Arus

Prosesor dan GPU Terbaik Untuk Menambang Crypto

Setelah kemarin kita membahas tentang 8 motherboard terbaik untuk menambang Crypto, sekarang kita akan membahas tentang perangkat lain yang dibutuhkan untuk menambang crypto.

Jika Anda sudah membeli motherboard yang bagus, tentu perangkat lain juga harus dengan kualitas yang bagus juga. Prosesor, GPU, dan SSD harus mempunyai kualitas yang mumpuni untuk aktivitas menambang.

Bayangkan jika Anda sudah mempunyai motherboard yang bagus, tapi perangkat lainnya berkualitas rendah. Maka kerja menambang Anda tidak maksimal dan rentan terjadi kerusakan pada salah satu perangkat.

Prosesor

Sebagian besar aktifitas penambangan cryptocurrency bergantung pada GPU untuk sebagian besar kekuatan pemrosesan. Namun, ada beberapa protokol yang dapat memanfaatkan kekuatan pemrosesan CPU modern; altcoin seperti Bytecoin dan Zcash lebih cocok untuk penambangan CPU daripada koin yang lebih standar, seperti Bitcoin atau Ether.

Sekarang kita akan melihat beberapa rekomendasi prosesor untuk Anda yang baru akan membangun sebuah mesin penambang yang handal.

1. AMD Ryzen Threadripper 3970X

©www.amd.com

Prosesor unggulan dari AMD ini memiliki prosesor 32 inti, artinya memiliki 64 utas untuk penambangan memberi Anda keuntungan besar. Prosesor mempunyai dudukan soket chipset TRX40 dan soket sTRX4.

Dengan jumlah inti yang lebih tinggi pada prosesor maka akan meningkatkan kecepatan clock, cache yang jauh lebih tinggi, dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Tetapi yang paling penting adalah dump truck Threadripper 3970X dengan ukuran 144MB cache menjadikannya CPU penambangan yang luar biasa untuk banyak cryptocurrency.

Tentu saja harganya sangat mahal, tetapi ini sebanding dengan tenaga yang dihasilkan yaitu maksimum 19,9 kh/s menurut Hashrates. AMD menjamin bahwa Anda tidak salah berinvestasi dengan prosesor ini.

Bahkan jika Anda bosan menambang, Anda masih akan mendapatkan prosesor yang luar biasa!

2. AMD Ryzen 9 3950X

©www.amd.com

Jajaran prosesor AMD Ryzen memang selalu menjadi hits dan populer di pasaran prosesor. Begitu pula dengan AMD Ryzen 9 3950X.

Chip yang fantastis ini juga merupakan salah satu CPU penambangan terbaik yang dapat Anda beli dengan harga yang lebih murah dari AMD Threadripper 3970X.

Menggunakan arsitektur baru, Ryzen 9 3950X membawa serta dukungan untuk standar PCIe 4.0 baru pada chipset X570 dengan soket AM4 standar.

Standar PCIe baru dapat menawarkan peningkatan dramatis dalam bandwidth untuk SSD PCIe ekstra cepat dan kartu grafis Navi.

AMD Ryzen 9 3950X menawarkan kepada Anda prosesor 16 inti, 32 utas dengan cache L3 64MB. 16 core Ryzen 9 3950X berjalan pada kecepatan clock dasar 3,5GHz, tetapi dapat ditingkatkan hingga 4,7GHz.

Menurut pengukuran Hashrates, kekuatan optimal prosesor ini mencapai 13,4 kh/s.

3. Intel Pentium Gold G-6400

©www.intel.co.id

Dua prosesor unggulan AMD yang telah kami sebutkan di atas adalah CPU yang hebat untuk sebuah komponen dengan kualitas Sultan.

Namun jika anggaran Anda sedikit terbatas, maka kami sarankan untuk menggunakan Prosesor Desktop Intel Pentium Gold G-6400. Ini adalah CPU yang sangat baik untuk menjalankan PC penambangan berbiaya rendah.

Intel Pentium Gold G-6400 bekerja pada level kekuatan medium, sehingga membutuhkan daya yang lebih sediki daripada dua prosesor AMD di atas.

Jadi Anda tidak akan mendapatkan tagihan listrik yang tiba – tiba membengkak.

Dengan mempertahankan CPU penambangan berbiaya rendah seperti Intel Pentium Gold G-6400, Anda akan segera melunasi biaya dan menghasilkan keuntungan dengan cepat.

4. AMD Ryzen 5 3600X

©www.amd.com

Ini adalah prosesor AMD dengan kelas menengah. Seharusnya tidak mengejutkan bahwa dengan chip kelas menengahnya, AMD menawarkan lebih banyak core dengan lebih sedikit uang jika dibandingkan dengan Intel.

AMD Ryzen 5 3600X adalah prosesor 6-core, 12-thread yang cukup cepat untuk bertahan dalam proses single-threaded. Prosesor ini memiliki kecepatan kinerja IPC dan Clock yang tinggi untuk game, dan masih mampu untuk aktifitas penambangan.

AMD Ryzen 5 3600X adalah prosesor ekonomis sambil menawarkan kinerja yang solid. Itu menjadikannya pilihan yang kuat untuk CPU penambangan dengan skor hashrate 5,58 kh/s.

5. AMD Ryzen Threadripper 3960X

©www.amd.com

Kami sudah katakan bahwa Threadripper 3970X adalah pilihan CPU penambangan terbaik.

Sekarang kita punya saudara kecilnya, Threadripper 3960X juga merupakan prosesor yang layak untuk penambangan, karena memiliki jumlah cache L3 yang sama.

Meskipun sedikit lebih murah, dan memiliki lebih sedikit inti dan utas, 3960X menghasilkan sebagian besar tingkat hash seperti 1970X yang lebih mahal.

Dalam beberapa hal, 3960X adalah investasi yang lebih bijaksana bagi mereka yang mencari keuntungan terbaik.

6. Intel Core i9-10900X

©www.techradar.com

Intel Core i9-10900X adalah prosesor deca-core yang tidak terkunci dan dapat di-overclock dari Intel.

Deca core-nya menjadikannya CPU serba bisa yang hebat, dan juga bagus untuk menambang.

Ini tidak akan membawa tingkat hash yang mengesankan seperti seri AMD Threadripper, tetapi ini adalah prosesor yang kuat untuk menggerakkan rig penambangan yang dapat melakukan 5,48 kh/s menurut Hashrates.

Intel Core i9-10900X  memiliki kompatibilitas yang baik dengan beberapa motherboard penambangan paling baik yang ada di pasaran.

7. Intel Celeron G5905

©www.techradar.com

Ini masih seri prosesor pertambangan yang ramah di kantong. Sebuah seri CPU penambangan hebat lainnya untuk menghemat anggaran Anda.

Meski Anda harus meredam ekspektasi Anda dengan apa yang ingin Anda dapatkan dari aktifitas penambangan dengan mesin yang ditenagai oleh Intel Celeron G5905. Ini karena performa prosesor ini ada di level menengah.

Tetapi Anda masih akan menemukan performa solid yang memungkinkan GPU melakukan tugasnya dengan baik.

8. AMD Ryzen3 3100

©www.amd.com

Jika Anda mencari CPU penambangan dengan harga murah dari AMD, maka Ryzen 3 3100 adalah pilihan yang brilian.

Prosesor ini menawarkan empat core dibandingkan dengan CPU anggaran dual core Intel dengan level medium.

Jumlah cache L3 mampu mencapai kecepatan Hashrate 3063,00 H/s menurut Betterhash.

Salah satu hal terbaik tentang chip Ryzen 3 adalah bahwa di masa depan Anda dapat menukarnya dengan chip Ryzen 5 atau Ryzen 7 yang lebih kuat.

Jadi ini bisa menjadi CPU yang ideal untuk orang-orang yang mengambil langkah awal tentatif ke dunia penambangan cryptocurrency.

GPU (Graphic Processing Unit)

Selanjutnya kita akan membahas tentang 5 GPU yang direkomendasikan untuk aktifitas pertambangan Crypto Anda. Mari kita simak di bawah ini.

1. MSI Gaming GeForce RTX 2070

©www.id.msi.com

MSI Gaming GeForce RTX 2070 sebenarnya dibuat untuk bermain game, desain, dan pembuatan konten. Namun seiring perkembangan Crypto yang semakin menarik minat banyak orang untuk menambang, kemudian banyak orang merasa GPU ini mempunyai kemampuan untuk itu.

GPU ini memiliki heatsink yang dirancang untuk pembuangan panas yang lebih baik, dan teknologi Zero Frozr yang benar-benar dapat menghentikan kipas dalam beban kerja rendah untuk mengurangi kebisingan.

MSI Gaming GeForce RTX 2070 mempunyai kecepatan inti 1620MHz dan kecepatan akses memori maksimal 14Gbps. GPU ini juga memiliki kecepatan hash tertinggi 43,3 MH/s menurut pengujian dari MiningCharts.

2. Nvidia GeForce RTX 2080 Ti

©www.techradar.com

Nvidia GeForce RTX 2080 Ti menduduki posisi paling atas sebagai raja GPU yang tak terbantahkan.

Garansi penuh dari Nvidia tentang kualitasnya untuk game 4K atau ray tracing yang sangat halus pada pengaturan tinggi.

GPU ini juga sama bagusnya untuk menambang Crypto, ia dapat memberikan hashrate 32,76 MH/s untuk mendapatkan pendapatan bulanan yang layak.

Ini menjadikannya pilihan yang solid untuk GPU penambangan jika Anda menginginkan kinerja penambangan yang lancar.

Harganya memang mahal. Tapi jika Anda mampu membayar harga tinggi itu, ini merupakan investasi yang signifikan.

3. Nvidia GeForce GTX 1080 Ti

©www.nvidia.com

Nvidia GeForce GTX 1080 Ti masih menjadi salah satu kartu grafis paling kuat di luar sana, bahkan di hadapan para kompetitornya.

Ini membanggakan kinerja gaming yang setara dengan Titan X dan kinerja pendinginan yang mengesankan dengan memori GDDR5X 11 GB.

Lebih penting lagi bagi mereka yang menambang cryptocurrency, GPU ini dapat memberikan hashrate 21,63 MH/s pada algoritma KawPow (NBMiner).

Menurut BetterHash.net kecepatan ini dapat menghasilkan pendapatan bulanan yang sehat.

Namun Nvidia GeForce GTX 1080 Ti tidak begitu tersedia di pasaran akhir-akhir ini. Tetapi bagi mereka yang beruntung menemukannya di pasaran, ini seperti mendapatkan mutiara dalam samudra.

4. ASUS ROG Strix AMD Radeon RX 5700XT

©www.rog.asus.com

Salah satu kartu grafis AMD terbaik saat ini adalah Radeon RX 5700 XT, ini yang terbaik dalam hal game 1440p.

Selain itu, RX 5700XT menawarkan banyak fitur yang sebenarnya dapat digunakan sejak hari pertama seperti dukungan hingga 6 monitor dan komponen Super Alloy Power II dengan kualitas aerospace.

Ketika GPU ini bekerja bersama perangkat khusus cryptomining, kekuatannya akan lebih mengesankan.

RX 5700XT mencatat pencapaian hashrate 49,01 MH/s pada algoritma Ethash (Claymore). Ini mampu menghasilkan pendapatan bulanan untuk para penambang lebih cepat dengan harga yang jauh lebih murah.

XFX AMD Radeon RX 580 GTS

©www.xfxforce.com

Menampilkan arsitektur Polaris terbaru, XFX AMD Radeon RX 580 GTS adalah pilihan yang solid untuk bermain game.

Seharusnya juga tidak mengherankan bahwa itu juga salah satu GPU penambangan terbaik yang menggabungkan label harga yang terjangkau dengan profitabilitas yang bagus.

GPU ini mencatat bahwa mampu menghasilkan lebih dari $3 pendapatan harian dengan hashrate 29 MH/s.

Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk cryptominers dengan anggaran pada level medium.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago