Printer

Adu Printer Harga 2 jutaan dari Epson VS Canon, Mana Favorit Anda?

Printer Harga 2 jutaan? Bagi Anda yang sering mencetak dokumen di tempat rental, pasti tidak asing dengan merk printer Epson dan Canon. Dua merk ini memang paling terkenal di kalangan pengguna printer selain beberapa pesaing lainnya seperti HP, Brother, dan Xerox.

Epson dan Canon ini sudah seperti Samsung dan Iphone dalam dunia smartphone. Persaingannya nampak sengit meskipun tidak sering diliput oleh media. Sepertinya pengguna gadget masih menomorduakan printer daripada Smartphone.

Epson dan Canon saling bersaing dengan memproduksi beragam jenis printer. Ada printer dengan level pengguna perseorangan, printer profesional untuk penggunaan di kantor, atau printer khusus foto bagi para fotografer dan pengusaha cetak foto.

©www.pinterest.com

Kedua merk ini sama-sama menawarkan fitur unggulan untuk masing – masing level konsumen. Apakah Anda tim Epson atau tim Canon? Agar lebih mudah menentukan pilihan, yuk kita simak dulu ulasan kedua merk ini.

Epson

Epson adalah sebuah perusahaan asal jepang, dengan nama panjang Seiko Epson Corporation. Tidak banyak yang tahu jika Epson ini adalah salah satu perusahaan inti dari Grup Seiko.

Pernah dengar merk Seiko? Itu lho merk salah satu arloji legendaris. Arloji seiko merupakan salah satu arloji favorit bagi warga kelas menengah Indonesia. Harganya yang masih berada di level satu jutaan bisa sedikit meningkatkan level sosial mereka.

Epson memang didirikan untuk fokus pada produksi peralatan elektronik yang berhubungan dengan pencetakan gambar. Mulai dari printer dot matrix, printer inkjet, scanner, dan mesin fotokopi.

Keunggulan Epson

©www.epson.co.id

Epson memiliki keunggulan pada kualitas pencetakannya. Hal ini sudah menjadi karakter khas Epson yang terdapat pada setiap mesin pencetak buatannya.

Hasil cetakan Epson memiliki kualitas gambar yang cerah, warna yang tajam dan tampak natural. Hal ini karena dukungan teknologi head micropiezo, yaitu permukaan head printer yang terdiri atas titik-titik halus untuk menyemburkan warna dengan lebih detail.

Headprinter Epson memang memiliki ketahanan pakai yang lebih kuat daripada kompetitor lain. Sehingga Anda tidak akan terlalu sering memanggil tukang servis untuk mengganti head printer.

Kekurangan Epson

Setidaknya ada dua hal yang harus dikorbankan demi kualitas gambar yang baik. Pertama, tentang kecepatan mencetak yang lambat. Hal ini karena printer bekerja dengan rapi agar susunan warna sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kedua, Epson menggunakan tinta lebih banyak untuk setiap proses mencetak. Sebagai konsekuensi atas hasil cetak yang cerah, tajam dan natural.

Selain dua kekurangan diatas yang merupakan efek dari pencetakan yang baik, masih ada lagi kekurangan yang dimiliki Epson. Anda harus rajin melakukan cleaning pada head printer untuk membuang sisa tinta yang menempel.

Hal ini harus dilakukan rutin agar orienter pada komponen micropiezo tetap bisa menyemprotkan warna sesuai dengan apa yang tampil pada layar monitor.

Sebagai penutup, kami harus mengatakan pada Anda bahwa harga printer Epson lebih mahal daripada kompetitor. Ini hampir berlaku pada setiap level printer dengan kualitas yang hampir sama.

Canon

Canon juga perusahaan yang berasal dari Jepang, kantor pusatnya ada di Tokyo. Canon adalah sebuah perusahaan yang fokus pada pembuatan perangkat berbasis optik dan digital imaging seperti kamera, printer, camcorder, mesin fotokopi, dan peralatan medis.

Banyak orang memilih untuk membeli printer buatan Canon karena harganya yang lebih murah dari kompetitor lain. Selain itu Canon memiliki kemampuan mencetak lebih cepat. Sehingga banyak kantor yang lebih suka menggunakan printer dari Canon.

©www.bestbuy.com

Meski harganya yang murah, printer Canon tidak murahan. Printer buatan Canon memiliki perangkat mainboard dan rollpaper yang tangguh. Jarang ada keluhan dari pelanggan mengenai dua komponen ini.

Itulah kenapa printer Canon menjadi pilihan bagi banyak pengusaha rental komputer dan jasa cetak di Indonesia. Meski kita tidak bisa menyangkal ada kelemahan pada printer buatan Canon.

Kekurangan Printer Canon

Setidaknya ada dua hal penting yang menurut kami merupakan kekurangan dari printer Canon. Pertama, printer buatan Canon tidak mencetak gambar berwarna sebaik printer Epson.

Sejauh pengamatan kami, printer Canon mencetak gambar dengan pencahayaan yang sedikit lebih redup dari tampilan di monitor. Kombinasi warna juga tidak tajam dan detail seperti pada Epson.

Kekurangan kedua adalah mengenai kekuatan head cartridge. Kami berpikir bahwa head cartridge ini selalu dipaksa bekerja dengan cepat, maka memiliki umur yang tidak panjang.

Jika Anda menggunakan printer Canon untuk mencetak 100 lembar dokumen setiap hari, head cartridge biasanya akan berusia 2 – 3 bulan. Meskipun harga komponen pengganti tidak terlalu mahal, namun akan sedikit menyebalkan apabila kerusakan terjadi saat kita sedang mengerjakan hal yang penting.

Printer Epson dan Canon Dibawah 2 Juta

Bagaimana menurut Anda mengenai dua ulasan diatas? Apakah sudah cukup mencerahkan? Hehehe

Dengan membaca ulasan umum diatas, Anda tentu sudah mempunyai pandangan yang lebih luas. Mau membeli merk yang mana, tergantung pada kebutuhan Anda. Apakah akan lebih banyak mencetak gambar dan foto, atau kebutuhan untuk mencetak banyak dokumen.

Selain kualitas cetak dan kecepatan, pertimbangan kita semua saat akan membeli sebuah barang adalah harga. Namun Anda tidak perlu khawatir, Epson dan Canon mempunyai beberapa produk printer yang terjangkau.

Kami akan mengulas beberapa printer dari kedua perusahaan yang memiliki harga kisaran 2 jutaan. Agar nuansa pertarungannya lebih kuat, kami akan menuliskan satu produk Canon kemudian disusul dengan satu produk Epson yang hampir sama. Biar makin greget ya gak?!

Canon Pixma IP2770

Canon Pixma iP2770 adalah printer yang paling mudah Anda temui di jasa rental pencetakan. Harganya yang murah dengan performa cukup bandel membuat usaha percetakan menjadi lebih efisien.

©www.shopee.com

Dengan harga kisaran 600ribuan, tentu Anda hanya akan mendapatkan fitur standar. Pixma IP2770 hanya bisa mencetak dokumen dan gambar.

Canon Pixma iP2770 dapat mampu mencetak dengan kecepatan hingga 4,8 ipm, untuk tinta warna dan 7.0 ipm untuk tinta hitam.

Produk ini juga dilengkapi fitur Auto Photo Fix II pada printer yang dapat diakses melalui software EX-Cetak EasyPhoto. Fitur ini dapat mengkoreksi gambar sehingga Anda dapat mendapatkan kualitas gambar terbaik dan dengan maksimal resolusi sebesar 4800×1200 dpi.

Bodinya minimalis, ringan dan kompak. Sehingga mudah untuk dibawa bepergian, misalnya seminar di luar kelas atau kantor. Printer ini belum menggunakan teknologi infus, biasanya pembeli akan memodifikasinya sendiri dengan biaya tambahan.

Epson L120

Kami kesulitan untuk menemukan printer Epson di E-Commerce yang mempunyai harga dibawah 1 juta. Kami hanya bisa menemukan Epson L120 sebagai printer Epson dengan harga paling rendah.

Kami menemukannya di Epson Official Shop dengan harga 1,4 juta. Harga ini sudah termasuk satu set tinta. Sebuah harga bundling yang menurut kami masih terjangkau.

©www.epson.co.id

Epson L120 memiliki kemampuan standar, mencetak dokumen dan foto. Kini hampir semua produk Epson memiliki tangki infus bawaan. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk modifikasi.

Tangki tinta bawaan printer Epson L120 ini memiliki kapasitas 40 ml untuk setiap warna. Total warna yang digunakan ada 4 karena printer ini menganut sistem warna CMYK., yaitu Cyan, Magenta, Kuning, dan Hitam.

Printer Epson L120 ini memiliki kecepatan cetak yang cukup tinggi, yaitu mencapai 8,5 IPM untuk tinta hitam dan hingga 4,5 IPM untuk tinta warna. Epson menjamin kualitas pencetakan yang baik asal menggunakan tinta asli.

Canon Pixma E410

Anda hanya punya bujet 1 juta namun ingin membeli printer, scanner, dan copy? Jangan bingung, Canon Pixma E410 adalah jawaban.

©www.bhinneka.com

Printer Canon Pixma E410 dapat Anda beli dengan hanya 900ribuan. Sebuah harga yang ekonomis untuk Anda yang ingin memiliki fitur lengkap dalam satu perangkat.

Printer ini memiliki ukuran ramping dan bobot yang ringan. Mengingat fungsinya yang banyak, Anda akan semakin diuntungkan karena untuk menempatkan printer ini tidak memerlukan ruang yang besar.

Kartrid tinta Canon yang asli juga harganya cukup terjangkau dan mampu hasilkan kualitas cetakan yang tinggi. Saat digunakan, printer ini juga cukup hemat energi.

Fitur Auto Power ON dapat mendeteksi perintah dan menghidupkan printer secara otomatis. Saat tidak digunakan dalam waktu lama, printer akan kembali ke mode hemat daya. Tersedia pula mode senyap (Quiet Mode) yang bisa mengurangi kebisingan saat mencetak.

Epson L3310

Untuk printer Epson dengan kemampuan print, scan, dan copy, kami tidak dapat menemukan yang lebih murah daripada Epson L3310. Harganya lebih dari 2 kali lipat Canon Pixma E410, 2 juta rupiah.

Printer Epson L3310 memiliki sensor 600 dpi x 1200 dpi yang akurat membuat hasil scan kamu tampak lebih tajam.

©www.gadgetized.net

Anda juga dapat melakukan fotokopi dengan hanya membutuhkan waktu paling cepat 5 detik. Untuk kecepatan cetak di warna sudah bisa 15 ppm , sedangkan di type lama masih 9,2 ppm.

Tentu printer ini sudah dilengkapi tinta infus, seri ini memiliki jenis tank khusus yang disebut ECOTANK. Tank yang didesain untuk meminimalisir tinta menumpahi badan luar printer atau tangan Anda.

L3110 ini memiliki performa yang lebih tinggi berkat pengembangan teknologi Micro Piezo printhead. Pengembangan ini memungkinkan printer untuk menghasilkan kecepatan print 33 halaman per menit untuk hitam putih dan 15 halaman per menit untuk cetak warna.

Canon Pixma G3010

Jika Anda menginginkan printer buatan Canon tapi dengan model seperti Epson L3110, maka printer ini tepat untuk Anda. Dengan harga yang sedikit lebih mahal, bentuk kedua printer ini hampir sama.

©www.klikglodok.com

Sesekali Canon memang perlu sombong dari Epson, dengan mempunyai harga yang juga lebih mahal. Anda bisa menemukan printer ini di E-Commerce dengan harga 2.4 juta rupiah.

Canon mengatakan bahwa printer ini dibuat untuk pencetakan volume tinggi dengan biaya pemeliharaan yang ringan. Pixma G3010 memiliki kcepatan cetak sesuai ISO Standard (A4), hingga 8,8ipm hitam / 5,0ipm warna.

Printer ini sudah membawa tank infusnya sendiri, jadi Anda tidak perlu memodifikasinya seperti printer Canon sebelumnya. Tank infusnya yang tinggi memungkinkan Anda untuk mencetak hingga 3000 halaman dengan beragam kombinasi warna.

Kami paling suka fitur Wifi pada Pixma G3010. Anda tidak perlu selalu mendekatkan laptop pada printer jika ingin mencetak dokumen. Dengan range 10 meter, Anda bisa dengan mudah menyambung ke printer sambil menyecap secangkir kopi hangat.

Baca yuk, Onyx Book Note Air 5, Ahlinya Membuat Anotasi PDF

Penutup

Epson atau Canon, semua memiliki fitur unggulan masing-masing dan range harga sesuai dengan idealisme perusahaaan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi keperluan dan juga kemampuan alias bujet.

Jika Bujet Anda terbatas, Canon memiliki beberapa produk yang sangat mengerti kondisi Anda. Namun jika Anda ingin kualitas gambar yang bagus, tentu Epson adalah solusi. Itulah Adu Printer Harga 2 jutaan dari Epson VS Canon, Mana Favorit Anda?

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak…

2 hari ago

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua…

1 minggu ago

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 - 20 Juli 2021,…

2 minggu ago

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma…

2 minggu ago

Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Sony Xperia 1 III memang bukan untuk banyak orang, tetapi bagi para pengguna ponsel puluhan…

3 minggu ago

Standar Emas TV OLED 2021, LG C1 OLED

LG C1 OLED merupakan salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. C1 menghasilkan gambar…

4 minggu ago