Samsung S21 atau Samsung S20 FE, Mana Yang Anda Pilih?

Samsung S20 muncul lebih dahulu di akhir tahun 2020 dengan menambahkan atribut FE, apa itu FE? FE adalah kepanjangan dari Fan Edition. Katanya nih Samsung merilis edisi khusus yang sesuai dengan keinginan mayoritas pengguna Samsung S20, data ini diambil dari kuesioner dan komentar yang dikirim langsung ke akun resmi Samsung.

Sedangkan satu bulan berselang yaitu di awal Januari 2021, Samsung meluncurkan Seri S21 yang mengejutkan banyak orang karena tidak menyertakan kepala charger dan earphone kabel di dalam box yang sudah menjadi ciri khas Samsung sebelumnya.

Samsung beralasan pengurangan ini menjadi komitmen mereka untuk mengurangi penggunaan material dan sampah plastik. Bagaimana menurut kalian?

Munculnya dua produk berbeda dalam selang waktu yang begitu singkat pasti akan membuat anda berpikir dua kali untuk mempertimbangkan antara membeli Samsung S21 atau Samsung S20 FE.

Tentu banyak orang akan secara singkat memilih Samsung S21 karena jawabannya sederhana, ini adalah produk yang terbaru.

Namun jika anda mau lebih teliti dan membandingkan antara keduanya, bisa jadi anda akan lebih memilih untuk membeli Samsung S20. Meskipun sebenarnya dibanding-bandingkan itu tidak enak lho, apalagi sama calon mertua. Hahaha.

Agar anda bisa lebih jelas mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi abhan pertimbangan saat akan menentukan pilihan jodoh antara Samsung S21 dengan Samsung S20 FE. Baiknya kita baca bersama – sama ulasan di bawah ini. Cekidot!!

Harga

Samsung Galaxy S20 FE mulai dijual pada 2 Oktober 2020, sedangkan Samsung Galaxy S21 datang kemudian pada 29 Januari 2021.

Harga Samsung Galaxy S20 FE berada di kisaran 10 juta, paling murah dari keluarga S20 sebelumnya. Meski lebih murah, namun Samsung tidak melakukan pengurangan yang ekstrim dari keluarga S20 yang lain.

Sedangkan Samsung Galaxy S21 sedikit lebih mahal dengan harga 13 juta, ini adalah harga paling murah dari keluarga S21 yang lain yaitu S21 Plus dan S21 Ultra.

Desain

Jika anda mengira bahwa Samsung Galaxy S20 lebih kecil daripada Samsung Galaxy S21 maka anda salah, karena Samsung Galaxy S20 memiliki dimensi 159.8 x 74.5 x 8.4mm yang membuatnya lebih besar dari 151.7 x 71.2 x 7.9mm pada Samsung Galaxy S21. Oleh karena itu Samsung Galaxy S20 juga sedikit lebih berat dengan bobot tambahan 19 gram dari Samsung Galaxy S21 yang bobotnya 172 gram.

Ada satu hal minus pada kedua Smartphone tersebut, yaitu tidak ada tepi melengkung pada layar sehingga menimbulkan kesan sebagai perangkat dengan harga yang murah. Sisi layar melengkung hanya digunakan pada Samsung Galaxy S21 Ultra yang jauh lebih premium.

Kedua perangkat tersebut dibungkus dengan materia yang sama yaitu Glasstic, material khusus yang dikembangkan Samsung untuk tampilan luar gadget mereka. Kualitas Glasstic sendiri berada di antara plastik dan kaca. Ini lebih unggul dari bagian belakang plastik biasa, tetapi tidak sebagus bagian belakang kaca.

Satu hal kelebihan dari Samsung Galaxy S21 yang menonjol daripada Samsung Galaxy S20 FE adalah penataan ulang susunan kameranya, yang disebut Samsung Contour Cut Camera-nya terasa lebih ramping daripada cara yang lebih konvensional yang digunakan oleh Samsung Galaxy S20 FE.

Layar

Kedua ponsel menggunakan resolusi yang sama yaitu 2400 x 1080 dengan kecepatan refresh yang sama pula, 120Hz. Perbedaan yang paling mencolok adalah dalam hal ukuran layar. Seperti yang kita singgung diatas, Samsung Galaxy S20 FE lebih besar dengan layar 6,5 inci dibandingkan dengan layar 6,2 inci Samsung Galaxy S21.

Samsung S21 atau Samsung S20 FE

Keduanya juga menawarkan tipe layar AMOLED dengan Galaxy S21 menyediakan panel ‘dinamis’. Apa artinya? Ini memiliki kecepatan refresh adaptif yang beralih antara 48 hingga 120Hz jika diperlukan.

Tidak ada yang dapat bersaing dengan layar QHD unggulan Samsung Galaxy S21 Ultra, tetapi anda akan kesulitan melihat perbedaan jika Anda menempatkan Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE bersebelahan.

Perlu diingat bahwa Samsung Galaxy S21 akan lebih nyaman digenggam dengan satu tangan, tetapi konten media layar lebar akan terlihat lebih baik pada layar Samsung Galaxy S20 FE yang lebih besar.

Kamera

Sekilas, kamera Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE terlihat sangat mirip. Keduanya memiliki sensor utama 12MP dan sensor ultra lebar, ini merupakan titik awal yang baik bagi siapa pun yang ingin mengambil foto.

kamera Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE
Samsung S21 atau Samsung S20 FE

Perbedaannya adalah pada lensa telefoto. Samsung Galaxy S21 menggunakan sensor 64MP dan zoom optik 1.1x, sedangkan Samsung Galaxy S20 FE memiliki sensor 8MP tetapi 3x optical zoom. Samsung Galaxy S20 FE melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan bidikan yang diperbesar namun kualitas warnanya sedikit lebih kusam.

Kedua ponsel menawarkan mode kamera ekstensif yang benar-benar berguna. Ini termasuk mode fotografi Single Take di mana anda cukup mengarahkan ponsel Anda ke sebuah subjek, merekam video pendek 5 hingga 15 detik, melakukan panning di sekitar pemandangan, dan ponsel menghasilkan foto dan rekaman video terbaik untuk anda.

Mode lainnya termasuk Panorama, Malam, Fokus Langsung, Video Fokus Langsung, dan dua mode gerak lambat. Mode malam pada kamera juga bekerja dengan baik untuk menghasilkan bidikan yang layak dalam pengaturan cahaya redup tanpa perlu membiarkan ponsel diam terlalu lama.

Samsung Galaxy S21 hanya mengusung kamera selfie 10MP sedangkan Samsung Galaxy S20 FE memiliki kamera selfie 32MP. Namun anda tidak akan benar-benar mendapatkan kualitas jepretan seukuran 32MP karena kamera dipasang dengan lensa sudut lebar, tetapi ini berarti jika Anda bisa dengan baik mengambil foto selfie grup, hasilnya akan terlihat jauh lebih baik menggunakan Samsung Galaxy S20 daripada yang ditawarkan S21.

Kemudian tentang kualitas video, Samsung Galaxy S21 adalah yang terbaik dari keduanya. S21 menawarkan kualitas 8K pada 24 frame per detik meski beberapa gambar terlihat sedikit terpotong.

Kedua perangkat menawarkan kualitas 4K pada 30 dan 60 frame per detik bersama dengan Full HD pada 30 dan 60 bingkai per detik. Kelebihan dari Samsung Galaxy S21 mempunyai fitur Full HD hingga 240fps jika Anda membutuhkannya.

Spesifikasi dan Performa

Samsung Galaxy S21 menggunakan chipset terbaru dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 FE. S21 yang beredar di Indonesia menggunakan chipset Exynos 2100. Sedangkan Samsung Galaxy S20 Fe dibekai dengan chipset Exynos 990.

Samsung S21 atau Samsung S20 FE

Jika kecepatan adalah segalanya, Samsung Galaxy S21 akan mencuri hati anda dengan mudah.

Baik Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S20 FE menawarkan penyimpanan 128GB atau 256GB. Keunggulan pada Samsung Galaxy S20 FE adalah memiliki slot microSD yang tidak dimiliki pada keluarga Seri S21. Mungkin Samsung lebih menginginkan pengguna Samsung Galaxy S21 menyimpan data di Samsung Cloud.

Dan, tentu saja, kedua perangkat menawarkan konektivitas 5G (kecuali Anda menggunakan versi 4G dari Samsung Galaxy S20 FE) sehingga anda dapat menggunakan kecepatan koneksi yang lebih cepat jika anda menggunakannya di area yang menawarkan kecepatan 5G.

Daya tahan baterai

Dari segi spesifikasi, Samsung Galaxy S20 FE memiliki baterai 4.500mAh sedangkan Samsung Galaxy S21 menawarkan daya tahan baterai 4.000mAh.

Keduanya mungkin tidak akan bertahan hingga malam hari, apalagi jika mengoptimalkan fitur seperti 5G dan tampilan layar maksimal 120 Hz. Setidaknya ada beberapa mode hemat daya yang berbeda untuk membuatnya lebih mudah dicapai.

Masa pakai baterai tentu akan lebih singkat apabila anda menggunakannya untuk menambah daya bagi perangkat yang lain, misanya wireless earphone atau smartwatch. Samsung menyebut fitur ini sebagai PowerShare.

Kedua perangkat kompatibel dengan pengisian nirkabel Qi dan menawarkan pengisian cepat melalui pengisi daya USB-C 25W. Meski kita tahu bahwa Samsung Galaxy S21 tidak dibekali dengan kepala charger. Dengan asumsi bahwa anda sudah memiliki kepala charger sebelumnya yang masih bisa dipakai.

Jadi, Mana Pilihan Anda?

Apakah Samsung Galaxy S21 atau Samsung S20 FE lebih baik? Yah, itu sebagian besar tergantung pada jenis ponsel seperti apa yang anda butuhkan.

Dalam hal kinerja, Samsung Galaxy S21 adalah yang terbaik dari keduanya. Ini lebih cepat dan akan dengan mudah menangani banyak tugas sekaligus dalam tampilan layar terpisah tanpa masalah. Namun, S21 memiliki opsi penyimpanan terbatas dan menawarkan layar yang lebih kecil daripada Samsung Galaxy S20 FE.

Hal diatas hanya menjadi masalah jika Anda menginginkan pengalaman digital yang lebih besar. Jika Anda memiliki tangan yang lebih kecil, Anda akan menemukan S21 lebih nyaman untuk dipegang, tetapi jika Anda ingin pengalaman tipe layar yang lebih lebar saat streaming konten media, Samsung Galaxy S20 FE adalah pilihan terbaik.

Baca artikel ulasan produk samsung, Ini Rasanya Pakai Hp Lipat Samsung Z Flip! (Review dan Spesifikasi).

S20 FE memiliki keunggulan dalam hal kamera depan. Jika anda hanya menginginkan kamera yang hebat dan layar yang bagus maka Samsung Galaxy S20 FE adalah pilihan terbaik untuk Anda, dan biayanya akan lebih murah. Namun jika anda seorang yang lebih menyukai performa, tentu S21 adalah pilihan yang lebih baik.