Arus

8 Motherboard Terbaik Untuk Menambang Crypto

Mata uang Crypto kini semakin menjadi pilihan investasi. Pasti kawan Arus Gadget sudah sering mendengar tentang mata uang crypto kan? Yuk kita ulas Motherboard Terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menambang crypto.

Dilansir dari folderbisnis.com, mata uang Crypto merupakan mata uang digital yang bisa digunakan untuk transaksi berbasis internet. Secara umum orang menyebutnya dengan Cryptocurrency, karena mata uang ini terlindungi oleh serangkaian sandi yang luar biasa rumit dan algoritma matematika komputer tingkat tinggi.

Berbeda dengan uang rupiah yang mempunyai Bank Indonesia sebagai pihak yang mengatur peredaran uang, mata uang Crypto ini tidak mempunyai satu lembaga pun yang mengaturnya.

Pengawasan atas mata uang Crypto ini dilakukan oleh server-server canggih yang ada di berbagai belahan dunia. Server – server ini membentuk jaringan rumit yang mempunyai tingkat keamanan tinggi, orang – orang menyebut ini dengan Blockchain.

Mata uang Crypto kini menjadi instrumen investasi yang disebut paling menjanjikan dan paling aman. Pada tahun 2021, setidaknya ada banyak ratusan mata uang Crypto tapi yang paling terkenal dan memiliki nilai paling tinggi diantaranya adalah Bitcoin, Ethereum, dan LiteCoin.

Masih menurut data di folderbisnis.com, harga 1 koin Bitcoin kini mencapai harga 700 juta rupiah. Sedangkan Ethereum jauh lebih murah dengan harga 1 koin ada di angka 40 jutaan.

Nah, bagaimana cara mendapatkan koin dari mata uang crypto tersebut?

Ada dua cara, yaitu dengan membelinya melalui layanan broker Crypto atau bahasa kerennya Crypto Exchange. Ini polanya hampir sama seperti layanan broker saham atau forex. Informasi lengkapnya bisa Anda baca di folderbisnis.com ya.

Kemudian cara yang kedua, yaitu menambang Crypto. Menambang Crypto ini bukan seperti menambang emas atau minyak pada lahan terbuka dan menggunakan alat pengebor.

Yuk baca review, Dell Vostro 14 5490, Laptop Para Eksekutif Muda

Menambang Crypto ada pada dunia digital dengan menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi “Sultan” dan beberapa Software khusus “mining”,istilah lain dari menambang.

Lalu apa yang harus dilakukan seorang penambang untuk bisa mendapatkan koin Crypto? Seorang penambang harus memecahkan persamaan matematika super rumit dalam jaringan Blockchain yang luar biasa kompleks agar bisa memperoleh hadiah berupa mata uang Crypto.

Untuk memecahkan persamaan matematika dan algoritma yang super rumit itu, maka seorang penambang membutuhkan perangkat komputer dan segala aksesorisnya. Kemudian juga harus mempunyai koneksi internet yang super cepat agar mampu bekerja dengan maksimal.

Oh iya, Anda juga harus berpacu dengan penambang lain. Semakin canggih dan semakin cepat cara kerja komputer yang Anda miliki, maka kian besar pula kemungkinan Anda untuk berhasil.

Satu hal yang perlu Anda tahu, sebenarnya prsoes menambang merupakan produk dari proses konfirmasi dari sebuah transaksi. Sebab, tujuan utama dari menambang mulanya adalah untuk menjaga sistem kas atau blockchain untuk tetap terdesentralisasi.

Maka perangkat yang Anda bangun harus benar – benar kuat untuk selalu bekerja 24 jam nonstop. Karena perangkat Anda otomatis akan menjadi server tambahan bagi ekosistem Blockchain ini.

Kita akan membahas berbagai perangkat handal yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penambangan koin Crypto. Pada halaman ini kita akan mulai dengan membahas Motherboard, ini adalah induk dari komponen lain yang akan kita gunakan.

Motherboard

Motherboard adalah induk dari segala perangkat yang akan Anda gunakan untuk menambang. Pastikan Motherboard dengan kualitas yang baik, tahan panas, dan mempunyai banyak konektor PCI-E.

Apa itu konektor PCI-E, itu adalah konektor standar untuk semua perangkat internal pada komputer. Karena kita akan menggunakan banyak GPU(Graphic Processing Unit) untuk melakukan “mining”, maka motherboard harus mampu menampung setidaknya tiga atau empat GPU.

Arusgadget menyarankan beberapa Motherboard yang bisa Anda gunakan untuk menambang 24 jam nonstop, 7 hari dalam seminggu.

1. Asus B250 Mining Expert

©www.asus.com

Asus B250 mempunyai beberapa model dengan variasi prosesor Intel Core i3 sampai i7. Dengan jumlah slot sebanyak 16 untuk jenis PCI Express 3.0 dan 18 slot untuk PCI Express 2.0 x1. Kemudian ada 2 slot untukx DDR4 DIMM.

Mining Expert, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa ini adalah salah satu motherboard pertambangan paling baik yang dapat Anda beli hari ini.

Selain itu, ada mode penambangan khusus, tanpa penyesuaian yang diperlukan di BIOS untuk memaksimalkan pembayaran Anda dari bitcoin.

B250 Mining Expert menawarkan standar kualitas yang sama seperti yang kami harapkan dari Asus, dengan fitur yang mencakup Perlindungan Tegangan Lebih, dan LANGuard.

Kelemahan sebenarnya adalah kelangkaan dan harganya, karena kadang-kadang bisa sangat sulit ditemukan. Dan ketika Anda akhirnya menemukannya, harganya bisa lebih mahal dari harga standar dari Asus.

2. AsRock H110 BTC+

©www.asrock.com

Berkat kualitas build yang sangat solid dan slot hingga 13 GPU, AsRock H110 BTC+ adalah salah satu motherboard pertambangan unggulan yang lebih murah dari Asus B250.

Beberapa fiturnya memungkinkan Anda untuk memperluas sesuai kebutuhan, meski ini adlaah motherboard pada level medium.

AsRock H110 BTC+ tepat untuk penambang pemula dengan modal yang tidak terlalu banyak. Anda masih bisa meluangkan uang Anda untuk membeli beberapa GPU.

Tentu motherboard ini menggunakan dukungan Intel Core i7/i5/i3/Pentium/Celeron Generasi ke-7 dan ke-6  pada Socket 1151. Ada juga 2 slot DDR4 DIMM untuk memaksimalkan aktivitas menambang Anda.

3. Asus Prime Z390-P LGA1151

©www.asrock.com

Jika Anda tidak hanya ingin menggunakan dua GPU untuk menambang, ASUS Prime Z390-P LGA1151 mungkin merupakan motherboard penambangan yang lebih murah untuk Anda.

Asus Prime Z390 memiliki kualitas build yang layak pada level harga ini. Asus merancangnya untuk menahan kondisi intensif sebagai efek dari penambangan cryptocurrency.

Motherboard ini mempunyai FanXpert 4 dengan AIO Pump Header yang dapat memberikan kontrol kipas canggih untuk pendinginan sistem dinamis, dan perlindungan tegangan lebih untuk meningkatkan ketahanan komponen.

Hal ini penting untuk sebuah mesin yang beroperasi 24 jam dalam seminggu. Asus Prime Z390 ini juga berfungsi untuk aktivitas selain penambangan, misalnya rendering video dan grafis 3 dimensi.

4. Biostar TB250-BTC Pro

©www.biostar.tw

Ini adalah motherboard penambangan yang menghadirkan beberapa fitur penambangan yang sangat baik dan canggih, seperti dukungan hingga 12 GPU.

Harganya relatif murah,bahkan jika Anda tidak akan menggunakan 12 slot PCI penuh untuk kartu grafis.

Ini bisa menjadi investasi yang bijaksana jika Anda berencana untuk meningkatkan operasi penambangan Anda di masa depan karena dapat menambang berbagai jenis koin.

Karena fiturnya yang canggih, motherboard ini menjadi idaman banyak penambang. Oleh karena itu agak sulit untuk memastikan ketersediannya di pasaran.

Anda harus rajin memantau di e-commerce jika menginginkan motherboard spesial ini.

5. MSI Z170A Gaming Pro Carbon

©www.id.msi.com

Motherboard dari MSI ini adalah salah satu motherbaoard penambangan terbaik bukan hanya karena bagus untuk menambang, tetapi juga bagus untuk bermain game.

Berkat sejumlah fitur game-centric seperti Gaming Certified yang telah melalui pengujian fitur game. Sertifikat ini menjamin kekuatan motherboard untuk PC game paling baik. Jadi Anda dapat memiliki mesin yang melakukan keduanya, menambang dan nge-Game.

Anda akan mendapatkan empat slot memori DDR4, banyak port dan konektivitas termasuk GAMING LAN Intel dengan LAN Protect yang pasti akan menarik bagi para gamer hardcore.

Untuk dukungan menambang, Anda mendapatkan dukungan total tujuh kartu grafis yaitu 3 slot PCI Express 3.0 dan 4 slot PCI Express 2.0. Dengan tambahan 4 slot DDR4 DIMM agar semakin bertenaga.

6. Asus ROG Strix Z270E

©www.rog.asus.com

Bagi para gamer, merek ROG Asus terkenal untuk membuat komponen dan periferal game, dan peralatan ini juga bagus untuk menambang cryptocurrency.

Asus ROG Strix Z270E mendukung hingga tujuh kartu grafis, yang merupakan angka yang sehat untuk rig penambangan yang menguntungkan.

Ini juga memiliki banyak fitur lain, seperti optimasi 5 Arah dengan Penyetelan Otomatis dan FanXpert 4 untuk secara otomatis mengatur profil overclocking, meskipun mereka berfokus pada permainan daripada penambangan.

Itu bagus jika Anda mencari motherboard yang dapat melakukan tugas ganda, tetapi bagi mereka yang kurang tertarik pada game, tentu ini adalah fitur tambahan yang tidak berguna dan paling mengganggu.

7. Gigabyte GA Z170X

©www.gigabyte.com

Motherboard ini awalnya dibuat untuk gaming tetapi sekarang sudah digunakan untuk mining. Motherboard dari Gigabyte ini bisa menampung 7 GPU. Jadi, katakanlah Anda mencoba membangun perangkat penambangan dengan 5 VGA maka Anda mempunyai slot cadangan untuk meningkatkan jumlah GPU kapanpun Anda mau.

Yuk baca juga, 7 gamepad andoid terbaik

Motherboard ini mendukung RAM DDR4 dan dapat bekerja secara efisien dengan prosesor Intel. Peringkat keseluruhan untuk motherboard penambangan ini cukup tinggi.

Gigabyte membuatk motherboard ini dengan baik dan juga memiliki beberapa peringkat yang sangat baik untuk desainnya.

8. MSI Pro Series Z270 PC Mate

©www.msi.com

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan ketujuh motherboard sebelumnya , Anda dapat menggunakan seri MSI Pro ini.

Ini adalah salah satu dari 6 motherboard penambangan GPU terbaik yang dapat Anda beli.

Selain itu, menambang dengan motherboard ini tidak akan menimbulkan masalah. Instalasi dan driver cukup mudah, MSI Pro Series Z270 ini mendukung jenis GPU manapun, baik itu AMD maupun Nvidia.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago