Oppo

Dijual Rp4,9 Juta, Inilah 5 Keunggulan Oppo Reno4

Pada masa saat ini, semakin berkembangnya teknologi yang ada di dunia. Membuat para produsen teknologi dan smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan suatu keluaran produk terbaru yang sangat canggih. Tak heran, saat ini banyak merk smartphone yang hadir di Indonesia. Dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang beragam, tentunya setiap smartphone yang dirilis memiliki keunggulannya masing-masing.

Salah satu pabrikan smartphone yang cukup populer dan memiliki pangsa pasar tersendiri di Tanah Air adalah Oppo. Raksasa elektronik asal Tiongkok yang berpusat di Dongguan, Guangdong ini cukup percaya diri untuk mengenalkan Reno4, salah satu produk unggulan mereka pada awal Agustus 2020 lalu.

Ketika pertama kali dikenalkan, Reno4 sudah membuat banyak gadgetfreak kaget, lantaran Oppo menjualnya lebih murah daripada generasi sebelumnya, Reno3. Dengan rentang perilisan cukup dekat yakni Reno3 pada bulan April dan Reno4 pada bulan Agustus, Reno4 tampak seperti usaha ‘penebusan dosa’ dari Oppo karena Reno3 yang cukup mengecewakan.

Baca juga: Dibanderol Rp2 Jutaan, Oppo A53 Resmi Dijual Hari ini di Indonesia

Saat pertama kali dirilis di awal Agustus silam, Reno4 ditawarkan dengan harga perdana Rp4,9 juta. Kala itu Oppo Indonesia menawarkan sistem preorder mulai 6-14 Agustus 2020. Dimana para konsumen akan memperoleh aneka bonus mulai smart bracelet, bluetooth headset sampai smartphone standing holder. Kini hampir dua bulan sejak pertama kali dikenalkan, Reno4 tetap layak menjadi salah satu ponsel pilihan terbaik.

Spesifikasi Oppo Reno4

Oppo Reno4 © Gizmologi
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Nano-SIM dual stand-by
  • Layar: OLED 6.4″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4015 mAh dengan fast charging 30W (mengisi daya 50% dalam waktu 20 menit)

Dengan kemampuan spesifikasi yang cukup memuaskan, Reno4 jelas jadi peningkatan yang cukup memuaskan bagi Reno3. Anda yang sedang mempertimbangkan ponsel kelas menengah dengan performa memuaskan, Reno4 tentu sangat layak untuk dipilih karena memang menawarkan aneka keunggulan yang tak akan mengecewakan.

5 Keunggulan Oppo Reno4 yang Wajib Dipertimbangkan

1. Desain Fresh dan Elegan

tampilan belakang Oppo Reno4 © Selular

Kalau ada hal yang sangat menonjol dari Reno4 dibandingkan produk-produk generasi sebelumnya, adalah pada pilihan desain yang begitu fresh dan tentunya elegan. Oppo melakukan perubahan yang cukup drastis pada Reno4 dengan menjadikan tampilannya jauh lebih premium sekaligus menjadi makin stylish, apalagi jika dibandingkan dengan Reno3 yang tampak sangat biasa.

Saat digenggam, Reno4 memang terasa jauh lebih ramping dan ringan. Meskipun begitu, Oppo menggunakan material lembaran baja yang tahan panas pada bagian penampang belakang. Sementara untuk desain kamera utama di bagian bodi belakang ponsel, Oppo memasangnya cukup menonjol dengan tulisan Innovative Quadcam.

Ada dua pilihan warna untuk Reno4 yang bisa dipilih yakni Space Black dengan permukaan ponsel glossy, serta Galactic Blue yang memiliki tekstur matte. Kedua opsi warna ini memperkuat kesan Reno4 sebagai ponsel kekinian yang akan membuat tampilan penggunanya makin profesional dan classy.

Baca juga: Dihargai Rp4,1 Juta, Oppo A92 Ponsel Gaming Cocok untuk Lebaran

2. Layar Premium dengan Jaminan Keamanan

tampilan samping Oppo Reno4 © Gadgetren

Hal selanjutnya yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan membeli sebuah Reno4 adalah pada tampilan layarnya. Setelah mengalami pembaruan dengan tampilan kamera dual punch-hole, panel layar utama Reno4 sudah AMOLED dengan dimensi 6.4″ dan resolusi full HD yang menghasilkan kerapatan piksel hingga mencapai 409 ppi. Sementara di bagian bezel bawah yang sedikit tebal, dimensi kamera selfie punch-hole relatif kecil.

Sementara itu di balik layar Reno4 yang cukup keren dan elegan, Oppo menyematkan aneka fitur yang semakin memperkuat kesan modern dalam kebutuhan keamanan data pengguna. Dimana Oppo melengkap Reno4 dengan sebuah sensor Hidden Fingerprint Unlock 3.0 yang mempunyai ketebalan hanya 0,27mm. Akurasinya khas sensor in-display fingerprint smartphone Oppo pada umumnya selalu akurat dan cepat, sehingga Anda tak perlu merasa terganggu.

3. Chipset Canggih dan Powerful

Pada generasi terbaru ini, pihak Oppo telah menyematkan ‘otak’ yang lebih canggih dan kencang untuk Reno4. Yakni dengan menggunakan Snapdragon 720G buatan Qualcomm. Dengan penggunaan Snapdragon 720G, Reno4 mampu mencatatkan skor AnTuTu sekitar 280.000.

Bukan tanpa alasan kenapa performa Reno4 cukup tinggi, karena memang chipset Snapdragon 720G telah dibangun dengan proses fabrikasi yang lebih canggih dan efisien. Dengan sebuah hasil yakni 8nm, bandingkan dengan chipset Helio P90 yang masih 12nm.

Sekadar informasi, Snapdragon 720G termasuk salah satu chipset unggulan Qualcomm yang memang sudah dilengkapi fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Proses fabrikasi 8nm membuat chipset ini bisa menghemat daya ponsel. Tak hanya itu saja, Snapdragon 720G juga memberikan pengalaman gaming HDR jauh lebih mulus, warna serta kontras sangat dinamis dan tentunya begitu realistis.

4. Kemera Depan Belakang Sangat Istimewa

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kamera merupakan salah satu hal yang ditonjolkan Reno4. Dimulai dari kamera selfie, meskipun bukan yang terbesar, tapi termasuk yang tertinggi berkat ukuran 32MP. Yang menarik, kamera selfie utama ini mempunyai sensor yang tidak berfungsi dalam pemotretan.

Baca juga: Dijual Rp5,2 Juta, Inilah Spesifikasi Oppo Reno3: HP dengan Kamera Selfie 44MP!

Lhah terus untuk apa?

Sensor kamera dengan resolusi 1.2MP itu adalah AON Smart Sensor yang dibangun dengan sejumlah komponen kecerdasan buatan alias AI, untuk aneka fitur tambahan. Salah satunya adalah Smart Air Control yang bisa disinergikan dengan Youtube, Facebook, Instagram atau TikTok. Melalui fitur ini, Anda bisa mengontrol aplikasi media sosial itu tanpa perlu menyentuh layar, tapi memakai gestur tangan saja.

Lalu ada juga fitur Smart Spying Prevention yang sangat berguna jika Anda menggunakan ponsel di keramaian. Dimana nantinya AON Smart Sensor langsung mendeteksi orang di belakang dan langsung menyembunyikan notifikasi ponsel, sehingga privasi terjamin. Terakhir, ada juga fitur Smart Rotation dan Smart Always On Display.

© Gadgetren

Beralih ke empat kamera utama yang terpasang vertikal di bagian belakang Reno4, Oppo menjanjikan kualitas yang memuaskan lantaran teknologi kecerdasan buatan (AI) serta fitur image processing bawaan yang tersemat pada chipset.

Beberapa fitur yang membantu menangkap gambar jernih di malam hari pada Reno4 ini yakni Night Flare Portrait (bokeh di malam hari), Ultra Night Selfie dan Ultra Dark Mode. Selain itu, meski memiliki sebuah resolusi kamera bawaannya cuma 48MP, Reno4 dibekali fitur Ultra Clear Image yang mana dapat memungkinkan pengguna menjepret foto dengan resolusi yang tinggi dengan kisaran 108MP!

Tak hanya andal saat mengambil foto di kondisi minim cahaya, perekaman video Reno4 juga tak mengecewakan berkat sejumlah fitur keren. Fitur pertama, ada mode perekaman video AI Slow Motion yang mampu menangkap 960 frame per second (fps). Di mana sebelumnya fitur-fitur ini hanya terdapat pada jajaran smartphone flagship beberapa waktu yang lalu.

Tak hanya fitur tersebut, ada Monochrome Video yang memungkinkan warna objek dan latar bisa dipisahkan menjadi berwarna berpadu hitam putih atau bahkan sebaliknya. Satu lagi yang spesial soal video adalah, Reno4 dilengkapi fitur Front Steady Video untuk kamera depan dan Ultra Steady Video 3.0 berbekal Electronic Image Stabilization (EIS) yang terbilang memuaskan.

5. Fast Charging dan Penyimpanan Lega

tampilan depan Oppo Reno4

Apabila membahas sistem penyimpanan, Reno4 memang memiliki RAM dan internal tak beda jauh dari Reno3. Dimana untuk RAM 8GB dipadu dengan storage utama 128GB. Melihat kapasitas yang ditawarkan, penyimpanan Reno4 memang sangatlah lega sehingga Anda tak perlu pusing saat memasang aplikasi-aplikasi besar, karena storage yang sangatlah cukup untuk kebutuhan 1-2 tahun mendatang.

Baca juga: Spesifikasi Hp OPPO Reno Z, Dibandrol Dengan Harga 3 Jutaan

Terakhi di bagaian kapasitas baterai, daya yang ditawarkan Reno4 juga cukup besar yakni baterai tanam berukuran 4015 mAh. Oppo juga mengusung teknologi pengisian cepat Oppo VOOC 4.0 berdaya 30 Watt (W). Fitur fast charging ini yang ada dapat memungkinkan daya baterai Reno4 dapat terisi dengan penuh dan cepat hanya dalam waktu sekitar satu jam saja,

Itulah pembahasan seputar spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Oppo Reno4. Hadir dengan harga yang terjangkau untuk rakyat Indonesia, tak heran kalau smartphone ini sangat digemari dan dicari. Dengan harga yang ramah di kantong tentunya, menjadikan Reno4 sebagai ponsel idaman kalangan kelas menangah dan awet dalam jangka waktu cukup lama.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago