OnePlus

One Plus Nord CE, Versi Kecil Dari One Plus

OnePlus Nord CE adalah smartphone kelas menengah dari One Plus. Ponsel ini menghadirkan spesifikasi yang layak dan pengalaman perangkat lunak yang hebat dengan harga terjangkau.

Sebelum seri CE, beberapa bulan lalu One Plus juga merilis One Plus Nord. Anda bisa baca ulasannya di sini.

Seri CE merupakan kepanjangan dari “Core Edition”. Ini merupakan versi yang lebih murah dari sebuah ponsel murah One Plus Nord.

Jika One Plus Nord hadir sebagai ponsel Mid-End, lalu kita sebut apa One Plus Nord CE ini?

©www.oneplus.in

Dengan level harga yang terjangkau, OnePlus Nord CE kembali menawarkan pengalaman OnePlus klasik.

Tampilan perangkat lunak bersih yang selalu responsif, desain minimalis dengan karakter yang khas, dan perangkat keras yang memadai untuk menjaga ponsel tetap berjalan dengan mulus

One Plus Nord CE hadir dengan Oxygen OS. Ini masih menjadi satu-satunya skin software yang bebas dari bloatware dan layanan tambahan di ponsel segmen menengah.

OS bawaanya adalah Android 11 yang cepat dan lancar seperti biasa. Tanpa mengurangi fitur dan penyesuaian yang memberi kenikmatan pengguna.

Selain tetap setia pada tema yang sama, One Plus Nord CE juga tetap menggunakan layar AMOLED 90Hz yang membuat setiap interaksi terlihat mulus.

Snapdragon 750G pada intinya cukup kuat untuk menjalankan segala sesuatunya. Dengan dukungan 5G, OnePlus Nord CE akan siap untuk konektivitas generasi berikutnya.

Tentu saja, ini bukan ponsel yang sempurna, dan OnePlus harus mengambil jalan pintas untuk mencapai label harga menengah.

Tidak ada perlindungan Gorilla Glass pada layar dan bahkan bagian belakang terbuat dari bahan polikarbonat. Keputusan ini membuat ponsel cukup nyaman untuk dipegang karena jauh lebih ringan dan lebih tipis daripada yang lain.

Dan bahkan dengan bentuk mungilnya, ia berhasil mengembalikan jack headphone 3.5mm.

Namun karena ini ponsel kelas menengah, kualitas kameranya hanya di level rata-rata. Kami rasa cukup untuk unggahan foto ke media sosial.

Apa yang berhasil mengejutkan kami adalah masa pakai baterai. Baterai berkapasitas besar yang dipasangkan dengan chipset yang efisien menjadikan Nord CE menjadi juara dalam hal masa pakai.

Kehadiran Fast Charging semakin mengejutkan, membawa ponsel dari nol hingga 65% hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

OnePlus Nord CE yang murah membuat kami mudah untuk merekomendasikan ini kepada sebagian besar pengguna. Berkat pengalaman keseluruhan yang menyenangkan dan hanya mempunyai sedikit kekurangan.

Desain OnePlus Nord CE

Desain OnePlus Nord CE sangat menunjukkan level harganya. Tidak, kami tidak bermaksud mengatakan itu murahan.

Tetapi ini adalah sesuatu yang harus dilakukan OnePlus untuk menjaga harga tetap rendah. Izinkan kami menjelaskan.

©www.oneplus.in

OnePlus Nord CE mempunyai tiga versi warna – Blue Void, Charcoal Black, dan Silver Ray. Kami menggunakan varian Blue Void di sini untuk ulasan pda artikel ini.

Bodinya dari bahan komposit bersama dengan bingkai aluminium yang mengelilingi ponsel. Itu tidak memiliki perlindungan Gorilla Glass di bagian belakang seperti OnePlus Nord.

Kami kehilangan bagian belakang yang mengkilap, One Plus menggantinya dengan polesan matte yang tampak halus ini.

Varian Blue Void terasa seperti campuran warna hijau dan biru. Warna ini mengingatkan kita pada varian Glacial Green dari OnePlus 8 dari tahun 2020. Sisi-sisinya memiliki warna keunguan dan panel belakang berubah warna antara spektrum biru dan hijau saat cahaya matahari mengenai permukaanya.

Tombol daya ada pada  sisi kanan ponsel dan mudah dijangkau dengan satu tangan. Sedangkan pada sisi kiri ada pengatur volume dan slot SIM ganda.

Anda mendapatkan jack headphone 3.5mm, speaker solo, dan port USB Type-C di bagian bawah.

OnePlus Nord CE berukuran 159,2 x 73,5 x 7,9mm dan beratnya hanya 170 gram. Itu membuatnya lebih tipis dan lebih ringan dari OnePlus Nord.

Anda akan menikmati memegang ponsel ini di tangan Anda, terutama jika Anda adalah penggemar ponsel dengan ukuran solid.

OnePlus Nord CE sangat nyaman dalam genggaman dan ringan di tangan. Berkat desain matte, Anda juga dapat menggenggam ponsel dengan baik.

Jika Anda merasa permukaan belakang One Plus Nord CE masih licin ketika menggenggam, OnePlus juga menawarkan kotak silikon gratis di dalam kotak. Desainya sangat mirip dengan yang kami dapatkan pada One Plus Nord.

Pada bagian belakang, Anda akan melihat susunan tiga kamera dengan tonjolan yang naik beberapa milimeter. Jika Anda menyimpan ponsel di permukaan yang rata, ponsel akan goyang, tetapi jika Anda menggunakan kasing, ini tidak akan menjadi masalah.

Secara keseluruhan, kami menyukai desain Nord CE meskipun kehilangan beberapa fitur premium. Ergonomi perangkat adalah salah satu yang paling baik belakangan ini.

Tampilan Desain OnePlus Nord CE

Layar AMOLED 6,43 inci

Kecepatan refresh layar 90Hz

Dukungan HDR10, HDR10+, HLG, Widevine L1

OnePlus Nord CE menampilkan layar AMOLED 6,43 inci, menjadikannya ponsel paling praktis di jajaran OnePlus Nord dan seri N. Ini memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080p), rasio aspek 20:9, dan kecepatan refresh 90Hz.

©www.oneplus.in

Meski tidak ada perlindungan Gorilla Glass untuk layar seperti pada OnePlus Nord, tetapi OnePlus membawa perlindungan kaca DragonTrail. Ini tidak tahan lama seperti Corning’s Gorilla Glass, tetapi melindungi layar dari goresan ringan.

Selain itu, OnePlus Nord CE juga dilengkapi dengan pelindung layar pra-instal dasar untuk melindungi dari goresan.

Permukaan layar mendominasi bagian depan ponsel dengan bezel tipis pada bagian samping dan bezel yang lebih tebal pada bagian atas dan bawah. Kamera selfie ada di lubang punch pada sisi kiri.

Cut-out kamera depan menyatu dengan tampilan dengan sangat baik. Kami tidak merasa bahwa kamera itu mengganggu tampilan saat menonton video dalam posisi lanskap.

Tampilan utama paling depan datar dan biasa saja, tidak seperti beberapa ponsel unggulan dari OnePlus. Ini adalah layar AMOLED yang tajam dengan sudut pandang yang bagus.

Ponsel ini juga mempunyai sertifikat HDR yang berarti Anda dapat melakukan streaming konten HDR di Netflix, YouTube, dan lainnya.

Kami mencoba memainkan beberapa judul di Netflix dan kualitas videonya juga sangat bagus dan menyenangkan.

Secara keseluruhan, Anda akan menikmati menonton film, acara, menelusuri Instagram, dan media sosial di OnePlus Nord CE.

Kecepatan refresh 90Hz adalah fitur yang memanjakan mata. Itu membuat seluruh pengalaman lebih lancar. Anda juga mendapatkan opsi untuk beralih kembali ke 60Hz, yang akan sedikit meningkatkan masa pakai baterai.

Anda juga mendapatkan akses ke mode kalibrasi layar gamut lebar yang jelas, alami, sRGB, Display P3, dan AMOLED. Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda di bawah bagian tampilan.

Ada juga Ambient display yang bisa menampilkan informasi kontekstual seperti alert atau notifikasi saat layar dimatikan. Anda dapat mengaturnya sebagai mode tampilan Always-on Ambient.

©www.oneplus.in

Layar AMOLED juga menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dengan warna hitam pekat serta kontras dan ketajaman yang sangat baik.

Namun, warna pada OnePlus Nord CE tidak begitu menarik seperti yang kita lihat pada beberapa ponsel kelas menengah lainnya seperti Poco F3 atau Xiaomi Mi 11X .

Meskipun ini mungkin bukan panel yang paling terang, ponsel ini mendapatkan kecerahan luar ruangan yang cukup baik untuk membaca di bawah sinar matahari langsung.

Ini adalah salah satu dari sedikit ponsel dengan harga ini yang menawarkan pemindai sidik jari dalam layar. Pemindai bekerja dengan cukup baik, tetapi kami lebih suka melihat mekanisme yang lebih cepat.

Selain itu, Anda juga mendapatkan fitur buka kunci wajah 2D yang memangkas waktu penggunaan pemindai sidik jari dalam layar setidaknya 50% dengan buka kunci super cepatnya.

Kinerja OnePlus Nord CE

Snapdragon 750G

Hingga 12GB RAM dan penyimpanan 256GB

Mendukung jaringan 5G

Kinerja adalah area lain di mana OnePlus harus sedikit merendahkannya untuk menjaga harga tetap murah dan membuatnya lebih terjangkau daripada OnePlus Nord.

Perangkat ini bekerja dengan dorongan chipset octa-core Qualcomm Snapdragon 750G. Ini adalah prosesor octa-core dengan clock 2.2GHz dan dibangun di atas fabrikasi 8nm sementara grafisnya ditangani oleh GPU Adreno 619.

Ini juga merupakan chipset berkemampuan 5G yang dilengkapi dengan modem Qualcomm X52 5G untuk konektivitas 5G.

Snapdragon 750G adalah chipset yang mumpuni yang bekerja dengan baik dalam tugas sehari-hari.

Seperti membuka beberapa aplikasi sekaligus, beralih di antara mereka, dan memainkan beberapa game. Kami tidak merasakan lag atau jitter selama waktu bermain game kami.

Perangkat ini tentu bukan OnePlus paling tajam yang pernah kami lihat. Kami menemukan beberapa aplikasi atau game membutuhkan waktu satu atau dua detik lebih lama untuk dibuka dari yang kami harapkan.

OnePlus Nord CE tersedia dalam tiga konfigurasi – RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, 12GB+256GB, dan 6GB+128GB.

Sama seperti kebanyakan ponsel OnePlus lainnya, Anda juga tidak mendapatkan dukungan kartu MicroSD pada Nord CE ini.

Anda mendapatkan RAM LPDDR4X dan jenis penyimpanan UFS 2.1, bukan yang paling cepat atau paling baik di level ini. Tampak dari beberapa aplikasi memerlukan beberapa detik tambahan untuk dibuka.

Meski sedikit lambat, tapi Nord CE mempunyai Oxygen OS yang menghadirkan banyak fitur game-centric yang bagus.

Misalnya pada Game Call of Duty Mobile dengan kualitas grafis ‘sangat tinggi’ dan frame rate ‘sangat tinggi’. Kami dapat mencapai 60fps untuk sebagian besar adegan dengan stabilitas yang layak.

Anda juga dapat memainkan game dengan kecepatan refresh maksimum, tetapi kualitas grafis akan menurun.

Baca, Gaet Mobile Legends, HP Gaming Infinix Hot 10S Dijual Rp1,7 Juta

Gameplay Asphalt 9 juga mulus dan menyenangkan. Baterai turun 6% setelah 20 menit bermain game ini.

Anda juga mendapatkan beberapa alat permainan tambahan dan berguna seperti pengukur FPS, fitur “jangan ganggu”, pemberitahuan awal, nonaktifkan kecerahan otomatis, pencegahan kesalahan sentuh, pengoptimalan grafik, dan prioritaskan sinyal ke permainan untuk mengurangi latensi.

Kecepatan refresh tinggi 90Hz juga membantu keseluruhan gameplay dengan grafik dan gerakannya yang lebih halus.

©www.oneplus.in

Oxygen OS bersama dengan Snapdragon 750G memberikan pengalaman mulus secara keseluruhan bagi kebanyakan orang yang mencari ponsel kelas menengah yang bagus.

Meskipun mungkin bukan yang terbaik dalam hal kinerja atau permainan, ini adalah hal yang baik untuk menjadi pertimbangan pembelian.

Kamera OnePlus Nord CE

Kamera utama 64MP

Mempunyai kamera Mono

Kamera selfie tunggal

Kamera tidak pernah menjadi fitur utama pada smartphone OnePlus mana pun.

Baik itu ponsel unggulan atau kelas menengah, tetapi itu sedikit berubah dengan seri OnePlus 9 yang bersaing di level premium.

Pada OnePlus Nord CE, Anda mendapatkan tiga kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan – satu sensor kamera lebih sedikit di kedua sisi daripada OnePlus Nord.

Ada kamera utama 64MP dengan aperture f/1.79. Perusahaan tidak menentukan sensor, tetapi dari OmniVision dan bukan Sony atau Samsung.

Kamera utama juga dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization (EIS) dan mengklik gambar dalam resolusi 16MP secara default.

Kamera sekunder 8MP memiliki bidang pandang 119 derajat dan aperture f/2.25. Ini juga mendukung EIS. Dan, terakhir, Anda mendapatkan lensa mono 2MP dengan aperture f/2.25.

Foto-foto hasil jepretan kamera utama mode default 16MP tampil cerah, penuh warna, dan punchy.

Warnanya agak terlalu jenuh sehingga membuat kontrasnya sedikit naik. Tapi itu cukup bisa diterima mengingat rentang dinamis yang cukup bagus pada Nord CE.

Fitur HDR otomatis memastikan gambar tidak terlalu gelap atau terlalu terang dan berguna lebih sering daripada yang Anda bayangkan.

Namun, kami melihat beberapa white balance yang salah dengan rona sedikit hijau pada gambar.

Gambar yang diambil dalam mode 64MP lebih baik dari dua kali lipat ukuran 16MP. Ini menghasilkan lebih banyak detail dan Anda dapat memperbesar sedikit lebih banyak daripada yang Anda bisa pada gambar 16MP.

Gambar 16MP seharusnya cukup baik untuk sebagian besar berbagi media sosial. Tetapi jika Anda berencana untuk mencetak atau mengedit gambar, gambar 64MP adalah pilihan yang lebih baik untuk Anda.

Baterai OnePlus Nord CE

Unit baterai 4.500mAhmAh

Bungkus Charge 30T Plus, pengisian cepat 30W

Pengisian 0 hingga 100% dalam 60 menit

OnePlus Nord CE mengemas baterai 4.500mAh, lompatan dari  4.115mAh di OnePlus Nord.

Meskipun ukuran baterai di atas kertas hanya di atas rata-rata, masa pakai baterai secara keseluruhan yang kami dapatkan sangat baik.

Setelah mengisinya penuh, perangkat dapat dengan mudah bertahan satu hari penuh dengan penggunaan berat dan satu setengah hari dengan penggunaan standar.

Ini adalah baterai terbaik yang kami miliki di ponsel OnePlus dalam waktu yang lama.

Waktu rata-rata selama peninjauan kami selalu mendekati 6 jam 30 menit dan yang terbaik yang berhasil kami dapatkan adalah 8 jam.

Review, Xiaomi Mi 11 Ultra, Harganya Dua Kali Lipat Xiaomi Mi 11

Penggunaan umum kami termasuk interaksi sepanjang hari di WhatsApp, Slack, Mail, beberapa menit panggilan, YouTube, streaming musik, game, dan penjelajahan media sosial.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago