Realme

Seharga Rp3,2 Juta, realme 8 5G Ponsel 5G Termurah di Indonesia

Menyambut penerapan jaringan internet 5G di Indonesia, ada banyak produsen smartphone asal Tiongkok yang saling menggelontorkan pasokan ponsel-ponsel 5G mereka ke Tanah Air. Salah satu yang kini jadi sorotan adalah realme 8 5G yang tak hanya menawarkan spesifikasi menarik, tapi juga mengklaim diri sebagai ponsel berteknologi 5G termurah saat ini di Nusantara.

Bukan tanpa alasan kalau kehadiran realme 8 5G ini memang langsung disorot, karena ini sekali lagi merupakan langkah berani dari pabrikan ponsel yang berpusat di Shenzhen, Guangdong sana. realme tampaknya benar-benar ingin membuat gusar produsen smartphone di negara asalnya dengan menawarkan produk yang sangat affordable untuk masa pandemi Covid-19 ini.

Seperti yang Anda tahu, wabah corona memang sempat menghantam industri perekonomian global termasuk penjualan-penjualan ponsel asal China. Tak ingin terlalu lama terpuruk dan tingginya permintaan kegiatan #DiRumahAja, membuat kehadiran smartphone dengan kemampuan internet mumpuni sangat dibutuhkan.

Namun para produsen ponsel jelas tak bisa merilis smartphone yang terlalu mahal, mengingat daya beli masyarakat global belum sepenuhnya pulih sejak 2020. Tak heran kalau memang Anda ingin membeli ponsel yang mempunyai spesifikasi yahud dan sudah dibekali teknologi internet masa kini, realme 8 5G jelas jadi pilihan terbaik.

Baca juga: Realme 8 Pro, Ponsel Mid-Range Dengan Kamera 108MP

Spesifikasi realme 8 5G

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto
  • Sistem Operasi: Android 11, Realme UI 2.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • Internal/RAM: 64GB/4GB, 128GB/4GB, 128GB/6GB, 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 2MP (depth), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh

Kehadiran 8 5G ini sudah diumumkan terlebih dulu oleh realme pada 21 April lalu, yang sepekan kemudian resmi dirilis untuk kali pertama. Hanya saja publik Indonesia harus menanti jagoan realme ini dua bulan lamanya. 8 5G hadir sebagai anggota baru di keluarga besar realme 8 series untuk pasar Tanah Air, setelah diluncurkan secara online hari Rabu (16/6), seperti dilansir Kompas.

Dibanderol dengan harga Rp3,199 juta, realme 8 5G diklaim sebagai ponsel 5G termurah di Indonesia. Hadir dengan dua pilihan warna yakni supersonic black dan supersonic blue, realme memberikan harga promo pada penjualan perdana tiga hari lalu yakni ’hanya’ Rp2,999 juta saja. Ponsel ini sendiri dijadwalkan siap tersedia di seluruh Indonesia mulai 26 Juni 2021.

Palson Yi selaku Marketing Director of realme Indonesia kepada Selular menjelaskan bahwa kehadiran 8 5G ini menjadi jawaban para penggemar realme di Tanah Air yang mayoritas generasi muda produktif. Para fans setia realme mendambakan adanya ponsel 5G dengan harga terjangkau tapi spesifikasi memuaskan.

“Sekarang kita sudah memasuki era 5G di Indonesia. Kalau dilihat pencarian kata kunci 5G di internet terpopuler, banyak yang mencari ponsel 5G dengan harga terjangkau. Lewat realme 8 5G, kami siap jadi 5G popularizer. Kami ingin kaum muda penggunanya bisa terlibat dalam perkembangan 5G dan jadi early adopter 5G di Tanah Air,” pungkas Palson panjang lebar.

Tentunya apa yang ditonjolkan realme lewat 8 5G ini bisa dibilang sangat percaya diri. realme sepertinya tidak sabar lagi menjadi salah satu merek ponsel terbesar di Indonesia. Cukup menakjubkan mengingat realme masih berusia sangat muda, karena Sky Li baru mendirikan brand ini pada 4 Mei 2018. Kini dengan usianya yang genap tiga tahun, realme sudah merengkuh 5G.

Desain Cantik dengan Bodi Super Tipis

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Karena memasang target anak muda, realme sepertinya semaksimal mungkin membuat 8 5G ini nyaman dipegang dalam waktu lama. Caranya adalah dengan memilihkan bodi yang tidak terlalu berat dan tebal. Yap, ponsel ini memiliki spesifikasi bodi super ramping 8.5mm dengan bobot super ringan yakni 185 gram! Membuat kegiatan gaming nyaman berlama-lama.

Baca juga: realme Narzo 30A, Ponsel Gaming Baterai Jumbo Seharga Rp1,8 Jutaan

Untuk bodi belakangnya sendiri, realme menggunakan konsep desain Dynamic Speed Light yang kabarnya terinspirasi film FAST AND FURIOUS. Agar tampilan makin stylish, lapisan indium high-gloss diterapkan pada varian supersonic blue yang membuatnya makin mengilap. Sementara pola lentikular yang memberikan efek cermin premium digunakan untuk varian supersonic black.

Melengkapi bagian bodi ponsel, realme masang fitur pemindai sidik jari di bagian samping. Yang unik, modul finger print ini terpasang pada tombol daya dengan sistem pengenalan kapasitif. Di mana Anda hanya sang pemilik ponsel yang sidik jarinya sudah terpasang sebagai sistem keamanan, bisa membuka dan menyalakannya.

Layar Tampilkan Visual Mulus

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Kesan cantik realme 8 5G tidak hanya terlihat dari bodi dan desain saja. Berpindah ke sisi layar, siapapun tentu akan takjub dengannya. Meskipun dibanderol dengan harga tak sampai Rp3,5 juta, 8 5G justru sudah menggunakan layar Ultra Smooth 90Hz yang memiliki kecepatan refresh hingga 90Hz dan kecepatan pengambilan sampel maksimum 180Hz.

Tak heran kalau akhirnya ponsel ini mampu menampilkan pengalaman visual yang seolah mulus tanpa cela, setiap kali muncul gerakan pada layar. Tak cuma itu saja, ponsel ini juga sudah dibekali tingkat kecerahan hingga 600 nits dan 16,7 juta warna, membuatnya mampu memberikan pengalaman multitasking dengan grafis tampilan yang sangat bening tanpa perlu cemas nge-lag.

Meskipun panel layar yang digunakan realme kali ini IPS, tingginya tingkat kontras warna membuatnya nyaman dipakai di dalam dan luar ruangan. Absennya perlindungan Gorilla Glass juga bukan masalah berarti karena realme masang lapisan antigores bawaan.

Triple Camera yang Jernih

© Tren Digital/Andy Boxall

Jika mayoritas ponsel-ponsel kelas menengah apalagi yang sudah dibekali teknologi internet 5G punya empat kamera, realme 8 5G justru mengusung konsep triple camera. Yap, kendati modul kamera berbentuk persegi panjang di bagian bodi belakang seolah empat sensor kamera, itu hanyalah tiga sensor lensa kamera dan sisanya logo AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan).

Merasa kecewa karena ’cuma’ triple camera dengan sensor utama resolusi 48MP f/1.8 dan lensa 6P? Tenang saja karena ponsel ini mampu menghasilkan warna yang akurat dan jernih. Menurut Prasetyo Herfianto seperti dilansir Gizmologi, hasil foto realme 8 5G di malam hari pun tampak halus. Bahkan ketika mode Nightscape diaktifkan, kualitasnya jadi lebih baik.

Ada beberapa filter malam yang kini tengah digandrungi dipasang realme pada 8 5G. Seperti fitur mesin sintesis multi-frame yang membuat sekumpulan foto dengan eksposur cahaya berbeda bisa dipadukan jadi satu. Bahkan ponsel ini juga mampu mempertahankan eksposur yang membuat foto di kondisi minim cahaya jadi lebih terang dan memberikan banyak detail jelas.

Untuk urusan selfie, realme 8 5G juga didukung lensa 16MP Ultra-Clear. Adanya aperture F2.0, mode-mode AI Beautification dan efek bokeh, membuat pengguna sangat puas. Terakhir untuk kemampuan merekam video, kendati cuma bisa mencapai 1080p 30fps, tapi sudah dibekali EIS (stabilisasi berbasis software) untuk hasil video stabil tanpa aksesori tambahan apapun.

Baca juga: HP Gaming Ramah Kantong, realme Narzo 20 Pro Dijual Rp3,3 Jutaan

Baterai Jumbo Bikin Puas

Memiliki bodi ponsel yang sangat ramping dan begitu ringan, mungkin akan banyak yang mengira jika ponsel ini cuma dipasankan baterai dengan daya kecil. Padahal itu salah besar karena realme justru memasang baterai jumbo dengan kapasitas 5000mAh. Fitur fast charging dengan konektor tipe-C, membuat ponsel ini juga bisa terisi penuh daya baterainya secara cepat.

Memahami bahwa jaringan internet 5G akan cukup ’memakan’ daya baterai ponsel, realme membekali 8 5G ini dengan teknologi Smart 5G Power Saving. Teknologi ini memungkinkan ponsel mengidentigikasi kekuatan sinyal di sekitarnya secara pintar, lalu bisa berpindah jaringan dari 4G ke 5G tanpa jeda yang membuat konsumsi daya baterai 30% lebih rendah.

Dapur Pacu Berkemampuan Tinggi

© detikINET/Aisyah

Saat pertama kali dikenalkan, realme 8 5G cukup percaya diri mengusung tagline 5G Fast Speed to Infinity. Seolah membuktikan tagline tersebut, ponsel ini memang dibekali oleh prosesor generasi 5G terbaru yakni Dimensity 700 yang memang dirancang khusus oleh MediaTek untuk jaringan 5G. Menurut JC Hsu selaku Corporate VP dan GM Wireless Communications Business Unit MediaTek, Dimensity 700 menggabungkan fitur-fitur konektivitas 5G.

Prosesor yang diproduksi dengan fabrikasi 7nm terbaru ini lebih hemat daya hingga 28% dibandingkan fabrikasi 8nm. Demi menyempurnakan performa dapur pacu, realme juga membenamkan teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion). Lewat DRE, ROM bisa dikonversi menjadi virtual RAM 3GB sehingga sangat lancar untuk kebutuhan multitasking termasuk gaming berat.

Dipadukan dengan tiga varian RAM yakni 4GB, 6GB dan 8GB, ponsel ini jelas akan sangat lega dan tidak bikin Anda bingung mudah penuh. Apalagi slot kartu memori yang bisa dipasang mencapai 1TB, membuat berbagai file entah untuk kebutuhan kerja atau hobi fotografi dan videografi bisa dijalankan maksimal tanpa membebani smartphone.

Menyempurnakan performanya, realme juga memasang speaker mono yang mampu memberikan hasil suara lantang. Satu hal yang membuat ponsel ini memang sangat komplit dengan performanya yang kencang adalah keberadaan sensor NFC. Yap, Anda bisa melakukan transaksi cashless dengan NFC yang kini makin banyak digunakan di Tanah Air dengan 8 5G ini.

realme 8 5G dan Jaringan 5G di Indonesia

Ketika diluncurkan dalam ajang flash sale di situs resmi realme.com dan sejumlah mitra e-commerce, pertanyaan terbesar mengenai kehadiran realme 8 5G ini adalah apakah jaringan 5G benar-benar sudah bisa dipakai di Indonesia?

Untuk menjawab hal itu, Krisva Angnieszca selaku PR Manager realme Indonesia, pihaknya sudah melakukan test drive 5G dengan provider penyedia layanan 5G di Tanah Air. Hasilnya, 8 5G sudah bisa digunakan di daerah yang telah terjangkau jaringan 5G.

Baca juga: Ponsel Flagship 5G, Realme X50 Pro Tersedia Mulai Rp11,9 Juta

Di Indonesia sendiri, layanan 5G saat ini masih diluncurkan oleh dua provider populer yakni Telkomsel dan Indosat. Sudah dikembangkan sejak tahun 2018, Kominfo memutuskan masih ada 14 wilayah yang memperoleh akses internet 5G untuk tahap awal saat ini. Ke-14 wilayah itu adalah ibukota negara (Jakarta), enam ibukota provinsi di pulau Jawa, enam destinasi wisata super prioritas dan satu wilayah industri manufaktur.

Anda tak perlu mengganti kartu SIM agar bisa menikmati 5G, karena asalkan ponsel sudah otomatis mampu menangkap sinyal 5G, meskipun kartu SIM masih 4G tetap bisa dipakai. Dengan kecepatan yang disebut mampu mencapai 1Gbps, tentunya kehadiran teknologi 5G sangat dinanti yang membuat peminat smartphone 5G terus meningkat.

Hal inilah yang akhirnya membuat kehadiran realme 8 5G sangatlah layak dipertimbangkan. Dengan harga terjangkau dan sejumlah spesifikasi luar biasa, membuat ponsel yang dijuluki The Most Affordable 5G Phone for Everyone ini memang tak akan bikin rugi.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago