Oppo Find X3 Pro, Ponsel Premium Lebih Mahal Dari Samsung dan Apple

Jika bukan karena harganya yang super mahal, Oppo Find X3 Pro akan sangat mudah direkomendasikan. Berkat layarnya yang cantik, sensor dan mode kamera yang dipesan lebih dahulu, prosesor yang kuat, pengisian cepat, dan masih banyak lagi.

Namun, dengan harga ponsel ini sebesar itu, kami hanya merekomendasikannya untuk para profesional dan mereka yang memiliki anggaran besar.

Oppo Find X3 Pro
Oppo Find X3 Pro via www.gsmarena.com

Review Singkat Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro adalah smartphone andalan paling premium Oppo tahun 2021. Ponsel ini enghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi yang sepertinya memang didesain khusus untuk menghadirkan Smartphone dengan desain mencolok dan performa yang sangar.

Ini adalah sebuah pertanda bahwa Anda harus memperhatikan Oppo sebagai merek yang dapat berjalan menuju level yang sejajar dengan perusahaan besar seperti  Samsung dan Apple.

Diluncurkan bersama perangkat Lite kelas bawah dan Neo kelas menengah – tidak ada Find X3 ‘non-Pro’ – Oppo Find X3 Pro adalah smartphone super, menyaingi Samsung Galaxy S21 Ultra dan iPhone 12 Pro Max di fitur serta harga.

Ini juga merupakan penerus Find X2 Pro dari tahun 2020, perangkat kelas atas di lini Find X2 . Meskipun ini menonjolkan banyak sekali peningkatan di hampir semua aspek. Kami melihat ada beberapa pengurangan juga, meski tidak mempengaruhi secara keseluruhan.

Seperti halnya semua smartphone premium, masalah terbesar yang tidak bisa dihindari adalah tentang harga. Sangat sulit untuk merekomendasikan smartphone yang harganya sama dengan Oppo Find X3 Pro, tidak peduli spesifikasi dan fitur seperti apa yang diusungnya.

Kecuali Anda memerlukan ponsel dengan spesifikasi tinggi untuk bekerja atau memiliki banyak uang di saku Anda. Ada baiknya untuk memilih diantara Find X3 Neo, atau mungkin Samsung Galaxy S21 atau Xiaomi Mi 11.

Ada beberapa hal yang membuat Oppo yakin dengan flagship terbarunya ini. Meski dengan harga yang selangit tapi pasti menawarkan sebuah hal yang baru.

Pertama, Oppo telah lama memuji layar ponselnya yang tampan, dan tentu saja tampilan di sini terlihat bagus. Terutama berkat beberapa perangkat lunak baru yang disebut Sistem Manajemen Warna Jalur Penuh.

Ini memastikan bahwa video atau foto yang Anda ambil tidak dikompresi atau diubah saat mereka ditampilkan di layar ponsel.

Hal yang kedua ini mungkin lebih berguna pagi pengguna umum. Oppo Find X3 Pro memiliki rangkaian kamera yang benar-benar baru.

Snappers utama dan ultra-lebar memiliki sensor Sony khusus yang lebih besar dari sensor smartphone rata-rata Anda, dan ada juga kamera ‘microlens’ yang dapat mengambil foto super-close-up dengan detail kecil. Lihat bagian Kamera dari ulasan ini untuk informasi lebih lanjut tentang itu.

Ponsel ini memang kehilangan kamera periskop seperti ponsel Oppo, termasuk Find X2 Pro, yang disebut-sebut, dan akibatnya tidak terlalu bagus untuk fotografi jarak jauh.

ColorOS, hamparan Android Oppo, adalah suguhan untuk digunakan di sini. Terutama berkat rangkaian opsi penyesuaian, yang jauh melampaui ‘stok’ Android dari banyak alternatif merek lain. Jika Anda ingin mengubah tampilan ponsel Anda, ini adalah pilihan yang bagus.

Kami juga harus memuji Oppo Find X3 Pro karena menghindari beberapa jebakan yang telah kami lihat dengan ponsel andalan awal 2021 lainnya. Masa pakai baterai baik-baik saja, sensor sidik jari berfungsi dengan baik, dan telepon dilengkapi dengan banyak penyimpanan.

Baca review lainya yuk, OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan

Mari kita sejenak mengesampingkan harganya, Oppo Find X3 Pro dengan mudah mendapatkan tempatnya di jajaran ponsel premium terbaik. Jika harga bukan masalah maka kami pasti dapat merekomendasikannya. Namun, bagi kebanyakan orang, harga adalah sebuah masalah.

Kapan Oppo Find X3 Pro Meluncur?

Oppo Find X3 Pro baru saja meluncur di Inggris dan Australia, dikabarkan bahwa akan berada di Indonesia pada awal bulan April. Ponsel ini berharga £ 1.099 / AU $ 1.699 yang dikonversi dalam rupaih menjadi kisaran 21 juta rupiah. Mehong ya cin!!

Ini menjadikannya salah satu smartphone termahal yang pernah kami lihat di tahun ini. Dengan harga ini Anda akan mendapatkan perangkat dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB, tidak ada pilihan dengan spesifikasi yang lain.

Dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max yang dibanderol dengan harga 15 jutaan dan Samsung Galaxy S21 Ultra di harga 17 jutaan. Oppo Find X3 Pro bahkan lebih mahal dari mereka berdua. Wow!!

Ini mungkin komentar yang provokatif tetapi kami menemukan Oppo Find X3 Pro kurang menarik daripada pendahulunya Find X2 Pro.

Mengapa kami mengatakan ini? Find X2 Pro tersedia dalam kulit imitasi atau keramik, memiliki layar tepi melengkung ‘air terjun’ yang dramatis, dan menggunakan desain warna dua warna yang saling melengkapi, dan Find X3 Pro tidak memiliki semua itu.

Desain Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro
Oppo Find X3 Pro via www.gsmarena.com

Oppo Find X3 Pro memiliki berat 193g, lebih ringan daripada standar ponsel premium di kisaran 250g. Ukurannya 163,6 x 74,0 x 8,26mm, jadi cukup tipis dibandingkan dengan beberapa pesaingnya juga. Memiliki perlindungan IP68, jadi tahan debu dan tahan air.

Ponsel ini memiliki kaca belakang, yang melengkung ke atas dengan mulus di pojok kiri atas untuk membentuk tonjolan kamera, yang memiliki penempatan lensa segitiga seperti iPhone. Menurut Oppo, desain belakang kaca lengkung ini adalah keajaiban teknik, dan memang terasa cukup bagus.

Meski menurut kami kulit imitasi terasa jauh lebih enak dipegang. Ponsel ini tersedia dalam warna hitam atau biru.

Di tepi kanan ponsel ada tombol daya, sedangkan volume rocker ada di tepi kiri yang menurut kami yang terakhir agak sulit dijangkau saat memegang ponsel. Jadi Anda harus menggunakan kedua tangan jika tangan Anda berukuran kecil.

Handset ini memiliki port USB-C, tetapi tidak ada jack headphone 3.5mm, jadi penggemar audio kabel perlu menggunakan adaptor dengan ujung USB-C. Tentu lebih baik menggunakan earbuds wireless.

Oppo Find X3 Pro memiliki layar yang melengkung di tepinya seperti kebanyakan ponsel premium, tetapi tepinya tidak terlalu miring. Layarnya tidak memanjang ke bawah, seperti pada pendahulunya, yang mana memiliki tepi ‘air terjun’ yang sebenarnya.

Akibatnya ponsel tidak terasa nyaman di tangan, meski risiko terhadap resiko untuk mendapatkan tekanan yang tidak disengaja menjadi berkurang.

Oppo Find X3 Pro memiliki layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi QHD + (atau 3216 x 1440) dan kecerahan maksimal 1300 nits. Layar itu tampak hebat dengan warna mencolok dan kontras atas.

Kecepatan refresh maksimal pada 120Hz. Ponsel ini mempunyai pilihan untuk menurunkannya menjadi 60Hz atau kecepatan refresh variabel yang berjalan antara 10Hz dan 120Hz tergantung pada apa yang Anda lakukan.

Baca juga, Asus ROG 5 Smartphone Khusus Gaming, Kekuatannya Setara Optimus Prime.

Mungkin merasa menjengkelkan karena tidak ada pengaturan ‘murni’ 120Hz, tetapi dalam praktiknya Anda tidak akan memperhatikan secara detail tentang kecepatan refresh. Tapi kemampuan untuk mengatur kemampuan refresh juga menghemat masa pakai baterai.

Layar Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro
Oppo Find X3 Pro via www.gsmarena.com

Sesuatu yang dipuji secara luas oleh Oppo untuk tampilan Find X3 Pro adalah tentang warna. Layar ponsel ini adalah layar 1 miliar warna, yang lebih baik daripada kebanyakan pesaing.

Layar menunjukkan lebih dari 100% gamut warna DCI-P3, serta memiliki HDR10 +. Ponsel ini memiliki akurasi warna yang bagus. Beberapa profesional, serta pengguna media yang produktif, mungkin memperhatikan perbedaannya.

Kami menyebut fitur ini dengan Sistem Manajemen Warna Jalur Penuh Oppo. Julukan ini kami untuk mempersingkat penjelasan teknis dan panjang.

Kemampuan ini memastikan foto yang Anda ambil, video yang Anda streaming, dan file yang Anda unduh tidak dikompresi dan di-tweak juga. dalam perjalanan dari sumbernya ke tampilan ponsel.

Seperti halnya dengan gamut warna layar yang lebar, tidak semua orang akan benar-benar menghargai fitur baru ini. Tetapi jika Anda menggunakan ponsel untuk bekerja atau benar-benar memperhatikan hal-hal seperti ini, itu akan menjadi tambahan yang disambut baik.

Kamera Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro
Oppo Find X3 Pro via www.androidheadlines.com

Oppo Find X3 Pro memiliki empat kamera belakang: kamera utama 50MP f / 1.8, ultra-lebar 50MP f / 1.8, telefoto 13MP f / 2.4, dan kakap mikrolens 3MP f / 3.0. Ada juga kamera selfie 32MP f / 2.4 di bagian depan.

Seperti yang ditunjukkan oleh spesifikasi tersebut, kamera utama dan ultra-lebar keduanya menggunakan sensor yang sama (yang pertama kali digunakan pada perangkat seri Oppo Reno 5 tertentu). Sensor ini dibuat khusus oleh Sony untuk Oppo.

Ini memiliki ukuran sensor yang cukup besar. Sehingga dapat ‘melihat’ cahaya dan warna dengan baik, dan menghasilkan gambar yang lebih baik. Alasan mengapa sensor yang sama digunakan pada dua kamera, adalah agar gambar yang diambil dengan lensa sudut yang lebih lebar terlihat lebih baik.

Gambar yang diambil pada tampilan kamera utama cukup bagus. Gambarnya tampak berani, penuh warna, dan memiliki banyak detail. Secara default gambar diambil pada 12.5MP melalui pixel binning, tetapi Anda dapat mengubahnya menjadi 50MP jika Anda mau.

Mode malam pada Oppo Find X3 Pro bekerja dengan baik di beberapa pengaturan, dalam pengaturan super-gelap ini mencerahkan subjek sekaligus mengurangi eksposur cahaya latar belakang. Namun, untuk beberapa bidikan kami lebih memilih bidikan gelap yang diambil tanpa mode malam, karena kontras antara area gelap dan area terang lebih terlihat.

Karena keduanya memiliki sensor yang sama, gambar yang diambil pada sudut ultra lebar terlihat sama dalam hal warna dan kecerahan seperti yang diambil pada kamera utama. Ada juga sedikit distorsi yang biasanya Anda lihat dalam jenis gambar ini

Kami menemukan lensa telefoto di sini adalah yang paling lemah dari seluruh kamera di ponsel ini. Kamera ini tidak sebagus lensa periskop yang dibanggakan Find X2 Pro, dalam hal kemampuan Zoom. Lensa telefoto ini mendukung 3x optical, 5x hybrid atau 20x digital zoom.

Ponsel ini merekam video hingga 4K 60fps di kamera belakang dan 1080p 30fps di kamera depan, dan keduanya memungkinkan Anda menambahkan efek ‘bokeh’ digital ke video, sesuatu yang tidak banyak ponsel lain bisa melakukannya.

Yang baru di sini adalah mode Film, yang pada dasarnya seperti mode fotografi pro tetapi untuk video, dan ini memungkinkan Anda mengubah banyak pengaturan seperti nilai eksposur, ISO, white balance, dan lainnya. Ini menyerupai aplikasi Sony Cinema Pro untuk ponselnya sendiri.

Ini sangat berguna bagi orang yang merekam video secara profesional atau tahu apa yang mereka lakukan dengan semua pengaturan ini, meskipun orang lain mungkin lebih suka tetap menggunakan mode video default.

Performa Oppo Find X3 Pro

Seperti kebanyakan rekan andalannya pada tahun 2021, Oppo Find X3 Pro memiliki chipset Snapdragon 888, prosesor terbaik yang tersedia untuk ponsel Android saat dirilis, menjanjikan kecepatan kinerja yang cepat dan pengoptimalan baterai.

Dengan demikian, ini adalah ponsel yang kuat. Dipadu dengan RAM 12GB serta penyimpanan 256GB menjanjikan performa terbaik untuk sebuah ponsel. Anda bisa menggunakan dua kartu SIM di ponsel ini.

Oppo Find X3 bagus untuk bermain game, sebagian berkat chipset dan RAM 12GB ponsel. Didukung layar ponsel yang bagus dan juga sebagian karena mode Game Space Oppo yang mematikan notifikasi dan mengoptimalkan pemrosesan saat Anda bermain game.

Loudspeaker stereo yang disetel Dolby pada telepon bersuara di atas rata-rata – baik untuk bermain game dengan suara keras atau menonton film, tetapi kami menemukan bahwa speaker belakang terasa lebih keras daripada yang atas, terkadang sedikit merusak aspek suara surround dari audio.

Perangkat lunak Oppo Find X3 Pro

Sebagian besar pembuat ponsel Android memiliki karakter Android khusus mereka sendiri. Ini juga berlaku pada Oppo dengan ColorOS-nya yang berada di atas sistem operasi Google yang ada di mana-mana.

Seperti semua overlay Android, perbedaannya sebagian besar terletak pada desain, meskipun Oppo menghadirkan fitur-fitur baru yang cukup untuk membuat ColorOS menjadi tampilan yang hebat di Android.

Secara default, ColorOS memiliki desain yang cukup menenangkan – warnanya tebal, jendela dan ikon aplikasi dibulatkan, dan fontnya sans serif – suka atau tidak, sepenuhnya tergantung pada preferensi. Tetapi ColorOS juga memiliki sejumlah besar opsi penyesuaian, jadi Anda benar-benar dapat membuat ponsel Anda sendiri.

Ada opsi yang kami lihat di banyak ponsel yaitu widget, wallpaper animasi, transisi menu, dan banyak lagi. Tetapi ada beberapa yang mungkin tidak Anda temukan di ponsel lain yaitu penyesuaian tata letak menu lanjutan, kemampuan untuk mengatur tampilan selalu aktif, berbagai cara untuk mengubah tampilan ikon aplikasi.

Berkat spesifikasi yang disebutkan di atas, Find X3 Pro cepat dinavigasi dan digunakan, dan Anda dapat beralih antar menu dan masuk dan keluar aplikasi tanpa kesulitan.

Ada pemindai sidik jari dalam layar di sini juga, dan kami merasa sangat cepat digunakan – terkadang kami hampir tidak bisa melihat indikator memindai jari kami, bekerj asangat cepat.

Daya tahan baterai

Banyak smartphone andalan yang mengalami masa pakai baterai yang terbatas  karena layar besar dan fitur rumit bisa sangat menguras daya. Tetapi kami dengan senang hati melaporkan bahwa Oppo Find X3 Pro, dengan paket daya 4.500mAh, tampak baik-baik saja digunakan.

Kami menemukan telepon bertahan sehari melalui penggunaan ringan dan sedang. Untuk penggunaan berat seperti banyak permainan dan perekaman video, baterai hanya  bertahan  kurang dari 12 jam. Tampaknya tidak mungkin ponsel akan bertahan selama dua hari penuh penggunaan, tidak peduli seberapa ringan Anda menggunakannya.

Pengisian daya dilakukan pada kecepatan 65W, dan itu adalah beberapa yang tercepat yang pernah kami lihat di ponsel premium. Meskipun perangkat tertentu dapat mengisi daya lebih cepat. Diperlukan waktu sekitar 40 menit untuk mengisi daya ponsel dari kosong hingga penuh.

Kami senang melihat Find X3 Pro memiliki mode pengisian daya cerdas. Jadi jika Anda mencolokkan ponsel saat akan tidur, Anda bisa mengatur waktu pengisian agar Anda mencapai 100% tepat saat Anda bangun. Ini menghindari pengisian daya yang berlebihan dan bagus untuk umur panjang baterai ponsel.

Yuk baca artikel lainya, Moto G10, Ponsel Mid-End Motorola dengan Android 11 Terbaru.

Berbeda dengan Oppo Find X2 Pro, ada pengisian daya nirkabel dengan tegangan 30W. Ada juga pengisian nirkabel terbalik, sehingga Anda dapat menggunakan telepon untuk memberi daya pada perangkat pengisian nirkabel lainnya.