Mana Brand Terbaik, Samsung Atau Apple? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Bagi pengguna setia android khususnya smartphone Samsung mungkin samsung dianggap brand terbaik. Apalagi ketika Samsung telah mengeluarkan seri Samsung A50s yang cukup viral dengan harga dan spesifikasinya yang sangat menarik.

Bahkan beberapa influencer gadget bilang terbaik dari samsung dimasanya. Disisi lain, pengguna setia Apple merasa Apple adalah smartphone yang juga terbaik walaupun dikenal sebagai smartphone yang cukup mahal di banding merek lainnya.

Nah untuk Anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu brand ini mungkin perlu penjelasan lebih lengkap sebenarnya kenapa pengguna setiap Samsung maupun Apple bisa mengatakan brand tersebut adalah yang terbaik menurut versinya masing-masing.

Ternyata ada alasannya, karena memang setiap brand memiliki keunggulan yang paling dibutuhkan bagi penggunanya. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan masing-masing brand yakni Samsung dan Apple sehingga bisa di katakan brand terbaik! Kita mulai dengan brand Samsung.

Keunggulan Samsung

1. One UI yang Sangat Mempesona

One UI yang Sangat Mempesona

One UI adalah antarmuka Samsung yang di rilis pada tahun 2018. Salah satu keunggulan Samsung yang sangat mencolok memang dari sisi antarmuka One UI yang membuat tampilan android menjadi simpel, mudah di pakai, lebih intuitif, serta pastinya enak dilihat.

Pengguna Samsung pasti mengakui bahwa One UI ini membuat perangkatnya lebih nyaman di pakai. Misalnya ketika melihat-lihat aplikasi di menu home, menu setting, camera dan toggle terkesan sangat rapi.

Beberapa fitur yang menjadi unggulan One UI, diantaranya yang pertama adalah adanya folder secure. Anda bisa menyimpan file-file yang tidak ingin orang lain lihat dan hanya Anda yang tahu PIN-nya. Kedua, layar yang hidup ketika diangkat dan juga fitur One Hand Use, dimana memungkinkan kita bisa menggunakan smartphone dengan satu tangan saja karena icon bisa dijangkau dengan satu jari saja.

Itulah salah satu hal yang membuat para pengguna Samsung sangat nyaman menggunakan gadget dari Samsung. Remaja, dewasa ataupun orang tua bisa dengan mudah menggunakannya. Apalagi kabarnya Samsung juga sudah merilis One UI versi 2.0 di pertengahan februari kemarin.

2. Adanya Layanan Extra Khusus Pengguna Samsung

Layanan extra yang di maksud disini bukanlah aplikasi kalkulator, sound recording, dan sebagainya karena layanan tersebut juga sudah dimiliki oleh smartphone lain. Tapi layanan extra ini di berikan khusus pengguna Samsung. Sehingga hanya pengguna samsung yang bisa mendapatkan pengalaman layanan extra yang cukup menarik ini.

Salah satu layanan extra tersebut seperti Samsung Gift. Samsung Gift adalah sebuah aplikasi khusus pengguna samsung yang di dalamnya tersedia berbagai voucher dan diskon yang bisa digunakan oleh Anda sebagai pengguna samsung. Bagi Anda yang gemar kuliner dan shopping, mungkin Samsung Gift ini akan menjadi aplikasi yang sering Anda buka setiap harinya.

Sedangkan layanan lainnya yakni Samsung Pay dimana Anda bisa membuka beberapa akun e-wallet Anda dengan satu aplikasi saja. Ini akan membantu Anda yang banyak bertransaksi dengan cashless, apalagi membeli tema di samsung kini sudah bisa menggunakan gopay. Kemudian ada juga Samsung Member, yakni tempat berkumpulnya/komunitas pengguna Samsung.

3. Ekosistem

Samsung kini memiliki fitur yang akan bisa semakin memudahkan aktifitas dengan konsep ekosistemnya. Dimana Anda bisa mengkoneksikan dengan mudah antara smartphone samsung dengan laptop, smart watch samsung bahkan ada juga smart kulkas. Jenis dari aksesoris Samsung pun beragam dan itu artiny harganya pun akan banyak pilihan yang bisa di pilih.

Anda mungkin sudah tahu bahwa Samsung sebenarnya sejak dulu sudah mengeluarkan produk-produk elektronik lain selain gadget yang kualitasnya dikenal bagus. Kini Samsung sudah membuat sebuah ekosistem Samsung yang bisa saling terhubung dan memudahkan aktifitas kita.

4. Smartphone Kelas Menengahnya Sangat Bersaing

Smartphone Kelas Menengahnya Sangat Bersaing

Sebagai contoh, smartphone Samsung yang termasuk kelas menengah dengan spesifikasi sangat menarik adalah Samsung A50s yang telah di rilis pada 2019 yang lalu.Samsung A50s ini adalah versi terbaru dari Samsung A50 yang telah dirilis sebelumnya. Dengan harga 4 jutaan, Anda sudah bisa memiliki hp Samsung dengan spesifikasi yang bisa di bilang jempolan. Bahkan di pasaran harganya bisa lebih murah dari itu dan di tahun 2020 lebih murah lagi.

Mulai dari RAMnya yang besar yakni 6 GB, layarnya yang lebar 6,4, baterainya yang termasuk cukup besar 4000 mAH, adanya triple camera 48 MP + 5MP + 8MP, layarnya yang pasti super amoled dan masih banyak spesifikasi lainnya. Inilah yang membuat banyak penggemar setia samsung merasa puas apalagi dengan kehadiran A50s ini.

5. Harga Pasaran Biasanya di Bawah Harga Resmi

Entah kenapa harga pasaran hp Samsung biasanya lebih murah di banding harga resmi saat launching.Tentu ini menjadi daya tari tersendiri bagi para penggunanya. Misalnya saja Samsung sei A50 S yang di bandrol dengan harga 4,2 jutaan saat launching, ternyata harganya hanya 3,5 juta-an di toko online (sumber : shopee).

Selain hpnya lebih murah di pasaran, Samsung merupakan merek android dengan daya tahan yang tinggi. Berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa teman yang memiliki hp Samsung sejak dahulu, ternyata hp Samsung entah kenapa termasuk hp yang sangat awet. Bahkan beberapa teman masih memiliki hp Samsung seri J3 atau yang masih hanya support 4G dan kondisinya masih sangat baik.

6. Selalu Berinovasi

Selalu Berinovasi

Layar besar, layar lengkung, layar super amoled, layar lipat adalah beberapa inovasi yang berhasil di ciptakan Samsung. Karena dahulu, hp dengan layar besar banyak di cemooh dan masyarakat lebih memilih lebar HP dengan desain yang compact tetapi nyatanya saat ini malah di tiru oleh merek lain.

Salah satu inovasi Samsung yang jadi unggulan telah disebutkan sebelumnya yakni dalam hal tampilan antar muka One UI. Jika berbicara mengenai produk lainnya selain hp, samsung juga merupakan brand dengan inovasi tinggi. Saat ini samsung telah meluncurkan konsep smarthome, yakni mengatur perangkat-perangkat eletronik rumahan dengan perintah suara.

Keunggulan Apple

1. iPhone adalah Super Innovator

iPhone adalah Super Innovator

Ketika Steve Jobs mengenalkan iPhone untuk pertama kalinya, respon audiens terlihat sangat kaget. Karena dimasanya, Apple menjadi inovator teknologi layar sentuh pada smartphone yang bisa di scroll hingga merek-merek lain mulai mengikuti jejak Apple. Hingga saat ini, dapat di bilang bahwa apapun teknologi terbaru dari Apple akan di tiru bahwa dunia mencoba untuk menyesuaikan dengan hal tersebut.

2. Konsisten Membuat Produk Berkualitas

Brand yang memiliki citra terbaik tentunya harus di liat dari konsistensi. Karena jika tidak konsisten, biasanya orang akan cenderung malas dengan brand tersebut. Nah, sedari awal meluncurkan produk Apple termasuk brand yang konsisten membuat produk yang berkualitas.

Apapun yang di ciptakan Apple pasti yang terbaik. Smartphone terbaik, Airpods, Macbook, hampir setiap produk yang di keluarkan Apple, orang-orang juga sudah mempersepsikan bahwa produk tersebut adalah yang terbaik dari Apple.

3. Tidak Pelit Update iOS

Kini OS terbaru Apple adalah iOS 13. Dibanding sistem operasi Android yang sangat banyak, iOS dapat di bilang lebih unggul. Hal ini karena Apple tidak melupakan para pelanggan yang telah membeli produknya, melainkan memberikan update iOS terbaru pada iPhone lama misalnya iPhone 6s Plus. Sehingga para pelanggan tetap bisa merasakan pengalaman menggunakan hp keluaran baru.

Walaupun Apple tidak mengupdate iOS sesering Android, tetapi update iOS selalu menghasilkan OS terbaiknya. Oleh karenanya para pengguna iPhone jarang mengeluh mengaku menyesal membeli iPhone seri tertentu karena sudah muncul seri terbaru iPhone di bulan berikutnya. Jarangnya melaunching OS baru ini juga bukan tanpa alasan, karena iOS.

4. Konsep Ekosistem Apple

Konsep Ekosistem Apple

Selain samsung yang mengenalkan konsep ekosistem, sebenarnya Apple juga termasuk brand yang menginisiasi hal ini. Semakin banyak perangkat Apple di sekitar Anda maka aktifitas akan lebih mudah. Itulah yang ingin diperkenalkan Apple. Di mulai dengan membeli iPhone, sebagai perangkat mendasar untuk mengendalikan semua.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, jika konsep ekosistem ini bisa di nikmati jika semakin banyak perangkat Apple di sekitar Anda. Misalnya pada diri Anda sendiri. Jika Anda memiliki iPhone dan Macbook maka data Anda juga bisa di buka di Macbook. Anda juga bisa menggunakan airpods tanpa setting ini itu, karena sudah langsung connect.

Begitupun dengan smartwatch dari Apple. Bisa Anda kendalikan dari iPhone maupun sebaliknya, bisa mengangkat telepon dari smartwatch tanpa mencari iPhone dan langsung melakukan panggilan dengan airpodsnya. Apple memang terkenal dengan pepatah it just works! Menjadikan semuanya lebih mudah.

5. Kameranya Maksimal

Kameranya Maksimal

Kamera iPhone nampak jadul dibanding dengan kamera hp android. Lihat saja, jika android kini sudah banyak menggunakan kamera beresolusi tinggi 32 MP, bahkan menambahkan beberapa kamera tambahan lainnya, iPhone hanya menggunakan resolusi paling besar 12 MP.

Sedari awal Apple nampaknya tidak ikut berlomba menjajalkan banyak kamera dan resolusi yang sangat besar perangkat smartphonenya seperti merek-merek hp android lainnya.

Walaupun begitu kamera iPhone di bilang lebih jernih dibanding kamera android. Kenapa bisa demikian? Ternyata apple kabarnya lebih suka memperbesar ukuran sensor dibanding resolusi kamera sebab dinilai lebih bermanfaat.

Contohnya iPhone 5s yang memakai kamera 8MP saja padahal saat itu android sudah banyak yang menggunakan kamera 13 MP. Tetapi gambar yang dihasilkan iPhone 5s lebih bagus di banding android dengan kamera 13 MP karena Apple memperbesar sensor yang tadinya 1,4 mikron menjadi 1,5 mikron.

Sensor yang di perbesar ini membuat kamera bisa lebih banyak menangkap cahaya sehingga hasil bdidikan kamera lebih jernih. Hal lainnya yang membuat kamera iPhone lebih berkualitas tinggi adalah karena Apple juga lebih memilih memperlebar aperture iphone, menciptakan fitur image signal processor pada processornya. Fitur ini berfungsi untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan gambar, termasuk melakukan color correction, white balance dll.

6. Desain Elegan Berhasil Menjadi Trend Setter

Hampir kebanyakan orang mengakui bahwa desain iPhone sangat elegan dan juga terkesan eksklusif. Kemunculan hp-hp Android yang desainnya mirip iPhone seperti seri hp yang di keluarkan Vivo dan Oppo beberapa waktu lalu menjadi salah satu bukti bahwa desain yang elegan ini menjadi trend setter.

Steve Jobs adalah orang yang perfectionis. Bagaimana tidak, desain perangkat Apple memerlukan banyak ahli didalamnya hingga akhirnya lahir desain-desain iPhone elegan yang kini dinikmati masyarakat dan memiliki banyak penggemar.

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai kelebihan brand Samsung maupun Apple, tentunya ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda untuk memilih. Akan tetapi ada kesamaan yang bisa kita tahu saat ini bahwa baik Samsung maupun Apple sama-sama menciptakan ekosistem dan juga menjadi pesaing kuat dalam berinovasi.