Realme

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua kekuatan ponsel flagship namun dengan harga level medium.

Bentuknya yang ramping membuat Realme GT mempesona siapapun yang melihatnya. Warna kuning dan garis hitam legam memberikan kesan Ford Mustang GT yang nyata.

Ini jauh lebih mewah dan menarik daripada warna matte yang beberapa bulan ini sedang tren. Bodi ponsel tidak begitu besar, sehingga mudah menggunakannya dengan satu tangan.

Realme GT adalah perangkat yang sukses besar sebagai ponsel yang menawarkan spesifikasi yang mengesankan dengan harga murah. Layarnya menggunakan teknologi AMOLED dengan kecepatan refresh 120Hz yang mulus.

Dukungan baterai yang besar dan pengisian cepat akan menemani hari – hari Anda dengan menyenangkan.

Berbekal chipset Snapdragon 888, prosesor kelas atas yang sempurna untuk bermain game dan mengedit video. Ada dua opsi RAM dan media penyimpanan yakni 8 GB/128 GB dan 12 GB/256 GB.

Fitur premium yang ada pada ponsel Gt ini mencakup NFC, Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), Wifi 6, Bluetooth 5.2, USB Type-C, jack audio 3.5 mm, In-Display Fingerprint Scanner, audio Hi-Res dan Dolby Atmos, Audio Solutions, Audio Capture, Voice Experience, serta perekaman video 4K (30/60fps).

Meski ada sedikit aplikasi bawaan yang menjengkelkan dan manajemen panas yang buruk. Juga tidak ada lensa telefoto dan zoom optik pada kameranya.

Namun, ini adalah masalah yang relatif kecil, dan secara keseluruhan mudah untuk merekomendasikan Realme GT sebagai ponsel kelas menengah yang fantastis.

Dengan Realme meluncurkan ponsel baru hanya beberapa bulan setelah Realme 8 Pro yang hebat, sepertinya perusahaan teknologi China benar-benar sedang berada dalam posisi depan persaingan.

Desain Realme GT

Realme GT memiliki desain yang khas, warna andalannya adalah bagian belakang kulit imitasi kuning dipecah oleh strip kaca hitam yang turun dari tonjolan kamera.

Ini seperti menggenggam mobil ‘grand tourer’ di tangan Anda. Membangkitkan ide garis-garis balap, dan ini tentu saja merupakan tampilan yang menarik.

Ada juga ponsel versi non GT yang hadir dalam warna perak atau biru, tentu tidak terlalu menarik perhatian dan membuatnya sama seperti ponsel medium lainnya.

Jika Anda bukan penggemar ponsel kulit karena alasan etis, jangan khawatir karena kulit yang membalut Realme GT ini memakai kulit palsu.

Desain ini yang membuat Realme sangat percaya diri bahwa seri GT ini bisa menjadi raja ponsel kelas medium.

Meski dimensi ponsel ini sedikit lebih kecil dari rata – rata ponsel pada tahun 2021 ini. Dengan dimensi 158,5 x 73,3 x 8,4mm dan berat 186g. Itu tidak kecil, tapi di bawah rata-rata.

Kami menemukan Realme GT cukup nyaman digunakan karena ukurannya, dengan semua tombol samping, dan sebagian besar layar, mudah dijangkau. Di bagian belakang, tonjolan kamera hampir tidak naik di atas bagian belakang lainnya, menambah daya tarik ponsel yang ramping.

Pada tepi kanan ponsel ada tombol daya dan volume rocker di tepi kiri. Ponsel ini juga memiliki jack headphone 3.5mm, yang akan membuat penggemar headphone berkabel senang melihatnya, dan port USB-C.

Tampilan Realme GT

Realme GT memiliki layar 6,43 inci yang dipecah oleh lubang ‘punch-hole’ untuk kamera depan di kiri atas.

Hanya ada sedikit bezel, sehingga layar menempati sebagian besar bagian depan perangkat. Sehingga Anda bisa menonton video portrait tanpa gangguan lubang kamera.

Layar ini menggunakan teknologi Super AMOLED, sehingga warnanya cerah dan berani, dengan kontras yang baik.

Meskipun kami mendapatkan sedikit kesulitan pada jenis layar ini ketika menggunakannya di bawah sinar matahari langsung.

Resolusi layarnya adalah 1080 x 2400 yang cukup rata-rata untuk sebuah smartphone. Itu akan cocok untuk aktivitas streaming, bermain game, atau menggulir melalui media sosial.

Sesuatu yang tidak selalu Anda dapatkan pada level harga ini adalah layar 120Hz Realme GT, yang berarti gambar layar diperbarui 120 kali per detik.

Standar refresh rate pada ponsel kelas medium adalah 60Hz dan kini masih banyak ponsel yang masih menggunakannya.

Tetapi peningkatan di sini berarti Anda akan melihat gerakan terlihat halus dan licin. Layar Realme GT bagus untuk harga ponsel, dan lebih dari cocok untuk tujuan apa pun yang Anda gunakan untuk perangkat ini.

Anda juga bisa menurunkan versi ke 60Hz atau menggunakan kecepatan refresh variabel, yang keduanya akan menghemat masa pakai baterai, jika Anda mau.

Kamera Realme GT

Realme GT memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Pada bagian belakang Anda memiliki kamera utama 64MP, ultra lebar 8MP, dan kamera makro 2MP. Kemudian pada bagian depan terdapat kamera 16MP untuk selfie dan panggilan video.

Kami menemukan bahwa gambar yang diambil dengan kamera depan tampak sangat cerah dengan fitur beauty, favorit para gadis. Hehe

Beberapa orang menilai bahwa fitur beauty ini mungkin terlalu berlebihan, sebenarnya, karena bidikan terkadang terlihat sedikit artifisial.

Namu Anda dapat mengubah pengaturan kecantikan untuk memperbaikinya sampai tingkat tertentu, tetapi ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin memotret selfie untuk dibagikan di media sosial.

Foto yang diambil dengan kamera utama terlihat bagus, tetapi kurang bagus. Mereka penuh dengan detail, dan bidikan yang diambil dalam pencahayaan yang baik terlihat bagus dan cerah.

Tetapi beberapa foto menunjukkan tanda-tanda penajaman yang berlebihan, sementara sorotan terlalu terang pada foto lainnya, dan kami terkadang menemukan kamera kesulitan untuk fokus pada subjek yang dekat.

Gambar ultra-lebar cukup mengesankan, dengan sedikit distorsi dibandingkan dengan bidikan yang kami ambil di ponsel lain dengan harga ini.

Bidikan ini cukup cerah, dan berkat sudut lensa 119 derajat, bidang pandang jauh lebih lebar daripada bidikan yang bisa diambil dengan kamera utama.

Kami kurang terkesan dengan kamera makro. Bidikan close-up terbaik yang kami ambil dengan ini tidak pernah lebih baik daripada bidikan serupa yang kami ambil dengan kamera utama.

Seperti kebanyakan kamera makro 2MP di ponsel, penyertaannya di sini tampaknya lebih dirancang untuk memperluas daftar spesifikasi daripada untuk meningkatkan pengalaman fotografi.

Tidak ada lensa telefoto di sini untuk fotografi zoom. Padahal ini akan lebih baik menempatkan telefoto sebagai pendukung kamera utama daripada lensa makro.

Namun Anda masih dapat memperbesar secara digital, hingga 10x, tetapi gambar 2x sebelumnya menjadi terlalu buram untuk dilakukan.

Realme GT memungkinkan Anda merekam video hingga 4K pada 30fps atau 60fps. Ada juga mode yang menggunakan AI untuk mengenali warna, sehingga Anda dapat merekam dalam monokrom dengan satu warna.

Spesifikasi Realme GT

Anda tidak akan menemukan banyak ponsel kuat dan murah seperti Realme GT. Ponsel ini menawarkan chipset Snapdragon 888 kelas atas, yang merupakan prosesor paling kuat yang sering digunakan pada ponsel Android.

Realmi memadukannya dengan RAM 8GB atau 12GB, dan pilihan memori internal 128 GB atua 256 GB.

Berkat chipset kelas atas ini, realme GT dapat memainkan game dengan mudah. Kami hampir tidak melihat adanya lag atau lag saat memainkan game kelas atas dan aplikasi loading dengan cepat. Ini adalah salah satu ponsel murah terbaik di luar sana untuk bermain game.

Baca review, Oppo Reno 6, Dibandrol 5, 2 juta

Kami menemukan sedikit kekurangan bahwa perangkat kadang bisa memanas saat bermain game. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan pendingin eksternal jika ingin menggunakan ponsel memainkan game dalam waktu lama.

Kualitas speaker Realme GT cukup untuk mendengarkan podcast di kamar mandi, atau jika Anda perlu mengeraskan suara telepon. Tetapi menggunakannya untuk musik atau streaming tidak disarankan karena suara mereka sedikit nyaring.

Perangkat Lunak Realme GT

Seperti semua ponsel Realme, GT menjalankan Realme UI dengan tampilan Android standar. Pada dasarnya adalah versi Android 11 yang dikuliti ulang yang sangat mirip dengan ColorOS Oppo.

Seperti ColorOS, Realme UI hadir dengan banyak personalisasi. Anda bisa mengubah wallpaper dan tata letak aplikasi, seperti yang dapat dilakukan semua ponsel.

Anda juga dapat mendesain tampilan selalu aktif, memilih dari pilihan animasi yang muncul saat Anda menekan pemindai sidik jari, mengubah warna ikon di seluruh ponsel, rancang ikon aplikasi Anda sendiri dengan memilih dari berbagai ukuran dan bentuk, dan ubah font sistem.

Oppo dan Realme dimiliki oleh perusahaan induk yang sama, yang juga memiliki Vivo dan OnePlus, sehingga kesamaan antara ponsel dan perangkat lunak mereka adalah hal biasa. Namun, Realme UI hampir identik dengan ColorOS.

Kami memang menemukan bahwa ketika kami menyalakan Realme GT untuk pertama kalinya, ada cukup banyak bloatware yang diinstal.

Ini termasuk aplikasi Realme sendiri seperti Phone Manager, Realme Link, dan toko tema, dan campuran aneh dari aplikasi pihak ketiga seperti Booking.com, Agoda dan LinkedIn. Pilihan yang mungkin tergantung pada wilayah.

Di bawah ini Anda dapat melihat tangkapan layar layar beranda default sebelum kami mulai merapikan. Ini adalah penyebaran yang cukup menakutkan untuk melihat ponsel baru Anda yang ‘bersih’.

Dari segi navigasi, Realme GT adalah suguhan yang sederhana dan mudah dipahami. Prosesor dan layar 120Hz-nya membuat pengenalan antar muka pengguna menjadi cepat dan mudah.

Meski memiliki koneksi 5G dan Wifi 6.0, namun kami mendapatkan masalah saat streaming musik dari Spotify dan TV dari Netflix, yaitu pemutaran sering terputus-putus seolah-olah kami berulang kali menekan ‘play’ dan ‘pause’.

Review, 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G

Sepertinya tidak ada masalah dengan headphone atau koneksi data yang buruk, dan kami mengalami masalah secara teratur. Semoga permasalahan ini bisa diselesaikan oleh Realmi lewat update software.

Daya tahan baterai Realme GT

Realme GT mengemas baterai 4.500mAh, yang rata-rata untuk ponsel dengan harga ini, dan itulah kata yang tepat yang akan kami gunakan untuk menggambarkan masa pakai baterai perangkat: ‘rata-rata’.

Kami menemukan Realme GT dengan mudah bertahan sehari penuh dengan satu kali pengisian daya. Dengan kami hanya memeriksa media sosial sesekali, atau streaming Netflix, memainkan permainan cepat Call of Duty: Mobile dan mendengarkan musik sepanjang hari.

Dengan penggunaan yang lebih berat, kadang kami melihat masa pakai baterai turun ke persentase satu digit pada malam hari.

Masa pakai baterai sehari penuh adalah rata-rata untuk sebuah smartphone. Tetapi yang diatas rata-rata adalah kecepatan pengisian handset. Dengan kecepatan pengisian 65W, Realme GT mengalahkan pesaingnya jauh di depan.

Pada kecepatan ini, ponsel berubah dari kosong menjadi penuh hanya dalam waktu setengah jam. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengingat-ingat untuk mencolokkan perangkat dalam semalam, karena Anda dapat dengan mudah menyimpannya hanya dengan beberapa menit setiap pagi.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago