Realme

Realme 8 Pro, Ponsel Mid-Range Dengan Kamera 108MP

Apakah Anda sudah pernah menggunakan kamera ponsel dengan sensor 108MP? Jika Samsung Galaxy S21 Ultra sulit dijangkau oleh kocek Anda. Kini Anda bisa sangat berhemat untuk bisa membeli ponsel dengan kamera 108MP.

Siapkan diri Anda untuk membacanya. Tarik nafas dan tahan jantung Anda karena kini kita akan mengulas sebuah ponsel dengan kamera 108MP. Ponsel ini tidak mahal, hanya 5 jutaan saja!!

Ini dia Realme 8 Pro, sebuah ponsel kelas mid-range pertama di Indonesia yang menampakkan sensor kamera 108MP. Berikan kemampuan fotografi yang superior dan semakin kompetitif, lewat slogan “108MP Capture Infinity”.

©realme.com

Realme 8 Pro adalah sebuah lompatan inovasi yang dilakukan perusahaan Realme. Sebuah lompatan inovasi yang berani membawa kamera flagship ke segmen harga menengah. Sebuah hal yang bisa dibilang cukup berani untuk saat ini.

Realme 8 Pro adalah ponsel luar biasa untuk harganya yang bisa semurah ini. Dibandingkan dengan para pesaingnya, perangkat ini terasa nyaman di tangan, mengambil foto yang mengesankan, dan mengisi daya dengan sangat cepat.

Ulasan Singkat

Aspek favorit kami dari ponsel ini adalah dalam hal desain. Ketika sebagian besar ponsel berharga murah relatif tebal, sulit dipegang di satu tangan, dan dibalut plastik yang terasa murah.

Realme 8 Pro membuat sesuatu yang berbeda. Desainnya ramping, mudah dipegang, dan cantik. Bodi belakangnya mempunyai tekstur timbul sehingga lebih menempel di tangan, tidak licin.

Realme 8 Pro mungkin salah satu ponsel kamera dengan budget terbaik di pasaran.Ini berkat kamera utama dengan resolusi 108MP yang luar biasa.

Kamera 108MP mengambil foto dengan resolusi super tinggi. Memberi Anda banyak ruang untuk pengeditan dan pemangkasan berikutnya.

Realme 8 Pro mempunyai fitur pengisian daya cepat 50W. Fitur ini mengisi daya baterai dari 0 sampai 100% dalam waktu 47 menit. Ini yang paling cepat di ponsel level menengah.

Realme 8 Pro memiliki kekuatan baterai 450mAh. Perusahaan mengatakan bahwa ini dapat bertahan selama satu hari, dalam satu kali pengisian daya.

Semua poin positif ini menyoroti cara Realme 8 Pro mengalahkan pesaingnya. Sementara itu, fitur lainnya hampir setara dengan kompetitor di level harga yang sama.

Kekuatan pemrosesan dan tampilan semuanya setara dengan kompetitor dari Redmi dan Motorola. Tidak ada satu hal di mana ponsel ini secara signifikan lebih lemah dari para pesaingnya.

Desain Realme 8 Pro

Meski bukan ponsel kompak, Realme 8 Pro terasa cukup kecil dibandingkan para pesaingnya. Ini cocok untuk orang-orang yang tidak menginginkan smartphone raksasa. Bodi Ponsel ini relatif tipis, ringan, dan memiliki tubuh yang lebih kecil dari biasanya.

Bodi Realme 8 Pro memang dibalut plastik. Tetapi dengan lapisan bertekstur membuat ponsel tampak terlihat dan terasa lebih baik daripada bagian belakang plastik ‘standar’.

Bagian belakangnya bertuliskan ‘Dare to Leap’, sebuah moto dari Realme. Moto ini terpampang di atas bodi belakang dengan huruf kapital yang agak besar. Mungkin akan dianggap norak oleh sebagian orang, sementara pengguna yang lain mungkin tidak keberatan.

Ponsel ini memiliki port USB-C dan jack headphone 3.5mm. Volume rocker serta tombol powernya terletak di tepi kanan ponsel. Berkat ukurannya, dan lokasi tombol, Realme 8 Pro terasa mudah digunakan dengan satu tangan.

Tampilan Realme 8 Pro

Layar Realme 8 Pro berukuran 6,4 inci. Ini membuatnya lebih kecil dari banyak ponsel di harga serupa lainnya. Dengan ukuran segitu, lubang kamera depan di kiri atas tampak membuat sesak layar.

©vikendi.net

Layar Realme 8 Pro memiliki resolusi 1080 x 2400, cukup standar untuk… yah, untuk semua smartphone. Ini memiliki resolusi yang sama seperti kebanyakan game, aplikasi, atau layanan streaming yang akan Anda gunakan. Meskipun lebih rendah dari resolusi kebanyakan flagships teratas.

Kecepatan refreshnya adalah 60Hz, yang umumnya standar untuk handset dengan harga ini. meskipun beberapa merk lain mendorongnya hingga 120Hz.

Tentu kami memiliki keluhan untuk ponsel kecil ini. Tidak ada pengisian nirkabel atau konektivitas 5G.

Lalu ada pelindung silikon yang disertakan dalam dusbox pembelian. Tetapi ini menempel sangat ketat sehingga malah membuat sulit dalam penggunaan ponsel.

Baca review lain, Nubia Red Magic 6, Ponsel Gaming Pertama Dengan Refresh Rate 165Hz

Ada juga pemindai sidik jari di layar yang menurut kami berfungsi dengan baik. Itu cukup cepat untuk digunakan dan hampir tidak pernah gagal melakukan pencocokan sidik jari untuk membuka kunci.

Kamera Realme 8 Pro

Realme 8 Pro memiliki kamera utama 108MP. Meski ini bukan ponsel murah pertama yang memiliki kamera utama beresolusi tinggi, Redmi Note 10 Pro mendahuluinya.

©vikendi.net

Selain kamera utama, ada juga kamera ultra-wide 8MP. Kemudian ada kamera depth-sensor 2MP dan kamera makro 2MP. Untuk kamera depan memiliki resolusi 20MP.

Resolusi tinggi pada Realme 8 Pro cukup membuat kami terkesan. Meski tidak sebagus hasil jepretan pada Samsung Galaxy S21 Ultra.

Dalam lingkungan yang cukup terang, gambar terlihat bagus, dengan detail yang kaya dan kontras yang terpadu. Ini juga berlaku untuk pemandangan dan subjek yang lebih dekat.

Berkat resolusi yang sangat tinggi, kami dapat dengan mudah mengunduh foto dari Realme 8 Pro ke komputer. Kemudian melakukan pengeditan atau memotong sebagian gambar. Hasil akhirnya memuaskan, tidak seperti sebuah gambar dengan jepretan beresolusi rendah atau tampak berantakan.

Tidak semua orang akan peduli untuk mengambil gambar 108MP, tentu ini memakan banyak ruang penyimpanan. Dalam beberapa ponsel, kamera beresolusi rendah malah memiliki sensor yang lebih besar, menangkap lebih banyak cahaya.

Tapi kami kagum dengan 108MP yang dimiliki Realme 8 Pro. Pengaturan cahayanya cukup baik dan menangkap cahaya dengan maksimal.

Kamera ultra-wide juga berkinerja cukup baik. Meskipun warnanya terlihat sangat berbeda dari pada kamera standar. Kami sebenarnya lebih menyukai profil warna bidikan ultra lebar, karena lebih kaya dan sedikit lebih gelap, tapi itu hanya preferensi.

Kamera makro 2MP tidak menambahkan kelebihan apapun pada sebuah smartphone. Begitu juga yang terjadi di Realme 8 Pro. Hasil gambarnya penuh dengan titik blur, Ini sesuatu hal yang percuma menurut kami.

Berkat memiliki sensor utama beresolusi tinggi, Realme 8 Pro memiliki zoom digital hingga 20x. Namun kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan sebanyak itu.

Hasilnya benar – benar penuh distorsi. Gunakan maksimal 5x zoom, ini batas maksimal yang menurut kami aman untuk hasil pemotretan.

©vikendi.net

Kita harus memuji kamera depan, karena selfie tampak hebat – penuh cahaya dan warna. Mode potret secara mengejutkan akurat dalam hal menambahkan keburaman latar belakang dan menyesuaikan pengaturan gambar.

Review lainnya, OnePlus 9 Pro, Pesaing Ketat Samsung Galaxy S21 dan IPhone 12

Realme 8 Pro mampu merekam video hingga 4K pada 30fps atau 1080p pada 60fps. Ada mode kamera baru yang disebut AI Mixed Portrait.

Mode ini  memungkinkan Anda merekam dua video lanskap berbeda kemudian menggabungkannya. Ini bukan mode kelas profesional tetapi menyenangkan untuk dimainkan.

Spesifikasi dan performa Realme 8 Pro

Realme 8 Pro memiliki chipset Snapdragon 720G kelas menengah yang dipasangkan dengan RAM 8GB. Ini bukan prosesor dengan tenaga kuda, tetapi kami tidak pernah merasa lambat.

Dengan tes benchmark Geekbench 5, Realme 8 Pro mendapat skor multi-core 1679, merupakan hasil kisaran menengah yang adil. Itu hanya sedikit di bawah Moto G9 Plus ‘1690, dan di atas 1600 Google Pixel 5.

Kami tidak memiliki masalah ketika menggunakan Realme 8 Pro untuk bermain game. Meskipun tidak selalu default ke pengaturan grafis tertinggi dalam game, tampilan selalu tajam dan jarang tersendat.

Cerita yang sama saat menavigasi ponsel, apakah itu membuka dan menutup aplikasi atau menggulir melalui media sosial. Kecepatan yang biasa, wajar karena prosesor Realme 8 Pro juga standar level kelas menengah.

Perangkat Lunak Realme 8 Pro

Realme 8 Pro hadir dengan Android 11. Tampilan utama enjalankan overlay UI Realme yang tampaknya sangat mirip dengan ColorOS Oppo.

Sebuah ‘kebetulan’ yang mungkin dijelaskan oleh fakta bahwa Realme dan Oppo adalah perusahaan saudara kandung.

Perbedaan utama dari ‘stok’ Android adalah skema warnanya. Ikon aplikasi dan wallpaper default sangat cerah di Realme UI. Kami menyukai ini, tetapi beberapa pengguna mungkin tidak.

Untungnya Anda dapat mengubahnya. Ada banyak opsi penyesuaian untuk Anda, baik itu bentuk ikon aplikasi atau ikon pemindai sidik jari.

Ketika kami mem-boot ponsel untuk pertama kalinya, kami menemukan layar beranda agak berantakan, Aplikasi seperti ‘Phone Manager’, ‘Game Space’ dan ‘File Manager’ mengambil ruang di bagian depan.

Kabar baiknya adalah tidak ada aplikasi pihak ketiga yang terinstal. Tidak butuh waktu lama  bagi kami untuk membuang aplikasi tambahan ini ke folder kecil mereka sendiri.

Daya Tahan Baterai Realme 8 Pro

Realme 8 Pro memiliki baterai 4.500mAh. Dengan penggunaan media sosial yang wajar ini bisa bertahan sampai malam.

©vikendi.net

Akan berbeda ketika Anda melakukan pemotretan atau bermain banyak game. Anda akan mendapatkan baterai habis pada sore hari.

Realme 8 Pro memiliki kemampuan pengisian daya cepat pada 50W. Kami membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menghidupkan kembali ponsel hingga penuh. Tidak ada pengisian daya nirkabel di sini, tetapi itu wajar dengan level harga mid-range.

Yuk lihat ulasan, Google Pixel 5, Sebuah Kompromi Untuk Menekan Harga

Realme mempunyai track record bagus dalam fitur pengisian cepat. Meski Realme 7 Pro lebih baik karena mempunyai kecepatan 65W.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

20 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago