8 Merk AC Terbaik Paling Hemat Listrik untuk Rumah Anda

Memilih AC terbaik dan juga hemat untuk rumah memang susah-susah gampang. Semuanya tergantung kebutuhan dan budget yang Anda miliki juga pintar-pintarnya Anda mencari info.

Namun, sebaiknya Anda tidak memilih AC hanya karena harganya murah. Karena bisa-bisa Anda memang mendapatkan AC yang murah tapi ternyata listrik rumah Anda jebol.

Nah apakah itu artinya AC yang berkualitas dan hemat daya itu mahal? Tenang saja, sebenarnya masih ada juga kok AC-AC dengan harga yang terjangkau sekaligus hemat daya. Dengan begitu Anda tetap bisa nyaman dirumah dan tidak takut daya AC yang boros karena akan menguras budget bulanan Anda.

Kali ini kita akan mengulas 8 merek AC dengan kualitas terbaik dan tentunya memiliki fitur yang membuat listrik rumah menjadi lebih hemat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir salah memilih AC sekalipun harganya murah. Apa saja rekomendasi merek AC hemat listrik terbaik? Ini dia daftarnya!

1. Daikin

AC hemat daikin

Merek AC terbaik dan hemat listrik yang pertama adalah Daikin. Sebagai produsen AC yang sudah berhasil menjual produknya ke lebih dari 140 negara ini, AC Daikin memang tidak perlu lagi di ragukan kualitasnya.

AC Daikin sudah lama juga digunakan masyarakat Indonesia. Ada beberapa fitur khas AC Daikin yang membuatnya memiliki kualitas terbaik dan hemat listrik, yakni Energy Saving, Quiet Operation dan juga Confortable Airflow Control.

Seperti brand AC pada umumnya, AC Daikin juga memiliki berbagai seri. Namun jika Anda ingin memilih AC Daikin yang berteknologi canggih dan hemat listrik namun lebih murah Anda mungkin bisa mempertimbangkan beberapa seri AC Daikin berikut ini :

  • Daikin Inverter Flash Freon R32, bahannya sudah SNI dengan kapasitas 1/2-2,5 PK, Haranya sekitar Rp. 4 hingga Rp. 4,5 Juta
  • Daikin Lite FTC15NV14, dengan konsumsi daya 389 Watt dan harganya mulai dari Rp. 4,2 juta di toko online
  • Ada juga seri AC Daikin terbaik lainnya seperti Daikin Inverter, Daikin Urasa 7 Freon R32, Daikin High Inverter Freon R32.

2. Sharp

Anda pasti sudah tidak asing dengan Sharp ketika sedang mencari barang-barang lektronik. Sharp adalah produsen barang-barang elektronik yang sudah di kenal di Indonesia sejak lama, termasuk produk AC nya. Salah satu keunggulan yang di tawarkan AC Sharp adalah teknologi Plasmacluster Generatornya.

Seperti yang kita tahu, bahwa ruangan ber-AC umumnya akan menjadi lembab. Hal ini;ah yang membuat ruangan rentan berjamur dan bau. Oleh karena itu teknologi ini berfungsi untuk melindungi ruangan dari jamur, alergen maupun bau dengan cara melepaskan ion negative dan positif ke udara.

Ada juga teknologi Kipas Dragonfly Wingfan yang membuat penyebaran udara dingin menjadi cepat. Selain itu, AC sharp juga terkenal sebagai AC yang hemat listrik.

Jadi tak heran jika Sharp menjadi salah satu merek AC favorit saat ini. Salah satu seri AC Sharp yang hemat listrik dengan harga terjangkau adalah Sharp AH-AP5SSY.

Baca juga : 9 Headset Bluetooth Terbaik, Masa Pakai Baterai Hingga 35 jam

Sharp AH-AP5SSY hanya membutuhkan daya sekitar 390 Watt dengan kapasitas 1/2 PK. Harganya juga juga cukup murah, di bawah 3 juta Anda sudah bisa memboyong AC canggih ini ke rumah. Ada beberapa fitur menarik yang menjadi keunggulan AC Sharp AH-AP5SSY, yaitu :

  • Comfort mode
  • Baby sleep mode
  • Auto swing louver
  • Mode pembersih otomatis
  • Powerful JetStream
  • Coanda Gentle Cool Air

Jika Anda ingin mempertimbangkan seri AC lain dari Sharp yang sama-sama hemat listrik, Anda mungkin bisa mencoba Sharp AH-A5UDL.

AC ini cukup memerlukan daya sebesar 330 Watt dan sudah di lengkapi dengan fitur Coanda airflow (cocok untuk kenyamanan bayi dan untuk Anda yang memiliki kondisi kulit sensitif). Anda bisa membelinya seharga Rp. 3,8 juta.

3. Panasonic

Merek AC terbaik selanjutnya adalah Panasonic. Anda tentu sudah tidak asing dengan produsen barang eletronik yang satu ini bukan? Panasonic memang spesialis di bidangnya.

Termasuk dari segi produk ACnya. Mirip dengan sharp, Panasonic juga punya teknologi Advance E-ion Purifying System yang mampu menghilangkan virus, bakteri, dan jamur hingga 99%.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan kesehatan karena dampak negatif yang di timbulkan dari penggunaan AC. Selain itu, AC Panasonic juga memiliki teknologi Mild Dry Cooling yang akan bisa menjaga kelembaban hingga 10%.

Baca juga : 10 Merk Jam Dinding Terbaik Buatan Indonesia

Jika Anda tertarik membeli AC dari Panasonic yang hemat daya, Anda bisa mempertimbangkan seri :

  • Panasonic CS-YN5RKJ (430 Watt, harga sekitar Rp. 2,8 jutaan)
  • Panasonic CS/CU-PN5SKJ (380 Watt, harganya sekitar Rp. 3 jutaan, memiliki fitur  Eco Tough, Refrigeran R32, iAuto dan juga Eco Smart)
  • Panasonic PN05RKJ Eco Smart AC Split 1/2PK (konsumsi daya 380 Watt, harganya sekitar Rp. 2,8 juta)

4. Samsung

AC hemat samsung

Brand elektronik asal Korea Selatan ini memang sudah terkenal dengan kualitasnya yang sudah tidak perlu di ragukan. Mulai dari hp, kulkas, vacum cleaner hingga AC-nya memang terbaik.

AC Samsung sangat cocok untuk kita yang ingin menggunakan AC berkualitas dan tahan lama di rumah namun tetap on budget.

AC Samsung kini sudah dilengkapi dengan teknologi Triple Protector yang membuat kita aman dari resiko bahasa per-listrikan.

Cara kerjanya yakni dengan menghindarkan kompresor dan controller dari dari kelebihan beban aliran listrik. Nah untuk Anda yang ingin membeli AC samsung yang hemat daya, bisa juga mempertimbangkan seri AC Samsung AR05JRFLAWKNSE.

AC ini berukuran 1/2 PK dan hanya memerlukan daya 360 Watt saja. Samsung juga sudah di bekali fitur fitur smart installation. Jadi Anda bisa mengecek keseleruhan masalah AC dengan lebih mudah. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau.

Anda bisa membeli AC yang memiliki performa yang tahan lama, cepat dingin dan juga hemat daya ini mulai dari hari Rp. 2,3 jutaan.

Selain Samsung AR05JRFLAWKNSE, Anda juga bisa memilih series AC Samsung yang hemat daya lainnya seperti Samsung AC Split 1/2PK AR05JRFLAW.

5. Changhong

Ada yang tahu merek AC Changhong? Ternyata, selain TV Changhong juga mengeluarkan produk AC yang juga tak kalah berkualitas dan bisa di sebut termasuk dalam kategori hemat listrik.

Selain itu, AC Changhong ini mampu mendinginkan ruangan dengan cepat karena sudah di bekali dengan teknologi Turbo Jet Cool. Anda juga tidak perlu khawatir harus mengganti AC terlalu cepat karena AC ini juga memiliki teknologi Double Gold Fin yang membuatnya tahan karat dan awet.

Jika Anda membeli AC dari Changhong, maka Anda akan mendapatkan garansi spartpart selama 3 tahun dan juga garansi kompressor selama 5 tahun.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mempertimbangkan AC Changhong yang hemat daya dan terjangkau secara harga seperti seri Changhong CSC-05NVB. AC ini membutuhkan daya 390 Waat dengan beberapa fitur utama seperti :

  • Gold Fin
  • Auto Diagnosis
  • Auto Cleanening
  • Hidden Display
  • Turbo Cooling
  • Copper Tube
  • Voltage Safe
  • Multi Layer Filter

Harga dari AC Changhong CSC-05NVB adalah sekitar Rp. 2,4 juta di marketplace online. Tertarik membelinya?

6. Gree

ac gree

AC hemat listrik selanjutnya adalah AC Gree. AC ini sudah banyak di ulas di berbagai situs karena kualitasnya. Uniknya, AC Gree sudah di bekali teknologi Triple Protection, meliputi ketahanan terhadap api, anti bocor, dan juga anti temperatur tinggi.

Sementara untuk meningkatkan efesiensinya, AC Gree menggunakan teknologi refrigerant R32. Teknologi ini juga membuat AC Gree menjadi AC yang lebih ramah lingkungan loh!

  • Gree Inverter Silent King GWC-EER (bisa mencapai 160 Watt saja pada suhu stabil, kapasitasnya 1-1,5 PK, tingkat kebisingan 18dB, harganya mulai dari Rp. 4 – 5 juta)
  • Gree Deluxe Inverter U Crown GWC-UCR (berteknologi kompresor 2 tahap sehingga bisa bisa cukup menghasilkan daya minimum 95 Watt saja, kapasitasnya 1-2 PK, harganya mulai dari Rp. 4 – 5 juta)

7. AUX

AC dari AUX memang tidak sebegitu terkenal di banding merek-merek besar seperti sharp, samsung atau panasonic di Indonesia.

Tapi AC AUX juga menawarkan teknologi hemat listrik dan kualitas AC yang bagus sehingga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sedang mencari AC untuk rumah.

AC AUX sudah dilengkapi dengan teknologi Multi Fan Speed yang membuatnya bisa mendinginkan ruangan secara cepat.

Selain itu, AC ini juga memiliki fitur tahan karat sehingga lebih awet. Ada juga fitur khusus yang efisien dalam membunuh bakteri hingga 93,%. Fitur tersebut yakni 3-in-1 filter, yang terdiri dari Vitamin C, Silver Ion dan Anti-formaldehyde.

Seri AC AUX yang banyak di cari seperti AUX ASW-05A4. AC ini membutuhkan daya 480 Watt, berukuran 1/2 PK, memiliki fitur Auto Restart, deep sleep system, double mute system, dual side installation, Gold fin, multi fan speed, harganya mulai dari 2,7 juta.

Baca juga : 5 Rekomendasi Smart TV Layar Jumbo Murah dan Terbaik

Jika membelinya, maka Anda akan mendapatkan garansi 2 tahun untuk spartpart dan garansi selama 5 tahun untuk kompresor.

8. Akari

AC Akari dikenal sebagai AC hemat energi dengan harga yang murah. Penyebaran udara dingin dari AC Akari sangat efisien karena di bekali teknologi 3D.

Dengan adanya teknologi ini, udara dingin tersebar ke 5 arah sehingga membuat suhu seluruh ruangan lebih merata. Salah satu AC dari Akari yg di rekomendasikan adalah seri Akari AC-05d3LW. AC ini membutuhkan daya listrik sebesar 320-420 Watt saja. Harganya sekitaran Rp. 2,5 juta.

Seri lainnya dari AC Akari yang mungkin bisa Anda pilih yakni Akari AC0568GLWI AC Split. AC ini terkenal karena Freon R410 yang di miikinya menjadikannya AC yang ramah lingkungan dan hanya membutuhkan daya 320-420 Watt.

AC0568GLWI AC Split juga telah di bekali teknologi Healthy Nano Silver filter, sehingga udara segar bisa Anda hirup setiap hari di dalam rumah. Anda bisa membeli AC AC0568GLWI AC Split seharga Rp. 2,3 juta.

Penutup

Jangan lupa siapkan catatan tentang budget dan mencari pembanding harga antar toko mengenai kualitas AC yang Anda cari. Sebagai informasi, jika Anda membeli secara online biasanya akan lebih murah dari pada membelinya secara offline, tapi pastikan bahwa garansi dan kredibitas toko online yang Anda pilih memang dapat di percaya.

Nah itu dulu ulasan mengenai merek-merek AC berkualitas yang hemat listrik. Semoga bisa membantu Anda mempertimbangkan AC yang akan di beli nanti.