Bikin Rumah Canggih, Ini 10 Jenis Produk Smart Home Terbaik

Anda tentu pernah menonton film IRON MAN, bukan? Tentu cukup takjub dengan canggihnya rumah Tony Stark. Kini bukan sekadar fiksi ilmiah lagi, karena ada beberapa produk Smart Home yang akan membantu siapapun memiliki rumah secanggih film.

Seperti namanya, produk Smart Home adalah serangkaian peralatan elektronik modern yang saling terhubung dan dapat dikontrol mudah oleh manusia lewat aplikasi di smartphone. Lewat koneksi ini Anda bisa mengoperasikan berbagai peralatan itu lewat ponsel.

Tunggu, bagaimana bisa itu terjadi?

Penggabungan dari teknologi AI (Artificial Intellegence) alias Kecerdasan buatan dan sistem IoT (Internet of Things). Lewat kedua teknologi yang saling terintegrasi ini, peralatan elektronik modern seolah-olah bisa ‘berkomunikasi’ dengan manusia, sehingga tampak lebih pintar.

Baca juga: Ini Dia, 5 Smartwatch Favorit 2020

Contoh yang termudah seperti mesin pembersih lantai otomatis yang kinerjanya bisa diatur lewat ponsel, hingga kamera indoor seperti CCTV yang dapat Anda pantau kapanpun dan di manapun lewat aplikasi di smartphone. Dengan berbagai kemudahan ini, produk Smart Home membuat Anda bisa mengontrol kondisi rumah sekalipun ada di luar negeri.

Lantaran kini gaya hidup masyarakat modern sudah tak bisa dilepaskan dari internet, produk-produk Smart Home tentu menjadi incaran banyak pihak. Dianggap memudahkan kehidupan sehari-hari, konsep rumah pintar bahkan sudah ditawarkan oleh banyak pebisnis properti.

Menyambut masyarakat 4.0, tentu saja teknologi AI dan IoT akan menjadi sesuatu yang mau tak mau dimanfaatkan oleh manusia. Melalui serangkaian peralatan elektronik pintar inilah, manusia siap menyambut era yang lebih canggih, seperti dalam film Hollywood.

Inilah Produk-Produk Smart Home yang Bisa Anda Beli

1. Lampu Pintar

Lampu Pintar
© thegadgetflow

Pernahkah Anda mendadak lupa menyalakan lampu di dalam rumah sehingga kondisi jadi gelap gulita dan hunian tampak kosong? Tentu akan cemas. Mencoba mengatasi solusi tersebut, salah satu produk Smart Home yang bisa Anda manfaatkan adalah lampu pintar. Lampu ini bisa dipasang seperti lampu pada umumnya, tapi terhubung ke jaringan WiFi rumah.

Lantaran koneksi internet itulah, Anda bisa menyalakan lampu melalui aplikasi pada ponsel. Tak cuma sekadar menyala, Anda bisa mengatur warna hingga tingkat kecerahan dari lampu, termasuk jadwal otomatis nyala dan mati. Beberapa lampu pintar bahkan bisa berganti warna sesuai dengan mood pemilik rumah, serta terhubung ke notifikasi ponsel.

2. Kamera CCTV Pintar

Kamera CCTV Pintar
© Youtube/TMgadgetID

Saat ini kamera CCTV adalah salah satu perangkat wajib untuk rumah, terutama kalau Anda termasuk sering meninggalkan hunian dalam waktu lama. Hanya saja, kamera CCTV memiliki kelemahan mulai dari kualitas video yang buruk, jangkauan kamera hingga bisa dimatikan saat kabel dipotong pencuri.

Baca juga: 8 Merk AC Terbaik Paling Hemat Listrik untuk Rumah Anda

Butuh solusi? Maka produk Smart Home yang bisa Anda pilih adalah perangkat CCTV pintar. Lebih dari sekadar CCTV, perangkat ini bahkan biasanya berbentuk bohlam, sehingga pelaku kriminal tidak sadar. Lantaran terhubung dengan jaringan WiFi, Anda bisa melihat hasil pantauan realtime di smartphone.

Video yang terekam oleh perangkat ini bahkan jauh lebih bagus daripada CCTV konvensional dan biasanya dilengkapi suara. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengeluarkan perintah suara yang tentu akan membuat pelaku kriminal langsung kabur.

3. Mesin Kopi Otomatis

Mesin Kopi Otomatis
© comunicaffe

Harus melakukan Zoom dengan rekan kantor tanpa bisa beranjak dari tempat duduk padahal merasa mengantuk? Tentu akan sangat merepotkan kalau harus membuat kopi. Seolah menyadari bahwa milenial dan generasi Z begitu gemar minum kopi, kini mesin pembuat kopi otomatis juga bisa dijalankan lewat ponsel.

Memanfaatkan koneksi WiFi, Anda bisa mengatur mesin untuk membuat kopi dan ketika selesai, Anda tinggal mengambil ke dapur lalu cepat-cepat kembali ke depan layar. Bahkan mesin kopi ini juga bisa diatur untuk jadwal membuat kopi ketika Anda bangun tidur atau pulang selepas dari kerja seharian. Asalkan biji kopi dan air tersedia, secangkir kopi bisa disiapkan.

4. Remote All in One

Remote All in One
© hombli

Pernahkah Anda merasa lupa menaruh remote AC? Atau mendadak remote TV hilang entah ke mana? Memang sangatlah merepotkan karena bagaimanapun, remote adalah satu-satunya cara untuk ‘berkomunikasi’ dengan perangkat elektronik. Mencoba menawarkan pengalaman yang lebih efisien, salah satu produk Smart Home yang bisa Anda pertimbangkan adalah remote all in one.

Lewat produk ini, Anda bisa mengontrol seluruh perangkat elektronik lewat satu perangkat saja. Biasanya remote all in one adalah sebuah program atau aplikasi yang dibenamkan pada perangkat pintar dengan fitur infrared. Anda bisa mengakses program ini lewat ponsel asalkan perangkat sudah terhubung ke jaringan WiFi. Sehingga lewat smartphone, Anda bisa langsung menyalakan TV, mengganti channel sekaligus mengatur suhu AC ruangan.

5. Penyiram Tanaman Otomatis

Penyiram Tanaman Otomatis
© technabob

Hobi berkebun tapi tak punya waktu untuk menyiram tanaman dan kadang lupa? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan salah satu produk Smart Home berupa mesin penyiram tanaman otomatis. Seperti namanya, mesin ini memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal penyiraman tanaman. Biasanya perangkat ini dipasangkan pada media tanam, sehingga mampu otomatis menyiram saat kekurangan air.

Baca juga: 9 Headset Bluetooth Terbaik, Masa Pakai Baterai Hingga 35 jam

Bukan itu saja, perangkat ini juga memungkinkan Anda mengetahui tingkat kesuburan tanah hingga intensitas cahaya yang dibutuhkan tumbuhan. Seluruh informasi itu jelas bisa Anda akses lewat aplikasi ponsel, asalkan mesin ini terhubung ke jaringan WiFi.

6. Jam Digital Pintar

Jam Digital Pintar
© CNET

Kalau dulu jam mungkin hanya menjadi penanda waktu di tembok, jam pintar justru menjadi perangkat yang sangat penting dalam konsep rumah pintar. Karena produk jam pintar saat ini tak hanya memberikan info soal waktu, tapi juga kadar kelembapan, suhu, hingga tingkat oksigen di dalam ruangan. Tentu perangkat seperti ini sangat dibutuhkan selama pandemi Covid-19, agar rumah senantiasa dalam kondisi sehat.

7. Robot Pembersih

Robot Pembersih
© Xiaomi

Salah satu kegiatan yang kadang sangat merepotkan adalah membersihkan rumah. Apalagi kalau Anda termasuk seorang pekerja kantoran di kota besar yang berangkat di pagi hari dan pulang saat malam, tentu begitu letih kalau harus membersihkan rumah. Mau bersih-bersih saat akhir pekan? Bisa-bisa debu sudah terlanjur menumpuk di lantai dan sudut ruangan.

Menyewa ART (Asisten Rumah Tangga)? Tidak semua orang merasa nyaman meninggalkan rumah kosong dengan ART. Termasuk yang mengalami masalah serupa? Maka Anda bisa mempertimbangkan membeli robot pembersih. Seperti namanya, robot pembersih ini bertugas untuk membersihkan lantai rumah secara otomatis, sekalipun Anda tak ada di rumah.

Bagaimana caranya bekerja? Anda tinggal mengatur ‘jalur’ untuk membersihkan lewat aplikasi di smartphone, termasuk jadwalnya. Robot ini biasanya terhubung dengan WiFi, sehingga ketika Anda di kantor dan memintanya untuk bersih-bersih lewat aplikasi, si robot akan bekerja.

8. Kunci Rumah di HP

Kunci Rumah di HP
© architecturaldigest

Setiap orang tentu ingin memiliki rumah yang senantiasa aman dan nyaman. Tak heran kalau sistem keamanan rumah dibuat berlapis seperti kunci ganda pada pintu rumah. Namun kekhawatiran kalau itu semua tetap bisa dibobol pencuri, tentu tetap dialami lantaran pelaku kriminal saat ini semakin nekat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Earphone TWS Terbaik di 2020

Belum lagi kebiasaan beberapa orang yang kadang meninggalkan rumah dalam kondisi lupa mengunci pintu, jelas akan butuh waktu untuk kembali ke rumah. Menjawab seluruh masalah tersebut, perangkat kunci rumah otomatis kini juga makin digandrungi. Berbeda dengan kunci biasa, perangkat ini bisa dikunci lewat aplikasi pada ponsel, asalkan sudah terhubung jaringan WiFi.

Sehingga ketika Anda lupa mengunci pintu, bisa langsung melakukannya lewat sekali sentuhan layar ponsel. Begitu pula saat ada pelaku kriminal yang memaksa membuka pintu rumah, Anda akan memperoleh notifikasinya secara langsung.

9. Robot Pemotong Rumput

Robot Pemotong Rumput
© the Mirror

Bukan hanya urusan kebersihan rumah yang bisa dilakukan oleh robot, Anda juga bisa memanfaatkan robot pemotong rumput untuk mempercantik halaman rumah. Sama seperti bersih-bersih rumah, memotong rumput di kebun memang bikin capek dan butuh banyak waktu. Lewat robot ini, Anda bisa menjadwalkan waktu potong rumput secara otomatis asalkan sudah terhubung WiFi. Tak perlu cemas, robot ini punya sistem sensor kejutan, sehingga dapat menghindari batu atau penghalang di kebun.

10. Perangkat Asisten Pribadi

Perangkat Asisten Pribadi
© Youtube/Android Police

Dan inilah puncak dari seluruh produk Smart Home yang sangat diidamkan. Yap, perangkat asisten pribadi ini akan membuat Anda bak Tony Stark yang memiliki Jarvis. Karena perangkat asisten pribadi biasanya dapat merespon suara manusia dan melaksanakan perintahnya. Mulai dari menyalakan lampu, memberikan informasi berita terkini, hingga kondisi cuaca.

Sebuah perangkat asisten pribadi adalah ‘penguasa’ dari aneka produk rumah pintar karena dia bisa terhubung dengan seluruh perangkat. Lantaran dapat merespon suara manusia dan menjawab dengan suara pula, perangkat asisten pribadi adalah bukti bahwa gabungan AI dan IoT membawa kehidupan rumah tangga ke level baru yang lebih canggih. Anda yang masih hidup melajang, tak perlu cemas merasa sendirian di rumah karena si asisten pribadi bahkan bisa memutar film dan lagu sesuai mood.

Kesimpulan

Bagaimana? Sangat istimewa sekali bukan deretan produk Smart Home yang sudah dibahas di atas? Bagi Anda yang begitu menyukai kecanggihan teknologi lantaran mendambakan hidup yang lebih praktis, efektif dan efisien, bisa memilih salah satu perangkat untuk dipasang di rumah. Pastikan pilih perangkat dengan kualitas terbaik supaya memberikan hasil maksimal, dan rumah menjadi sangat pintar.