Arus

Menanti Smartphone Layar Gulung, Tren Baru 2021

Belum juga kita menggenggam smartphone dengan layar lipat macam Samsung Fold, Huawei Mate atau Oppo Foldable Phone. Kini di awal tahun 2021 beberapa pabrikan Smartphone mulai pamer teknologi baru yaitu layar gulung.

Layar Gulung pada smartphone ini memungkinkan pengguna untuk memperlebar layar ke samping atau ke atas dengan teknologi continously variable OLED display.

Teknologi yang masih dalam tahap pengembangan ini menggunakan partikel kecil dan halus pada layarnya sehingga ketika digeser melebar dan menyempit tidak memunculkan bekas garis halus seperti pada layar smartphone lipat. Sehingga tampilan akan lebih bersih dan enak dipandang.

Sebenarnya teknologi layar gulung bukan hal yang benar – benar baru, karena dilansir dari halaman letsgodigital.org bahwa penelitian tentang layar gulung ini sudah mulai didaftarkan sejak tahun 2005.

Diawali pada IFA 2005, perusahaan kerajaan Belanda Philips menunjukkan prototipe pertama di dunia dari konsep layar yang dapat digulung yaitu “e-Reader Radius”.

Bertahun-tahun setelah Philips, LG mengguncang CES 2016 dengan memamerkan menunjukkan layar OLED fleksibel 18″ dengan ketebalan hanya 1mm. Layar OLED ini berupa TV yang dapat diputar, produk ini merupakan layar paling ringan dan paling tipis yang pernah ditampilkan pada pameran teknologi.

Satu tahun berselang, Samsung mendemonstrasikan layar OLED yang dapat digulung dengan wadah serupa tabung serupa gulungan naskah antik, tapi dengan layar OLED fleksibel alih-alih kertas.

Ketika layar ditarik kemudian muncul sebuah layar 5,7 inci, tebal hanya 0,3mm dan 5 gram. Layar ini bisa digunakan sebagai layar smartphone yang fleksibel.

Layar fleksibel terpasang ke sebuah bodi perangkat berbentuk seperti silinder. Saat sedang tidak terpakai, layar bisa digulung di sekeliling badan perangkat ini, sehingga menghemat tempat dibandingkan tablet tradisional.

Sekian tahun teknologi layar gulung tidak muncul ke permukaan karena banyak pabrikan fokus pada pengembangan layar lipat, secara tiba-tiba Oppo X 2021 memunculkan prototipe dari smartphone layar gulung ke hadapan publik.

Oppo disebut – sebut sebagai “The World First Ever Rollable Smartphone”, Smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi layar gulung yang sudah diperkenalkan sejak November 2020 dengan nama Oppo X 2021. Menggunakan akhiran angka 2021, Oppo ingin mengatakan bahwa sebenarnya produk ini baru akan dilaunching pada tahun 2021.

Selain Oppo, ada LG yang sudah mendaftarkan seri smartphone terbarunya pada awal januari, LG Rollable. Sepertinya Samsung juga sudah mengintai di belakang LG dengan menyiapkan seri Samsung Galaxy Scroll. Menarik untuk disimak persaingan tiga nama besar ini dalam menghadirkan layar telor gulung.

1. Oppo X 2021

Oppo X 2021

OPPO X 2021 menjadi satu dari tiga perangkat baru Oppo di tahun 2021 yang diperkenalkan dengan tema “Leap into the Future”, mengedepankan “Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia” serta “inovasi yang bijak”.

Layar gulung pada OPPO X 2021 bukan seperti layar gulung pada layar gulung OLED dari Samsung di tahun 2016. Melainkan pergeseran smartphone dari ukuran 6,7 inci melebar menjadi 7,4 inci.

Oppo X 2021 mengembangkan teknologi layar gulung tersebut dengan layar plat 2-in-1 yang terdiri dari penempatan dua substrat pendukung pada kedua sisi di bagian dalam perangkat. Substrat ini memiliki struktur seperti sisir untuk menopang layar.

Saat layar ditarik, kedua media pendukung akan saling berdekatan dan membentuk satu permukaan. Dan bila layar dibentangkan, satu media akan meluncur keluar untuk menopang layar. Substrat pada kiri dan kanan akan menopang layar dengan celah segmen nol untuk menjaga tampilan tetap mulus.

Konsep ini dihadirkan dengan tujuan yang serupa smartphone layar lipat, yaitu berikan format smartphone dan tablet dalam satu perangkat. Alias, punya dua ukuran layar sekaligus, untuk fleksibilitas yang tinggi.

Dengan bezel yang ramping dan rasio disesuaikan, saat dalam layar terkecil, perangkat diklaim tetap nyaman digunakan hanya dengan satu tangan. Sementara dimensi layar besar tentunya ditujukan untuk mereka yang ingin konsumsi multimedia dengan lebih memuaskan, atau penggunaan fitur multitasking yang lebih lega.

2. LG Rollable

LG Rollable

Dipamerkan pada CES 2021, LG Rollable memunculkan satu perbedaan mendasar dari kompetitor layar gulung sebelumnya yaitu OPPO X 2021. Jika garis bingkai layar gulung OPPO X 2021 berada sedikit agak di bagian kanan smartphone, maka LG Rollable memfokuskan garis bingkai layar gulung tepat di bagian tengah smartphone.

Sehingga apabila kita memegangnya, seolah smartphone secara simetris membentang ke kanan dan ke kiri untuk memperluas permukaan layar. Bagi orang perfeksionis dan menyukai hal yang simetris, ini akan terlihat mewah dan elegan.

Dikutip dari slashgear.com bahwa LG Rollable akan memiliki layar dasar berukuran 6,8 inci 2428 × 1080 yang meluas ke bentuk tablet 7,4 inci 2428 × 1600 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8000 terbaru, baterai 4.200 mAh dan 16GB RAM.

LG juga akan berupaya untuk tidak menyematkan terlalu banyak spesifikasi tinggi pada smartphone ini sehingga bisa tetap dimiliki oleh kalangan dengan pendapatan menengah. Belum resmi diumumkan berapa harga untuk smartphone LG Rollable yang rumornya akan diluncurkan pada bulan Maret 2021 ini. Ada yang menyebutnya sekitar $2500 USD.

3. Samsung Scroll

Samsung Scroll

Dalam bocoran yang dicantumkan di letsgodigital.org, Smartphone besutan Samsung ini berukuran dasar 6 inci dan bisa diperpanjang hingga 8 inci dengan slide tambahan yang memanjang ke sisi kanan. Layar ini menggunakan bahan plastik poliamida yang mudah ditekuk.

Masih dari website yang sama, cuplikan video menampilkan Smartphone Samsung Scroll yang bentuk awanya mirip dengan Samsung Note muncul dengan S pen untuk memudahkan kontrol dan dilengkapi dengan triple kamera pada sisi belakangnya.

Hingga tulisan ini dirilis, pihak samsung belum memberikan banyak pernyataan mengenai Samsung Scroll ini. Mereka hanya mengatakan bahwa Samsung Scroll sedang dalam tahap penyempurnaan dan akan segera dirilis pada bulan Maret 2021.

Baca juga :

  1. 6 Keunggulan Smart Monitor Samsung, Terobosan Baru Awal Tahun 2021
  2. Sudah Bisa Dipesan, Oppo Reno5 Dijual Rp4,9 Juta
  3. 6 Keunggulan Smart Monitor Samsung, Terobosan Baru Awal Tahun 2021

Layak untuk ditunggu bagaimana Samsung melakukan evolusi pada layar lipat Samsung Fold yang menjadi andalan mereka pada dua tahun belakangan ini kemudian beralih pada layar gulung. Kalian tentu sudah tidak sabar seperti kami.

Penutup

Beberapa ahli teknologi mengatakan bahwa layar gulung akan menjadi tren di masa depan untuk smartphone, tablet, laptop, bahkan televisi. Hal ini akan semakin memudahkan end-user dalam mobilitas dan menikmati layanan teknologi dengan layar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

10 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago