Internet

One Plus Nord, Kembalinya One Plus Ke Level Ponsel Mid-End

Setelah bulan lalu merilis ponsel premium One Plus 9 Pro, Anda bisa membaca ulasannya disini. Kini OnePlus kembali menyapa pelanggan di level menengah dengan One Plus Nord.

One Plus Nord meluncur ke pasaran dengan harga yang relatif murah namun mengemas fitur yang baik. Ada layar yang bagus, baterai yang besar, dan satu set kamera yang mumpuni.

Ulasan Singkat One Plus Nord

©www.techradar.com

OnePlus Nord mengingatkan kita pada One Plus One. Ponsel pertama dari One Plus pada tahun 2014 yang menjangkau pasar kelas menengah dengan gaya dan fitur yang melebihi harganya.

Begitu pula dengan One Plus Nord, ponsel yang memiliki desain premium, kinerja apik, dan kamera hebat. Semua ini bisa Anda miliki dalam satu genggaman yang memuaskan.

One Plus merilis seri Nord ini untuk pasar kelas menengah. Kabarnya Nord 2 juga akan dirilis dalam waktu dekat, kami penasaran apa yang membedakan antara Nord 1 dengan Nord 2.

Ponsel ini memulai jajaran handset baru dari OnePlus, dengan Nord N10 5G membawa fitur-fiturnya ke titik harga yang lebih rendah, dan Nord 2 dikabarkan juga akan segera hadir.

Meski kita semua tahu bahwa bertarung di level ponsel kelas menengah membutuhkan banyak tenaga dan strategi. Level ini sangat ramai sehingga kemunculan di bulan ini akan mudah terlupakan di bulan berikutnya.

Nord dan Nord 2 akan bertarung di pasaran dengan Google Pixel 4a , Poco F2 Pro , Realme X50 5G,  Moto G 5G Plus  dan Mi Note 10 Lite. Tidak pernah ada waktu yang relatif panjang untuk sebuah ponsel memuncaki level pemasaran, karena persaingan selalu berjalan.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk ponsel ini. OnePlus mengatakan Nord adalah “hampir semua yang bisa Anda minta”, dan itu ada benarnya juga.

Ada layar yang cukup besar dengan tampilan UI yang bersih. Kapasitas baterai cukup besar untuk aktifitas harian dengan pilihan kamera yang sesuai kebutuhan Anda.

©www.techradar.com

Semua keunggulan itu dibungkus dalam desain premium. Terlihat bagus, terasa enak di tangan, dan kinerjanya luar biasa.

OnePlus Nord memiliki banyak kamera, Anda mendapatkan berbagai pilihan fotografi dari mode portrait, macro, ultrawide, hingga night vision.

Kamera juga mempunyai kemampuan untuk merekam video kualitas 4K pada kecepatan 30fps dengan kamera depan dan belakang. Ada juga zoom hingga 10x, ditambah perekaman video gerak lambat pada 1080p dan 240fps.

Satu yang membuat kami heran, kenapa tidak ada jack headphone 3,5 mm pada ponsel ini. Apakah OnePlus akan mengeluarkan Earphone Wireless untuk paket bundling, kita tunggu saja kabarnya.

Karena ini adalah ponsel kelas menengah, jangan mengharap sertifikat IP tahan debu atau air. Juga tidak ada pengisian nirkabel pada ponsel ini. Namun kita masih bisa mendapatkan fitur NFC di ponsel ini, memudahkan aktifitas keuangan digital.

Yuk baca juga, Moto G100, Ponsel Kelas Menengah Dengan Prosesor Level Premium

Masa pakai baterai rata-rata ponsel ini akan membantu Anda sepanjang hari. Tetapi ini adalah ponsel yang harus Anda isi setiap malam, dan tidak ada banyak ruang untuk ikon notifikasi di bagian atas layar, berkat kamera selfie ganda.

Desain One Plus Nord

Desain OnePlus Nord melebihi ekspektasi dari harganya yang terjangkau. Anda mendapatkan build dan finishing premium yang sama seperti pada seri andalan OnePlus 8. Dengan bingkai logam yang diapit di antara Gorilla Glass di bagian depan dan belakang.

Itu membuat perangkat yang kokoh dan terasa premium di tangan, dan ukurannya mirip dengan OnePlus 8, yang berarti OnePlus Nord dapat digunakan dengan satu tangan. Meskipun mereka yang memiliki tangan lebih kecil mungkin kesulitan untuk meregangkan ibu jari mereka hingga tombol volume.

Jika Anda perhatikan lebih dekat ada bingkai plastik ramping yang terangkat di sekeliling layar, di antara kaca dan bingkai logam. Meskipun tidak terlalu terlihat dari sudut pandang visual, gerakkan jari Anda ke tepi telepon dan Anda bisa merabanya dari tepi layar.

Mungkin ini hanyalah poin kecil, tetapi ini mengganggu desain yang mulus. Bingkai plastik ini sebagai pengingat bahwa One Plus Nord merupakan ponsel kelas menengah.

One Plus Nord berukuran 158,3 x 73,3 x 8,2mm dan memiliki bobot 184g, yang berarti lebih pendek dari One Plus 8, tetapi sedikit lebih lebar, lebih tebal, dan lebih berat.

Bagian belakang One Plus Nord  mempunyai lapisan kaca yang halus. Ini berarti hanya ada sedikit cara untuk menggenggam secara alami, sedikit saja tangan kita berkeringat maka One Plus Nord akan menjadi licin untuk digenggam.

Untungnya One Plus menyertakan casing silikon ramping pada kotak pembelian. Sehingga memberikan Anda perlindungan dari benturan dan tetesan kecil.

Ada beberapa tombol pada kedua sisi ponsel ini. Di sebelah kanan Anda akan menemukan tombol daya sekaligus tombol kunci. Di atasnya tombol daya ada tombol geser peringatan OnePlus yang memungkinkan Anda dengan cepat beralih antara mode senyap, getar, dan keras.

©www.techradar.com

Sedangkan di sebelah kiri ada volume rocker. Port USB-C bisa anda temukan di bagian bawah yang diapit oleh speaker dan port kartu SIM ganda. Ingat bahwa tidak ada jack headphone di OnePlus Nord.

Speaker down-firing itu adalah satu-satunya output audio eksternal. Speaker ini dapat dengan mudah tertutup apabila menggenggam ponsel dalam posisi lanskap. Hal ini menyebabkan suara teredam, yang dapat mengganggu saat menonton video atau bermain game.

Ponsel ini tersedia dalam dua warna, ada  Grey Onyx Blue Marble. Keduanya mempunyai gradasi warna yang mengkilap dan akan menjadi kurang terlihat jika Anda menggunakan casing pelindung.

OnePlus mengatakan Nord memang memiliki ketahanan air, tetapi tidak memiliki peringkat IP resmi yang akan menjamin kemampuannya menahan debu dan air. Mungkin yang dimaksud adalah tahan terhadap cipratan air, namun tidak untuk membawanya ke dalam kolam renang.

Itu adalah salah satu cara OnePlus menjaga harga Nord tetap rendah. Meski Nord mengklaim bahwa handset mampu bertahan ketika dicelupkan ke dalam air setinggi 30 cm selama 30 menit, Kami menyarankan Anda untuk jangan melakukannya dan lebih baik berhati – hati dengan ponsel ini.

Menuju ke bagian belakang, kita akan menemukan bidang persegi yang menonjol. Bidang ini menampung empat kamera belakang OnePlus Nord.

Bidang ini menonjol beberapa milimeter dari bagian belakang handset, seperti pada OnePlus 8 dan 8 Pro. Tonjolan ini berada di sudut kiri, seperti lazimnya ponsel lain pada tahun 2021.

Ini berarti bahwa ketika Anda meletakkan ponsel dengan layar menghadap ke atas, Nord tidak sejajar dengan permukaan. Jika Anda mengetuk layar maka akan membuat ponsel bergoyang.

Baca juga yuk, Dijual Terbatas Rp3,6 Jutaan, Oppo A74 5G Termurah di Indonesia

Maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan casing silikon pelindung, ini berguna untuk membuat ponsel tampak rata di atas meja.

Tampilan One Plus Nord

OnePlus Nord memiliki layar AMOLED 6,44 inci dengan rasio aspek 20: 9, resolusi Full HD + (2400 x 1080), dan kecepatan refresh 90Hz untuk kinerja scrolling yang lancar.

Layar memenuhi bagian depan handset dengan bezel minimal, kecuali bagian bawah lebih tebal dari yang lain. Satu-satunya gangguan pada layar adalah lubang berlubang di sudut kiri atas yang menampung kamera selfie ganda.

©www.techradar.com

Kamera ini cenderung tidak menghalangi, tetapi membatasi jumlah ikon pemberitahuan yang dapat ditampilkan di bilah atas. Hal ini mungkin mengganggu beberapa pengguna.

OnePlus memberikan pelindung layar tambahan sejak perakitan ponsel ini di pabriknya. Perlindungan tambahan ini memunculkan kesan menonjol di tepian layar ponsel.

Jika Anda tidak menyukainya, lapisan pelindung ini mudah dikupas dan Anda akan mendapatkan layar mengkilap bersih. Namun, Anda akan secara efektif mengurangi kekuatan tampilan jika Anda melakukan hal tersebut.

Layar One Plus Nord cerah dan jernih, tetapi tidak seperti layar pada ponsel seri 8. Layar Nord ini datar, bukan memiliki tepi melengkung yang tumpah ke sisi ponsel. Tanpa lekukan di tepi depan handset, Nord memang terasa lebih tebal di tangan.

Layar Nord mendukung tampilan HDR10 +. Jadi jika Anda melakukan streaming konten dari layanan seperti Netflix atau Prime Video, atau menonton konten video HDR Anda sendiri,tampilan akan terlihat bagus di layar ini.

Saat Anda menonton video dalam posisi lanskap, bagian layar tempat bilah notifikasi berada tidak menampilkan video. Sehingga fungsinya tetap untuk menampilkan notifikasi, dan kamera tidak akan menghalangi tampilan video.

Menonton film dan acara TV adalah pengalaman yang menyenangkan, tetapi preset warna pada ponsel Nord ini tampaknya tidak terlalu kaya. Beberapa tone warna tampak redup, sehingga tampilan kurang mencolok dan cerah.

Jika Anda mencari pemindai sidik jari, dia tertanam pada layar. Pemindai bekerja dengan cukup baik, dan memungkinkan Anda mendaftarkan banyak cetakan jari alias Finger Print.

Salah satu cara untuk mempercepat proses pembukaan kunci di OnePlus Nord adalah memasangkan pengenalan sidik jari dengan buka kunci wajah. Nord dapat menggabungkan kedua fitur keamanan biometrik secara bersamaan saat Anda membuka kunci, dan ini dapat memberikan hasil yang lebih cepat.

Baca yuk review, Ponsel Flagship, Vivo X60 Series 5G Dibanderol Rp8-10 Juta

Kamera Belakang

Fitur utama OnePlus Nord adalah pengaturan kamera ‘andalannya’. Ada total enam kamera di handset, empat di belakang dan dua di depan. Jumlah paling banyak dari ponsel One Plus lainnya.

Kamera utama di bagian belakang memang dipinjam dari ponsel OnePlus 8. Ini menggunakan sensor Sony IMX586 48MP (dengan stabilisasi gambar EIS dan OIS) yang dipadukan dengan lensa f / 1.57. Kamera ini dapat mengambil gambar 48MP, meskipun resolusinya ada di 12MP.

©www.digitalcameraworld.com

Ini karena gambar 48MP berukuran sekitar tiga kali ukuran bidikan 12MP. Berarti penyimpanan Anda akan terisi lebih cepat jika setiap bidikan yang Anda ambil memiliki resolusi yang lebih tinggi.

Anda akan menemukan bahwa 12MP umumnya cukup untuk postingan media sosial. Sedangkan mode 48MP lebih baik jika Anda ingin mencetak gambar atau membuat peningkatan mendetail di editor foto.

Kamera belakang utama adalah penembak yang mumpuni, dan bekerja dengan baik dalam cahaya yang baik baik di dalam maupun di luar. Gambar 12MP default yang ditangkapnya memiliki tingkat detail yang bagus, dan HDR otomatis membantu mencegah gambar tampak terlalu gelap atau terlalu terang.

Anda memiliki opsi zoom 2x melalui ikon di layar, cukup satu ketukan dan Anda akan dibawa lebih dekat ke subjek dengan penurunan kualitas gambar yang minimal. Ini berfungsi dengan baik di luar ruangan, tetapi bidikan yang diperbesar di dalam ruangan akan sedikit berbintik dan gelap jika pencahayaannya tidak sempurna.

Selain kamera utama, ada juga tiga kamera pendamping lainnya. Terdiri dari sensor depth 5MP, kamera macro 2MP, dan ultra-wide 8MP dengan besaran 119 derajat untuk bidikan lanskap yang luas.

Ada banyak mode pengambilan gambar, termasuk potret, bentangan malam, super makro, dan pro, plus Full HD, perekaman video gerak lambat pada 240fps dan perekaman 4K pada 30fps.

Tentunya kualitas dari kamera ultra-wide tidak sebagus kamera utama, dengan gambar yang lebih kotor dan kurang detail dalam hal warna. Jelas ada lebih sedikit distorsi di tepi bidikan lebar daripada gambar yang sebanding dari banyak handset pesaing.

Pengurangan distorsi adalah salah satu fokus dari usaha One Plus untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar. Peningkatan yang paling jelas ada pada mode Nightscape.

Mode malam sekarang menjadi fitur pada sejumlah handset kelas atas, dan menjadi lebih umum pada ponsel kelas menengah juga.

Selanjutnya adalah kamera depth sensor 5 MP yang berfungsi dengan baik dalam membedakan antara subjek foto dan latar belakang, dan menerapkan efek buram ke area yang tepat. Subjeknya sendiri terlihat tajam, meskipun gambar yang dihasilkan lebih gelap daripada gambar yang diambil dalam mode kamera standar.

Terakhir adalah kamera makro yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemotretan detail. Resolusi kamera yang rendah menghasilkan gambar tidak terlalu padat piksel, dan warna yang kurang cerah. Tetapi jika Anda memiliki tangan yang mantap, sedikit kesabaran, dan pencahayaan yang bagus, Anda dapat mengambil beberapa gambar close-up yang indah.

Kamera Depan

Di bagian depan, kamera utama 32MP, f / 2.45 disertai dengan kamera ultra-lebar 8MP, 105 derajat, yang berguna saat mengambil selfie grup.

©www.techradar.com

Kamera utama memotret dengan solid, mampu menangkap selfie dengan detail yang bagus. Memiliki kualitas HDR yang memastikan mereka tidak terlihat terlalu terang atau gelap.

Baca juga, Layar Super AMOLED, Xiaomi Redmi Note 10 Dijual Rp2,4 Jutaan

Jika Anda ingin foto bersama teman, keluarga atau pemandangan indah di belakang Anda, maka beralihlah ke kamera ultra lebar. Meskipun ini memungkinkan Anda untuk menangkap lebih banyak dari apa yang ada di sekitar Anda, gambar yang dihasilkannya sedikit lebih gelap dan lebih sunyi.

Baterai

OnePlus Nord hadir dengan baterai 4.115mAh, merupakan ukuran yang wajar dan akan memberi Anda penggunaan rutin sehari setelah terisi penuh. Nord bertahan lebih lama dari iPhone SE baru, hampir sama dengan iPhone XR, tetapi tidak selama OnePlus 8 atau 8 Pro.

Setelah Anda mengisi penuh pada jam 7 pagi, ponsel akan bertahan seharian dengan penggunaan normal seperti mendengarkan musik, bermain game ringan, penggunaan wajar media sosial, beberapa panggilan dan mengambil gambar.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago