OnePlus 9 Pro, Pesaing Ketat Samsung Galaxy S21 dan IPhone 12

Bulan lalu Arusgadget pernah mengeluarkan spoiler mengenai OnePlus 9 Pro, yang akhirnya dirilis pada tanggal 23 Maret 2021. Kini kita akan membahas mengenai spesifikasi sebenarnya One Note 9 Pro, apakah sama seperti spoiler yang ada di artikel sebelumnya.

Buat Anda yang mau baca seperti apa artikel sebelumnya, bisa klik di sini. Jika Anda sudah membacanya, sekarang kita akan mengulik OnePlus 9 Pro yang sebenar – benarnya.

OnePlus 9 Pro menawarkan kinerja fenomenal selayaknya Handset Android kelas premium. Berkolaborasi dengan Hasselblad untuk menghadirkan kualitas kamera yang ciamik dan tentu jauh lebih unggul dari smartphone seri sebelumnya.

OnePlus 9 Pro
©techradar.com

OnePlus 9 Pro dilengkapi berbagai fitur kelas atas yang menjadikannya pesaing serius bagi siapa saja yang berada di pasar handset Android premium. Meski gadget ini dibuat tidak untuk semua kalangan mengingat harganya yang tinggi.

Review Singkat

Seperti dilansir dari laman resminya, OnePlus 9 Pro adalah puncak dari upaya perusahaan untuk menghadirkan perangkat premium. OnePlus memimpikan bahwa OnePlus 9 Pro ini bisa menjadi pesaing bagi Samsung Galaxy S21 dan Iphone 12.

OnePlus 9 Pro menawarkan fitur kelas atas, pengalaman kamera yang luar biasa dan semua yang Anda harapkan dari smartphone terbaik saat ini. Sebagai konsekuensinya adalah perangkat ini memiliki label harga kelas atas pula.

Meski ada sedikit fitur yang hilang di sini, yaitu tidak adanya slot microSD. Meski menurut kami memori internal 256GB untuk model 9 Pro yang paling tinggi, ini sudah cukup besar untuk menyimpan ribuan foto.

OnePlus 9 Pro memiliki desain premium, dengan layar QHD 6,7 inci memberikan tingkat kecerahan yang kuat dan detail terbaik. Sementara kecepatan refresh 120Hz yang super halus menambah kesan tingkat atas.

Ukuran OnePlus 9 Pro mungkin dirasa terlalu besar untuk beberapa orang. Tetapi dalam hal desain terasa sepadan dengan harga yang ditawarkan.

OnePlus 9 Pro
©oneplus.com

Bagian depan hampir dipenuhi dengan layar, menyisakan titik di sudut kiri atas untuk kamera 16MP. Sedangkan tampilan belakang dihiasi kaca dengan gradasi warna. Untuk yang akan kami ulas ini adalah warna Morning Mist, Semacam abu – abu dengan gradasi putih.

Peningkatan paling signifikan adalah pada fitur kamera, menggandeng merk legendaris Hasselblad adalah pilihan terbaik OnePlus. Pengaturan otomatisnya bekerja sangat cantik untuk menghasilkan foto yang bisa Anda unggah ke media sosial tanpa perlu mengedit terlalu banyak.

OnePlus 9 Pro bekerja dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888, tentu ponsel ini mampu melakukan semua yang Anda butuhkan. Meskipun daya tahan baterai bukanlah yang terbaik untuk sebuah ponsel premium. Namun masih bisa bertahan selama sehari penuh, dan ada beberapa opsi pengisian cepat.

OnePlus 9 Pro adalah smartphone terbaik yang pernah dibuat oleh perusahaan ini. Meskipun merupakan perangkat mahal namun kualitasnya bisa disandingkan dengan perangkat kelas atas lainnya, seperti Galaxy S21 Ultra atau iPhone 12 Pro Max.

Desain

Saat Anda menggenggam OnePlus 9 Pro maka sangat terasa premium dengan kaca belakang. Ada tiga pilihan warna yang diberikan oleh OnePlus 9 Pro yaitu : Morning Mist, Forest Green dan Stellar Black.

Desain
©oneplus.com

Tepian ponsel ini dikelilingi oleh logam, tampak kuat dan tahan benturan. Di sebelah kanan adalah tombol power, dan di atasnya ada tombol penggeser diam yang memungkinkan Anda untuk mematikan suara ponsel dengan cepat. Sedangkan tombol volume ada di sebelah kiri.

Lalu dimana slot kartu SIM? Dia ada di sisi bawah ponsel. Bersama dengan slot pengisian USB-C dan speaker.

OnePlus telah memangkas tonjolan kamera pada OnePlus 9 Pro dibandingkan dengan seri OnePlus 8, tetapi masih menonjol dari bagian belakang ponsel. Anda akan menemukan logo Hasselblad terpampang di kamera bersama empat kamera.

Bagian belakang ponsel melengkung dengan lembut di tepinya, ini membantu handset untuk duduk dengan baik di tangan kami. Namun, perhatikan bahwa ini bukan ponsel kecil: ukurannya 163,2 x 73,6 x 8,7mm, dan berat 197 gram. Sebuah tipikal untuk ponsel jenis premium.

Secara keseluruhan, OnePlus 9 Pro memiliki tampilan dan nuansa premium yang dapat menyaingi ponsel kelas atas lainnya.

Tampilan OnePlus 9 Pro

OnePlus 9 Pro hadir dengan layar besar dan resolusi tinggi yang sesuai dengan status Pro-nya. Berukuran 6,7 inci dari sudut ke sudut, dengan resolusi QHD 1440 x 3216, sama dengan 525 piksel per inci.

Tampilan
©techradar.com

Resolusi pada layar AMOLED ini terlihat dari saat Anda pertama kali menghidupkan layar. Sebuah gambar yang melompat keluar dari layar dan teks tampak sangat tajam.

Kecerahannya bagus, meskipun mode kecerahan otomatis terkadang kesulitan untuk menjadi cukup terang dalam beberapa situasi. Jika Anda berada di bawah sinar matahari langsung, Anda mungkin ingin bermain-main dengan fitur kecerahan untuk memastikan Anda dapat melihat layar.

Seperti pada OnePlus 8 Pro 2020, layar memiliki kecepatan refresh 120Hz, yang mulai menjadi norma di ponsel Android kelas atas. Ini berarti layar menyegarkan 120 kali per detik, bukan 60 kali pada smartphone lama dan beberapa flagships saat ini, seperti iPhone 12, yang memiliki kecepatan refresh 60Hz.

Ini berarti Anda akan menikmati gambar di layar yang lebih halus. Anda bisa bermain game tanpa hambatan, bahkan untuk game aksi yang bergerak cepat seperti Call of Duty.

Refresh rate pada OnePlus 9 Pro bersifat adaptif pada aplikasi tertentu. Misal untuk aplikasi eBook, ponsel akan menawarkan kecepatan refresh 1Hz. Sementara pada aplikasi lain berjalan hingga 120Hz.

Kami menemukan pengaturan adaptif berfungsi dengan baik, menyesuaikan tampilan dengan mulus. Bahkan tidak tampak perbedaan saat layar berjalan pada kecepatan refresh yang lebih rendah.

Baca juga, Flagship Zaman Now, Xiaomi Mi 11 Dijual Rp9,999 Juta

Ada juga pemindai sidik jari di layar. Ini bekerja sama cepatnya dengan kebanyakan ponsel premium lainnya yang menampilkan teknologi ini pada tahun 2021.

Kamera OnePlus 9 Pro

OnePlus sekian lama berjuang untuk mengikuti ponsel Android kelas atas lainnya dalam hal kamera. Kini OnePlus 9 Pro telah memiliki kamera terbaik dalam sejarah perusahaan.

OnePlus telah meningkatkan kualitas kamera dengan menyertakan sensor baru. Setidaknya satu di antaranya dibuat dengan menggunakan sensor dari Sony.

Kemudian bekerja sama dengan pembuat kamera terkenal Hasselblad untuk meningkatkan kalibrasi warna. Sehingga warna yang Anda lihat akan direproduksi seakurat mungkin.

Kamera
©notebookcheck.net

Kamera utama terletak di belakang dengan kemampuan menembak 48MP dan menggunakan sensor Sony IMX789, ini bekerja sama dengan Sony. Selanjutnya adalah kamera ultra-wide 50MP yang menggunakan sensor Sony IMX766.

Ada juga penembak telefoto 8MP yang dapat memotret hingga 3x optical zoom. Sedangkan elemen terakhir adalah penembak monokrom 2MP dengan kemampuan utama untuk mendapatkan citra hitam dan putih berkualitas lebih tinggi.

Total ada empat kamera belakang, Tidak kalah pokoknya dengan Samsung Galaxy S21.

Sensor utama pada OnePlus 9 Pro mengambil gambar yang fantastis, dengan warna yang tampak bagus dan detail. Warna terlihat jauh lebih alami, yang kami anggap sebagai hasil kolaborasi dengan Hasselblad.

Kualitas gambar di sini lebih seperti yang Anda dapatkan dari iPhone Apple, daripada yang Anda lihat dari ponsel Samsung.

Kami juga terkesan dengan bagaimana OnePlus 9 Pro dapat menghasilkan hasil yang luar biasa bahkan ketika Anda menggunakan mode otomatisnya. Kemudian Anda dapat beralih ke kamera ultra-wide dengan ketukan cepat tombol virtual dengan hasil yang sama bagusnya.

Pengambilan gambar ultra-wide dilengkapi fitur koreksi distorsi baru yang bekerja di belakang layar untuk meminimalkan distorsi ‘laras’ yang biasanya muncul di tepian objek. Fitur koreksi ini bekerja dengan baik dalam pengambilan gambar yang kami lakukan.

Kamera zoom telefoto pada Smartphone ini mampu memotret hingga zoom optik 3x, di luar itu ia akan beralih ke zoom digital untuk zoom hingga 30x.

Untuk video, Anda dapat merekam dalam 8K hingga 30 frame per detik, yang merupakan salah satu kombinasi resolusi / frame rate tertinggi yang pernah kami lihat di smartphone. Kualitas ini sebagian besar tidak diperlukan jika ini hanya video yang akan Anda tonton kembali di telepon.

Perhatikan juga bahwa pengambilan gambar pada pengaturan paling atas tentu akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Anda mempunyai beragam pilihan video lainnya termasuk 4K pada 30, 60 atau bahkan 120 frame per detik untuk rekaman gerak lambat.

Ada juga pilihan gerak lambat untuk 720p pada 480fps atau Full HD pada 240fps. Kami menemukan semua ini berfungsi dengan baik, dan pengaturan ini sebanding dengan ponsel Android lain yang Anda temukan di pasaran saat ini.

Kamera utama memiliki stabilisasi gambar optik dan elektronik untuk memastikan bahwa rekaman bebas guncangan.Sehingga kami yakin Anda akan senang dengan kualitas bidikan video di OnePlus 9 Pro.

Di bagian depan ponsel terdapat kamera selfie dengan sensor Sony IMX741 16MP dan aperture f / 2.4. Ini bukan kamera selfie kelas atas yang pernah kami lihat di smartphone, tapi kami cukup senang dengan foto dan video yang diambilnya.

Spesifikasi dan performa HpOnePlus 9 Pro

OnePlus 9 Pro ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888 terbaru. Membuat aktifitas multi aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

Anda akan mendapatkan RAM 8GB atau 12GB tergantung pada varian ponsel mana yang Anda pilih. Bagi sebagian besar pengguna RAM 12GB terlalu besar dengan beban kerja yang hanya browser dan media sosial.

Model 8GB dari HP ini hadir dengan penyimpanan 128GB, sementara jika Anda memilih telepon 12GB Anda mendapatkan 256GB.

Baca yuk, realme Narzo 30A, Ponsel Gaming Baterai Jumbo Seharga Rp1,8 Jutaan

Seperti perangkat OnePlus lainnya, tidak ada dukungan microSD di sini. Jika Anda akan menggunakan ponsel selama beberapa tahun, kami sarankan untuk memilih perangkat dengan memori yang paling besar, 256GB.

OnePlus 9 Pro juga merupakan handset 5G. Anda tidak perlu khawatir tentang dukungan jaringan internet untuk beberapa tahun ke depan.

Ponsel ini menjalankan Android 11 dengan tampilan OxygenOS dari OnePlus di paling atas. OS ini membawa serta berbagai fitur seperti tampilan yang selalu aktif serta nuansa unik dari merek itu sendiri.

Daya Tahan Baterai OnePlus 9 Pro

Daya Tahan Baterai
©techradar.com

Dengan kapasitas baterai 4.500mAh, sebuah kekurangan bagi OnePlus 9 Pro. Dengan penggunaan beragam aplikasi, pengambilan foto dan perekaman video, Anda hanya bisa bertahan hingga 6 jam.

Lain cerita jika Anda hanya menggunakannya untuk media sosial dan browser dengan frekuensi normal. OnePlus 9 Pro bisa menemani Anda hingga jam pulang kerja, sekitar 9 jam.

Yuk baca, Pengganti Kamera Pro, Ini 8 Hp Kamera Terbaik Cocok Untuk Vlog

Ada pengisian daya berkabel 65 watt, dan, mungkin yang lebih mengesankan, Hp ini bisa mengisi daya dengan cepat menggunakan charger kabel 65 watt. Atau jika anda menggunakan nirkabel, pengisian daya mencapai kecepatan 50 watt.

Ini  merupakan spesifikasi tertinggi yang pernah kami lihat untuk teknologi nirkabel. Satu hal penting bahwa OnePlus 9 Pro menyertakan kepala charger dalam dusbox. Tidak seperti ponsel pesaing dari Apple dan Samsung.