Realme

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi ekonomi terangkat dari negeri ini dan semakin banyaknya pelonggaran kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), Indonesia siap dibanjiri produk-produk gawai baru. Salah satunya adalah realme C11 2021.

Dari namanya saja, Anda tentu tahu bahwa realme C11 2021 ini mungkin memiliki hubungan ‘kekerabatan’ dengan C11. Yap, dalam keterangan yang dilansir Kontan, C11 2021 memang bis dibilang sebagai penerus C11. Tentunya ada perbedaan di antara kedua produk ini, di mana C11 2021 adalah versi lebih terjangkau dari sang ‘senior’ baik dari harga hingga beberapa komponennya.

Sebagai keluarga besar C11, realme C11 2021 ini mungkin akan menjadi salah satu produk tumpuan perusahaan, untuk mempertahankan tempat mereka di posisi buncit lima brand smarphone terlaris di Indonesia. Setidaknya butuh waktu hampir empat bulan lamanya sampai akhirnya realme memutuskan memboyong varian C11 2021 di Tanah Air.

Baca juga: Seharga Rp3,2 Juta, realme 8 5G Ponsel 5G Termurah di Indonesia

Sekadar informasi, C11 sendiri sudah dikenalkan secara global sejak 28 Juni dan berjarak dua hari kemudian resmi dijual di Tanah Air. Lantas apa yang membuat realme C11 2021 ini layak untuk dipertimbangkan? Apakah dari sisi spesifiaksi, komponen dapur pacu hingga harga? Untuk bisa membahasnya secara gamblang, ulasan berikut ini wajib Anda perhatikan.

Spesifikasi realme C11 2021

© Tivan Rahmat/GayaTekno.id
  • Sistem Operasi: Android 11, realme Go UI
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.52″ dengan resolusi 720×1600 piksel
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • Internal/RAM: 32GB/2GB, 64GB/4GB
  • Kamera Utama: 8 MP (wide)
  • Kamera Selfie: 5 MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh

Melihat spesifikasi yang dimiliki, apakah perbedaan yang paling menonjol dari realme C11 2021 dengan versi C11 regular? Jawabannya adalah pada dua hal yakni sektor kamera serta prosesor yang digunakan. Meskipun begitu kondisi ini tidak menampik bahwa C11 2021 maupun C11 merupakan dua produk smartphone entry-level yang ditawarkan oleh realme.

Untuk harganya sendiri, realme C11 2021 ternyata tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Di mana untuk C11 2021, dibanderol seharga Rp1,569 juta sedangkan C11 saat dijual secara resmi pada awal Juli kemarin dihargai Rp1,5 jutaan. Harga spesial C11 2021 ini dilakukan selama promo Flash Sale eksklusif di JD.ID dan website resmi realme pada 21-22 Oktober, sedangkan harga normalnya Rp1,649 juta.

Sekadar informasi, penggemar realme seri C di Tanah Air memang sangat tinggi. Identik sebagai ponsel entry-level yang punya harga kompetitif dengan baterai sangat besar, tak heran kalau akhirnya jumlah pengguna realme seri C ini disebut lebih dari lima juta orang di seluruh Tanah Air. Berbeda dengan varian globalnya, realme C11 2021 cuma hadir dengan satu kapasitas memori dan RAM yakni 64GB/4GB.

Punya dua pilihan warna yakni lake blue dan iron grey, ponsel ini jelas sangat cocok untuk kebutuhan standar sehari-hari. Bahkan kalau Anda ingin menggunakan dalam kegiatan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) serta WFH (Work From Home) yang masih ramai dilakukan oleh beberapa orang, C11 2021 bisa jadi pilihan tanpa cemas kalau kantong bakal bolong karena harganya terlalu tinggi.

Baca juga: realme Narzo 30A, Ponsel Gaming Baterai Jumbo Seharga Rp1,8 Jutaan

Bodi Material Plastik Untuk Anak Muda

© Arie/Techdaily

Tak hanya laris di Indonesia saja, kehadiran realme C series di pasar global rupanya juga mendapat sambutan yang memuaskan. Sebagai entry-level, kabarnya C series sudah digunakan lebih dari 13 juta orang di planet ini yang tentunya membuat realme sangat percaya diri memboyong C11 2021 ke Tanah Air. Tidak mau terlalu banyak melakukan perubahan dari sisi desain, bodi ponsel inipun tampak sederhana.

Kendati begitu, realme tetap memberikan sentuhan dinamis yang akhirnya membuat C11 2021 terlihat menarik untuk ponsel kelas satu jutaan Rupiah. Hal ini memang sesuai keinginan realme dalam menghadikan smartphone yang mampu memenuhi kebutuhan generasi muda, sehingga tetap nyaman digunakan kapan saja. Bahkan untuk pilihan warnanya, realme memilih istilah alam sesuai dengan hobi anak muda.

realme C11 2021 dibungkus dengan material plastik baik pada bagian frame atau belakang, sedangkan bagian layarnya berlapis kaca yang sengaja dibuat tahan percikan. Tidak ada banyak perbedaan desain antara versi C11 2021 dengan C11 reguler, di mana masih sama-sama diperkuat panel layar lebar yakni 6.52”, sangatlah lega dengan resolusi yang masih cocok untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau WFH (Work From Home).

Modul Kamera Tunggal yang Berkecukupan

© Tivan Rahmat/GayaTekno.id

Seperti lazimnya ponsel entry-level yang tidak terlalu banyak memberikan lensa kamera, hal itu juga terjadi pada realme C11 2021. realme hanya membenamkan dua buah lensa saja pada ponsel ini yakni satu pada bodi belakang yang merupakan lensa utama beresolusi 8 MP, serta pada layar depan sebagai lensa selfie dengan resolusi 5 MP. Lensa selfie terpasang dalam modul poni berbentuk tetesan air di bagian layar.

Sedangkan lensa kamera utama dibenamkan realme dalam modul berbentuk persegi panjang. Anda bisa menemukan LED flash di dekat lensa tersebut, yang tentunya membuat ponsel mampu memotret foto atau merekam video cukup memuaskan dalam kondisi minim cahaya. Meskipun hanya lensa kamera tunggal, realme sudah membekalinya dengan fitur Auto Focus (AF) dan bukaan f/2.0.

Lensa utama di bodi belakang ponsel ini juga punya kemampuan Zoom 4x yang tentunya bisa membuat Anda memotret obyek jarak jauh dengan cukup jelas. Sedangkan untuk kamera selfie di bagian depan, sudah memakai lensa wide. Kedua lensa kamera juga dibekali fitur Chroma Boost agar memotret dan merekam lebih jelas. Untuk kelas entry-level yang tak banyak fitur kamera canggih, realme C11 2021 sudah memuaskan.

Namun jika dibandingkan dengan C11, jumlah kameranya berkurang. Di mana untuk versi terdahulu, realme memasang dual-camera di bodi belakang ponsel yakni 13 MP dan 2 MP. Meskipun begitu kedua ponsel ini sama-sama punya resolusi lensa kamera selfie yang sama.

Baca juga: HP Gaming Ramah Kantong, realme Narzo 20 Pro Dijual Rp3,3 Jutaan

RAM Lega Untuk Ponsel Entry-Level

© Arie/Techdaily

Salah satu kekurangan saat hendak membeli ponsel entry-level adalah kapasitas RAM yang pas-pasan. Kebanyakan ponsel-ponsel dengan harga di bawah dua jutaan Rupiah, maksimal cuma punya 2 RAM. Hal ini yang membuat beberapa orang menyebut ponsel entry-level sebagai smartphone kentang lantaran punya kemampuan pas-pasan. Apakah itu juga terjadi pada realme C11 2021?

Jawabannya adalah untung saja tidak!

Yap, realme bahkan menambah kapasitas RAM untuk C11 2021. Di mana dalam ponsel C11 yang sudah rilis beberapa bulan sebelumnya di Indonesia cuma memiliki RAM 2GB, maka dalam versi C11 2021 ini, realme masang RAM 4 GB. Kapasitas ini tentu terbilang sangat menguntungkan karena tidak semua ponsel entry-level punya kemampuan RAM yang cukup melegakan tersebut.

Tidak hanya pada segi RAM, perbedaan dari kedua versi C11 ini juga terlihat dari prosesor yang digunakan. Untuk pendahulunya, realme memilih chipset keluaran MediaTek yakni Helio G35 sebagai ‘otak’. Sedangkan pada C11 2021, realme memilih chipset besutan Unisoc yakni SC9863A. Meskipun berbeda, kedua chipset ini tetap sama-sama menggunakan proses octa-core berbasis CPU Cortex-A55 yang tentunya punya performa harian cukup tangguh.

Lantas mana yang terbaik dari kedua chipset tersebut? Apakah MediaTek karena lebih populer?

Memang jika dibandingkan MediaTek, nama Unisoc sebagai brand chipset smartphone tidak terlalu familiar. Namun jangan diremehkan, Unisoc sebetulnya merupakan brand yang dimiliki anak usaha Tsinghua Unigroup, salah satu perusahan chipset kelas dunia. Bahkan kalau dibandingkan dengan ARM Cortex-A53, kinerja kecepatan operasional dan pemrosesan AI pada ARM Cortex-A55 ini jelas lebih baik.

Sekadar informasi pula, SC9863A ini sudah mendukung teknologi facial recognition berbaris deep neural network. Untuk apa teknologi tersebut? Memungkinkan proses otentikasi wajah yang diklaim lebih cepat dan akurat, sehingga perlindungan keamanan informasi bagi para pengguna tidak perlu dicemaskan lagi. Unisoc juga tak main-main di sisi kemampuan kamera karena chipset yang terpasang sudah punya peningkatan signifikan dalam hal kamera.

Mulai dari kemampuan pemrosesan kamera dan aplikasi inovatif yang meningkat, lensa kamera pada realme C11 2021 bahkan cukup mampu memberikan efek blurry di latar belakang dan pemandangan malam hari tak terlalu mengecewakan. Tak heran kalau Anda ingin mengabadikan momen cukup puas dengan ponsel pas-pasan, C11 2021 tentu layak untuk dipertimbangkan.

Baterai Besar dan Kaya Fitur

© Arie/Techdaily

Berpindah ke bagian terakhir dari realme C11 2021 yang wajib dibahas, maka kini pada departemen baterai. Jika Anda termasuk pengguna ponsel aktif, maka C11 2021 jelas wajib dipilih lantaran daya tahan baterainya mencapai 5000mAh dengan kemampuan charging 10W. Tentu kedua hal ini akan membuat C11 2021 menjadi salah satu ponsel murah yang tidak murahan karena begitu tangguh.

Tak hanya itu saja, realme masang OTG reverse charge pada ponsel ini sehingga dapat menghemat masa pakai. Menurut realme yang melakukan pengujian di realme Lab, ditemukan hasil bahwa C11 2021 dapat bertahan hingga 43 hari lamanya dalam mode standby alias tidak digunakan untuk apapun. Sebuah kemampuan yang cukup mengejutkan dari smartphone kelas entry-level, bukan?

Tak berhenti di situ, ada banyak sekali fitur pada teknologi baterai C11 2021 ini. Dimulai dari Super Power Saving Mode sebagai skema hemat daya agresif. Di mana ketika baterai ponsel dalam kondisi minim daya, fitur ini akan langsung aktif dan Anda tetap bisa menggunakan fungsi-fungsi dasar smartphone lengkap dengan enam aplikasi umum.

Baca juga: Ponsel Flagship 5G, Realme X50 Pro Tersedia Mulai Rp11,9 Juta

Lanjut ke fitur berikutnya, ada App Quick Freeze untuk mengurangi pemakaian daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang, Screen Battery Optimization untuk mematikan beberapa efek atau animasi tampilan dari Sleep Standby Optimization yang menjadikan ponsel bekerja dalam mode rendah saat Anda tidur. Ketiga fitur yang bekerja ini jelas membuat daya tahan baterai C11 2021 jadi lebih awet.

Jadi, Apakah realme C11 2021 ini Layak Dibeli?

Dengan banderol harga yang sangat terjangkau, realme C11 2021 jelas bisa jadi pertimbangan untuk Anda yang ingin ganti HP tapi budget pas-pasan. Sudah punya RAM 4GB dan prosesor yang bisa diandalkan, smartphone yang satu ini memang sangat cocok sebagai generasi muda terutama yang masih sekolah atau Ibu-Ibu yang menjalani bisnis online shop di sela-sela kesibukannya.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 bulan ago