Categories: Oppo

Sudah Bisa Dipesan, Oppo Reno5 Dijual Rp4,9 Juta

Membuka tahun 2021 ini, pemburu smartphone di Indonesia bakal dimanjakan dengan kehadiran Oppo Reno5. Ponsel yang sudah dikenalkan sejak akhir tahun 2020 ini tentu akan memperkuat citra Oppo sebagai brand terlaris di Tanah Air.

Masuk dalam kelompok ponsel menengah, Reno5 memang jadi produk unggulan pabrikan ponsel yang berpusat di Dongguan, Guangdong, China tersebut. Oppo sepertinya tak gentar dengan keputusan pemerintah Indonesia yang kembali memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di pulau Jawa-Bali pada bulan Januari 2021 ini.

Jika banyak brand smartphone merilis produk entry-level atau ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau, Reno5 justru punya spesifikasi premium yang cukup menjanjikan. Reno5 sendiri menjadi penerus langsung Reno4 yang sudah dijual di Indonesia pada bulan Agustus 2020. Dengan peningkatan spesifikasi, Reno5 tentu akan melanjutkan kepuasan publik akan produk-produk rilisan Oppo.

Baca juga: Oppo A15, Ponsel Tiga Kamera Untuk New Normal Seharga Rp1,9 Juta

Spesifikasi Oppo Reno5

© Jawapos
  • Sistem Operasi: Android 11, ColorOS 11.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: AMOLED 6.43″ dengan resolusi 1080×2400 piksel, 90Hz
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 44MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE)
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4310mAh, fast charging 50W, reverse charging, SuperVOOC

Lantaran pandemi Covid-19, Oppo Reno5 dirilis secara online lewat event yang bisa disaksikan secara streaming di kanal Youtube resmi Oppo Indonesia pada Selasa (12/1) kemarin. Siaran langsung tersebut bisa dinikmati sejak pukul 18.45 WIB kemarin dan memperlihatkan berbagai keunggulan serta spesifikasi Reno5.

Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia menyebutkan kalau Reno5 hadir sebagai smartphone dengan banyak fitur fotografi dan videografi handal. Keunggulan ini seolah menjadi jawaban kalau Reno5 memang sangat memahami jika content creator adalah salah satu profesi yang bakal makin digandrungi di tahun 2021.

Kemampuan Oppo Reno5 ini bisa dibilang lebih baik daripada Reno4, terutama dalam hal videografi. karena Reno4 sebelumnya cuma lebih mengutamakan sisi fotografi, sehingga Anda bisa bebas merekam dan memproduksi video-video untuk diunggah ke media sosial atau mungkin hanya sebagai kenang-kenangan di gawai saja.

Resmi dijual dengan harga Rp4,999 juta, Oppo Reno5 sudah bisa dipesan mulai hari ini, 13-21 Januari 2021 nanti di marketplace Shopee. Tak hanya di rekanan e-commerce saja, Anda juga bisa membeli Reno5 di seluruh jaringan Oppo Store di Tanah Air. Sehari sebelum pemesanan resmi, Reno5 sudah dijual secara flash sale di Shopee semalam. Untuk penjualannya sendiri, baru akan dimulai perdana pada 22 Januari 2021.

Baca juga: Oppo A11k, Ponsel Rp1,8 Juta Untuk Pengguna Android Baru

Desain Ringan Premium dan Layar Yahud

© Gizmologi

Jika sekali lihat, tampilan ponsel Oppo Reno5 memang tak berbeda dengan Reno4, bahkan bisa dibilang sama persis. Namun Reno5 mengalami peningkatan pada tampilan visualnya terutama dengan keberadaan enam lapisan khusus di bodi belakang sehingga memancarkan tujuh warna dasar yang sangat cantik tergantung pencahayaan.

Kendati material untuk bodi ponsel masih plastik polikarbonat, Reno5 terlihat begitu premium dan kokoh dengan dua pilihan warna yakni starry black dengan finishing glossy dan fantasy silver dengan finishing matte. Sementara untuk bagian layar, Oppo membenamkan panel AMOLED dengan resolusi full HD+ seperti Reno4. Khusus untuk sensor sidik jari, Anda bisa menemukannya di bagian bawah layar yang sangat responsif dan makin akuratif.

Sangat suka bermain game online atau streaming? Reno5 jelas bisa jadi pilihan terbaik. Karena ponsel ini sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Agar layar makin terlindung, Oppo memasang Corning Gorilla Glass 5 sebagai lapisan antigores. Tak perlu cemas juga dengan mata mudah lelah, karena Reno5 sudah diperkaya teknologi SGS Eyecare Display untuk mengurangi cahaya biru yang dihasilkan.

Kemampuan Foto dan Video Super Handal

© Gizmologi

Dan inilah fitur yang paling diunggulkan dalam Oppo Reno5, kemampuan fotografi dan videografi. Masih menggunakan empat kamera di bagian belakang, Oppo memberikan peningkatan teknologi software dan serangkaian fitur baru di Reno5. Meskipun kamera selfie tinggal satu lensa saja, resolusinya justru meningkat menjadi 44MP.

Baca juga: Oppo Reno4 F, Ponsel Enam Kamera Seharga Rp4,2 Juta

Sudah jadi rahasia umum bahwa kualitas kamera pada ponsel-ponsel Oppo memang di atas rata-rata, dan itulah yang bisa dirasakan dari Reno5. Bahkan untuk kemampuan videografi, Reno5 rasanya bisa membuat brand lain cukup cemas. Seperti apa fitur fotografi dan videografi yang ada pada Reno5? Berikut ulasannya:

  • AI Mixed Portrait: Lewat fitur ini, Reno5 bisa menggabungkan video portrait dengan video latar belakang. Bisa dibilang fitur ini termasuk yang pertama di industri smartphone dunia. Bagi Anda yang ingin membuat konten-konten artistik lewat paduan latar belakang dalam video, AI Mixed Portrait bisa dipilih.
  • AI Highlight Video: Memungkinkan Reno5 menghasilkan dua efek langsung sesuai kondisi pencahayaan yakni Live HDR dan Ultra Night Video. Dengan fitur ini, Reno5 bisa mendeteksi pemandangan yang hendak direkam sambil tetap menjaga detail warna alaminya.
  • Dual-view Video: Anda bisa merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Sehingga dapat menghasilkan hasil rekaman dalam dua perspektif berbeda tanpa melewatkan momen sedetikpun. Berbeda dengan fitur Dual-view Video dari ponsel lain, Oppo Reno5 jauh lebih variatif karena pengguna bisa mengatur layout layar jadi 50:50, bulat, persegi kecil atau ke sisi frame.

Performa Bertenaga Bikin Puas

© Youtube/GadgetIn

Untuk performa, sebetulnya chipset yang digunakan Reno5 dan Reno4 tidaklah berbeda alias sama persis. Bahkan hal serupa juga terlihat pada kapasistas memori internal 128GB dengan RAM 8GB yang menjadikan dapur pacu Reno5 serupa dengan Reno4 yang memang sudah cukup bertenaga dan memuaskan untuk ponsel kelas menengah.

Dengan kemampuannya ini, performa Reno5 memang jauh dari kata lag, bahkan sekalipun digunakan untuk multitasking. Meskipun Reno5 memiliki segudang fitur baru terutama dari lini fotografi dan videografi, ponsel ini tampaknya tidak dihadapkan pada masalah berarti meskipun chipset yang dipakai sama dengan generasi sebelumnya.

Menurut pengalaman Gizmologi, efek AI Highlight Video yang bekerja pada Reno5 bisa berjalan real-time dengan proses penyimpanan instan. Bahkan untuk kebutuhan gaming pun, ponsel ini tak akan menghasilkan panas yang berlebihan. Menjadikan Oppo Reno5 jadi pilihan tepat generasi milenial atau generasi Z meskipun punya tujuan berbeda.

Konsumsi Baterai Cerdas

Masih jika dibandingkan dengan Reno4, kapasitas baterai Reno5 memang lebih besar sedikit. Sekadar informasi, Reno4 punya kapasitas baterai 4015mAh sementara Reno4 sebesar 4310mAh. Kendati bukanlah smartphone dengan baterai jumbo, kemampuan daya tahan ponsel ini bahkan cukup memuaskan.

Hal ini membuktikan kalau Oppo benar-benar sudah menemukan solusi penggunaan teknologi baterai yang cerdas, efisien serta efektif. Lebih lanjut, ponsel ini bahkan mendukung pengisian 50W Flash Charge yang membuat Anda bisa mengisi daya dari 7% ke 85% dalam waktu 30 menit saja. Sedangkan jika sampai daya penuh 100%, membutuhkan 48 menit lamanya.

Teknologi lain yang disematkan Oppo di Reno5 adalah protokol SuperVOCC Qualcomm Quick Charge 2.0 dan Power Delivery 15W yang membuat ponsel ini bisa tetap cepat terisi di charger lain. Anda tak perlu cemas juga saat meninggalkan Reno5 dalam konsidi tidur karena ponsel ini punya fitur Optimized Night Charging yang mengurangi kemungkinkan isi daya berlebihan jika disambungkan ke arus listrik semalaman.

Baca juga: Dijual Rp4,9 Juta, Inilah 5 Keunggulan Oppo Reno4

Reno5 juga mampu menghemat penggunaan baterai saat jam tidur lewat fitur Sleep Standby Charging, membuat ponsel yang satu ini memang cukup cerdas dan memuaskan dalam hal pengisian daya. Oppo sepertinya tidak main-main dalam membuat pengguna puas.

Jadi, Apakah Oppo Reno5 Layak Dibeli?

Melihat kemampuan yang ditawarkan, bisa disimpulkan bahwa Oppo Reno5 memang jadi salah satu ponsel terbaik di tahun 2021. Dengan harga Rp4,999 juta, ponsel kelas menengah ini mampu memberikan segudang keunggulan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seolah ingin membuat masyarakat Indonesia makin tergiur, Oppo kabarnya bakal memboyong saudara Reno5 yakni Reno5 5G dan Reno5 F.

Marvel Sun selaku Product Manager Oppo Indonesia saat acara live streaming perilisan Oppo Reno5 menyebutkan kalau Reno5 5G bakal dirilis pada Februari 2021 sementara Reno5 F akan mulai dijual bulan April 2021. Jadi, Anda mau pilih yang mana?

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

11 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago