OnePlus

Satu lagi Ponsel 5G Murah Bulan Juni, OnePlus N200

OnePlus Nord N200 5G adalah ponsel murah yang menjanjikan dengan spesifikasi hebat dan kamera yang lumayan. Anda akan suka desainnya yang tampak seperti premium dan kapasitas baterainya besar.

OnePlus Nord N200 5G adalah versi baru dari OnePlus Nord N100 kelas menengah yang keluar pada tahun 2020. Tentu versi baru ini mempunyai spesifikasi yang sedikit lebih baik dan tambahan konektivitas 5G.

Tidak mengherankan bahwa OnePlus lebih suka merilis ponsel yang terjangkau untuk bermain di level menengah. Mengingat kebanyakan pemakai OnePlus ada pada level pasar tersebut.

Tahun ini sepertinya OnePlus mencoba kembali ke konfigurasi ponsel ramping, terjangkau namun kuat yang membuat merek ini populer.

Begitu pula dengan OnePlus Nord N200 sebagai ponsel yang ramping dan kuat. Dengan desain fisik yang hebat membuatnya terasa lebih premium daripada harga yang diberikan.

Spesifikasinya masuk akal tetapi tidak menakjubkan, dengan chipset Qualcomm Snapdragon 480 5G, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

©www.techradar.com

Kami mengatakan bahwa kameranya lumayan, dengan kekurangan di sana sini. Kamera utama hanya 13MP, kualitasnya tidak seberapa dan hanya cukup untuk tampilan di instagram.

Lensa tambahannya lainnya ada kamera makro 2MP dan depth-kamera 2MP.

Tentu untuk Anda yang mencari kekuatan kamera ini tampak kurang menarik. Namun ini hal yang harus Anda maklumi sebagai upaya OnePlus untuk mencapai level harga medium.

Secara keseluruhan, OnePlus Nord N200 5G tampaknya merupakan ponsel murah yang bagus untuk level pengguna biasa.

Bagaimanapun, harganya yang rendah menjadikannya bagus untuk apa yang dimiliki ponsel ini : spesifikasi dan konektivitas 5G dengan harga murah.

Desain OnePlus N200

Nord N200 5G terasa lebih premium daripada yang dibutuhkan untuk ponsel murah.

©www.techradar.com

Bagian belakangnya terasa seperti kaca, dengan lapisan buram yang biasanya ada pada ponsel yang lebih mahal.

Bezel layar depan cukup ramping untuk ponsel murah, sementara lubangnya tidak terlalu besar. Di antara keduanya, sisi plastik terasa halus, dengan nuansa logam dengan sedikit warna krom.

Ponsel ini tidak memiliki sensor sidik jari di layar, tetapi Anda bisa menemukan tombol kunci ekstra besar di sisi kanan yang mencakup pemindaian sidik jari.

Ini juga cukup akurat dan cepat, dengan penempatan yang baik dekat dengan tempat ibu jari Anda saat memegang telepon dengan satu tangan.

Desain lainnya hanya cukup ala kadarnya: tombol volume tipis di sisi kiri, slot SIM di atasnya, dan tidak ada apa pun di bagian atas kecuali mikrofon.

Bagian bawah memiliki slot USB-C di tengah, speaker di sebelah kanan, dan jack headphone 3.5mm di sebelah kiri.

N200 5G tahan air tetapi tidak memiliki peringkat  IP. Ketahanan ini hanya untuk melindungi dari tetesan di wastafel atau bak mandi.

Bingkai plastik dan pelat belakang dapat menangani tetesan dan bantingan kecil tanpa cedera, tetapi layar Gorilla Glass 3 tidak mungkin menahan benturan langsung dengan baik.

Tampilan OnePlus N200

N200 5G mengemas layar IPS LCD 6,49 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080).

©www.techradar.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bezelnya tidak terlalu tebal, memberikan tampilan yang ramping seperti yang diharapkan untuk ponsel murah.

Punch-hole untuk kamera selfie berukuran cukup besar, namun tidak akan menghalangi sebagian besar layar.

Kami menemukan tampilan sangat berguna, kurang sedikit ketajaman tetapi sebaliknya menangani media dan permainan dengan baik untuk telepon level medium.

Kecepatan refresh 90Hz juga merupakan sentuhan yang bagus untuk ponsel beranggaran rendah, memberikan pengalaman menjelajah dan bermain game yang lebih lancar daripada kecepatan refresh 60Hz untuk tampilan di sebagian besar ponsel murah.

Kamera OnePlus N200

Nord N200 5G memiliki tiga kamera belakang, meskipun Anda tidak akan melihat kamera ultra lebar atau telefoto seperti ponsel murah lainnya. Lensa ekstra N200 lebih sebagai pelengkap saja, kamera makro dan sensor monokrom.

©www.techradar.com

Ponsel ini memiliki kamera utama 13MP f/2.2 dengan EIS, yang menangani fotografi jarak dekat dan foto siang hari dengan cukup baik.

Meskipun memiliki pengaturan cahaya yang berbeda. Ketika bidikan dengan latar belakang cerah di latar depan yang redup akan menggelapkan latar depan dan meledakkan latar belakang yang cerah.

Dua lensa lainnya, makro 2MP f/2.4 dan monokrom 2MP f/2.4, tidak banyak menambah kemampuan fotografi pada ponsel ini.

Selain itu, kami tidak dapat menemukan beberapa pengaturan dasar seperti beralih dari rasio 4:3 ke 16:9, membuat ponsel ini terasa kurang jika membandingkannya dengan susunan kamera ponsel murah lainnya.

Ada juga kamera depan 16MP, yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengoperasikannya. Jarang kami menemui ponsel dengan kamera depan lebih besar dari kamera utama bagian belakang.

Mungkin OnePlus menginginkan Anda lebih banyak melakukan selfi daripada mengambil gambar pemandangan.

Performa OnePlus N200

Nord N200 5G tidak banyak meningkatkan spesifikasi dari pendahulunya, menggunakan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB yang sama dengan Nord N100. Anda dapat menambahkan hingga 1TB penyimpanan tambahan dengan kartu microSD.

OnePlus hanya memberikan peningkatan pada chipset yaitu dari Snapdragon 460 ke Snapdragon 480 5G.

Kinerja sangat baik. N200 5G menangani multitasking dengan mudah, dan aplikasi langsung terbuka. Sedikit lag yang kami temui pada N100 tidak terlihat di sini.

Kemampuan konektivitas ‘5G’ itu adalah indikator nyata dari potensi peningkatan kinerja, mengingat spesifikasi yang lebih tinggi diperlukan untuk terhubung ke jaringan 5G.

Baca review, Bodi Tipis dan Jago Selfie, Vivo V21 5G Dijual RP5,7 jutaan

Kita akan melihat seberapa baik itu melawan para kompetitor saat Anda menggunakannya selama beberapa hari.

Tetapi dalam pengujian awal, skor Geekbench 5 dari 1582 menempatkan kinerjanya setara dengan ponsel Google Pixel 4a 5G dan Pixel 5.

©www.techradar.com

Dalam pengalaman kami, ponsel ini cukup kuat untuk aktivitas menjelajahi media sosial dan menonton media.

Ponsel ini menjalankan Android 11 bersama dengan overlay OxygenOS OnePlus, yang masih merupakan salah satu overlay kustom yang lebih bersih di antara ponsel lainnya.

Hanya ada sedikit bloatware dalam hal aplikasi atau pengaturan, serta beberapa tambahan yang bagus seperti Mode Zen yang mematikan semua notifikasi saat Anda ingin fokus bermain game.

Volume maksimum pada lubang suara mencapai 88dB, cukup keras untuk didengar di jalan yang sibuk.

N200 5G memiliki satu speaker mono dengan suara maksimal pada 90dB. Soundstage berbentuk kotak dan tidak rata karena penempatan speaker.

Mid didorong ke depan, yang membantu meminimalkan beberapa distorsi yang kami perhatikan dengan frekuensi yang lebih tinggi di latar belakang.

Kualitas suara cukup dapat diterima untuk level harga ini, tetapi Anda lebih baik mengambil sepasang headphone yang bagus untuk streaming audio.

Wi-Fi dual-band sudah terpasang, seperti Bluetooth 5.1 untuk konektivitas yang dapat diandalkan. N200 5G juga memiliki NFC untuk pembayaran seluler dan boarding pass.

Baterai OnePlus N200

Nord N200 memiliki baterai 5.000mAh yang tentu akan memberikan ketahanan dari pagi hingga menjelang senja.

Kapasitas ini tidak berubah dari N100, masih merupakan jumlah yang sangat besar yang akan bertahan untuk segala aktivitas.

Kapasitas itu setara dengan yang ada pada beberapa ponsel level medium saat ini, kecuali Motorola G9 Power yang mempunyai kapasitas baterai 6.000mAh.

Yuk baca juga, 8 Motherboard Terbaik untuk Menambang Crypto

Pengisi daya ponsel 18W yang disertakan dalam kotak bukanlah versi paling cepat dari OnePlus, tetapi ini berfungsi dengan baik.

Dalam pengujian awal kami, baterai ini mengisi ulang sekitar 40% baterai dalam 30 menit, yang akan mengisi kembali hingga penuh dari nol dalam waktu sekitar 1,5 jam. Ini bukan yang terbaik, tetapi juga tidak ketinggalan jaman.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago