Oppo

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak akan mengecewakan Anda. Pemrosesan perintah yang relatif cepat untuk ponsel beranggaran rendah, memiliki layar yang bagus dan mengisi daya dengan relatif cepat.

Kami membandingkannya dengan Oppo A54 yang sedikit lebih murah, dan kualitas A94 ternyata kualitasnya tidak jauh berbeda. Meski begitu, A94 bekerja lebih cepat karena memiliki prosesor dengan seri lebih tinggi.

Ddengan chipset MediaTek Dimensity 800U dan RAM 8GB, Oppo A94 melakukan semua perintah Anda tanpa hambatan dan menjalankan game dengan baik.

Layarnya juga terlihat bagus, karena menggunakan teknologi AMOLED yang memberikan warna dan kontras yang lebih baik dibandingkan LCD yang digunakan di banyak ponsel murah lainnya.

Ini yang membandingkannya dengan Oppo A54. Namun kecepatan refresh hanya 60Hz, membuat gerakan terlihat kurang mulus dibandingkan Oppo A54 yang mempunyai kecepatan 90Hz.

Jika Anda suka memposting foto di media sosial, kamera Oppo A94 akan membantu Anda menghasilkan foto dengan bagus dan warna yang cerah.

Meski kualitasnya tidak akan memenangkan kompetisi fotografi dengan ponsel yang lebih mahal. Tetapi jika Anda hanya ingin mengambil selfie cepat atau memfoto kue yang Anda panggang, Oppo A94 akan memberikan yang terbaik.

Harga, merupakan nilai jual sebenarnya dari Oppo A94 5G. Meluncur ke pasaran Indonesia dengan harga 6jutaan.

Meskipun harganya lebih mahal daripada saudara kandungnya, itu masih merupakan nilai yang bagus jika Anda mencari konektivitas internet generasi berikutnya.

Jika Anda bertanya mana yang lebih baik? Oppo A94 5G atau A54 5G yang lebih murah. Tentu secara jika Anda mempertimbangkan prosesor dan layar AMOLED, tentu A94 lebih baik. Meski kecepatan refresh hanya 60Hz.

Desain Oppo A94 5G

Oppo A94 5G tidak banyak berbeda dari formula ‘ponsel Android standar’, atau lebih tepatnya ponsel standar Oppo.

Tampak seperti perangkat ‘batang cokelat’ yang tampak hampir identik dengan saudara kandungnya. Oppo A54 dan Oppo A74.

Kami menemukan Oppo A94 cukup mudah dipegang, meskipun tidak terasa kompak saat berada di genggaman.

Beratnya 173g dan berukuran 160,1 x 73,4 x 7,8m, ukurannya sedang. Cocok untuk orang yang tidak membutuhkan handset raksasa.

Ponsel ini memiliki port USB-C serta jack headphone 3.5mm. Kemudian ada volume rocker di tepi kiri dan tombol power di bagian kanan atas.

Pembuka kunci dengan sidik jari ada pada bagian belakang plastik ponsel. Cekungannya mungkin lebih terlihat pada ponsel versi biru, dan agak samar pada versi warna hitam.

Kami suka melihat barisan kamera yang tidak terlalu menonjol dari permukaan bodi, sehingga mudah untuk keluar masuk saku.

Sepertinya Oppo tidak memberikan sertifikat IP pada perangkat ini. Sehingga kami menyarankan Anda untuk memperlakukannya dengan hati-hati, meski setidaknya ponsel ini tahan percikan.

Salah satu fitur A94 5G, yang mungkin tidak Anda lihat di ponsel lain dengan harga yang sama, adalah sensor sidik jari dalam layarnya.

Jika Anda menyukai metode membuka kunci ponsel ini, ini adalah pertimbangan yang baik untuk membelinya.

Tampilan Oppo A94 5G

Anda mungkin terkejut mendengar bahwa layar 6,43 inci Oppo A94 5G lebih kecil dari panel pada A54 atau A7, meski tidak banyak yang akan memperhatikan celah 0,07 inci.

Perbedaan yang mungkin Anda perhatikan adalah bahwa ia memiliki kecepatan refresh 60Hz. Tidak seperti 90Hz pada saudara kandungnya yang lebih terjangkau, yang berarti gerakan tampak kurang mulus.

Resolusi layar maksimal adalah 1080 x 2400, kualitas standar untuk smartphone dengan harga berapa pun.

Memiliki kecerahan maksimum 800 nits, yang cukup bagus untuk handset level menengah. Seperti biasa, kamera Oppo ada di sudut kiri atas, tentu tanpa lampu flash tambahan.

Alasan tepat kenapa memilih A94 5G daripada saudara kandungnya, adalah karena A94 %G sudah menggunakan layar AMOLED. Sedangkan A54 dan A74 masih menggunakan LCD yang sudah ketinggalan jaman untuk ponsel cerdas tahun 2021.

Baca review, Xiaomi Poco M3

Hasilnya, warna lebih hidup, kontras ditingkatkan, dan area yang lebih gelap bahkan lebih gelap daripada di layar LCD.

Kamera Oppo A94

Oppo A94 5G memiliki empat kamera belakang, dan memiliki susunan yang sama dengan A54 dan A74. Akhirnya, kita sampai pada bagian dimana kita tidak perlu terus membandingkan ketiga seri ponsel yang bersaudara ini.

Kamera utama 48MP f/1.7, 8MP f/2.2 ultra-wide, 2MP f/2.4 makro, dan 2MP f/2.4 depth-sensing camera. Ada juga kamera 16MP f/2.4 di bagian depan. Secara keseluruhan, range pikselnya memang standar untuk ponsel dengan harga menengah.

Kamera utama menghasilkan 48MP yang tajam, sehingga hasil bidikan sangat cocok untuk dibagikan di Instagram atau media sosial lainnya.

Gambar cukup cerah dengan warna-warna cerah, terutama di lingkungan yang cukup terang, dan cukup beresolusi tinggi bahkan jika Anda harus melakukan pemangkasan maka hasil pemangkasan masih tampak bagus.

Sepatah kata tentang kamera 2MP: pembuat ponsel pintar tampaknya suka memasang lensa tambahan dengan sensor 2MP, dan mereka jarang memberi kita pilihan lain.

Itu pula yang akan kita dapatkan pada ponsel ini. Bidikan makro terlihat lebih baik pada kamera standar daripada makro yang sebenarnya.

Masalah selanjutnya ada pada kedalaman kualitas foto, sensor jelas tidak melakukan pekerjaan terbaik. Penambahan kamera makro sepertinya hanya untuk mengelompokkan daftar spesifikasi, bukan menambah kemampuan fotografi.

Sekarang kita beralih ke kamera depan,  kami menemukan selfie terlihat cukup bagus dan tajam dengan warna-warna berani.

Bidikan potret terkadang memiliki keburaman latar belakang ‘bokeh’ yang tidak akurat, dengan beberapa bagian yang tidak buram terlihat di sekitar subjek, tetapi itu tidak terlalu mengganggu kualitas.

Kedalaman hasil pemotretan adalah hal biasa pada kamera Oppo.

Karena teknologi yang digunakan, kamera smartphone seringkali harus mengandalkan efek kedalaman digital untuk menggantikan efek alami, dan kami menemukan ini tidak selalu bekerja dengan baik pada Oppo A94 5G.

Seringkali efek kedalaman terlalu jelas, dengan terlalu banyak latar belakang yang kabur.

Kemudian pada lain waktu, kamera ternyata kesulitan mengidentifikasi subjek bidikan, jadi tidak memburamkan apa pun, membuat kedalaman sulit dipastikan.

Masalah pada kedalaman Ini biasanya terjadi pada bidikan close-up (bunga, makanan, dll), dan tidak begitu banyak dengan bidikan dengan bidang pandang yang lebih luas.

Meski gambar-gambar ini masih lebih baik daripada kamera makro yang secara aneh menghancurkan area yang lebih gelap dan rona kekuningan yang aneh.

Akhirnya kami menemukan kamera ultra-lebar melakukan sesuai dengan apa yang tertulis pada boks nya.

Ada konsistensi yang baik dalam pencahayaan dan warna antara kamera ini dan kamera utama, meskipun hasil bidikan kadang muncul distorsi di bagian tepinya.

Untuk penggemar video, Anda dapat merekam hingga kualitas 4K, tetapi hanya pada 30fps. Sepertinya tidak ada cara untuk meningkatkan framerate pengambilan gambar, bahkan pada resolusi yang lebih rendah. Slow-mo naik ke 1080p.

Selain mode foto dasar, ada beberapa mode tambahan yang diharapkan seperti panorama, mode Pro, fotografi slow-mo, mode Potret, dan lainnya. Tidak ada mode tambahan mengejutkan yang mungkin Anda harapkan pada ponsel cerdas.

Performa Oppo A94

Oppo A94 bekerja dengan chipset MediaTek Dimensity 800U, yang sebanding dengan Snapdragon 480 yang digunakan di dua ponsel AX4 lainnya.

Dipasangkan dengan RAM 8GB, yang mendukung kinerja prosesor. Membuat Oppo A94 5G terasa cukup cepat dibandingkan dengan beberapa pesaing.

Ketika kami menguji Oppo A94 melalui tes benchmark Geekbench 5, menghasilkan skor multi-core 1641.

Jadi Oppo A94 5G bukanlah ponsel yang kuat, meskipun jelas bukan yang paling lemah yang pernah kami uji, dan juga tidak mengecewakan saat diuji.

Review, Oppo Reno 6

Kami merasa itu lebih dari cukup untuk bermain Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile.

Kehadiran 5G juga merupakan manfaat, memberi Anda koneksi internet yang lebih cepat daripada yang Anda dapatkan.

Kecepatan ini akan membuat loading feed Instagram dan mengunduh trek Spotify sedikit lebih cepat. Tidak semua handset dengan harga ini mendapatkan 5G, ini merupakan sebuah keberkahan.

Perangkat lunak

Oppo A94 5G menjalankan Android 11 dengan ColorOS Oppo pada lapisan paling atas.

Ini memunculkan perbedaan grafis, dengan warna yang lebih lembut dan skema warna yang lebih kohesif daripada stok Android, tetapi ada beberapa opsi penyesuaian tambahan juga.

Jika kita membandingkannya dengan kebanyakan pembuat smartphone Cina lainnya, Oppo tidak memasukkan terlalu banyak bloatware ekstra.

Sehingga Anda tidak akan menemukan smartphone Anda penuh dengan aplikasi tambahan yang tidak perlu saat Anda menyalakannya.

Kami menemukan perangkat lunak ini cukup mulus untuk dalam melakukan semua instruksi dan navigasi.

Chipset dan RAM tampak bekerja sama dengan baik. Tetapi kadang-kadang ada gangguan kecil atau penundaan saat menggeser aplikasi. Kecepatan refresh layar yang hanya 60 Hz tidak memunculkan banyak gangguan.

Ada satu masalah nyata yang kami temukan dengan Oppo A94 5G, dan meskipun kami tidak yakin itu masalah yang ada pada semua Oppo A94. Atau mungkin saja hanya unit ulasan kami, mungkin lebih aman untuk membawanya untuk berjaga-jaga.

Ponsel Oppo sering terputus koneksi untuk waktu yang singkat ketika kami menggunakannya, baik dengan konektivitas Bluetooth, Wi-Fi, atau data seluler.

Wi-Fi terkadang menjadi masalah saat bermain game online di mana kami kadang-kadang berulang kali mengalami freeze. Atau beberapa detik tidak bisa sinkron untuk pemain lain.

Kami mengalami dua kali berturut – turut masalah ini. Kami yakin jaringan Wi-Fi milik kantor baik-bak saja.

Semoga masalah ini bukan menjadi masalah umum pada perangkat Oppo A94 lainnya.

Baterai

Kami harus berpikir panjang dan keras tentang apakah kinerja baterai Oppo A94 5G harus dikategorikan sebagai salah satu kekurangan pada bagian pembuka artikel ini atau tidak.

Dengan baterai 4.310mAh, ponsel ini tidak memiliki paket daya yang besar untuk level harga ini. Karena kita sudah acapkali menemukan ponsel level medium mempunyai baterai 5.000mAh ke perangkat mereka.

Kami menemukan bahwa melalui penggunaan ringan atau sedang, A94 hampir bertahan sepanjang hari dalam satu kali pengisian daya. Tetapi penggunaan yang lebih berat benar-benar dapat menghabiskan baterai pada siang hari.

Beberapa kali, kami perlu mengaktifkan mode hemat baterai di sore hari untuk memastikan telepon akan tetap bekerja sampai malam.

Pada beberapa kesempatan, mode Super Battery Saving yang secara drastis menghilangkan fungsi telepon, kami gunakan agar ponsel bisa bertahan sampai matahari terbenam.

Review, Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Kami tidak mencantumkan masa pakai baterai sebagai kekurangan karena pengguna ponsel ringan yang hanya ingin streaming musik, menggulir media sosial dan membalas teks, akan menemukan baterai baik-baik saja.

Jika Anda cenderung sering bermain game, perlu menggunakan ponsel untuk bernavigasi di sekitar kota dengan membuka palikasi peta, atau suka mengambil banyak gambar, Anda mungkin menemukan diri Anda kehabisan daya pada sore hari.

Kami heran dengan level harga ini, ponsel tidak mempunyai pengisian nirkabel. Untung saja Oppo memberikan fitur pengisian cepat, dengan pengisian 5 menit, Anda bisa menambah daya untuk stand by selama 2 jam.

Pada kecepatan 30W, membutuhkan hanya kurang dari satu jam untuk menyalakan ponsel dari kosong hingga penuh.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago