Smartphone

Ponsel Google 5a 5G, Baterai Besar dan Tahan Air

Tepat pada 17 Agustus 2021 Google meluncurkan Ponsel paling barunya, Google Pixel 5a. Ponsel ini membawa peningkatan dari pendahulunya dalam hal baterai yang lebih besar dan peringkat untuk ketahanan air dan debu.

Sebuah peningkatan yang menyenangkan, membuat ponsel ini menjadi kelas menengah yang elegean. Kualitas kameranya tetap fantastis, meski tanpa fitur zoom.

Perangkat lunak yang ringan sehingga anti nge-lag, spesifikasi yang melebihi harga, dan desain yang kompak mudah digenggam dalam satu tangan.

Spesifikasi Google Pixel 5a 5G

Layar6,34 inci (2400 x 1080 piksel), OLED, HDR, dan terlindungi Corning Gorilla Glass 3
Dimensi154,9 x 73,7 x 7,6mm
Berat185 gram
ChipsetSnapdragon 765G 7nm EUV Mobile Platform dengan GPU Adreno 620
RAMLPDDR4X 6GB
Penyimpanan128GB
OSAndroid 11
SIMDual SIM
Kamera Belakang13MP dengan aperture f/1.7, LED flash, OIS, dan kamera ultra lebar 16MP 107° dengan aperture f/2.2
Kamera Depan8MP dengan lensa ultra lebar 84°, bukaan f/2.0
Fiturtahan air dan debu (IP67), jack audio 3,5mm, speaker stereo, 2 mikrofon, sensor sidik jari yang dipasang di belakang
Koneksi5G SA/NA 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac 2×2 MIMO (2,4/5 GHz), Bluetooth 5.1 LE, GPS, USB Type-C 3.1 Gen 1, NFC
Baterai4,680mAh dengan pengisian cepat USB-PD 2.0 18W
Fitur Google Pixel 5a 5G

Ulasan Singkat

Secara desain masih mirip pendahulunya, namun Pixel 5a 5G tak memakai material polikarbonat melainkan logam. Material logam membuat ponsel ini bisa mengantongi sertifikat IP67 untuk tahan air dan debu.

Kapasitas baterainya meningkat dari sebelumnya 3.885 mAh menjadi 4.680 mAh. Seperti Pixel 4a, ponsel ini tidak punya dukungan wireless charging, Google juga hanya memberikan pengisian cepat 18W.

Pixel 5a memiliki chipset Snapdragon 765, sama seperti Pixel 4a. Memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, sehingga Anda bisa leluasa menyimpan banyak foto dan menginstal banyak aplikasi.

Pixel 5a juga mengusung kamera yang sama dengan pendahulunya: kamera utama 12MP dan penembak ultra lebar 16MP di bagian belakang, serta kamera depan 8MP.

Dua hal yang membedakan, baterai dan layarnya yang sedikit lebih luas. Kekuatan baterai di Pixel 5a memiliki kapasitas lebih besar (4.680mAh) daripada yang ada di Pixel 4a (3.140mAh).

Sedangkan untuk layarnya 6,2 inci, kalau Pixel 4a 5G luas layarnya adalah 6,2 inci. Dengan fitur Ip67 tahan air dan debu, ponsel Anda akan aman terendam air hingga satu meter selama 30 menit.

Singkatnya, ponsel ini membawa beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya, tetapi masih merupakan salah satu perangkat kelas menengah terbaik yang dapat Anda beli.

Ini tidak banyak mengesankan bagi pengguna yang mencari inovasi sejati. Tetapi kemungkinan Google menahan peningkatan besar untuk Google Pixel 6 bertenaga chipset Tensor yang akan datang akhir tahun ini.

Pixel 5a hanya punya satu warna, tapi kami pikir tidak mengecewakan. Sebagian besar warnanya Hitam, dengan nada “hijau hutan” seperti yang  tampak dalam iklan. Deskripsi warnanya cukup akurat, dengan warna hijau hanya muncul ketika bagian belakang tertimpa cahaya tertentu.

Desain

Jika Anda berpikir desain Google Pixel 5a tidak berubah dari Google Pixel 4a, Anda sebagian besar benar. Ponsel baru tampak hampir identik dengan ponsel yang lama.

Meski secara teknis, ini sedikit lebih tinggi dan sedikit lebih sempit dan sedikit lebih tebal. Tetapi tidak ada yang bisa membedakan antara keduanya dari sisi model, selain dari warna baru yang disebutkan di atas.

Kemudian ada perbedaan dari kontur dan tombol kunci abu-abu Pixel 5a yang bergerigi. Pixel 4a 5G hanya hadir dalam warna hitam pekat dengan tombol kunci abu-abu datar.

Baca review lainnya, Vivo V21 5G

Pixel 5a 5G memiliki kaca depan dengan punch-hole di sudut kiri atas. Bagian belakang adalah plastik dengan tekstur matte yang membungkus bagian samping, atas, dan bawah.

Bagian belakang ponsel ini rasanya halus saat tangan Anda menyentuhnya. Tampak tidak murahan, meski tidak terlalu premium. Gayanya cenderung sederhana dan elegan.

Kemudian pada bagian atas ada blok kamera berlapis kaca yang menonjol. Sensor sidik jari pada bagian tengah berbentuk melingkar. Sensornya responsif kecuali ketika tangan Anda berkeringat.

Pada sisi kanan adalah tombol kunci dan ada volume rocker pada bagian bawahnya. Pada sisi kiri ke arah bawah ada slot SIM. Sedangkan mikrofon dan jack headphone 3.5mm berada di sisi atas ponsel.

Lalu port USB-C pengisi daya ada sebelah bawah, diapit dengan dua speaker pada kedua sisinya.

Untuk pertama kalinya di ponsel Google seri-a, Pixel 5a memiliki ketahanan terhadap debu dan air dengan peringkat IP67. Ini berarti ponsel dapat terendam air hingga satu meter selama setengah jam.

Meski tampak hanya sebuah peningkatan kecil, tetapi akan meyakinkan mereka yang khawatir tentang resistensi terhadap elemen.

Tampilan Ponsel Google 5a 5G

Google Pixel 5a mengemas layar OLED Full HD Plus (2400 x 1080) 6,34 inci. Meski sedikit lebih lebar tapi  cukup identik dengan layar yang ada pada Pixel 4a 5G (6,2 inci, 2340 x 1080).

Tampilan layarnya cerah dan hidup, dan bagus untuk menonton media dan bermain game. Kecepatan refresh hanya 60Hz, lebih rendah dari beberapa ponsel kelas menengah yang keluar pada tahun 2021.

Layarnya memiliki lubang punch untuk kamera pada bagian sudut kiri atas, yang ukurannya sedikit lebih kecil dari yang ada di Pixel 4a 5G. Bezel yang mengelilinya cukup tipis sehingga ukuran layar membuatnya jadi sedikit lebih lebar.

Kamera

Pixel 5a memiliki kamera yang sama dengan Pixel 4a 5G, kamera utama 12,2MP f/1.7 dual-piksel. Kamera utama mempunyai dukungan fokus otomatis stabilisasi gambar optik dan elektronik. Kamera kedua adalah ultra lebar 16MP f/2.2.

Tidak ada lensa telefoto, karena kamera utama mampu melakukan zoom digital hingga 7x. Tetapi selain itu, pengaturan kamera Pixel 5a juga sama baiknya dengan jajaran Pixel lainnya. Mampu mengambil bidikan yang memiliki kejernihan menakjubkan dan warna realistis.

Berkat perangkat lunak foto Google yang ajaib, bahkan dalam kegelapan total Anda dapat menangkap gambar dengan pencahayaan yang baik tanpa banyak noise.

Baca review, Oppo A94 5G

Pixel 5a mampu mempertahankan statusnya sebagai salah satu ponsel paling terjangkau dengan kamera malam yang luar biasa. Jika Anda membutuhkan pencahyaan lebih, ada flashlight yang menerangi objek foto Anda.

Kamera depannya mempunyai kemampuan foto 8MP yang mampu mengambil foto cukup detail untuk kamera depan. Kemampuan ini mungkin juga berkat perangkat lunak gambar buatan Google.

Spesifikasi dan performa

Pixel 5a memiliki spesifikasi yang membuat banyak ponsel kompetitor angkat topi. Bekerja dengan dorongan chipset Snapdragon 765G buatan tahun 2020. Meski ini adalah prosesor yang sama seperti Google Pixel 4a 5G.

Namun bekerja lebih cepat dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Sehingga Anda tidak akan kesulitan menjelajah, bermain game, menonton video, dan banyak lagi.

Ponsel Pixel 5a menjalankan Android 11 dengan tampilan khas Google. Karena ini ponsel buatan Google sendiri, maka memiliki bloatware paling sedikit yang tidak akan Anda temukan pada ponsel Android mana pun.

Ponsel hanya berisi rangkaian aplikasi Google, seperti yang Anda harapkan. Itu membuat ponsel bersih dan mudah digunakan, tanpa banyak embel-embel. Ini adalah yang paling baik dari semuanya.

Satu hal lagi yang menyenangkan sebagai ponsel Pixel, Pixel 5a akan menjadi salah satu ponsel pertama yang mendapatkan update Android 12. Kami memperkirakan update versi paling baru dari Android ini akan keluar pada bulan September atau Oktober.

Ponsel ini memiliki konektivitas 5G dengan kecepatan yang lebih tinggi di setiap jaringan sub-6 5G dari masing-masing operator.

Baterai Ponsel Google 5a 5G

Salah satu peningkatan paling mencolok di Pixel 5a adalah baterai 4.680mAh. Yang memiliki kapasitas yang jauh lebih tinggi daripada baterai di Pixel 4a 5G (3.885mAh) dan Pixel 4a (3.140mAh).

Kapasitas yang lebih besar biasanya berarti masa pakai baterai yang lebih lama, dan itulah yang diberikan Google Pixel pada Anda.

Dalam praktiknya, Pixel 5a bertahan lebih dari sehari. Dengan penggunaan media yang minim, tanpa bermain Game, dan cenderung hanya menggunakan media pesan singkat.

Ketika Anda menggunakan ponsel untuk bermain game maka akan menghabiskan daya baterai 5 persen dalam 10 menit.

Review, Xiaomi POCO M3 Pro

Sementara menonton tayangan Netflix selama 30 menit menghabiskan baterai 6 persen, kurang lebihnya bergantung pada penggunaan speaker atau earphone.

Saat Anda membeli  ponsel ini, Google akan memberikan adaptor pengisian cepat 18W dalam kotak. Ini tidak terlalu mengesankan, karena dalam 30 menit hanyamengisi baterai sebanyak 33 persen.

Mengingat kapasitas baterai yang lebih besar, maka Anda butuh lebih dari 1,5 jam untuk mendapatkan pengisian 100 persen.

Ini mungkin bukan masalah, tetapi ini masih bukan pengisian paling cepat dari sebuah ponsel. Dan seperti pendahulunya, Pixel 5a tidak menawarkan pengisian nirkabel, apalagi membalikkan pengisian nirkabel. Mustahil. Hehe.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago