Oppo

Dijual Terbatas Rp3,6 Jutaan, Oppo A74 5G Termurah di Indonesia

Kendati belum bisa dipastikan kapan teknologi internet 5G bisa dinikmati di Indonesia, tampaknya hal itu bukanlah masalah bagi produsen-produsen smartphone asal China. Terbaru, Oppo A74 5G hadir dan memberikan kehebohan karena disebut-sebut sebagai ponsel dengan kemampuan 5G termurah di Indonesia.

Kabar kehadiran Oppo A74 5G ini sendiri sebetulnya sudah ramai diperbincangkan sejak awal April. Hanya saja Oppo memilih satu minggu kemudian untuk baru merilisnya secara global. Publik Indonesia sendiri cukup beruntung karena bisa menikmati smartphone mid range dari Oppo ini pada Kamis (22/4) pekan lalu.

Dibanderol dengan harga resmi Rp3,699 juta, A74 5G hadir dengan dua varian warna seperti versi globalnya yakni fluid black dan space silver. Apakah smartphone ini layak untuk dipertimbangkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Desain Premium Kelas Menengah, Oppo A54 Dibanderol Rp2,7 Juta

Spesifikasi Oppo A74 5G

© © Ida Bagus Rai Artha Kusuma/Nextren
  • Sistem Operasi: Android 11, ColorOS 11.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: LTPS IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 & 6×1.8 GHz Kryo 460)
  • GPU: Adreno 619
  • Internal/RAM: 128GB/6GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh dengan fast charging 18W

Lewat acara bertajuk Oppo 5G Academy Volume 3, Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia mengklaim kalau model terbaru A74 ini adalah ponsel 5G termurah di Tanah Air. Hal ini memang sengaja dilakukan Oppo sebagai komitmen untuk mendukung penuh kehadiran ekosistem 5G di Indonesia.

“Kami ingin menjadi pionir teknologi 5G di Indonesia. Selain itu Oppo A74 5G juga mempunyai prospek bisnis yang menjanjikan karena harga terjangkau untuk kelas perangkat 5G, serta punya prosesor canggih yang dapat menarik minat calon konsumen. Nantinya bisa dipakai 1-2 tahun lagi saat jaringan 5G sudah merata, tapi pengguna ponsel ini bisa dapat duluan,” papar Aryo panjang lebar.

Hanya saja meskipun begitu, Aryo enggan membocorkan berapa target penjualan untuk perangkat 5G mereka satu ini. Namun jika melihat performa penjualan Reno 5 5G yang memuaskan di bulan Februari 2021, tampaknya Oppo A74 5G akan mengikuti jejak serupa.

Hanya saja bagi Anda yang ingin memiliki ponsel ini, tampaknya memang harus cepat-cepat. Karena Oppo menjual A74 5G dengan jumlah terbatas. Dimana hanya tersedia secara online di e-commerce Shopee pada Jumat (23/4) kemarin. Kenapa terbatas? Lantaran Oppo ingin melihat respon konsumen terlebih dulu terhadap chipset Snapdragon 480 5G.

Bodi Desain dan Layar Nyaman

© hindustantimes

Dijual dengan masing-masing 500 unit untuk dua varian warna, tentu siapapun yang ingin membeli Oppo A74 5G harus saling berebut. Apalagi bagi Anda yang menyukai ponsel-ponsel dengan desain bodi simple, smartphone yang satu ini jelas jadi pilihan terbaik.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Oppo Reno5 Dijual Rp4,9 Juta

Oppo menggunakan finishing matte untuk bodi belakang A74 5G yang membuatnya memiliki kesan berkilau layaknya glossy. Tak perlu cemas akan ada banyak sidik jari yang tertinggal, sehingga membuat bodi ponsel ini tetap elegan. Oppo memasang sensor sidik jari pada bagian sisi kanan di tombol power.

Berpindah ke bagian layar, panel LTPS IPS LCD menjadikan A74 5G selayaknya ponsel-ponsel kekinian. Dengan resolusi FHD+, keunggulannya adalah sudah mencapai refresh rate 90Hz sehingga mampu menghasilkan gerakan grafis yang lebih halus saat Anda melakukan scrolling dalam berbagai aplikasi.

Mungkin satu-satunya keluhan yang banyak diungkapkan pengguna adalah pemasangan kamera selfie dengan desain punch hole cukup besar di sisi kiri atas. Layar pada A74 5G juga sudah dibekali teknologi Eye Comfort yang bisa menyesuaikan backlight. Selain itu ada juga fitur Sunlight dan Moonlight Screen untuk penyesuaian tingkat kecerahan di siang dan malam.

Quad-Camera dan Lensa Selfie dengan Belasan Fitur Foto

© Ida Bagus Rai Artha Kusuma/Nextren

Berpindah ke kemampuan kamera, Oppo A74 5G memiliki konfigurasi lensa quad-camera di bagian belakang ponsel yang terpasang dengan modul kotak. Dipasang dengan formasi C, modul itu berisi keempat lensa kamera. Oppo menyebutkan kalau ponsel ini dapat melakukan perekaman video maksimal 1080p baik kamera belakang atau selfie tanpa fitur stabilisasi.

Lensa-lensa kamera A74 5G juga dibekali berbagai fitur pemotretan yang sudah didukung AI (Articifial Intellegence) Scene Enchancement 2.0. Dimana teknologi ini bisa menyesuaikan warna hasil foto dengan obyek, serta Ultra-Clear 108 MP Image untuk hasil gambar lebih jernih.

Agar wajah terlihat memikat saat selfie dan tampil maksimal ketika diunggah ke media sosial, Oppo A74 5G sudah dibekali fitur AI Beautification 2.0 dan Stylishing Filter dengan 15 filter baik kamera selfie atau kamera belakang.

Baca juga: Oppo A15, Ponsel Tiga Kamera Untuk New Normal Seharga Rp1,9 Juta

Performa Dapur Pacu yang Melebihi Harapan

© Ida Bagus Rai Artha Kusuma/Nextren

Dibanderol kurang dari Rp4 juta, awalnya kehadiran Oppo A74 5G memang cukup diremehkan, terutama dari performa dapur pacu. Namun ternyata chipset Snapdragon 480 5G besutan Qualcomm ini justru hadir melebihi harapan.

Sekadar informasi, Snapdragon 480 5G sebelumnya identik dengan perangkat entry-level. Namun dari pengujian yang dilakukan Nextren, chipset ini justru memiliki peningkatan luar biasa dibandingkan sang senior, Snapdragon 460, dan melebihi performa beberapa seri 600 atau 700 sekalipun.

Diperkuat dengan RAM 6GB dan kapasitas memori internal 128GB, tentu Oppo A74 5G sudah lebih dari lega untuk bisa menyelesaikan berbagai aplikasi, termasuk game. Bahkan AoV (Arena of Valor) dengan pengaturan grafis HD Ultra, kualitas dan partikel medium+, bisa memberikan pengalaman yang tidak mengecewakan.

Kapan Teknologi 5G Hadir di Indonesia?

© Droid Lime

Bisa dibilang dengan dirilisnya Oppo A74 5G untuk pasar Indonesia, pertanyaan mengenai kapan teknologi 5G dapat dinikmati kembali muncul ke permukaan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sendiri sempat berjanji kalau teknologi 5G akan dimulai pada 2021. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya lelang frekuensi 2.3GHz yang kemudian dibatalkan karena menurut Kominfo, frekuensi itu bukan untuk jaringan 5G.

Baca juga: Oppo A11k, Ponsel Rp1,8 Juta Untuk Pengguna Android Baru

Kemudian kabar lain menyebutkan jika Kominfo tengah mempersiapkan akses internet 5G untuk 13 wilayah utama di Indonesia. Aturan itu bisa dilihat lewat Peraturan Menteri (Permen) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo, seperti dilansir Kompas.

Dijelaskan lewat aturan itu, berbarengan dengan peningkatan jangkauan layanan 4G ke seluruh pelosok desa di Indonesia, Kominfo siap menerapkan jaringan 5G yang tentunya dengan dukungan infrastruktur memadai. Meskipun begitu belum ada kepastian tanggal atau jadwal dimulainya teknologi internet 5G.

Sementara itu 13 wilayah utama yang siap menerima 5G adalah IKN (Ibu Kota Negara Baru), 6 Ibukota di pulau Jawa, 6 destinasi wisata Super Prioritas dan satu wilayah industri manufaktur. Jika sesuai dengan rencana, target penyelesaian akses 5G untuk ke-13 wilayah utama itu adalah 2024. Untuk itulah, memiliki Oppo A74 5G sejak saat ini bisa jadi pertimbangan.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago