Internet

6 Modem Wi-Fi terbaik untuk Work From Home, Murah dan Anti Lemot

Tahun 2020 merupakan titik balik bagi perkembangan teknologi khususnya pemanfaatan internet dalam aktifitas keseharian masyarakat. Pembatasan aktifitas di luar rumah yang diterapkan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 merubah pola kerja sebagian kelompok masyarakat.

Dengan adanya penerapan aturan Work From Home untuk para pekerja kantor dan Learn From Home untuk para siswa, membuat pemanfaatan internet semakin terasa dampak positifnya dari yang semula hanya berbasis media sosial dan entertainment.

Sehingga semenjak Maret 2020 silam, terjadi peningkatan arus penggunaan internet baik dari penggunaan internet rumahan maupun berbasis seluler.

Selain memasang layanan internet kabel di rumah, penggunaan Modem Wi-Fi atau yang disingkat dengan Mi-Fi menjadi alternatif kedua untuk wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh layanan internet kabel. Beberapa produsen Mi-Fi seperti Huawei dan TP-Link juga mencatat kenaikan penjualan hingga 60%.

Modem Wi-Fi memberikan kenyamanan tersendiri yang tidak bisa diberikan oleh layanan internet kabel, yang pertama tentu dari segi mobilitasnya karena perangkat ini bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.

Yang kedua adalah Modem Wi-Fi memberikan pilihan bagi kita untuk menggunakan layanan internet dari provider sesuai dengan pilihan kita. Biasanya pilihan ini menyesuaikan jaringan seluler yang bagus di rumahmu dan budget yang anda miliki.

Modem Wi-Fi ini juga mempunyai fungsi sebagai router yaitu bisa diakses oleh lebih dari satu perangkat, biasanya 1 modem Wi-Fi bisa diakses oleh 10 perangkat. Meskipun beberapa seri Modem Wi-Fi ada yang bisa digunakan bahkan hingga 30 perangkat.

Untuk harga, Modem Wi-Fi yang bagus ada di kisaran harga 2 – 3 juta. Namun untuk pengguna rumahan dan perseorangan, banyak pilihan Modem Wi-Fi yang hanya dibanderol ratusan ribu saja. Tentu dengan performa yang cukup bagus untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga anda.

Apa saja sih Modem Wi-Fi dengan performa bagus namun harganya murah, mari kita ulas 6 Modem Wi-Fi terbaik dengan harga dibawah 1 juta.

1. HUAWEI E5576

Modem besutan Huawei ini bukanlah modem Huawei yang terbaik namun menjadi pilihan banyak orang karena performanya sudah bisa dibilang cukup memuaskan dengan harga 600ribuan. Mendukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan hingga 150 Mbps.

Kabar baiknya bagi orang tua, Modem ini mempunyai fitur parental control bagi para orang tua yang ingin senantiasa mendampingi anak dalam kegiatan bersosial media di tengah pandemi ini.

Modem Wi-Fi HUAWEI E5576 mampu digunakan untuk 16 perangkat sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Sayangnya, daya tahan baterai dari HUAWEI E35576 hanya mampu bertahan hingga 6 jam pemakaian. Meskipun demikian, mengingat harganya yang terjangkau, modem Wi-Fi terbaik dari HUAWEI ini sangat layak untuk anda pertimbangkan.

2. Prolink MiFi PRT 7011L

Modem PROLiNK PRT7011L mempunyai bobot yang ringan, hanya sekitar 93 gram. Ini menjadi salah satu favorit bagi orang dengan mobilitas tinggi karena enak dibawa meski di dalam saku celana.

Modem PROLiNK PRT7011L memang benar dibuat untuk mobilitas karena mempunyai baterai yang memiliki kapasitas 2.000 mAh, dengan masa penggunaan hingga 10 jam.

Jaringan 4G pada modem PROLiNK PRT7011L mampu digunakan bersamaan hingga 10 perangkat sekaligus. Dibanderol dengan harga 600ribuan PROLiNK PRT7011L mungkin bisa menjadi pilihan terbaik.

Pasalnya modem ini mendukung semua provider dan Anda bisa mendapatkannya di berbagai platform dagang online maupun toko offline dengan mudah.

3. D-Link DWR-932C

D-Link DWR-932C mempunyai bodi yang ringkas sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Bodinya juga terbuat dari bahan plastik yang ringan namun cukup kokoh. Modelnya yang minimalis terlihat keren untuk ditaruh di saku anak muda.

Terdapat tiga indikator yang berada di bagian mukanya. Lampu-lampu indikator tersebut menandakan baterai atau power, sinyal WiFi, serta sinyal 4G.

Ketiga indikator tersebut juga bisa berubah-berubah warna untuk menunjukkan statusnya. Misalnya, status sinyal 4G akan berwarna merah ketika tidak mendapatkan sinyal.

D-Link DWR-932C mempunyai kecepatan download maksimal 150Mbps dan upload hingga 50Mbps. Maksimal sharing modem ini adalah 10 perangkat.

Ketahanan baterai tidak terlalu panjang, hanya 5 jam saja. Mungkin anda perlu membawa charger atau power bank ketika dibawa keluar.

4. UFO MAX MV007

UFO MAX MV007 adalah modem WiFi 4G LTE Cat4 yang dirilis PT. Sentra Solusi Teknologi. Bisa dibilang ini adalah produk lokal Indonesia, dan modem ini juga merupakan salah satu favorit saya karena bentuknya yang bulat tampak elegan dan tidak kaku seperti Mi-Fi pada umumnya yang berbentuk kotak.

MiFi UFO MAX merupakan modem WiFi 4G LTE yang mengadopsi teknologi LTE Cat4 dengan kecepatan internet hingga 150 Mbps. Selain itu tersedia juga fitur Wireless Storage untuk berbagi file melalui WiFi.

Penyimpanan file untuk berbagi ini dilakukan pada Micro SD dengan kapasitas sampai 32 GB yang dipasang pada MiFi UFO MAX.

Modem ini juga dilengkapi layar LCD berwarna berukuran 1,44 inci yang digunakan untuk mengetahui kekuatan jaringan, baterai dan informasi lainnya.

Baca juga : Ini Dia, 5 Smartwatch Favorit Tahun ini

Kelebihan terbaik dari modem ini dibanding modem Mi-Fi lainnya adalah kemampuan sharingnya yang bisa menampung 31 perangkat, anda bisa berbagi jaringan dengan semua anak usia sekolah di komplek rumah anda.

Didukung dengan daya tahan baterai hingga 10 jam, maka Mi-Fi menjadi yang terbaik di kelas menengah dengan harga 600ribuan.

5. Huawei E5577

HUAWEI E5577 adalah kakak dari Huawei E5576, tentu dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Modem ini mempunyai kapasitas sharing maksimal 10 perangkat sekaligus secara bersamaan.

Kelebihan dari Modem ini adalah ketahanan baterai hingga 12 jam non-stop karena mempunyai kapasitas baterai sebesar 3.000.

Apabila Anda membutuhkan modem Wi-Fi terbaik yang memiliki durasi pakai lama dengan daya tahan baterai menakjubkan, maka HUAWEI E5577 Max layak dijadikan pertimbangan.

Baca juga : Rekomendasi Gadget dan Aksesoris Untuk Liburan Akhir Tahun

Dilengkapi dengan layar kecil di tengah berukuran 1,4 inci memudahkan para penggunanya untuk memantau status sinyal, kondisi baterai, dan jumlah perangkat yang sedang tersambung dengan modem.

Kamu bisa mendapatkan ini dengan hanya 800ribuan, tidak mahal untuk performa baterai yang tahan lama.

6. TP Link M7350

TP-Link telah banyak memproduksi perangkat jaringan komputer berkualitas dan menjadi salah satu yang paling umum digunakan. Sehingga kita tidak perlu ragu dengan modem produkan TP-Link yang satu ini, TP Link M7350.

Harganya memang dibawah 1 juta, tapi dibawahnya tipis banget ini yaitu 900ribuan. Namun TP-Link M7350 menjanjikan koneksi yang lebih lancar dan cepat dengan dilengkapi baterai yang bisa bertahan hingga 10 jam penggunaan, dan kapasitas koneksi hingga 15 perangkat.

TPLINK M7350 mempunyai desain kotak persegi dengan 2 tombol fisik khusus yang berfungsi sebagai Power dan tombol  Menu dibagian atasnya.

Baca juga : Gadget Terfavorit Tahun 2020 yang Akan Tetap Cocok di 2021

Kedua tombol ini juga berfungsi sebagai navigasi menu dilayar mungilnya yang hanya 1.4 Inch yang cukup jelas untuk memonitor fungsi selama Mifi dalam keadaan aktif.

Penutup

Demikian review singkat untuk beberapa Modem Wi-Fi yang murah namun anti lemot, cocok untuk mendukung aktifitas Work and Learn From Home selama pandemi. Bahkan jika pandemi ini sudah selesai, modem Wi-Fi tetap cocok untuk menjadi pilihan anda dalam kemudahan mengakses internet dan sharing jaringan ke kawan anda yang misqueen kuota. Hehe.

Share
Agus Prasetio

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago