Oppo A15, Ponsel Tiga Kamera Untuk New Normal Seharga Rp1,9 Juta

Oppo tampaknya tak mau menghentikan laju sebagai brand ponsel nomor satu di Indonesia. Menutup bulan November 2020 ini, Oppo A15 diboyong untuk kebutuhan pasar entry-level di Tanah Air.

Sebagai lini ponsel seri A, A15 memang punya hargayang terjangkau sama seperti A11k yang dirilis beberapa pekan sebelumnya. Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia kepada Kompas Tekno menyebutkan jika A15 sangat cocok untuk kegiatan daring di masa pandemi Covid-19 ini.

Namun meskipun ada dalam kategori smartphone entry-level, Oppo A15 tidaklah tampil sangat sederhana. Produsen asal Tiongkok ini mengklaim bahwa A15 tetap menggunakan teknologi terbaik di kelasnya, sehingga tidak memberikan kesan murahan.

Baca juga: Oppo A11k, Ponsel Rp1,8 Juta Untuk Pengguna Android Baru

Melalui A15, Oppo tampaknya masih cukup percaya diri bahwa pasar gadget di Indonesia tetap tumbuh positif sekalipun resesi ekonomi. Sekadar informasi, Indonesia sendiri akhirnya resmi memasuki fase resesi sejak awal November 2020 kemarin, semenjak dilaporkan mengalami pertumbuhan ekonomi negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Spesifikasi Oppo A15

unboxing Oppo A15
© smartprix/G.S.Vasan
  • Sistem Operasi: Android 10, ColorOS 7.2
  • SIM: Nano-SIM dual stand-by
  • Layar: IPS LCD 6.52″ dengan resolusi 720×160 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • Internal/RAM: 32GB/2GB dan 32GB/3GB
  • Kamera Utama: 13MP (wide), 2MP (depth), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 5MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4.230mAh, charging 10W

Sebelum diboyong ke Indonesia pada penghujung November ini, Oppo A15 sebetulnya sudah dikenalkan secara luas pada pertengahan Oktober lalu. India adalah negara berkembang yang menjadi salah satu pangsa pasar Oppo dan memperoleh A15 lebih dulu daripada Indonesia. Namun harga yang dibanderol A15 di India rupanya lebih mahal.

Perangkat yang tersedia resmi di Amazon India ini dijual seharga INR10,99 (sekitar Rp2,2 juta). Sementara untuk publik Tanah Air, bisa memperoleh A15 lebih murah yakni Rp1,999 juta saja. Anda sudah bisa memperoleh ponsel dengan sistem keamanan ganda yakni fingerprint dan face detection ini sejak 27 November lalu di gerai-gerai resmi Oppo seluruh Indonesia.

Selain pembelian langsung ke outlet resmi Oppo, A15 juga bisa didapatkan secara online di sejumlah situs e-commerce populer. Lantas apakah A15 ini layak menjadi salah satu smartphone entry-level yang bisa dipertimbangkan? Kami akan mengulasnya untuk Anda!

Baca juga: Oppo Reno4 F, Ponsel Enam Kamera Seharga Rp4,2 Juta

Desain Nyaman dan Layar Lebar

tampilan layar depan Oppo A15
© smartprix/G.S.Vasan

Meskipun menyasar kelas menengah ke bawah, Oppo A15 tetap maksimal dalam memberikan kepuasan tampilan. Hal ini terlihat dari layar yang diusung sudahlah refresh rate 90Hz, yang artinya cukup memuasan. Terbentang dengan dimensi 6.52″, layar A15 yang berjenis waterdrop ini cukuplah lebar dengan resolusi HD+ yang sangat membantu dalam kegiatan daring.

Karena seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan dilakukan #DiRumahAja. Mulai dari sekolah hingga pekerja kantoran, diupayakan dilakukan secara remote lewat rumah, yang artinya membutuhkan perangkat gawai mumpuni. Namun dikarenakan resesi ekonomi, pembelian gawai pun harus yang masih sesuai dengan kemampuan.

Hal inilah yang akhirnya memicu kehadiran A15 sebagai solusi atas gawai yang cukup layak dipertimbangkan dengan harga yang sangat terjangkau. Kembali lagi pada bagian layarnya, Oppo melengkapi A15 dengan AI Brightness dan Eye Comfort Filter yang bisa menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kebiasaan pengguna. Sehingga Anda tak perlu cemas mata cepat lelah jika menatap A15 seharian untuk bekerja atau PJJ (Pembelajaran Jarak jauh).

Untuk bagian bodinya sendiri, A15 memiliki sudut kiri dan kanan bodi belakang yang cukup melengkung atau disebut sebagai teknologi 3D curved body. Sama seperti smartphone masa kini yang menggunakan sensor sidik jari, A15 pun demikian dengan sensor yang dibenamkan di bawah kamera pada bodi belakang.

Tercatat punya bobot 175 gram dengan ketebalan 7.9mm, Oppo A15 jelas menjadi salah satu smartphone yang nyaman untuk digenggam. Kelengkapan lain dari ponsel ini adalah port charging yang masih menggunakan micro-USB dan terpasang sejajar dekat mono speaker serta jack audio 3.5mm.

Tiga Kamera Belakang yang Memuaskan

tampilan kamera belakang Oppo A15
© smartprix/G.S.Vasan

Bukan cuma tampil dengan desain stylish layaknya seri Reno4 yang sudah pasti lebih mahal daripada seri A, Oppo juga membenamkan tiga kamera utama di bodi belakang. Ketiga lensa itu masing-masing memiliki resolusi 13MP, 2MP makro dan 2MP depth sensor. Ketiga lensa saling berkonfigurasi dan bisa menghasilkan foto memuaskan. Bahkan lewat lensa makro, Anda bisa memotret obyek sedekat 4cm.

Baca juga: Dijual Rp4,9 Juta, Inilah 5 Keunggulan Oppo Reno4

Anda bisa menggunakan fitur Portrait Bokeh yang mempunyai enam filter pemotretan. Secara total, ada 15 filter potret pada kamera Oppo A15. Kemudian untuk kebutuhan perekaman video, pengguna bisa memanfaatkan 10 filter berbeda. Keberadaan fitur AI Scene Enchancement yang memadukan Dazzle Color dan AI Scene Recognition membuat A15 lebih pandai mengenali obyek dan memaksimalkan puluhan adegan berbeda.

Berpindah ke kamera selfie, Oppo memasang lensa 8MP di bagian layar waterdrop untuk kebutuhan swafoto atau konten media sosial. Ada AI Beautification yang digunakan pada A15 sehingga ponsel ini cukup cerdas mengenali rentang usia dan jenis kelamin pengguna, supaya hasil foto dan tampilan visual Anda makin natural.

Dapur Pacu Tangguh Tidak Boros

ketebalan Oppo A15
© smartprix/G.S.Vasan

Melihat spesifikasi komponen yang digunakan, A15 ternyata punya dapur pacu yang sama dengan A11k. Tak heran karena kedua ponsel ini memang memiliki pangsa pasar yang sama. Bahkan A11k satu pekan lebih dulu, dibanderol dengan harga lebih murah karena ukuran layar dan jumlah kamera. Dimana untuk A11k memakai modul dual-camera, A15 sudah triple-camera.

Bukan hanya itu saja, A15 juga unggul dalam varian RAM karena disediakan dalam pilihan 2GB dan 3GB, meskipun sama-sama punya memori internal 32GB. Namun untuk pasar Indonesia, ada kemungkinan hanya satu varian RAM saja yang ditawarkan yakni 3GB, lagi-lagi lebih besar daripada A11k yang dijual Rp200 ribu lebih murah.

Kembali lagi ke komponen hardware utama, Oppo memilih chipset MediaTek Helio P35 untuk otak dari A15. Meskipun merupakan chipset lawas yang sudah dikenalkan sekitar tujuh tahun lalu, Helio P35 tetaplah memuaskan di kelas entry-level. Kenapa begitu? Keberadaan delapan inti yang seluruhnya adalah Cortex-A53, menjadikan kinerja Helio P35 lebih baik.

Anda tak perlu cemas boros, karena chipset dapat bekerja maksimal. Apalagi didukung dengan PowerVR GE8320 sebagai GPU, menjadikan clocked meningkat 680MHz tanpa membuat baterai berjuang lebih keras.

bagian bawah port A15
© smartprix/G.S.Vasan

Jika Anda merasa kapasitas penyimpanan Oppo A15 ini kurang lega, tenang saja. Karena slot kartu memori eksternal alias microSD bisa ditambah hingga 256GB. Sebagai pelengkap, ponsel ini juga sudah memaksimalkan Memory Defragmentation 2.0 pada bagian software, sehingga performa ponsel meningkat hingga 5%, seperti dilansir Gizmologi.

Baca juga: Dibanderol Rp2 Jutaan, Oppo A53 Resmi Dijual Hari ini di Indonesia

Anda yang doyang makin game juga akan cukup terpuaskan dengan A15. Kenapa? Oppo sudah membenamkan teknologi HyperBoost 2.1 pada ponsel ini, sehinga kegiatan gaming makin puas lantaran tampilan grafis mulus, responsif dan tentunya tak boros baterai. Kepuasan ini sendiri tak lain berkat perpaduan FrameBoost dan TouchBoost yang optimal.

Kesimpulan

Melihat harga yang ditawarkan yakni Rp1,999 juta dan fitur yang diusung, sampai komponen dapur pacu, bisa disimpulkan bahwa Oppo A15 sangat layak dipertimbangkan. Apalagi untuk Anda yang butuh gawai baru tapi modal pas-pasan dan ingin cari yang berkualitas, A15 jelas jadi pilihan. Lewat A15, Oppo seolah membuktikan dirinya sebagai brand ponsel dengan penjualan tertinggi di Tanah Air, karena bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan pasar.