Samsung

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel lipat paling ciamik tahun ini, Samsung Galaxy Z Flip3.

Sebuah ponsel yang bisa dilipat sehingga muat untuk kantong yang kecil, kurang lebih begitu artinya.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa Samsung Galaxy Z Flip3 layak dimiliki. Bentuknya inovatif, nyaman dalam genggaman, dan mudah untuk menyimpannya dalam kantung baju atau tas tangan kecil.

Meskipun tidak menghadirkan perubahan besar dibanding Flip 2. Namun ponsel ini memiliki desain yang kokoh dan layar yang bagus, meskipun kameranya tidak bagus dan baterainya cukup kecil.

Beberapa penyesuaian kecil dan harga yang sedikit lebih rendah mungkin akan memenangkan hati mereka yang sebelumnya ragu tentang ponsel lipat ini.

Memiliki desain yang sleek, compact, dan pocketable. Samsung menyertainya dengan fitur yang inovatif, Galaxy Z Flip3 5G menghadirkan fleksibilitas dan fungsionalitas terdepan sebuah smartphone.

Kehadiran  Samsung Galaxy Z Flip 3 pada pertengahan Agustus membuat euforia pasar ponsel kembali meningkat.

Meluncur bersama dengan Samsung Galaxy Z Fold 3 , Anda akan menemukan Z Flip 3 lebih merupakan pembaruan dari Flip 2. Tidak ada perbedaan yang mendasar, kecuali pada dukungan jaringan 5G.

Satu perubahan ‘besar’ yang menggembirakan adalah harganya lebih rendah dari Flip asli.

Meskipun pengurangan itu tentu saja belum cukup untuk membuat Z Flip 3 menjadi perangkat yang lebih menarik jika Anda belum terpesona oleh ponsel flip modern.

Ulasan Singkat Samsung Galaxy Z Flip 3

Ini adalah ponsel lipat clamshell paling mantap saat ini, dengan sedikit kompetitor. Hanya ada Motorola Razr 2020 atau Z Flip original yang menjadi pesaing Flip 3.

Selain fungsi lipat, Z Flip 3 tidak benar-benar mencerminkan level harganya. Ada beberapa masalah dengan faktor bentuk.

seperti fakta ada celah pada telepon saat Anda menutupnya, seberapa kaku untuk menutup, atau Penempatan pemindai sidik jari yang sangat tinggi di sisi kanan.

Kemudian baterai ponselnya pun kecil dan resolusi kamera yang tidak menarik.

Memasukkan ponsel ke dalam saku tentu menyenangkan. Tentu akann selalu melegakan bahwa mengetahui layar bagian dalam terlindungi dari goresan dan goresan saat dilipat.

Sementara layar eksterior bagian luar saat dilipat berukuran 1,9 inci, ini lebih lebar dari pendahulunya yang luasnya hanya 1,1 inci.

Manfaat dari layar bagian luar ini adalah untuk selfie dan membantu melihat notifikasi. Tapi kami menilai kontrol sentuhnya sedikit rewel jika ingin melakukan pengaturan notifikasi.

Kami menilai Galaxy Z Flip 3 adalah sebuah tren dan upaya Samsung untuk melakukan diferensiasi produk dengan inovasi.

Namun untuk penggunaan sehari – hari, kinerjanya tampak seperti ponsel biasa. Jika Anda mencari performa, kami sarankan untuk membeli ponsel Samsung lain dengan desain yang biasa.

Galaxy Z Flip3 5G hadir dengan dimensi 72,2 x 86,4 x 17,1 milimeter (mm) dalam keadaan menutup. Sementara, dalam keadaan membuka, Galaxy Z Flip3 5G memiliki dimensi 72,2 x 166,0 x 6,9 mm.

Ukuran dimensi sudah mencakup perhitungan ketebalan engsel. Ukuran ini lebih ringkas daripada Galaxy Z Flip generasi sebelumnya, baik dalam keadaan membuka maupun menutup.

Review, Ponsel Google 5a 5G, Baterai Besar dan Tahan Air

Bobot Galaxy Z Flip3 5G sekitar 183 gram. Desain ramping dan bobot ringan memberi kenyamanan kepada Anda saat mengambil foto selfie dan menggulir media sosial.

Walaupun memiliki dimensi yang lebih ringkas namun layar Galaxy Z Flip3 5G bukan kaleng-kaleng. Mengusung layar utama Infinity Flex Display berukuran 6,7 inci dengan Dynamic Amoled 2X dan 120 Hertz (Hz) refresh rate yang bisa diatur lebih rendah agar lebih hemat daya.

Lalu berapa budget yang harus Anda siapkan untuk memiliki ponsel lipat ini?

Galaxy Z Flip3 5G mempunyai harga Rp 14.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 128 GB. Ada seri yang lebih tinggi yaitu dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB, perangkat ini bisa Anda beli dengan harga Rp 15.999.000.

Desain dan tampilan Samsung Galaxy Z Flip 3

Mari kita melihat ponsel lipat ini dari segi tampilan. Samsung Galaxy Z Flip 3 sepertinya tidak menawarkan banyak hal yang berbeda dari pendahulunya.

Tapi penampilan bisa menipu, karena begitu Anda mendapatkan telepon di tangan, Anda akan melihat beberapa perbaikan.

Ponsel ini memiliki bagian belakang plastik ‘Glasstic’ dengan kaca yang mengelilingi modul kamera, tidak seperti Flip original yang serba kaca.

Meskipun dimensi dan beratnya pada dasarnya sama seperti sebelumnya, ponsel baru ini terasa lebih kokoh untuk dipegang.

Plastik lebih tahan jatuh daripada kaca, dan umumnya lebih mudah untuk menggenggamnya. Artinya Flip tidak akan terlepas dari tangan yang basah.

Bentuk telepon tampak tegas dan meyakinkan berkat mekanisme engsel yang minim goyah dan lebih aman daripada yang ada di Flip 1.

Seperti Galaxy Z Flip 1, Z Flip 3 memiliki pemindai sidik jari pada bagian samping. Dan seperti Flip 1 juga, ini agak sulit untuk menjangkaunya saat ponsel dibuka.

Review, Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Ada juga sedikit celah antara kedua bagian saat Anda melipat ponsel. Ini membuat ponsel tampak kurang kuat dalam posisi ini, namun ini hanya kelihatannya saja. Karena kita tahu engselnya lebih kuat dari Flip 1.

Tetapi mungkin kami akan merasa lebih aman jika tidak ada celah yang mencegah debu atau air untuk masuk antara dua celah tersebut.

Salah satu pilihan desain aneh yang kembali berulang dari Z Flip adalah saat Anda melipatnya maka Z Flip 3 hampir berbentuk persegi. Dengan lebar yang sama dengan rata-rata ponsel cerdas lain.

Ini artinya ponsel ketika dilipat bisa masuk dalam kantong yang tidak dalam, asal ukuran lebarnya pas. Namun karena ukurannya jadi lebih tebal, maka akan tampak lebih menonjol keluar.

Ponsel ini hadir dalam beberapa warna berbeda yaitu Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black.

Layar utama Galaxy Z Fold 3 adalah panel FHD+ 6,7 inci yang sama dengan model 2020, meskipun kecepatan refreshnya telah ditingkatkan hingga 120Hz.

Mekanisme lipat tidak akan nampak mencolok dalam garis lurus jika Anda membukanya. Tidak seperti pada Flip asli dan semua model Fold.

Ini merupakan perubahan yang bagus, meskipun garisnya masih belum sepenuhnya tersembunyi dengan cara apa pun.

Perbaikan yang lebih besar ada pada tampilan luar, yaitu layar luar 1,1 inci pada Flip asli mendapat peningkatan yang cukup besar menjadi 1,9 inci pada Flip 3.

Ini membuatnya lebih mudah untuk melihat tata letak yang didesain ulang untuk tampilan. Juga berguna karena pengaturan baru yang memungkinkan Anda mengubah aplikasi pada tampilan sampul untuk meniru Galaxy Watch 4 Anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, layar eksternal sangat bagus untuk menampilkan notifikasi. Namun sedikit sulit untuk berinteraksi jika Anda ingin memilah-milah notifikasi Anda. Kami bahkan tidak berpikir menggunakannya untuk mengetik atau berinteraksi.

Kamera Samsung Galaxy Z Flip 3

Ulasan ini akan menjadi bagian yang cukup singkat, karena spesifikasi kamera utama dan baterai pada Samsung Galaxy Z Flip 3 sama dengan pendahulunya.

Pada bagian belakang ada kamera dengan lebar 12MP dan ultra lebar 12MP. Meskipun sensornya memiliki piksel yang lebih besar daripada yang ada di Flip 1.

Jadi gambarnya sedikit lebih cerah dan lebih berwarna. Kamera depan 10MP juga pada dasarnya tidak berubah, meskipun Samsung tidak menuliskan seberapa besar ukuran sensornya.

Koleksi mode kamera juga tampak identik dengan ponsel Samsung kebanyakan.

Ada Mode Flex, sehingga Anda dapat melipat sebagian ponsel di sudut kanan dan menggunakan satu sisi sebagai dudukan untuk menjaga sisi lain yang membawa kamera tetap stabil.

Ada juga mode standar yang akan Anda temukan di Galaxy S21 . Zooming serba digital, dan kemampuan peningkatan hingga 10x.

Anda tidak bisa membandingkan pengaturan kamera pada Flip 3 dengan apa yang akan Anda temukan pada flagship Samsung terbaru lainnya seperti S21. Jadi jangan membeli ponsel ini dengan harapan dapat mengambil foto yang fantastis.

Performa dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Z Flip 3 membawa beberapa peningkatan kinerja kecil dari pendahulunya. Yang utama adalah bahwa Flip 3 menggunakan chipset Snapdragon 888, prosesor Android kelas atas.

Berkat prosesor Snapdragon 888 dan RAM 8GB, ponsel ini terasa cukup kuat untuk digunakan saat kami menelusuri menu atau aplikasi.

Beberapa game seperti PUBG berjalan dengan baik, tapi kami tidak menyarankan untuk bermain game dengan ponsel ini.

Bayangkan jika Anda sedang serius bermain game dengan memberi tekanan berlebih pada layar ponsel dan kemudian engselnya patah. Tentu Anda akan menangis membayangkannya…hehe.

Perangkat lunak pada Flip 3 adalah Samsung OneUI dengan beberapa aplikasi bawaan Android seperti kebanyakan reskins Android lain.

Ada beberapa bloatware yang menyertainya, sebagian besar tergantung pada selera pribadi Anda.

Baterai

Galaxy Z Flip 3 memiliki baterai 3.300mAh yang sama dengan pendahulunya, yang ringan untuk ponsel dengan layar 6,7 inci. Tetapi kami menduga faktor bentuk membatasi seberapa besar paket daya.

Tidak ada perubahan pada pengisian daya 15W, yang kami anggap lambat jika baterainya tidak relatif kecil.

Review, The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Ada juga fitur pengisian nirkabel yang berfungsi lebih baik saat ponsel dalam keadaan terlipat karena penempatan koil pengisian daya pada ponsel.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Google 5a 5G, Baterai Besar dan Tahan Air

Tepat pada 17 Agustus 2021 Google meluncurkan Ponsel paling barunya, Google Pixel 5a. Ponsel ini…

1 bulan ago