google Paling Terjangkau.

Faktanya, Apple telah berhasil mencapai prestasi luar biasa dalam membuat masa pakai baterai lebih lama . Menurut perkiraannya, ini memberikan daya tahan baterai sekitar satu jam lebih banyak dibandingkan dengan model 15 inci, dan dalam pengujian kami, kami menemukan bahwa cukup akurat, dengan itu berlangsung selama 11 jam dan 41 menit, dengan video 1080p pada layar 50%. kecerahan.