Oppo

Oppo Reno4 F, Ponsel Enam Kamera Seharga Rp4,2 Juta

Di tengah persaingan ponsel-ponsel kelas menengah, salah satu pabrikan smartphone asal China yakni Oppo akhirnya mengenalkan Oppo Reno4 F. Resmi meluncur pada pertengahan Oktober 2020, Reno4 F sudah bisa dinikmati di Indonesia.

Sebagai bagian dari BBK Electronics, raksasa elektronik Tiongkok, Oppo memang cukup percaya diri merilis ponsel kelas menengah. Pandemi Covid-19 sepertinya tidak jadi penghalang bagi produsen smartphone untuk mengenalkan ponsel dengan kualitas lebih baik daripada entry-level, tapi harga lebih terjangkau daripada ponsel flagship.

Bersama dua brand lain yang sama-sama menjadi bagian dari BBK Electronics yakni Vivo dan Realme, Oppo memang cukup rajin merilis ponsel kelas menengah. Sebelum Reno4 F, Oppo sudah meluncurkan Reno4 dan Reno4 Pro pada Juni 2020 yang juga memperoleh antusias dari penggemar gawai di Tanah Air.

Baca juga: Dijual Rp4,9 Juta, Inilah 5 Keunggulan Oppo Reno4

Spesifikasi Oppo Reno4 F

tampilan bodi belakang Oppo Reno4 F © Techbiz
  • Sistem Operasi: Android 10.0, ColorOS 7.2
  • SIM: Nano-SIM dual stand-by
  • Layar: Super AMOLED 6.43″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • Internal/RAM: 128FB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (depth), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide), 2MP (depth)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4000 mAh dengan fast charging 18W

Melihat spesifikasi yang ditampilkan, Oppo Reno4 F tentu akan menjadi salah satu unggulan Oppo di kelas ponsel menengah. Untuk pasar Indonesia, Oppo merilis Reno4 F dengan dua pilihan warna yakni Matte Black dan Metallic White.

Dibanderol dengan harga mulai Rp4,299 juta, Oppo sudah membuka masa pre-order pembelian mulai 12-16 Oktober lalu secara online dan offline. Bagi konsumen yang membeli selama periode tersebut, bisa memperoleh bonus Giftbox OASE LP01 senilai Rp800 ribu dan Telkomsel TAU Entertainment Special Bundling Package hingga 70GB, seperti dilansir Kompas.

Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia kepada Detik menjelaskan kalau Reno4 F memang memiliki target pasar lebih luas daripada sang senior, Reno4. Dimana konsumen muda yang adalah mahasiswa, pelajar sekolah menengah hingga kalangan first jobber, sangat cocok menggunakan ponsel yang mengusung tagline Clearly Your Expresion ini.

Layar dan Bodi Desain yang Stylish

Oppo tampaknya bekerja semakin maksimal dalam proses pembuatan Reno4 F ini. Karena produk terbaru ini mengalami beberapa peningkatan desain bodi dan tentunya tampilan layar dari seri Reno4 terdahulu. Jika Reno4 dan Reno4 Pro punya desain cukup mirip, Reno4 F mengalami perubahan yang lebih baik.

Perbedaan desain pertama terletak pada bagian bodi belakang yang tampak memiliki dua semburat warna berbeda. Kemudian untuk modul empat kamera utama di belakang ponsel, Oppo membingkainya dalam sebuah kotak dan di sampingnya diletakkan terpisah LED flash dalam bentuk memanjang.

Baca juga: Dibanderol Rp2 Jutaan, Oppo A53 Resmi Dijual Hari ini di Indonesia

Untuk permukaan bodi ponsel, Reno4 F tampak lebih mengkilap dengan sentuhan doff. Anda tak perlu cemas kalau Oppo Reno4 F bakal mudah kotor, karena keberadaan lapisan anti sidik jari di seluruh permukaan bodi akan membuat ponsel tidak cepat kotor. Kesan stylish dari ponsel ini terlihat dari pancaran pink saat HP terkena pantulan cahaya.

Jika bodi desainnya mengalami peningkatan lebih baik daripada sang senior, bagian layar Reno4 F masih sama dengan Reno4 yakni sama-sama berdimensi 6.4″ dengan panel Super AMOLED. Masih setia memakai resolusi full HD+, dua kamera selfie diletakkan dalam gaya punch-hole di bagian atas layar.

Kualitas Enam Kamera Superior

Ada alasan tersendiri kenapa Oppo Reno4 F sangat cocok dipilih oleh kalangan muda, terutama yang mereka hobi fotografi. Apa itu? Keenam sensor kamera ponsel yang sangat istimewa. Yap, Oppo memang mengenalkan Reno4 F sebagai 6 AI portrait camera yang terbagi dari empat sensor kamera di belakang dan dua sensor lensa kamera di depan.

Dua kamera selfie masing-masing 16MP f/2.4 dan 2MP f/2.4 yang cuma berfungsi sebagai depth sensor. Sementara empat sensor lensa kamera di belakang ponsel, yang paling besar adalah 48MP f/1.8. Sayang dari keempat kamera belakang, Oppo tidak memasang sensor foto jarak dekat.

Namun untuk Anda yang hobi membuat konten postingan seperti video TikTok atau Instagram/WhatsApp Stories, bisa sangat dimanjakan oleh kemampuan kamera depannya. Tak main-main, kamera selfie depan Oppo Reno4 F bisa merekam video hingga resolusi 1080p, yang artinya luar biasa jernih dan memuaskan, seperti dilansir Gizmologi.

Baik kamera depan atau belakang, sama-sama mempunyai mode Ultra Steady Video dan video bokeh yang tentunya begitu istimewa. Oppo memang membenamkan sejumlah fitur kamera yang cukup lengkap mulai dari mode profesional (bisa memotret extra HD 108MP) sampai potret selfie dalam kondisi cahaya rendah tanpa flash, berkat AI Night Flare Portrait.

Reno4 F masih membawa fitur-fitur fotografi di lini Reno4 sebelumnya seperti AI Color Portrait, sehingga bisa dipastikan kalau penggemar fotografi tentu akan sangat dimanjakan oleh ponsel ini. Apalagi bagi Anda seorang traveller blogger, Oppo Reno4 F bisa jadi gawai pilihan yang layak dipertimbangkan.

Baca juga: Dihargai Rp4,1 Juta, Oppo A92 Ponsel Gaming Cocok untuk Lebaran

Dapur Pacu Memuaskan Anti Lagging

Berstatus sebagai ponsel seri Reno4 yang paling terjangkau, Oppo rupanya meninggalkan Qualcomm sebagai chipset. Dimana untuk Reno4, mereka memakai chipset buatan pabrikan semikonduktor asal taiwan yakni MediaTek, lewat Helio P95. Yang menarik, Helio P95 sebelumnya dipakai oleh Reno3 Pro, varian termahal dari ponsel-ponsel yang dirilis Oppo di tahun 2020.

Sudah dirilis sejak Desember 2018, MediaTek Helio P Series memang menjadi SoC yang fokus pada efisiensi baterai tapi performa dan pengalaman pengguna tetap maksimal. Hal itu pula yang terlihat dari Helio P95, dimana chipset ini memang dimaksimalkan untuk kinerja AI yang memuaskan serta pengalaman gaming lebih sempurna.

Memakai APU (AI Processing Unit) generasi kedua yang lebih meningkat daripada Helio P90, kinerja benchmark chipset ini 10% lebih baik. Untuk kebutuhan kamera, kemampuan penyuntingan gambar dalam kerapatan piksel pun lebih baik karena sudah bisa mengurangi noise secara efektif. Berpindah ke bagian CPU, chipset ini cukup tanggung karena sepasang prosesor pertamanya bisa mencapai 2,2GHz sehingga kinerja aplikasi pada Oppo Reno4 F semakin responsif.

Dengan grafis yang meningkat 10% dari generasi sebelumnya, keberadaan PowerVR GM 9446 membuat Reno4 F bisa dijadikan teman gaming yang anti lag. Apakah masuk akal mempunyai ponsel yang memuaskan untuk foto dan gaming? Jawabannya tentu saja. Karena Helio P95 masuk dalam jajaran MediaTek HyperEngine, dimana kualitas kameranya yang mumpuni sebanding dengan pengalaman gaming lantaran chipset ini bisa melakukan konfigurasi anti lagging yang dibutuhkan pengguna.

Baca juga: Dijual Rp5,2 Juta, Inilah Spesifikasi Oppo Reno3: HP dengan Kamera Selfie 44MP!

Jadi, Apakah Oppo Reno4 F Layak Dibeli?

Melengkapi keunggulan yang ditawarkan, Oppo Reno4 F dibekali baterai tanam sebesar 4000 mAh yang mampu mencapai screen-on-time 4,5 hingga lima jam dalam penggunaan sehari-hari. Agar makin memanjakan pengguna, Reno4 F didukung pengisian daya cepat alias fast charging 18W. Sehingga Anda hanya butuh waktu pengisian baterai penuh selama 1,5 jam saja.

Meskipun kapasitas baterainya sedikit berkurang, Reno4 F punya fitur Super Power Saving yang membuat Anda masih biaa mengakses aplikasi-aplikasi penting seperti WhatsApp, Google Maps hingga lain meskipun baterai bersisa 5%, hingga lebih dari setengah jam. Luar biasa istimewa kan? Dengan berbagai keunggulannya itu, tak bisa dipungkiri kalau Oppo Reno4 F adalah salah satu ponsel menengah terbaik yang layak Anda pilih.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago