Dihargai Rp4,1 Juta, Oppo A92 Ponsel Gaming Cocok untuk Lebaran

Bulan suci Ramadan sudah memasuki pekan terakhir. Artinya, tinggal beberapa hari lagi maka umat Islam di seluruh dunia akan menyambut datangnya Idul Fitri. Tentunya perayaan Idul Fitri tahun 2020 ini bakal sangat berbeda dengan sebelumnya. Kenapa? Pandemi Covid-19.

Yap, penyakit yang disebabkan virus corona jenis SARS-Cov-2 ini memang mengubah gaya hidup manusia di seluruh dunia. Anjuran social dan physical distancing benar-benar harus diterapkan demi menghentikan laju Covid-19. Karena bahkan hingga Senin (18/5) sore, jumlah penderita Covid-19 di Tanah Air telah menembus 18 ribu orang.

Baca juga: Dijual Rp5,2 Juta, Inilah Spesifikasi Oppo Reno3: HP dengan Kamera Selfie 44MP!

Karena Covid-19 tampak masih belum mau berakhir, umat Islam harus rela jika Lebaran kali ini #DiRumahAja. Tak akan ada lagi tradisi mudik dan pulang kampung pada 2020 ini. Seluruh komunikasi dengan keluarga di daerah lain harus rela dilakukan melalui smartphone dengan video call. Supaya memperoleh pengalaman silaturahmi online secara maksimal, Anda tentu harus menggunakan ponsel yang benar-benar berkualitas.

Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli smartphone baru supaya kegiatan video call di Idul Fitri semakin jelas. Bagi Anda yang sudah memperoleh THR (Tunjangan Hari Raya), mempertimbangkan untuk membeli Oppo A92 adalah salah satu keputusan terbaik.

Spesifikasi Oppo A92

tampilan belakang A92
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Layar: IPS LCD berukuran 6.5 dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • Internal/RAM: 128 GB/8 GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (depth), 2PM
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000 mAh dengan fast charging 18W

Melihat spesifikasi yang diusung, A92 tentu akan dengan mudah menjadi salah satu unggulan Oppo dalam produk smartphone A series. Dari penjelasannya, pabrikan smartphone asal Dongguan, China ini menyebutkan jika A92 adalah paket lengkap karena mengusung desain yang kece dan teknologi canggih sehingga sangat cocok untuk target konsumen milenial.

Selain itu, A92 juga digadang-gadang akan membawa kembali Oppo sebagai vendor yang menguasai pasar smartphone Indonesia di kuartal kedua 2020 nanti. Seperti dilansir IDC, untuk kuartal pertama, Vivo cukup mengejutkan berhasil ada di posisi pertama dengan pangsa pasar 27.4% dan merajai penjualan HP di Tanah Air. Dijual dengan harga resmi Rp4,1 juta, kehadiran A92 memang sangat patut dipertimbangkan.

Oppo A92 Hadir dengan Desain Menawan

tampilan depan A92
© gadgetren

Dalam sekali lihat saja, bisa disimpulkan kalau A92 memang mengusung desain yang sangat menarik. Mulai dari layar Neo-Display berukuran 6.5″ sampai proteksi Corning Gorilla Glass 3, Oppo memberikan rasio layar-ke-bodi untuk A92 ini mencapai 90,5% dalam resolusi 1080 x 2400 piksel. Dengan ukuran layar itu, tentunya pengalaman gaming hingga streaming video saat #DiRumahAja bisa sangat maksimal.

Baca juga: Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo A9 2020

Tak hanya layar yang begitu lega, Oppo juga memberikan bezel pada bodi kanan dan kiri A92 dengan sempurna. Pengguna tak akan merasa tebal dan terganggu karena bezel itu cuma berukuran 1.73mm saja. Berpindah ke bagian belakang, A92 terlihat begitu classy karena desain belakang yang mulus tanpa adanya ornamen pengganggu.

Bahkan bagian belakang A92 terasa begitu istimewa karena paduan warna yang tepat. Yap, bodi belakang A92 ini berkilau dengan semburat gradasi warna putih kebiruan saat Anda memilih varian warna Stream White. Sementara kalau membeli dengan pilihan warna Twilight Black, maka seluruh bodi A92 bakal tampak gagah dengan hitam solid. Tak mau putih atau hitam? Varian Aurora Purple bakal terlihat manis.

Dapur Pacu A92 Cocok untuk Gaming

desain layar depan A92
© gadgetren

Kalau Anda termasuk konsumen yang mempertimbangkan ‘otak’ dari smartphone, A92 jelas tak akan mengecewakan. Untuk A92, Oppo memilih chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 665 sebagai otaknya. Hadir dengan konfigurasi delapan inti alias octa core, A92 mampu mencapai kecepatan 2GHz. Apalagi dengan kapasitas RAM mencapai 8GB dan ruang penyimpanan internal menyentuh 128GB, tak ada kata lambat saat menggunakan A92.

Tak perlu khawatir kalau ponsel bakal cepat panas karena keberadaan chipset octa-core, karena Snapdragon 665 diproduksi dengan teknologi fabrikasi 11nm. Teknologi ini memungkinkan chipset bisa bekerja dengan tenaga maksimal, tapi konsumsi baterai lebih hemat. Tentunya kabar ini merupakan informasi menggembirakan bagi penggila gaming karena daya baterai A92 tidak mudah boros atau terlalu panas.

Bahkan Qualcomm mengklaim kalau Snapdragon 665 ini bisa mencapai titik puncak performa sebesar 15% dengan efisiensi energi lebih baik sampai 14%! Hal inilah yang membuat chipset Snapdragon 665 masuk dalam jajaran komponen unggulan dari Qualcomm.

Tak cuma kinerja cepat dan hemat baterai, Snapdragon 665 yang digandengkan dengan GPU Adreno 610 membuat pengalaman gaming sangat istimewa. Kok bisa begitu? Karena Adreno 610 ini bisa mengolah aplikasi dan game dengan grafis bagus dan sangat memuaskan.

Masih kurang? Oppo juga memberikan fitur Hyper Boost yang secara efisien bisa meningkatkan kinerja A92 pada tingkat sistem, sehingga kegiatan gaming bakal makin lancar sekalipun menggunakan frame rate tinggi. Tak heran kalau akhirnya A92 akan sangat cocok menemani hari-hari #DiRumahAja dengan memainkan berbagai game ‘monster’.

Tak hanya pengalaman visual, A92 juga memberikan pengalaman audio yang memuaskan lewat dual stereo speaker di bagian atas dan bawah ponsel. Oppo bahkan memilih sistem tata audio Dirac 2.0 agar efek suara lebih memukau. Dilengkapi dengan sertifikasi Hi-Res dan Widevine L1, A92 jelas akan membuat kegiatan streaming video, melakukan video call hingga gaming tanpa kata mengecewakan.

Kamera Sangat Istimewa Bagi Milenial

kamera A92
© gizchina

Inilah keunggulan yang paling ditonjolkan Oppo lewat A92. Yap, sebagai ponsel kelas menengah alias mid-range, A92 memiliki empat kamera utama di bagian belakang atau yang disebut dengan Quad Camera. Bahkan keempat kamera ini disusun berbentuk V yang disebut Oppo bakal jadi standar baru pada kamera smartphone.

Keempat kamera ini saling berhubungan lewat AI Quad Camera sehingga bisa menghasilkan foto beresolusi tinggi. Kamera dalam A92 ini juga dilengkapi fitur Ultra Night Mode 2.0 dengan aperture besar F/1.7 pada lensa kamera utama. Kondisi ini akhirnya bisa membuat A92 memotret foto-foto pemandangan di malam hari yang tentunya bakal terlihat jauh lebih cerah dan mendetail, sekalipun tak tertangkap oleh mata penggunanya.

Baca juga: Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

Sementara untuk kamera depan yang mempunyai resolusi 16MP, diperkuat dengan aperture besar f2.0 dan dukungan AI Beautification yang makin baik. Dengan AI Beautification, A92 akan dengan mudah menebak usia dan jenis kelamin pengguna, sehingga hasil potret selfie bakal jauh lebih memuaskan. Tak hanya indah untuk memotret, seluruh lensa kamera A92 juga bisa menghasilkan rekaman video yang istimewa.

Untuk keempat lensa belakang yang dibingkai di dalam sudut lengkung berdesain 3D Quad-curve ini, mampu menghasilkan dua video dengan kualitas berbeda yakni 4K (30fps) dan 1080p (230/120fps). Sementara itu pada kamera selfie, disebutkan mampu merekam video 1080p. Agar video bisa lebih mudah disunting, Oppo memberikan aplikasi Soloop pada A92 yang memiliki berbagai macam filter menarik.

Tentunya melihat kemampuan kelima lensa kameranya, A92 adalah salah satu gawai terbaik di tengah pandemi Covid-19. Apalagi kalau Anda berencana melakukan video call yang mengharuskan tatap muka secara online saat Idul Fitri, A92 akan menghasilkan rekaman yang mendetail sehingga bisa merasakan kedekatan dengan sanak keluarga, meskipun cuma lewat layar ponsel.

Baterai dan Fitur-Fitur Tambahan A92

desain bodi A92
© uzone

Sebagus apapun kemampuan sebuah ponsel, tak akan ada artinya jika baterainya tidak tahan lama. Oppo tampaknya memahami betul kalau A92 akan menjadi ponsel yang bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan, sehingga memilih menanamkan baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

Kapasitas baterai dan didukung chipset yang hemat energi, membuat A92 bisa digunakan selama berjam-jam. Didukug oleh kemampuan pengisian cepat 18W, Anda yang begitu sibuk tentu tidak akan memperoleh masalah ketika harus melakukan charging di waktu mepet.

Terakhir untuk pertama kalinya, Oppo memasang Set Finger Print Unlock berbarengan dengan tombol daya yang ada di bagian samping bodi. Menurut Oppo, konsep ini membuat pengaturan sidik jari untuk keamanan bakal jauh lebih cepat daripada konsep terdahulu.

Jadi, Apakah Oppo A92 Layak Dibeli?

kelengkapan pembelian A92
© gadgetren

Melihat spesifikasi dan ulasan keunggulan yang ada, bisa disimpulkan bahwa A92 yang sudah dirilis Oppo di Indonesia sejak 8 Mei 2020 itu bisa jadi salah satu smartphone wajib beli saat ini. Oppo pun sadar betul bahwa kalangan milenial dan generasi Z yang begitu ketergantungan dengan HP adalah target utama mereka.

Baca juga: Spesifikasi Hp OPPO Reno Z, Dibandrol Dengan Harga 3 Jutaan

Hal ini diungkapkan oleh Aryo Meidianto A selaku PR Manager Oppo Indonesia. Seperti dilansir Tribunews, Aryo dalam sesi konferensi virtual menyebutkan kalau A92 sangat bisa diandalkan dalam mengekspresikan kreativitas, sekaligus merekam momen terbaik sehari-hari. Lantas apakah ponsel ini layak untuk dimiliki? Dengan harga Rp4,199 juta, sangat layak dipertimbangkan demi menyambut Idul Fitri.