Migrasi ke Siaran TV Digital? Ini Rekomendasi Set Top Box TV Terbaik 2020

Sejak teknologi digital mulai berkembang pesat, semuanya bisa menjadi serba mudah. Bahkan, menonton TV pun bisa hanya lewat aplikasi dan koneksi internet saja. Kabarnya, siaran TV biasa perlahan akan digantikan oleh TV digital.

Hal ini karena kini semuanya beralih menggunakan teknologi digital, sehingga penggunaan teknologi khususnya TV analog akan semakin ketinggalan zaman dan memerlukan biaya yang lebih tinggi.

Mungkin sebagian dari kita masih belum memahami apa perbedaan signifikan dari TV analog dan TV digital. Mengapa banyak orang mulai beralih ke TCV digital dan meninggalkan TV analog.

Nah, bagi Anda yang belum begitu memahami kelebihan dari TV digital dibanding tetap pada TV analog, coba perhatikan penjelasan berikut ini!

Kelebihan TV Digital

  • Secara kualitas gambar dan warna lebih jernih, stabil serta tajam (beresolusi tinggi sekualitas DVD)
  • Kualitas suara yang di hasilkan lebih jernih
  • Sudah support frame size 16:9 (wide screen) baik SD maupun HD sehingga ukuran gambar sangat nyaman di lihat pada TV ukuran lebar
  • Bisa mengakses channel-channel baru luar negeri yang sebelumnya tidak ada pada TV analog
  • Sudah di lengkapi dengan fitur multimedia lainnya

Agar bisa menikmati TV digital, caranya bisa dengan berlangganan TV (berbayar) atau jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk ini, bisa menggunakan set top box tv digital.

Sejak tahun 2013 yang lalu set top box TV digital sudah mulai di gunakan di Indonesia. Jadi wajar jika kini makin banyak orang yang berminat untuk menggunakannya.

Jika Anda belum tahu apa itu set top box TV dan apa kegunaannya/ cara kerjanya? Sebaiknya simak dulu penjelasan pada poin selanjutnya.

Apa itu Set Top Box TV Digital?

Set Top Box TV digital merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal saluran TV digital yang mana sinyal ini nantinya dikonversi menjadi data analog dan ditampilkan ke layar TV.

Dengan menghubungkan TV dengan set top box tv digital, Anda akan bisa menonton saluran TV luar negeri tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Jadi tanpa set top box, maka TV tidak bisa menangkap sinyal gambar dan suara dari saluran TV digital.

Daftar Rekomendasi Set Top Box TV Digital

1. ZTE ZXV10 B860H

migrasi ke tv digital set top box ZTE ZXV10 B860H

Rekomendasi decoder yang pertama berasal dari brand ZTE. ZTE ZXV10 B860H merupakan set top box tv digital yang cukup banyak di minati.

Prosessornya menggunakan Quad-core ARM Cortex-A53 yang cukup bisa di andalkan untuk menjalankan aplikasi standar.

Baca juga : 9 Headset Bluetooth Terbaik, Masa Pakai Baterai Hingga 35 jam

Dalam memilih set top box tv digital, kita juga perlu memperhatikan bagaimana kualitas audio maupun videonya, Berikut spesifikasi audio dan video yang dapat di hasilkan oleh set top box (STB) ZTE ZXV10 B860H!

Ketika di cek secara online, harga STB ZTE ZXV10 B860H saat ini sekitar Rp. 225 ribu. Tertarik membelinya?

2. Huawei EC6108V9

STB Huawei EC6108V9

Huwawei ternyata bukan hanya memproduksi smarphone dan juga laptop. Brand asal Cina ini juga tengah mengeluarkan set top box tv (STB) digital.

Dengan Huawei EC6108V9, Anda bisa merubah TV Anda menjadi TV digital. STB ini di bekali dengan RAM sebesar 2 GB, sehingga lancar untuk menginstall beberapa aplikasi standar di TV Anda nantinya.

Harganya yang cukup terjangkau di tambah lagi performa yang cukup tangguh karena menggunakan prosesor Quad-core ARMv7, membuat STB Huawei EC6108V9 menjadi salah satu produk yang banyak di cari. Untuk Anda yang ingin membelinya, cukup menyiapkan Rp. 225 ribu saja.

3. Polytron PDV-600T2

STB Polytron PDV-600T2

Polytron adalah salah satu brand barang elektronik yang sudah lama di kenal masyarakat Indonesia. Meskipun brand lokal dalam negeri, kualitas mesin produk Polytron memang bagus dan produk elektronik yang di produksi juga tergolong lengkap dan update.

Termasuk set top box tv digital. Salah satu produk set top box tv digital dari Polytron yang cukup banyak di cari adalah seri PDV-600T2.

Set top box tv digital dari Polytron biasanya memiliki tuner yang lebih peka terhadap sinyal. Selain itu, bahan casingnyapun kuat dan cenderung tahan lama.

Baca juga : Ludes Terjual, Sony PlayStation5 Dihargai Rp7,3 Juta di Indonesia

Jika Anda membelinya, dalam satu unit set top box tv digital Polyytron PDV-600T2, Anda akan mendapatkan :

  • 1 unit set top box tv digital Polytron PDV-600T2
  • Adaptor
  • Kabel adaptor
  • Manual book Remote Control
  • Kartu garansi

Harga set top box Polytron PDV-600 di marketplace online sekitar Rp. 360 ribu, bahkan di website resminya hanya Rp. 300 ribuan saja. Sangat terjangkau bukan?

4. Evinix H-1 DVB-T2 by Skybox

STB Evinix H-1 by skybox

STB terbaik selanjutnya datang dari Skybox seri Evinix H-1 DVB-T2 yang merupakan salah satu STB unggulan dari Skybox.

Jika Anda memiliki space/ruang yang terbatas, nampaknya STB yang satu ini akan cocok untuk Anda. Karena Evinix H-1 DVB-T2 dari Skybox memiliki bentuk body yang ramping sehingga bisa menghemat space.

Selain itu, STB ini sudah di bekali fitur fitur casting meecast. Sehingga sudah bisa menampilkan konten video, musik, gambar, youtube,dll ke display tv dari smartphone android.

Harganya cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 200-Rp220 ribu/ unit. Jika Anda membelinya, maka Anda akan mendapatkan 1 unit DVB T2 Evinix H1,kabel RCA, remote, baterai dan juga tentunya ada kartu garansi.

5. Fiberhome HG680

Fiver HG680 merupakan STB yang memiliki kemampuan menangkap sinyal digital yang cukup kuat. Sehingga siaran tv digital bisa dinikmati dengan baik karena gambar yang di hasilkan sangat jernih.

Jika STB yang lain masih menggunakan OS android versi lama, STB Fiberhome HG680 malah sudah menggunakan android 6.0 (marshmallow) sehingga lebih ringan.

Selain ituTB Fiberhome HG680 memiliki RAM 2 GB dan ROM 8 GB. Dengan begitu Anda sudah bisa menonton series netflix, iflix, bermain games ringan dan berbagai aplikasi lain dengan cukup lancar menggunakan STB Fiberhome HG680. Berapa harga STB Fiberhome H680?

Anda bisa menyiapkan bugdet Rp. 200-Rp. 300 ribuan untuk bisa mendapatkan STB ini. Tidak mahal bukan?

6. Xtreamer BIEN 3

STB Xtreamer BIEN 3

Ingin menonton film 1080p yang sudah Anda download dengan kualitas gambar maksimal di tv layar lebar Anda? Jangan khawatir, STB Xtreamer BIEN 3 bisa melakukannya karena STB yang satu ini sudah support gambar kualitas HD.

Bukan hanya bisa menonton saluran tv internasional, Anda sudah bisa menikmati fitur-fitur keren lainnya menggunakan STB Xtreamer BIEN 3. Beberapa fitur tersebut seperti :

  • Time shifting, yang berfungsi untuk mem-pause dan rewind
  • Parental lock, yakni fitur yang berguna sekali untuk Anda yang sudah punya anak kecil karena fitur ini berfungsi memblokir saluran yang tidak cocok untuk anak-anak
  • Early warning system, yakni fitur yang terhubung dengan lembaga penanggulangan bencana dimana nantinya bisa memberitahukan informasi bencana

Dari segi desain, STB yang satu ini tergolong kecil dan ringan sehingga tidak memerlukan space yang berlebihan di ruangan Anda. Anda bisa membeli STB Xtreamer BIEN 3 secara online dengan harga Rp. 300- Rp. 340 ribuan.

7. Ichiko DVB 8000HD

STB Ichiko

Ichiko merupakan salah satu brand yang sudah di kenal di dunia player. Sehingga kualitas gambar yang di hasilkan dengan digital receiver yang satu ini juga tergolong bagus.

STB Ichiko DVB 8000HD menggunakan antena UHF dan memiliki beberapa port yakni HDMI, RCA, RGB, serta USB.

Harga dari STB Ichiko DVB 8000HD ini memang agak sedikit lebih mahal dari yang lain, yakni berkisar Rp. 340- Rp. 400 ribu.

Namun kualitasnya dan layanan purna jualnya, tidak perlu Anda ragukan. Dalam satu paket pembeliannya, Anda akan mendapatkan 1 unit STB Ichiko DVB 8000HD, kabel video dan audio (RCA), lalu kabel HDMI, remote, manual book dan juga kartu garansi selama 1 tahun.

8. Tanaka DVB-T2

STB Tanaka DVB-T2

Tanaka DVB-T2 adalah salah satu brand STB yang cukup di rekomendasikan. Harganya mulai dari Rp. 240 ribu. STB yang satu ini menggunakan jenis antena UHF dan bisa digunakan di berbagai jenis tv yang Anda miliki.

Desain body Tanaka DVB-T2 terlihat lebih kokoh dna solid di banding merek lainnya namun ukurannya agak lebih besar.

Untuk masalah layanan purna jual, Tanaka termausk brand yang sudah memiliki beberapa service centre di kota-kota besar Indonesia.

Ini akan mempemudah Anda ketika memiliki keluhan atau masalah pada STB Tanaka yang sudah Anda beli. Harga dari Tanaka DVB-T2 adalah Rp. 240 ribu saja.

9. Crystal DBV-T2

STB Crystal DBV-T2

Crystal DVB-T2 merupakan STB yang sudah berteknologi UHF sehingga bisa menangkap sinyal digital dan menghasilkan gambar yang super jernih. Desainnya elegan dengan LED notifikasi yang cukup besar dan nyaman dilihat.

Dengan menggunakan Crystal DVB-T2, Anda tidak perlu takut lagi melewatkan saluran tv favorit Anda karena semuanya bisa di rekam dengan mudah.

STB ini bukan hanya membuat Anda bisa menonton saluran tv luar negeri tanpa biaya berlangganan tapi juga bisa berfungsi sebagai alarm biasa, dan juga sudah terhubung dengan alarm bencana otomatis (EWS). Harga dari STB Crystal DBV-T2 sekitar Rp. 200 ribuan.

10. Venus DVB-T2

STB Venus DVB-T2

STB terakhir yang layak di rekomendasikan adalah Venus DVB-T2. Jika Anda ingin menonton tv dengan kualitas suara dan gambar jernih, Anda wajib menggunakan Venus DVB-T2.

Selain itu, uniknya ternyata STB ini juga bisa di gunakan secara mobile. Misalnya jika Anda dan keluarga sedang berpergian, STB Venus DVB-T2 bisa di pasang di mobil dan tetap menangkap sinyal digital dengan baik.

Baca juga : 10 Merk Jam Dinding Terbaik Buatan Indonesia

STB ini juga sudah di lengkapi dengan fitur EWS atau Early Warning System loh! Jadi Anda bisa tetap waspada jika suatu hari terjadi bencana. Anda bisa memiliki STB Venus DVB-T2 dengan mengeluarkan budget Rp. 230 ribu saja.

Kesimpulan

Set top box tv digital bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin segera melakukan migrasi ke saluran tv digital dengan hemat. Dengan digital receiver, Anda tidak hanya bisa menonton saluran luar negeri tanpa berbayar, tapi juga bisa menikmati berbagai aplikasi layaknya di smartphone. Namun, jangan lupa perhatikan kualitas STB yang Anda pilih agar Anda tetap bisa menonton dengan kualitas gambar dan suara yang jernih seperti 10 rekomendasi set top box tv digital di atas.