Bisa Foto 60x Zoom, Realme X3 SuperZoom Dijual Rp7 Jutaan

Ramai-ramai dunia menyambut new normal sepertinya menjadi angin segar bagi para vendor smartphone. Setelah sama-sama terpuruk hampir tiga bulan karena pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum usai, kini pabrikan ponsel telah mulai merancang strategi terbaru dengan meluncurkan produk-produk unggulan ke masyarakat.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone yang sangat tinggi pun menjadi target banyak vendor HP. Salah satunya adalah raksasa elektronik asal China, BBK Electronics. Perusahaan yang memasarkan berbagai smartphone dengan merek Vivo, Oppo dan Realme ini pun kembali mengenalkan produk baru di Tanah Air lewat salah satu jagoan mereka, Realme.

Melalui siaran live streaming, Realme Indonesia rupanya langsung memboyong empat produk baru yakni dua model smartphone dan dua perangkat AIoT (Artificial Intelligence of Things). Salah satu yang begitu menarik perhatian adalah ponsel flagship mereka, Realme X3 SuperZoom, seperti dilansir Selular.

Baca juga: Rilis 24 Maret, Intip Spesifikasi Realme 6 dan 6 Pro: HP Kamera 64MP

Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia menyebutkan, bahwa perilisan bersamaan empat produk baru pada Selasa (16/6) pekan lalu ini karena Indonesia masuk dalam prioritas target pemasaran Realme. Bahkan khusus untuk X3 SuperZoom yang memang menargetkan anak-anak muda hobi fotografi, spesifikasi super bukan hanya untuk kamera, tapi di semua aspeknya.

Melihat kesuksesan BBK Electronics dan betapa identiknya Realme sebagai smartphone gaming milenial dan generasi Z, tampaknya kehadiran X3 SuperZoom di Tanah Air akan bisa disambut dengan hangat. Apalagi jika melihat segudang keunggulan yang ditawarkan lewat spesifikasi sangat istimewa, X3 SuperZoom akan menjadi bintang dari smartphone canggih masa kini.

Spesifikasi Realme X3 SuperZoom

Unboxing Realme X3 SuperZoom
© el output
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Layar: IPS LCD berukuran 6.6″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
  • GPU: Adreno 640 (700 MHz)
  • Internal/RAM: 128GB/8GB, 256GB/12GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (periscope telephoto), 8MP (ultrawide) dan 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide), 8MP (ultrawide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4200 mAh dengan fast charging 30W

Dari spesifikasi yang ditawarkan, tidak berlebihan memang kalau disebutkan jika X3 SuperZoom menjadi salah satu flagship unggulan di 2020 ini. Hadir dengan dua pilihan warna yakni glacier blue dan artic white, X3 SuperZoom merupakan penerus dari X2 Pro yang sudah dirilis pada Oktober 2019 silam secara global.

Diproses dengan AG Technology, X3 SuperZoom tidak cuma menawan dipandang tapi juga sangat nyaman dipegang. Segera setelah resmi dirilis, Realme Indonesia menawarkan sistem pre-order melalui Tokopedia atau website resmi Realme. Dari informasi yang didapat, X3 SuperZoom dibanderol dengan harga Rp7,999 juta untuk versi memori internal 256GB dan RAM 12GB.

Baca juga: 6 HP Realme Terbaru Beserta Spesifikasinya Maret 2020

Desain Elegan dan Layar Ala Samsung Galaxy S20 Ultra

tampilan depan Realme X3 SuperZoom
© pocket-lint

Sebagai penerus dari X2 Pro, X3 SuperZoom memiliki desain yang lebih minimalis dan elegan. Bahkan pada bagian bodi belakang ponsel, Realme menempatkan panel kaca lengkung 3D yang sudah terlapisi anti-glare sehingga berkesan doff. Tak perlu khawatir cepat kusam atau kotor seperti Realme 6 Pro, karena X3 SuperZoom memperoleh lapisan fingerprint-proof.

Dengan bobot sekitar 200 gram, X3 SuperZoom cukup nyaman untuk dipegang. Lepas dari desain bodi yang kokoh, Realme menempatkan slot kartu SIM di bagian bawah, tempat yang biasanya berisi audio-jack 3,5mm. Untuk itulah jika ingin menikmati musik, Anda harus memiliki earphone USB-C atau earphone nirkabel karena X3 SuperZoom tidak mempunyai slot audio-jack.

Kemudian untuk bagian depan bodi yang melengkapi desain elegan, Realme menggunakan layar besar dengan dimensi 6.6″. Mengusung layar FHD+ yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5, X3 SuperZoom juga dilengkapi Ultra Smooth Display yang memiliki kemampuan kecepatan refresh 120Hz. Keberadaan teknologi refresh rate ini sangatlah istimewa karena biasanya baru bisa dinikmati di smartphone-smartphone mahal seperti Samsung Galaxy S20 Ultra, seperti dilansir Gizmologi.

Kendati begitu, X3 SuperZoom tidak menggunakan panel AMOLED seperti X2 Pro karena Realme lebih memilih panel IPS lantaran bagian bezel bawah tidak tampak setipis pendahulunya. Hal inilah yang membuat tingkat kecerahan layar X3 SuperZoom saat di luar ruangan tampak biasa-biasa saja. Meskipun tidak jelek, panel layar X3 SuperZoom juga tak terlalu spesial, apalagi jika dibandingkan dengan X2 Pro.

Komponen Dapur Pacu Setara HP Gaming Flagship

tampilan belakang Realme X3 SuperZoom
© usercontent.one

Sebagai ponsel jajaran flagship, tentu saja spesifikasi dapur pacu X3 SuperZoom tidaklah biasa-biasa saja. Mampu mencatat skor AnTuTu sebesar 517.743, membuat X3 SuperZoom meraih posisi tertinggi di kalangan smartphone dengan chipset Snapdragon 855+ (SM8150). Sekadar informasi, SM8150 memang dibuat oleh Qualcomm untuk HP-HP flagship varian tertinggi.

Mengklaim diri sebagai prosesor platform 4G terbaik dan tercepat, SM8150 memang hadir dengan teknologi AI khusus seperti yang dibesut Huawei untuk chipset Kirin 970. SM8150 dilaporkan mempunyai satu inti core power dengan clock speed 2.84GHz, tiga inti lain dengan masing-masing 2.42GHz dan empat inti core penghemat daya yang mencapai 1.8GHz, seperti dilansir Jalantikus.

Keberadaan GPU Adreno 640 membuat kemampuan grafis Snapdragon 855+ lebih cepat 20%, serta performa 45% lebih kencang daripada Snapdragon 845. Hal inilah yang menjadikan X3 SuperZoom mampu menjalankan game-game berat dengan grafis HD secara mudah. Bahkan untuk game-game berbasis AR (Augmented Reality) bisa dimainkan secara mulus di X3 SuperZoom, karena SM8150 dibekali Qualcomm AI Engine multi-core generasi keempat dan Hexagon 890 prosesor, sehingga performa AI meningkat tiga kali lipat!

Komponen chipset yang cukup istimewa itu dipasang Realme dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, yang membuat kemampuan kecepatan baca atau salin data X3 SuperZoom meningkat. Bahkan saat hendak menyalin ribuan file foto, X3 SuperZoom bisa melakukannya dengan waktu singkat. Kapasitas penyimpanan yang cukup lega juga membuat pengguna bisa memasang berbagai aplikasi dan menyimpan data-data besar.

Melalui spesifikasi yang ditawarkan, komponen-komponen yang dipilih Realme ini membuat X3 SuperZoom layak disandingkan dengan smartphone gaming seperti ROG Phone II dan Xiaomi Black Shark 2 Pro, yang kebetulan mempunyai harga setara. Tentunya untuk Anda yang hobi main game, X3 SuperZoom bisa jadi pilihan yang cukup memuaskan.

Baca juga: Spesifikasi Dan Harga Serta Keunggulan Realme 5i

Empat Kamera Utama dan Dua Kamera Selfie Istimewa

detail kamera belakang Realme X3 SuperZoom
© headlineenglish

Seperti namanya, X3 SuperZoom memang menjadi smartphone dengan kemampuan fotografi yang benar-benar mumpuni, alias istimewa. Realme membenamkan empat kamera utama di bagian belakang ponsel. Di mana dua lensa kamera utama ini ternyata sama dengan X2 Pro, sementara dua lensa lainnya berbeda.

Lensa pertama memiliki resolusi 64MP dengan sensor Samsung GW1 seperti X2 Pro, yang diperkuat dengan teknologi Quad Bayer 4-in-1. Lalu lensa kedua yang masih sama adalah lensa ultra wide-angle 8MP, yang mempunyai kemampuan sudut pandang lebar 119 derajat, tanpa autofocus. Perbedaan terjadi di lensa ketiga yang merupakan lensa makro 2MP f/2.4. Terakhir, lensa keempat dan yang paling spesial dari X3 SuperZoom adalah lensa beresolusi 8MP f/3.4 dengan jenis periskop.

Kehadiran lensa ini menjadikan X3 SuperZoom sebagai ponsel pertama Realme yang memiliki lensa periskop. Lewat lensa periskop, X3 SuperZoom memiliki kemampuan pembesaran optikal 5x dengan total kombinasi 60x zoom. Lensa yang ditempat di bagian paling atas dari keempat lensa utama X3 SuperZoom ini juga dibekali teknologi OIS (Optical Image Stabilization) khusus. Hal inilah yang membuat X3 SuperZoom bisa menangkap foto lebih tajam dan cerah, sekalipun dari jarak 100 meter.

Yang cukup istimewa, pembesaran optikal 5x ini bisa bekerja memuaskan saat malam, sekalipun memang 60x zoom hanya berguna dalam kondisi cahaya cukup. X3 SuperZoom juga memiliki kemampuan meningkatkan saturasi dan kecerahan foto melalui AI Dazzle Color, seperti mode Chroma Boost di X2 Pro.

Terakhir untuk kamera depan yang berguna dalam potret selfie, Realme membekali X3 SuperZoom dengan dua lensa kamera yang didesain modern dengan model punch-hole. Alih-alih waterdrop notch yang dianggap sudah jadul, kamera depan yang terletak di bagian kiri atas ini akan memberikan efek cahaya di bagian pinggirnya, saat face unlock mendeteksi wajah pengguna. Tentunya dengan lensa masing-masing 32MP dan 8MP, potret selfie bisa makin ciamik.

Starry Mode, X3 SuperZoom Mampu Potret Bintang di Langit

hasil foto malam Realme X3 SuperZoom
© Alvien-Prasetyo Herfianto/Gizmologi

Bukan hanya kemampuan perbesaran optik, daya tarik X3 SuperZoom yang akan membuat banyak penggemar fotografi jauh hati adalah Starry Mode. Dari namanya tentu Anda bisa menebak bahwa X3 SuperZoom bisa memotret foto bintang-bintang di langit malam. Tak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memboyong perangkat kamera khusus, X3 SuperZoom bisa menangkap foto langit berbintang lebih mudah.

Hanya saja supaya Starry Mode ini bisa bekerja maksimal, Anda memerlukan tripod dan kondisi langit malam yang benar-benar bersih. Starry Mode ini jelas membuat X3 SuperZoom sebagai teman baik para penggemar hiking yang senang menatap keindahan langit malam di puncak gunung. Keberadaan algoritma AI memang begitu cerdas meningkatkan ketajaman dan kecerahan bintang, sehingga hasil potret X3 SuperZoom jauh lebih menawan, seperti dilansir CNN Indonesia.

Saat menggunakan Starry Mode, lensa kamera X3 SuperZoom akan melakukan autofocus dan menangkap lebih dari 10 foto ultra-long exposure selama maksimal 32 detik. Dengan teknologi AI, lensa kamera X3 SuperZoom mereproduksi foto bintang secara HDR dan pengurangan noise multi-frame. Hasilnya? Anda bisa memperoleh foto bintang-bintang malam yang sangat cantik.

X3 SuperZoom Punya Segudang Fitur Masa Kini

tampilan kamera belakang Realme X3 SuperZoom

Demi melengkapi kesempurnaan X3 SuperZoom, Realme pun menawarkan segudang fitur istimewa dan tentunya sangat kekinian. Yang pertama adalah X3 SuperZoom sudah dibekali teknologi NFC, sehingga sangat membantu dalam kebutuhan transaksi digital.

Baca juga: Spesifikasi Realme X2 Pro Kelebihan dan Kekurangan Serta Harganya

Melihat komponen dapur pacu yang sangat begitu yahud, tentu akan banyak kecemasan bahwa X3 SuperZoom bakal cepat panas. Tak usah khawatir, karena Realme sudah membekali ponsel ini dengan sistem pendingin cair alias Liquid Cooling yang diklaim bisa menurunkan suhur perangkat secara 100%.

Untuk membuka perangkat secara cepat, X3 SuperZoom juga dilengkapi sensor pemindai sidik jari samping yang cuma butuh waktu 0,3 detik saja. Hal ini sejalan dengan sensitivitas sentuhan X3 SuperZoom yang menggunakan Tactile Engine Linear Motor. Lalu untuk urusan audio-visual, Realme memasang 1216 Super Linear Speakers dan teknologi Dolby Atmos yang membuat pengalaman entertainment-nya sangat memuaskan.

Terakhir untuk urusan baterai, X3 SuperZoom mengalami peningkatan dari seri terdahulu dengan menjadi 4200 mAh. Meskipun begitu kecepatan isi daya X3 SuperZoom masih kalah sedikit dibandingkan X2 Pro. Di mana sang senior hanya perlu waktu 30 menit untuk charging dengan 50W SuperVOOC Flash Charge, sementara X3 SuperZoom butuh waktu hampir satu jam. Namun meskipun begitu, posisi X3 SuperZoom masihlah jadi salah satu flagship wajib dibeli saat ini.