Oppo

Oppo Find X3 Lite, Versi Murah dari Find X3 Pro

Anda pasti sudah pernah membaca ulasan kami mengenai Oppo Find X3 Pro yang mahalnya gak ada obat. Bagi yang belum pernah membaca, Anda bisa lihat disini.

Tapi siapa sangka, Oppo dengan sangat baik hati membuat versi murahnya lho, yaitu Oppo Find X3 Lite. Tentu Anda langsung berpikir bahwa semua fitur unggulan dari versi Pro tidak ada di versi Lite, dan Anda benar. Hehe.

©www.oppo.com

Ulasan Singkat Oppo Find X3 Lite

Oppo Find X3 Lite menyisakan pengisian cepat, desain yang hampir sama persis dengan versi Pro, dan refresh rate 90Hz. Selain itu, semuanya ada di level rata – rata ponsel harga 7 jutaan. Not bad lah ya…

X3 Lite memiliki layar 6,43 inci, lebih kecil dari X3 Pro yang memiliki layar 6,7 inci. Bekerja dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang tentu lebih lambat dan kamera belakang yang sedikit lebih rendah dari X3 Pro.

Kabar baiknya adalah X3 Lite masih mempunyai fitur jaringan masa depan 5G.

Oppo Find X3 Lite muncul dalam beberapa varian warna berbeda. Galactic Silver, Starry Black, dan Astral Blue. X3 Lite menggunakan lapisan kaca di bagian belakang.

Perangkat yang akan kami ulas adalah berwarna  Astral Blue yang nyaman di tangan kami.

Lebih mudah untuk digenggam daripada beberapa ponsel lain. Ini berkat permukaannya yang sedikit kasar sehingga memberi Anda sesuatu yang solid dan tidak mudah lepas dari tangan.

Layarnya masih tetap  luar biasa berkat layar AMOLED 90Hz yang menawarkan resolusi 1080 x 2400. Layarnya cerah dan bersemangat, serta sangat menarik perhatian dari sudut manapun Anda memandangnya.

Ada lensa kecil untuk kamera selfie 32MP di sudut kiri atas, sehingga Anda hampir tidak akan menyadarinya saat menjelajah atau menonton video.

Sebaliknya, kamera belakang quad-lens tampak menonjol. Tetapi tepinya yang melengkung membuatnya tidak terasa terlalu canggung.

Dari segi kualitas kamera, hasil Oppo Find X3 Lite awalnya tampak cukup bagus.

Ini melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menangkap warna dengan cara yang hidup di siang hari. Tetapi kami juga mendapatkan bintik-bintik tertentu pada beberapa gambar.

Kami juga menemukan bahwa gambar dengan cahaya rendah nampak sedikit tidak alami. Dengan warna yang sedikit berlebihan dan norak dibandingkan dengan mode malam milik ponsel lainnya.

Namun sebagai kamera yang mampu menyesuaikan segala cuaca, Oppo Find X3 Lite melakukan tugasnya dengan baik. Kami tentu saja terkesan dengan gambar yang cukup tajam dihasilkan dari penggunaan fitur zoom.

Tidak ada fungsi pengisian daya nirkabel pada Oppo Find X3 Lite, tetapi pengisian dayanya sangat cepat. Hanya perlu sekitar 35 menit untuk mengisi daya hingga 100% dan kami menemukan bahwa hal itu tepat dalam pengujian.

Jika Anda cenderung lupa mengisi daya ponsel di sore hari, Anda akan terkejut karena baterainya akan sangat irit.

Dari segi performa, sebagai ponsel Mid-End kami menilai Oppo Find X3 Lite cukup memuaskan.

Sama seperti ponsel lainnya, ia melakukan pekerjaan dengan cara yang anehnya biasa-biasa saja namun berjalan dengan lancar.

Meski versi Lite, yang artinya ringan, Anda cenderung tidak akan mendapat masalah berarti dalam penggunaan sehari – hari.

Kami bisa menjamin bahwa Anda juga tidak akan kecewa dengan Oppo Find X3 Lite. Semuanya terasa nyaman. Anda akan senang dengan sebagian besar fitur-fiturnya bahkan jika Anda tidak pernah merasa senang dengan fitur-fitur tersebut.

Desain Oppo Find X3 Lite

Desain stylish

Kamera selfie yang ditempatkan secara halus

Tiga pilihan warna

©www.oppo.com

Varian Galactic Silver dari Oppo Find X3 Lite menjanjikan kaca belakang yang mulus. Sedangkan varian warna Astral Blue, menawarkan lapisan polimer matte dengan motif pada permukaannya agar mudah digenggam.

Rasanya luar biasa saat menyentuhnya, tidak menampilkan setiap sidik jari, dan lebih aman dalam genggaman Anda daripada hanya lapisan kaca belakang yang mulus.

Untuk sekali ini, Anda tidak langsung merasa akan menodainya dengan ujung jari atau menjatuhkannya karena licin. Eksteriornya yang kasar terasa aman dan nyaman.

Semua sisi dari ponsel ini menyajikan desain yang elegan.

Tampilan depan cukup bersih dengan hanya menyisakan lubang kecil untuk kamera selfie di sudut kiri atas. Sensor sidik jari tertanam di bawah layar sehingga membuat segala sesuatunya terlihat minimalis dan bersih.

Oppo Find X3 Lite mempunyai kamera belakang yang tampak sedikit menonjol dari permukaan keseluruhan. Namun ini tampak tidak mengganggu dan tidak mencuri fokus.

Kemudian ada logo Oppo di kanan bawah. Kami bukan penggemar berat logo Oppo di bagian belakang handset, tetapi itu tampak tidak buruk untuk ada di sana.

Dimensi ponsel adalah 159,1 x 73,4 x 7,9mm, jadi ini bukan ponsel kecil. Tetapi berkat punggungnya yang kasar, ponsel ini cukup mudah dipegang, bahkan dengan tangan yang lebih kecil.

Oppo Find X3 Lite memiliki berat 172g atau 180g jika Anda memilih Galactic Silver. Beratnya tepat untuk memastikan pergelangan tangan Anda tidak merasa lelah akibat terlalu lama menggunakan perangkat.

Karena X3 Lite adalah pnsel Mid-End, maka tidak ada ketahanan air atau debu. Tentu untuk menekan harga ponsel.

Ingatlah hal tersebut jika Anda sering pergi ke pantai atau kolam renang. Ponsel ini sedikit lebih halus daripada beberapa kompetitor meskipun eksteriornya kasar.

Tampilan Desain Oppo Find X3 Lite

Layar AMOLED 6,43 inci 1080 x 2400

Kecepatan refresh 90Hz

Tidak ada dukungan HDR10+

©www.oppo.com

Layar Oppo Find X3 Lite cerah, jelas, dan jernih. Jika Anda mencari tampilan layar yang bersemangat, ini dia ponsel yang Anda cari.

Meski ukurannya lebih kecil yaitu 6,43 inci, tetapi mempertahankan resolusi pada 1080 x 2400 dan tentu tampak lebih tajam.

Ada juga kecepatan refresh 90Hz yang membuat setiap perpindahan aplikasi dan menggulir browser tampak lancar jaya tanpa kendala. Tetapi Anda jangan mencari dukungan video HDR10+. Ketiadaanya adalah salah satu upaya untuk memotong harga ponsel agar terjangkau.

Layar Oppo Find X3 Lite cukup jernih untuk menonton Netflix atau YouTube. Netflix mendapat ruang spesial di ponsel ini karena aplikasinya sudah terinstal sebelumnya dan siap untuk digunakan.

Kamera Oppo Find X3 Lite

Kamera belakang 64MP+8MP+2MP+2MP

Kamera selfie 32MP

Warna-warna cerah

©www.oppo.com

Oppo Find X3 Lite memiliki pengaturan kamera quad-lens, dengan kamera utamanya menawarkan resolusi 64MP dan zoom digital hingga 20x.

Selain itu ada kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera monokrom 2MP.

Ada juga kamera selfie 32MP pada bagian depan yang berfungsi dengan baik untuk panggilan video dan selfie cantik. Kamera depan mempunyai kemampuan untuk merekam video hingga 4K pada 30fps.

Sekilas, Oppo Find X3 Lite adalah kamera point and shoot yang ideal. Foto yang diambil pada hari yang cerah terlihat cerah dan sangat berwarna.

Saat Anda menggunakan zoom digital, hasil pengambilan gambar menjadi tidak terlalu tajam dan dapat muncul sedikit bintik di beberapa tempat.

Kami sarankan untuk bertahan dengan tingkat zoom yang lebih rendah untuk mendapatkan hasil terbaik. Misal dengan maksimal menggunakan zoom 2x, gangguan bintik tidak akan terlalu nampak.

Hasil foto masih cukup bagus dengan zoom 2x, masih cukup untuk mendapat pujian di media sosial. Tetapi tidak ada yang istimewa dalam visual gambar Anda.

Kami mencoba pengujian dengan cahaya rendah dan menghasilkan hasil yang beragam. Mode malam Oppo Find X3 Lite melakukan pekerjaan yang baik untuk menampilkan apa yang Anda coba tangkap, tetapi gambarnya agak cerah dan berwarna-warni secara tidak wajar.

Sekali lagi, tidak apa-apa jika hanya untuk media sosial. Tetapi jangan tunjukkan foto anda kepada seorang fotografer kecuali Anda ingin mendapatkan cemooh.

Oppo Find X3 Lite mempunyai sekumpulan fitur pada kamera.

Ada banyak filter menarik untuk para perempuan, termasuk cara untuk mempercantik wajah Anda secara efektif jika Anda telah mengambil beberapa selfie. Fitur ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan.

Mode peningkatan pemandangan AI juga bertujuan untuk meningkatkan foto saat mengambil bidikan lanskap, meskipun hasilnya sangat beragam menyesuaikan kondisi cahaya.

Review, Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip, Ponsel Premium Harga Terjangkau

Beberapa adegan tampak jauh lebih baik sementara yang lain tampak sedikit lebih baik. Ini adalah jenis pengaturan yang layak untuk memutuskan apa yang paling cocok untuk Anda dan mata Anda.

Spesifikasi dan performa

Didukung oleh Snapdragon 765G

Penyimpanan 128GB sebagai standar

Lancar dalam game dan aplikasi

©www.oppo.com

Oppo Find X3 Lite bekerja dengan chipset Snapdragon 765G dari Qualcomm, yang bukan merupakan chipset teratas perusahaan tetapi lebih dari cukup untuk level Mid-End.

Selain itu ada 8GB RAM dan 128GB penyimpanan internal, tanpa slot memori internal.

Dalam pengujian Geekbench 5, smartphone mencapai skor single-core 599, dengan kinerja multi-core 1.803.

Skor nilai di atas hanya menampilkan kualitas sekilas saja, karena yang paling penting adalah penggunaan dalam kehidupan nyata.

Oppo Find X3 Lite mampu menjadi teman sehari – hari Anda. Juga bisa memainkan sejumlah game yang berbeda seperti Call of Duty: Mobile tanpa masalah atau lag sama sekali.

Seperti ponsel Oppo kekinian lainnya, X3 Lite hadir dengan aplikasi Game Space yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerja. Kami masih belum yakin apakah ini benar-benar membuat perbedaan, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Performanya juga sama cepatnya saat beralih di antara aplikasi yang berbeda dan membuka banyak tab browser.

Oppo Find X3 Lite hadir dengan Android 11 yang dilapisi dengan ColorOS milik Oppo sendiri. Tambahan kustomisasi ini tidak mempengaruhi kecepatan OS, jadi Anda tidak perlu khawatir

 Ada beberapa aplikasi pra-instal seperti Netflix, Facebook, dan aplikasi khas Oppo. Namun itu semua tampak tidak mengganggu.

Daya tahan baterai

Baterai 4.300mAh

Pengisian cepat 65W

Tidak ada dukungan pengisian nirkabel

©www.oppo.com

Oppo Find X3 Lite akan nyaman digunakan sepanjang hari bahkan dengan intensitas penggunaan sedang.

Itu juga akan menyisakan masa pakai baterai sehingga Anda tidak perlu terburu-buru mencari pengisi daya.

Jika Anda tidak sering menggunakannya, baterai Oppo Find X3 Lite berkurang sangat lambat, jadi kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami masalah sepanjang hari.

Tidak ada dukungan pengisian nirkabel, tetapi dengan pengisian kabel 65W, pengisian daya selama 35 menit membuat Anda dari nol hingga 100%, yang benar-benar mengesankan.

Simak ulasan, Moto G50, Peningkatan Dari Moto G10 dan Moto G30

 Saat Anda mencolokkannya, Anda dapat melihat persentase berubah dengan cepat di layar dan itu adalah pemandangan yang sangat aneh tapi nyata.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago