realme Narzo 30A, Ponsel Gaming Baterai Jumbo Seharga Rp1,8 Jutaan

Kegiatan gaming sepertinya masih menjadi salah satu fokus pasar utama realme. Produsen smartphone yang berpusat di Shenzhen, Tiongkok ini akhirnya memboyong salah satu unggulannya, realme Narzo 30A ke Indonesia pada awal Maret 2021 ini. Kehadiran ponsel ini sendiri sudah dikenalkan realme sejak pekan terakhir bulan Februari.

Sebagai ponsel pertama dari brand realme yang dihadirkan di Tanah Air pada tahun 2021 ini, Narzo 30A memang mempunyai beban yang tidak ringan. Namun realme juga tahu bahwa pasar yang mereka tuju juga sangatlah ’basah’ yakni para gamers. Mengusung tagline ’Power Up the Game’, Narzo 30A tampaknya akan membuat ponsel-ponsel gaming lain cukup waspada.

Apalagi saat ini kondisi dunia memang masih bergelut dengan pandemi Covid-19, sehingga membuat gaming tetap jadi salah satu aktivitas yang banyak dipilih untuk mengisi waktu, terutama generasi muda. Apakah Narzo 30A bisa melaksanakan tugasnya dengan sukses sebagai ’senjata’ pertama realme di Indonesia pada tahun ini? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Baca juga: HP Gaming Ramah Kantong, realme Narzo 20 Pro Dijual Rp3,3 Jutaan

Spesifikasi realme Narzo 30A

unboxing Narzo 30A
© Gizmologi
  • Sistem Operasi: Android 10, realme UI
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 720 x 1600 piksel
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Internal/RAM: 32GB/3GB dan 64GB/4GB
  • Kamera Utama: 13MP (wide) dan 2MP
  • Kamera Selfie: 8MP
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 6000mAh

Setidaknya ada dua pilihan warna yang dapat dipilih konsumen realme Narzo 30A yakni laser black dan laser blue. Untuk pasar Indonesia, realme menggelar program early-bird sale pada 3 Maret lalu di dua marketplace populer yakni Shopee dan Akulaku, serta situs resmi realme Indonesia, realme.com/id. Kemudian dilanjutkan dengan tiga kali flash sale pada 5, 9 dan 12 Maret 2021.

Bagi Anda yang ketinggalan dua event tersebut, tenang saja karena Narzo 30A sudah bisa dibeli di outlet resmi realme seluruh Indonesia sejak 4 Maret 2021 kemarin. Untuk harga resminya, Narzo 30A dijual Rp1,899 juta. Namun dalam flash sale harganya sempat dipangkas jadi Rp1,799 juta dan gratis kuota 36GB dari Indosat selama 12 bulan.

Tentu dengan harga yang sangat terjangkau dan mengenalkan diri sebagai ponsel gaming, ada banyak pihak yang penasaran dengan Narzo 30A. Namun jika melihat rekam jejak realme dari berbagai produk yang sudah dirilis sebelumnya, tampaknya Narzo 30A akan bisa keluar sebagai best value gaming smartphone di kelas entry-level.

Desain Kokoh dengan Layar HD+

layar Narzo 30A
© Gizmologi

Sebagai ponsel entry-level, sebetulnya tidak ada yang cukup menonjol dari desain Narzo 30A. Namun realme membuat bodi ponsel ini lebih solid dengan material yang terasa kokoh. Dimana sambungan bodi belakang dan bagian depan layar terasa halus dan nyaman digenggam. Dua kamera belakang terpasang dalam modul persegi di bagian kanan atas dan sedikit menonjol.

Baca juga: Ponsel Flagship 5G, Realme X50 Pro Tersedia Mulai Rp11,9 Juta

Yang menarik dari bodi belakang Narzo 30A ini adalah materialnya memiliki tekstur matte. Dimana sepertiga bagiannya dibuat polos, dan dua pertiga lainnya diberi pola garis diagonal yang menarik. Hal ini membuat Narzo 30A hadir lebih ekspresif. Untuk bagian polos pada bodi belakangnya terdapat modul kamera, sensor sidik jari dan logo Narzo.

Berpindah ke kualitas layar, kalau Anda sudah terbiasa melihat realme C series,tentu tampilan layar realme Narzo 30A ini tak banyak berbeda. realme memilih desain mini-drop fullscreen untuk layar berukuran 6.5 inci itu. Kendati ada beberapa pihak yang menyayangkan kenapa layar ponsel ini masih beresolusi HD+, panel IPS yang dipakai tak terlalu mengecewakan.

Agar melindungi penggunaan termasuk gesekan dengan benda tumpul, realme memasang lapisan pelindung layar Gorilla Glass 3. Apakah kehadiran lapisan antigores ini mempengaruhi kemampuan responsivitas layar? Tenang saja, masih bisa digunakan dengan lancar, termasuk di bawah pancaran sinar matahari.

Dual Kamera Sederhana Tak Bikin Kecewa

box dan bodi belakang Narzo 30A
© Gizmologi

Sebagai ponsel jajaran entry-level, tentu saja tak perlu berharap terlalu tinggi pada kemampuan kamera Narzo 30A. Namun bukan berarti sangat mengecewakan, karena dual-camera yang dipasang di bodi belakang sudah terdiri dari lensa 13MP dan sensor depth 2MP.

Menurut review yang dilakukan Prasetyo Herfianto seperti dilansir Gizmologi, pengaturan kamera Narzo 30A memang sederhana. Namun ada banyak fitur disematkan seperti Expert Mode, Nightscape, filter malam Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold. Dengan kemampuan lensa dan fitur yang ditawarkan, foto yang dihasilkan Narzo 30A cukup memuaskan untuk diunggah di Instagram.

Sementara untuk lensa kamera selfie dengan resolusi 8MP, juga tidak terlalu mengecewakan. Kebutuhan untuk video call atau bikin konten Instagram Stories pun bisa disampaikan dengan cukup oke. Terakhir dalam kebutuhan perekaman video, kamera-kamera Narzo 30A juga bisa memberikan hasil standar maksimal 1080p di 30fps.

Performa Memuaskan untuk Gaming

tampilan belakang Narzo 30A
© Gizmologi

Pembahasan terakhir adalah kepada chipset yang dipakai, sekaligus inti realme Narzo 30A sebagai ponsel gaming entry-level. Kesan yang muncul adalah MediaTek Helio G85 mampu memberikan performa powerful, terutama untuk ponsel-ponsel kelas satu jutaan Rupiah. Dipadukan dengan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 64GB, ponsel ini bisa berjalan dengan lega.

Baca juga: Bisa Foto 60x Zoom, Realme X3 SuperZoom Dijual Rp7 Jutaan

Untuk Anda yang bermain game PUBG Mobile dengan pengaturan utama HD (High Definition), Narzo 30A bisa menyuguhkannya secara lancar. Bahkan sekalipun diubah ke pengaturan Balanced-Ultra, ponsel ini juga tetap bisa menjalankan game tanpa masalah dan tidak menimbulkan efek panas karena penggunaan baterai yang terlalu ngotot.

Keberadaan opsi slot microSD tentu sangat membantu pengguna yang merasa kapasitas penyimpanan internal Narzo 30A ini kurang maksimal. Dimana ponsel ini mampu mendukung hingga microSD 256GB. Nah, jika PUBG Mobile bisa berjalan cukup lancar sekalipun frame rate tinggi, bagaimana dengan game grafis dewa sekelas Genshin Impact?

Lewat review yang dilakukan Virgina Maulita Putri seperti dilansir detikInet, realme Narzo 30A tampak kewalahan saat mengatasi Genshin Impact. Bahkan sekalipun sudah menggunakan kualitas grafis paling rendah sekalipun, game ini masih begitu berat dan kerap mengalami stuttering.

Bukan sesuatu yang aneh, karena memang Genshin Impact membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang benar-benar tinggi agar bisa berjalan optimal. Sementara untuk penggunaan aplikasi normal sehari-hari, Narzo 30A bisa menjalannya tanpa masalah berarti.

Terakhir satu hal yang membuat Narzo 30A memiliki nilai plus lain terutama di kelas entry-level dan statusnya sebagai smartphone gaming adalah baterai berkapasitas besar, 6000mAh. Melihat komponen yang dibenamkan dan spesifikasi ponsel, sudah pasti kemampuan daya tahan baterai Narzo 30A ini sangatlah tangguh dan sulit untuk cepat habis.

Baca juga: Rilis 24 Maret, Intip Spesifikasi Realme 6 dan 6 Pro: HP Kamera 64MP

Jadi, Apakah realme Narzo 30A Layak Dibeli?

Dengan kemampuan fast charging 18W dan reverse charging, realme Narzo 30A memang bisa dibilang sangat istimewa untuk smartphone gaming entry-level. Sehingga dapat disimpulkan, jika Anda membutuhkan ponsel untuk kebutuhan game atau keseharian yang punya spesifikasi oke dan harga terjangkau, ponsel unggulan realme ini jelas layak dipertimbangkan.