Oppo

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 – 20 Juli 2021, sepertinya bukan masalah bagi Oppo. Pabrikan ponsel yang berpusat di Dongguan, China itu bahkan begitu percaya diri memboyong Oppo Reno6 ke Tanah Air. Sebagai ponsel mid-range untuk kelompok menengah ke atas, Reno6 menawarkan spesifikasi handal.

Yap, jika kebanyakan produsen smartphone memilih merilis produk-produk entry-levelatau mid-range dengan kisaran harga Rp2,5 juta – Rp4 juta, Reno6 justru hadir di antaranya. Oppo tampaknya cukup percaya diri bahwa kalangan menengah ke atas akan tetap membeli smartphone sambil mempertimbangkan spesifikasi premium.

Kendati kondisi PPKM Darurat,  sepertinya tidak mematahkan semangat Oppo. Terbukti, mereka akhirnya membawa Oppo Reno6 ke Indonesia. Unggulan mereka ini resmi dikenalkan lewat acara peluncuran online pada hari Kamis (15/7) malam pekan lalu. Sebagai penerus sukses Reno5, Reno6 kabarnya dibanderol dengan harga Rp5.199.999.

Spesifikasi Oppo Reno6

© KOMPAS.com/BILL CLINTEN
  • Sistem Operasi: Android 11, ColorOS 11.3
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: AMOLED 6.4″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G (8nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (makro), 2MP (mono)
  • Kamera Selfie: 44MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4310mAh

Dari spesifikasi yang ditawarkan, sepertinya tak berlebihan kalau Reno6 ini memang hadir dalam rangka memuaskan para penggemar foto dan kamera. Baik kamera utama di bodi belakang ponsel dan lensa selfie, sama-sama punya resolusi besar yang akhirnya mampu menghasilkan rekaman media yang memuaskan.

Apalagi di era serba media sosial seperti saat ini, Oppo Reno6 akan memberikan hasil potret atau rekaman video yang yahud. Terutama kalau Anda berprofesi sebagai content creator, influencer atau bahkan blogger, kemampuan kamera Reno6 akan sangat membantu dalam membuat konten-konten visual yang memanjakan follower dan pihak pengiklan.

Baca juga: Oppo Find X3 Lite, Versi Murah dari Find X3 Pro

Oppo sendiri sudah mulai membuka jalur pre-order Reno6 yang dilakukan secara offlinedi jaringan outlet resmi penjual ponsel Oppo, dan secara online baik di aplikasi Oppo Store atau marketplace yang bekerjasama. Pre-order ini sendiri dilakukan mulai 16 Juli – 22 Juli 2021. Yang menarik, Anda juga berpeluang memperoleh hadiah eksklusif dari Reno.

Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia untuk Seri A dan Reno menjelaskan soal hadiah eksklusif itu dalam konferensi pers virtual. Dilansir KompasTekno. Aryo memaparkan kalau bonus eksklusif berupa Reno Wireless Mini Home Theater senilai Rp1,5 juta itu stoknya sangat terbatas, sehingga siapa yang cepat pesan, maka bisa mendapatkannya.

Desain Bodi Reno Glow Menakjubkan

© tek.id

Sebagai keluarga besar Reno, Reno6 tentu memiliki tampilan yang hampir sama seperti pendahulunya. Namun Reno6 ini terasa sedikit lebih berat dan bongsor jika dibandingkan Reno5 bahkan Reno4. Di mana ketebalan Reno6 ini mencapai 7.8mm dengan bobot sekitar 173 gram. Apa yang membuat ponsel ini lebih tebal?

Adanya teknologi Reno Glow.

Sekadar informasi, Reno Glow merupakan teknik pewarnaan pada bodi ponsel yang memang sudah jadi ciri khas Oppo. Di mana ponsel akan memberikan pendar efek berkilau, sehingga tentunya tampak lebih halus. Kendati telrihat begitu cantik dan glossy, Reno Glow bisa mencegah timbulnya minyak dan kotoran seperti sidik jari usai memegang ponsel. Hingga sejauh ini, Oppo sudah mempunyai 20 hak paten untuk penggunaan Reno Glow.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan Oppo Reno6 di Indonesia. Pertama Aurora alias The Ever-Changing Color yang terinspirasi dari imajinasi cahaya aurora borealis di belahan Bumi utara sana. Adanya peningkatan menjadi lima lapisan spektrum berlian, membuat Reno6 warna Aurora bisa menghasilkan hingga satu juta kombinasi warna.

Sementara untuk warna kedua adalah Stellar Black yang berjuluk The Shiniest Black. Oppo memadukan warna hitam klasik dengan efek visual dinamis, transparan dan tentunya berkilau. Penggunaan materi permukaan doff alias matte, membuat Reno6tampak selalu bersih dan enak digenggam.

Panel Layar AMOLED Tak Bikin Sakit Mata

© KOMPAS.com/BILL CLINTEN

Sebagai ponsel kelas menengah ke atas, sudah pasti Oppo Reno6 tidak hadir dengan layar yang biasa-biasa saja. Yap, Oppo memasangkan panel AMOLED yang sudah dibenamkan dengan sensor in-display fingerprint yang responsif. Mempunyai refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz, ponsel ini membuat kegiatan streaming dan gaming sama-sama memanjakan mata.

Baca juga: Oppo Find X3 Neo, Kualitas Medium diantara X3 Pro dan X3 Lite

Anda tak perlu cemas jika terbiasa menonton dengan tampilan HD, karena layar Reno6 ini sudah memakai teknologi low-blue light screen dan mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display yang aman bagi kesehatan mata. Oppo memasang lensa kamera selfie dalam desain punch-hole yang sangat kecil sehingga sama sekali tak mengganggu pengalaman multimedia.

Jika sama dengan seri Reno6 yang sudah dilengkapi kemampuan akses 5G, Reno6 ini seharusnya sudah dibekali lapisan Corning Gorilla Glass 5 untuk layarnya. Dengan begitu, layarnya akan cukup bisa menahan goresan benda tajam.

Fitur Kamera Sempurna dan Memuaskan

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Oppo Reno6 memang sangat cocok jadi smartphone untuk Anda yang berprofesi sebagai content creator. Terutama kalangan milenial dan generasi Z yang suka membuat konten-konten visual di media sosial, Reno6 bisa menjadi salah satu ’amunisi’ terbaik untuk pembuatan foto maupun video.

Memiliki quad camera, Oppo memasang keempat lensa itu dalam sebuah model berbentuk persegi panjang di bagian belakang bodi ponsel. Tiga sensor lensa terbesar di pasang berurutan dari atas ke bawah yakni 8MP ultra-wide angle, 64MP wide-angle dengan sensor Omnivion serta 64 lens, dan terakhir lensa kamera macro berukuran 2MP.

Sedangkan untuk lensa kamera mono alias depth yang berukuran 2MP, Oppo memasangkannya di sebelah lampu LED. Ada banyak sekali fitur fotografi yang bisa digunakan untuk quad camera mulai dari Bokeh Flare Portrait Video, AI Highlight Video, Ultra Clear 108MP Image, Portrait Beautification Videodan Palet AI.

Dalam review yang dilakukan Prasetyo Herfianto untuk Gizmologi, kemampuan lensa kamera Reno6 bisa dibilang sedikit lebih baik daripad Reno5, terutama berkat adanya sensor Omnivision. Ponsel ini disebut mampu menghasilkan foto dan video memuaskan dalam berbagai kondisi cahaya termasuk malam hari, kendati butuh waktu sedikit lama dengan Night Mode.

Oppo Reno6 sudah bisa menghasilkan rekaman hingga resolusi 4K 30fps. Fitur AI Highlight Video mampu memberikan efek kemampuan HDR saat merekam video dalam kondisi cahaya buruk, lalu Ultra Night Mode untuk mendeteksi sumber cahaya yang minim dan Portrait Beautification Video yang bisa meningkatkan penampilan obyek video secara real-time.

Sedangkan untuk lensa kamera selfie yang berukuran cukup besar yakni 44MP, sebetulnya tidak emiliki perbedaan signifikan dengan Reno5. Anda masih bisa memotret atau merekam video selfie dengan sudut pandang lebar dan cukup terang, meskipun harus bikin video di malam hari.

Chipset ’Jadul’ Tetap Berikan Performa Lancar

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Saat melihat spesifikasi Oppo Reno6, banyak gadget freak yang kaget karena ponsel ini punya chipset berbeda dengan varian yang rilis di China. Yap, jika Reno6 meluncur dengan MediaTek Dimensity 900 yang sudah mendukung jaringan 5G di Tiongkok, Oppo Indonesia justru masih setia memasang chipset lawas Snapdragon 720G.

Disebut lawas, karena Snapdragon 720G sudah dirilis Qualcomm sejak Januari 2020 lalu dan telah digunakan Oppo sejak Reno4 dan Reno5. Menurut Aryo, penggunaan Snapdragon 720G ini disebabkan oleh kemampuan prosesor gambar (ISP) yang mumpuni, sejalan dengan keunggulan Reno6 di fitur foto dan video.

Baca juga: Dijual Terbatas Rp3,6 Jutaan, Oppo A74 5G Termurah di Indonesia

Dalam penjelasan Qualcomm, chipset 720G memang memiliki kinerja cerdas berkat fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Dibuat dengan arsitektur 8nm, 720G lebih hemat daya baterai. Tetap bisa dipakai untuk gaming dengan HDR mulus, adanya Qualcomm Hexagon Tensor Accelerator, membuat Reno6 bisa menghadirkan pengalaman AI (Artificial Intellegence) yang baru.

Jika digunakan untuk keperluan sehari-hari, Reno6 dapat mengolah multitasking secara responsif dan anti lelet. Anda tak perlu muram jika Oppo menggunakan chipset lawas untuk Reno6, karena teknologi RAM Expansion akan memanjakan pengguna. Teknologi ini memanfaatkan betul penyimpanan 128GB UFS 2.1 yang tak terpakai lewat opsi RAM 2GB/3GB/5GB.

Anda dapat mengalihkan dua sampai lima GB dari total kapasitas Oppo Reno6 sebagai virtual RAM. Sehingga dengan begitu, RAM asli sebesar 8GB bisa saja menjadi maksimal 13GB.

Sederet Fitur Melengkapi Oppo Reno6

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Kendati sebelumnya disebutkan jika Reno6 sedikit lebih tebal dan berat dibandingkan Reno4 atau Reno5, tetap saja dimensi ponsel ini masih bisa dianggap tipis. Tak heran karena ukurannya yang cukup tipis itu, Oppo memasang baterai dengan kapasitas 4310mAh, sedikit pas-pasan untuk smartphone mid-range.

Anda tak perlu cemas karena Oppo Reno6 tetap mampu dipakai seharian penuh dengan screen-on time selama empat sampai lima jam, asalkan Anda mengaktifkan fitur Always-On Display. Software ColorOS11 juga menawarkan berbagai fitur ekstra untuk baterai seperti mode hemat daya standar dan ekstrim, hingga Super Nighttime Standy yang membuat Reno6 tetap menyala selama Anda tidur hingga esok pagi.

Khusus untuk kebutuhan pegisian daya, Reno6 bisa melakukan jauh lebih kencang daripada pendahulunya. Adanya 50W Flash Charge membuat pengguna bisa mengisi baterai secara penuh dalam waktu 45 menit saja, lebih cepat tiga menit dibandingkan Reno5.

Khusus untuk penggemar game, fitur Quick Startup bisa membantu memilah game favorit yang sering dimainkan, sehingga waktu loading makin cepat. Jika Anda terpaksa harus membuka aplikasi lain, game akan tetap aktif di latar belakang. Tak mau diganggu notifikasi aplikasi saat gaming? Aktifkan saja fitur Game Focus Mode.

Baca juga: Desain Premium Kelas Menengah, Oppo A54 Dibanderol Rp2,7 Juta

Reno6 juga dilengkapi fitur O Relax yang bisa memberikan musik latar (white noise) menenangkan, sebagai teman bekerja atauistirahat yang memberikan kesan outdoor berkat alunan ombak pantai sampai suara hutan. Anda juga bisa menerima panggilan telepon saat tangan kotor tanpa menyentuh layar, berkat fitur Air Gesture.

Tak ingin notifikasi pada layar dilihat orang lain? Gunakan saja Anti-Peeping yang membuat notifikasi langsung sembunyi saat ada yang mengintip. Terakhir, Reno6 juga sudah dilengkapi fitur NFC sehingga sesuai dengan kebutuhan zaman now.

Jadi, Apakah Oppo Reno6 Layak Dibeli?

Secara mudahnya, melihat spesifikasi dan berbagai kemampuan serta fitur yang ditonjolkan, Oppo Reno6 adalah salah satu pilihan terbaik untuk ponsel mid-range. Tampil begitu premium dan cantik, ponsel ini juga bisa menghadirkan foto serta video memuaskan dengan kemampuan performa yang tetap anti lelet dalam berbagai kondisi standar.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago