Internet

Perangkat Yang Kamu Butuhkan Untuk Membuat Podcast Youtube

Hari ini banyak dari kita merupakan penikmat konten Youtube, bukan serial televisi. Tentu tidak asing dengan konten yang menggunakan format Podcast. Podcast adalah bentuk konten Youtube dalam bentuk wawancara. Meski ada banyak konten di Youtube yang berbentuk wawancara, konten format Podcast terlihat dari penggunaan mikrofon lengkap dengan stand dan meja.

Kata Podcast sendiri sebenarnya adalah nama fitur yang disediakan oleh raksasa elektronik Apple yang muncul kisaran tahun 2005. Fitur ini menjadi terkenal dikalangan pengguna Apple pada tahun 2007.

©www.weeditpodcasts.com

Podcast berasal dari kata Pod, iPod. Kemudian kata Cast adalah kependekan dari broadcasting. Podcast dalam fitur Apple merupakan rekaman asli berupa audio atau video yang ada di internet dalam bentuk program episode. Rekaman tersebut dapat berisi konten perkuliahan hingga siaran televisi.

Kemudian konten Podcast ini muncul di Youtube dalam bentuk audio, kini tren audio bergeser menjadi konten video. Konten Podcast Video tetap menonjolkan sisi kualitas audio ditambah dengan kualitas video yang tidak kalah jernih.

Tahu kan konten Youtube dari Deddy Corbuzier yang kemarin mengadakan pertandingan catur Dewa Kipas dan Irene Sukandar?

Konten Podcast Video Om Dedy adalah contoh konten dengan kualitas audio video yang bagus. Untuk bisa menghasilkan kualitas Podcast yang bagus, tentu Anda membutuhkan peralatan yang berkualitas pula.

Nah, berikut adalah daftar kebutuhan alat yang Anda butuhkan untuk membuat konten Podcast dengan kualitas audio dan video yang ciamik.

1. Mikrofon

Mikrofon adalah perangkat yang paling penting dalam konten Podcast. Anda bisa saja tidak mengambil video untuk mengurangi ukuran file agar lebih ringan, namun Anda tidak bisa melakukan kompromi pada kualitas audio.

Fungsi dari mikrofon adalah untuk membuat suara yang direkam terdengar dengan jelas dan jernih. Kini ada dua jenis mikrofon di pasaran, analog dan digital.

Mikrofon analog ini adalah jenis mikrofon dengan ujung kabel 6.5mm. Anda perlu menghubungkan mikrofon dengan alat mixer untuk menangkap suara dan mengkonversinya menjadi bentuk digital.

Sebagian studio podcast memilih untuk menggunakan mikrofon analog, mereka bilang mikrofon analog lebih baik dalam memfilter suara. Karena ada peran mixer dan XLR yang signifikan pada proses pengambilan suara. Namun bagi generasi millenial, penggunaan kedua alat ini mungkin sedikit merepotkan.

Maka kami menyarankan agar generasi millenial menggunakan mikrofon digital saja. Mikrofon digital memiliki ujung kabel berupa USB yang akan menyambung langsung ke komputer.

Aktifitas mixing suara menggunakan aplikasi di dalam komputer. Tentu ini akan lebih ringkas tanpa terlalu banyak perangkat.

Anda tidak perlu khawatir mengenai harga. Kini sudah banyak sekali mikrofon digital yang ada di pasaran. Mulai dari harga 300ribuan sampai puluhan juta.

Reddragon Seyfert GM 100 ©www.youtube.com

Berikut adalah beberapa mikrofon dengan harga yang terjangkau :

GMARK LGT 240 Taff Studio – Rp 350.000

Reddragon Seyfert GM 100 – Rp 400.000

Ashley BM 800 – Rp 800.000

Rode Nt-Usb Mini Microphone Podcast – Rp 1.400.000

2. Mixer Portable

Mixer merupakan perangkat untuk menangkap suara dari mikrofon analog. Perangkat ini memberikan ruang kreatifitas luas bagi podcaster untuk mengatur tone suara, dan menyaring noise yang tidak diinginkan.

Mixer biasanya mempunyai pengaturan treble dan bass yang bisa Anda atur sesuai keinginan. Namun Anda membutuhkan satu perangkat lagi untuk merekam suara dari mixer menjadi bentuk digital, yaitu XLR.

Maono Au Am200 Portable Mixer ©www.alibaba.com

Harga mixer portable paling murah ada di kisaran 500ribu rupiah, dan yang paling mahal bisa mencapai puluhan juta. Ini adalah beberapa mixer dengan harga yang murah tapi mempunyai kualitas yang bagus :

Mini Portable LIve Audio Mixer Karaoke DJ 4 Channel 550 – Rp. 550.000

Mixer Podcast Soundcard Usb Pc Recording Ashley – Rp. 600.000

Maono Au Am200 Portable Mixer Podcast – Rp. 1.200.000

Mixer Usb Mackie Profx12 V3 For Podcast Live Recording Streaming – Rp 6.000.000

3. XLR Portable

Mixer berfungsi untuk mengatur suara, sedangkan XLR mempunyai fungsi untuk merekam suara. XLR bekerja untuk merekam suara dari mixer analog, bahkan bisa juga langsung merekam dari mikrofon tanpa menggunakan mixer.

Tascam DR-60 D Mark II 4-Channel ©www.tascam.eu

Selain merekam, beberapa jenis XLR juga mempunyai tuning tambahan untuk mengatur tinggi rendahnya suara. XLR mempunyai memori penyimpanan internal atau eksternal untuk menyimpan suara dalam bentuk digital. Kemudian Anda bisa mentransfer data melalui USB ke komputer.

Tascam DR-60 D Mark II 4-Channel – Rp. 3.000.000

Tascam Dr-40 4 Track Portable – Rp. 4.000.000

Zoom H8 8-Input / 12-Track Portable – Rp 5.000.000

4. Headphone

Kalian pasti pernah menonton Podcast di Youtube yang semua orang berbicara sambil menutup telinganya dengan headphone.

Kemudian kalian akan bertanya, kenapa harus memakai headphone? Apa tidak malah membuat mereka sulit untuk mendengar suara lawan bicaranya.

Audio Technica Ath-Avc200 Sonicpro ©www.soundguys.com

Headphone ini terhubung ke mikrofon atau mixer. Fungsinya untuk mendengarkan suara dari lawan bicara agar kita bisa menyesuaikan frekuensi suara kita. Jika semua suara mempunyai frekuensi yang sama, maka pendengar pun akan merasa nyaman menikmati podcast Anda meski durasinya cukup lama.

Behringer Hpm1000 – Rp. 200.000

Audio Technica Ath-Avc200 Sonicpro – Rp. 300.000

Headphone With Microphone & Bluetooth Behringer Bb560m – Rp. 800.000

5. Pop Filter

Pernahkah Anda bertanya apa sih fungsinya benda bulat seperti saringan di depan mikrofon? Apakah untuk memfilter ludah pembicara agar tidak muncrat ke mikrofon? Tidak gaes, bukan itu fungsinya.

Pop filter merupakan alat sederhana namun memiliki peran yang vital dalam hal rekaman suara. Alat ini memfilter noise untuk microphone dan biasanya digunakan didalam studio rekaman.

Dengan bantuan alat ini, suara noise popping akibat udara yang bergerak dengan cepat pada microphone pun semakin berkurang. Pop filter juga akan memperkuat dan menyelaraskan intonasi dan tekanan suara yang terekam lewat mikrofon.

Karena fungsinya mengurangi noise popping, maka ini akan membuat artikulasi suara si pembicara. Misal memberikan perbedaan pada huruf yang terdengar mirip, seperti P dan B.

Alctron Pf06 Microphone Pop-Filter ©www.alibaba.com

Ada dua model pop filter yang lazim ada di pasaran. Yaitu yang berbentuk bulat datar dan kotak melengkung seperti separuh tabung. Harganya juga murah, mulai dari 50ribuan saja.

Pop Filter Mic (Large) – Rp 40.000

Double Layer Recording Microphone Windscreen Pop Filter – Rp. 60.000

Microphone Pop Filter Professional Metal Microphone Pop – Rp. 120.000

Alctron Pf06 Microphone Pop-Filter – Rp. 300.000

6. Boom for Microphone

Ini Boom ya. Bukan Bom yang meledak itu. Boom adalah penyangga microphone yang kini bentuknya bervariasi. Ada stand boom yang berdiri tegak dari lantai dengan ukuran 1 sampai 1,5 meter. Ada juga table boom yaitu penyangga kecil yang berdiri di atas meja.

Rexus Microphone Boom Arm Stand Thronmax Zoom S3 ©www.thronmax.com

Lalu ada lagi yang agak ribet seperti penyiar radio, Arm Boom. Dia terdiri dari beberapa sudut yang mampu menyesuaikan arah dan posisi si pembicara.

Boom Mic Stand/Stand Mic Lantai – Rp. 140.000

Calin Low Floor & Desktop Boom Microphone Stand – Rp. 150.000

Rexus Microphone Boom Arm Stand Thronmax Zoom S3 – Rp. 750.000

7. Kamera

Apakah Anda ingin membuat konten Podcast Video? tentu Anda membutuhkan kamera untuk mengambil gambar. Untuk hasil perekaman yang maksimal, kami menyarankan untuk menggunakan kamera vlog dengan resolusi 4K.

Jika Anda menggunakan ponsel premium seperti iPhone 12 atau Samsung Galaxy S21, bisa saja menggunakannya untuk merekam video. Namun tentu ada beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan menggunakan kamera vlog atau kamera DSLR.

Anda tentu bisa memilih banyak varian dari kamera buatan Canon atau Nikon. Jika ingin kamera vlog yang lebih murah, Xiaomi adalah kunci. Iya, Xiaomi ternyata mempunyai produk Xiaomi Yi M1 Kamera Mirrorless Digital dengan harga 4 juta rupiah. Sepertinya perlu untuk kami mencobanya.

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm 20mp Mirrorless Kamera Vlog ©www.amazon.co.uk

Berikut beberapa kamera vlog dengan harga terjangkau :

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm 20mp Mirrorless Kamera Vlog – Rp. 3.000.000

Xiaomi Yi M1 Kamera Mirrorless Digital – Rp. 4.000.000

Canon G7 Mark III – Rp. 8.000.000

Anda bisa membaca ulasan mengenai Canon G7 Mark III di sini

8. Komputer

Perangkat ini sangat penting untuk memproses input suara dengan memfilter noise yang masuk dan mengatur frekuensi suara.

Anda juga membutuhkan PC komputer atau Laptop untuk memformat video, memotong beberapa bagian yang tidak perlu kemudian menggabungkannya dengan suara.

Dell XPS 15 ©www.techradar.com

Jika Anda fokus pada konten audio visual, maka Anda perlu Komputer atau Laptop dengan spesifikasi tinggi. Karena memproses video dan melakukan rendering membutuhkan kekuatan yang besar, ini memerlukan dukungan prosesor dan RAM yang bertenaga.

Setidaknya kami menyarankan Anda untuk membeli Laptop dengan Prosesor Core-i7, Grafis Nvidia, dan RAM minimal 8GB.

Untuk proses Rendering lebih cepat kami pribadi lebih suka menggunakan PC, tentu dengan spek yang sama seperti di atas. Karena PC memiliki kelebihan lebih cepat membuang panas sehingga mesin akan bisa lebih tenang bekerja karena tetap dingin.

Ada beberapa pilihan Laptop untuk proses editing Podcast Anda, seperti Lenovo Legion 5i, Mac Book Pro 16, Lenovo Thinkpad Extreme Gen 3, atau Dell XPS 15.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago