HP Gaming Ramah Kantong, realme Narzo 20 Pro Dijual Rp3,3 Jutaan

Membuka bulan November 2020, realme tampaknya cukup percaya diri dengan pangsa pasar di Indonesia. Tak main-main, pabrikan ponsel asal China ini merilis dua produk sekaligus yakni realme Narzo 20 dan realme Narzo 20 Pro.

Kedua produk dari lini realme Narzo ini memang dirilis sebagai jawaban kebutuhan smartphone gaming murah meriah. Jika biasanya ponsel-ponsel gaming selalu dibanderol dengan harga fantastis, anak perusahaan BBK Electronics ini mengenalkan gawai dengan harga terjangkau.

Diklaim ramah kantong, realme Narzo 20 Pro dijual di Indonesia dengan harga Rp3.399.000. Menurut Felix Christian selaku Product Manager realme Indonesia, meskipun harga Narzo 20 Pro sangat terjangkau dibandingkan smartphone gaming, chipset yang dipakai jelas tidaklah abal-abal.

Baca juga: Ponsel Flagship 5G, Realme X50 Pro Tersedia Mulai Rp11,9 Juta

Sehingga bagi Anda yang ingin upgrade ponsel gaming tapi dana terbatas, sangat layak mempertimbangkan Narzo 20 Pro. Seperti apa keunggulan yang disuguhkan oleh Narzo 20 Pro? Ulasan berikut ini sangat layak Anda pertimbangkan.

Spesifikasi realme Narzo 20 Pro

unboxing realme Narzo 20 Pro
unboxing realme Narzo 20 Pro © Selular
  • Sistem Operasi: Android 10.0, Realme UI
  • SIM: Nano-SIM dual stand-by
  • Layar: IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • Internal/RAM: 64GB/6GB dan 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4500 mAh dengan fast charging 65W

Sebelum diboyong ke Tanah Air pada awal November, realme Narzo 20 Pro sudah dikenalkan secara global pada 21 September 2020 lalu dan dijual beberapa hari kemudian. Di Indonesia sendiri, Narzo 20 Pro hadir bersama dengan Narzo 20 yang berharga lebih terjangkau.

Selain membawa kedua produk unggulannya, realme Indonesia juga mengenalkan jajaran produk terbaru mereka dalam bagian AIoT (Artificial Intelligence of Things). Beberapa di antaranya seperti smartwatch, earphone true wireless, smartcam hingga sikat gigi elektrik, seperti dilansir Medcom.

Desain Kompetitif dan Layar Lega

Masuk dalam bagian ponsel kelas menengah, tampilan desain Narzo 20 Pro memang tidak mengecewakan. Cukup mirip dengan realme 7, tapi bodi belakang Narzo 20 Pro mempunyai tekstur doff. Menurut realme, desain garis dalam produk unggulan mereka ini adalah simbolisasi dari semangan kemenangan dalam pertarungan, sehingga sangat cocok untuk para gamer.

Anda bisa memilih dua warna yang menarik dari realme Narzo 20 Pro yakni white knight atau black ninja. Meskipun bagian bodi belakang ada tekstur doff, tetap waspada dengan sidik jari yang bisa membekas lantaran masih tetap glossy, seperti dilansir Gizmologi.

Lepas dari desain bodinya, Narzo 20 Pro mempunyai ukuran layar cukup lega yakni 6.5″ dengan resolusi full HD+ pada 90Hz Ultra Smooth Display. Keberadaan lapisan Gorilla Glass 3 sebagai pelindung layar panel IPS ini, membuat pengguna tak perlu cemas berlebihan saat tak sengaja tergesek benda tumpul.

Dengan layar yang cukup luas itulah, Narzo 20 Pro memang sangat sepadan untuk digunakan dalam kebutuhan gaming. Bukan seorang gamer? Tenang saja, Narzo 20 Pro sangat bersahabat bagi Anda yang doyan streaming video.

Baca juga: 10 HP Realme Terbaru Beserta Spesifikasinya (Juni-Juli 2020)

Empat Kamera Mantap Untuk Fotografi

desain dan panel kamera belakang realme Narzo 20 Pro
desain dan panel kamera belakang Narzo 20 Pro © Smartprix

Ada yang bilang kalau ponsel gaming biasanya tidak punya kamera yang cukup memuaskan, apalagi kalau ponsel gaming dengan harga terjangkau. Hal itu jelas tidak berlaku bagi realme karena Narzo 20 Pro justru dibekali empat kamera belakang.

Untuk kamera utamanya, realme memilih lensa kamera 64MP yang cukup bisa diandalkan dalam memotret di berbagai kondisi termasuk saat cahaya minim alias malam hari. Beberapa fitur disematkan untuk Narzo 20 Pro seperti mode Nightscape, mode 48Mp sampai mode profesional yang memungkinkan Anda bisa memotret dalam format RAW.

Bukan hanya foto yang memuaskan, kamera Narzo 20 Pro bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi [email protected] atau [email protected] Hanya saja jika Anda menyukai foto-foto dengan efek bokeh, harus mengikhlaskannya karena realme tidak memberikan fitur itu. Tak perlu cemas, keberadaan Ultra Steady menjadikan Anda bisa merekam atau memotret tanpa shaking sekalipun tak punya monopod.

Terakhir dengan lensa kamera selfie mencapai 16MP, Anda bisa merekam video hingga [email protected]/120fps. Dengan pencapaian itu, kebutuhan konten untuk Instagram Stories hingga video pendek TikTok mampu cukup berkualitas dan memuaskan.

Baca juga: Bisa Foto 60x Zoom, Realme X3 SuperZoom Dijual Rp7 Jutaan

Performa Chipset Kencang di Kelasnya

tampilan layar lega realme Narzo 20 Pro
tampilan layar lega Narzo 20 Pro © Smartprix

Dan inilah yang paling utama dalam pembahasan realme Narzo 20 Pro, yakni performanya sebagai ponsel gaming kelas menengah. Dilansir Selular, Felix menjelaskan bahwa pengalaman gaming dengan ponsel ini bisa terasa lebih kencang lantaran suhu yang dihasilkan stabil. Sebagai ponsel dengan value terbaik di kelasnya, Narzo 20 Pro memakai chipset Helio G95 milik MediaTek.

Sekadar informasi, Helio G95 sebelumnya sudah dipakai pada realme 7 yang rilis dua bulan sebelumnya. Menurut MediaTek, Helio G95 memang menawarkan performa cepat dengan berbagai fitur canggih dalam fotografi multi-kamera dan teknologi kecerdasan buatan alias AI.

Memadukan sepasang CPU Arm Cortex-A76 dan enam CPU hemat daya Cortex-A55, Helio G95 dapat berjalan hingga kecepatan 2.05GHz. Untuk pemrosesan grafis, chipset ini memakai Mali-G76 MC4 yang sudah meningkat sehingga mampu mencapai 900 MHz.

Dengan performa yang cukup kencang, daya yang dibutuhkan Helio G95 cukup efisien sehingga tak bikin baterai cepat boros. Yenchi Lee selaku Deputy General Manager Unit Bisnis Komunikasi Nirkabel MediaTek sempat berkata bahwa chipset ini, termasuk yang terkuat dalam seri G.

Keberadaan fitur MediaTek HyperEngine memastikan pengguna memperoleh jaringan cukup stabil dengan respon cepat dan kualitas gambar lebih baik, pengalaman gaming pada realme Narzo 20 Pro jelas sangat memuaskan. Karena koneksi akan berjalan mulus dan bebas lag, sesuatu yang memang dibutuhkan oleh setiap gamer.

Baca juga: Rilis 24 Maret, Intip Spesifikasi Realme 6 dan 6 Pro: HP Kamera 64MP

Jadi, Apakah realme Narzo 20 Pro Layak Dibeli?

Meskipun chipset yang dipakai cukup efisien dalam daya, Anda juga wajib tahu bahwa kapasitas baterai Narzo 20 Pro tidaklah sebesar seri Pro lainnya. realme membekali baterai dengan kapasitas 4.500 mAh untuk ponsel ini, yang sebetulnya mampu menyala sehari penuh dengan penggunaan tidak terlalu intensif.

Namun meskipun kapasitas baterainya pas-pasan, realme memanjakan pengguna dengan teknologi pengisian daya 65W SuperDart Charge. Dengan teknologi ini, Anda bisa mengisi daya dari 1% hingga 100% dalam waktu sekitar 37 menit saja. Tentu sangatlah membantu bagi Anda yang merupakan orang sibuk dan harus sering bepergian, sehingga tak punya banyak waktu untuk charging.

Ponsel ini secara mudahnya memang sangat cocok untuk generasi muda penggila gaming, yang sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk nge-game dan kemudian berpindah lokasi nongkrong. Kendati bukan yang terbaik di kelasnya, realme Narzo 20 Pro sangat layak untuk dipertimbangkan di ponsel gaming kelas menengah.

realme Narzo 20 Pro sendiri akan memulai penjualan flash sale pada 11 November 2020 lusa pada pukul 00.00 WIB. Dalam event flash sale ini, Anda bisa memperoleh paket data gratis dari Telkomsel dan realme Buds Wireless. Khusus realme Buds Wireless, hanya bisa didapatkan oleh 1000 pembeli pertama di website resmi realme dan dua marketplace, Lazada serta akulaku.