Ponsel Flagship 5G, Realme X50 Pro Tersedia Mulai Rp11,9 Juta

Di saat banyak produsen smartphone memilih meluncurkan ponsel dengan harga terjangkau kala pandemi Covid-19, Realme justru cukup berani dengan mengeluarkan smartphone kelas flagship mereka.

Langkah berani Realme ini membuktikan bahwa pabrikan yang berpusat di Shenzhen, China ini, masih percaya kalau pasar ponsel flagship masihlah cukup menggiurkan. Bahkan sekalipun wabah corona membuat perekonomian limbung, anak perusahaan BBK Electronics ini yakin jika peminat smartphone kelas menengah ke atas masih besar.

Sebetulnya strategi Realme ini memang cukup cerdik. Sebelumnya mereka juga ikut merilis ponsel-ponsel entry-level hingga menengah seperti yang dilakukan sang kompetitor, Xiaomi dan Oppo. Namun terbaru, melalui X50 Pro 5G, Realme siap memanjakan konsumen yang butuh ponsel berkualitas tinggi dengan harga cukup fantastis.

Baca juga: 10 HP Realme Terbaru Beserta Spesifikasinya (Juni-Juli 2020)

Spesifikasi Realme X50 Pro 5G

Realme X50 Pro 5G dan dus boks lengkap
© Prasetyo Herfianto/Gizmologi
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Layar: Super AMOLED berukuran 6.44″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • Internal/RAM: 128GB/6GB, 128GB/8GB, 256GB/8GB, 256GB/12GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 12MP (telephoto), 8MP (ultrawide), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 32 MP (wide) dan 8MP (ultrawide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4200 mAh dengan fast charging 65W

Pertama kali dikenalkan oleh Realme pada 24 Februari silam, X50 Pro 5G baru resmi dijual ke seluruh dunia pada 5 Maret 2020. Untuk pasar Indonesia sendiri, X50 Pro 5G sudah bisa dibeli sejak pekan lalu, tepatnya pada 25 Agustus 2020.

Anda yang berminat bisa membeli X50 Pro 5G di gerai-gerai resmi Realme dan Erafone, yang sekaligus memperoleh bonus Realme Adventurer Luggage. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kehadiran X50 Pro 5G memang cukup pengejutkan pasar ponsel di Tanah Air. Realme memilih mengenalkan X50 Pro 5G melalui event online Realme Fan Fest 2020.

Lantaran merupakan ponsel flagship, sudah tentu Anda harus merogoh kocek cukup dalam jika ingin memboyong X50 Pro 5G pulang. Dimana Realme membanderol X50 Pro 5G mulai harga Rp11.999.000.

Desain dan Layar Sangat Elegan

Tampilan layar Realme X50 Pro 5G
© Prasetyo Herfianto/Gizmologi

Agar menciptakan kesan elegan, Realme X50 Pro 5G menggunakan pilihan warna saturasi rendah pada desain bodi ponsel yakni Moss Green dan Rust Red. Tak perlu cemas bakal sering terlepas dari pegangan, karena Realme membuat bodi ponsel mempunyai permukaan matte.

Permukaan matte itu juga membuat pengguna X50 Pro 5G yang memiliki telapak tangan cenderung berminyak, tak perlu cemas berlebih akan meninggalkan banyak bekas jari. Apalagi bodi ponsel dengan bahan polikarbonat ini menggunakan teknologi pelapisan ganda sehingga tekstur warnya terasa sempurna.

Baca juga: Hadir Sebagai Smartphone Gaming Serta Super Kamera, Ini Spesifikasi Realme Narzo Harga 2 Jutaan

Realme meletakkan tombol daya di sisi kanan ponsel sementara pengaturan volume di sebelah kiri. Untuk bagian atas X50 Pro 5G, terdapat lubang microphone dan bagian bawah dibenamkan SIM tray, speaker dan port USB Type-C yang berfungsi dalam hal charging baterai. Dalam sekali lihat dan pegang, X50 Pro 5G memang serupa ketika Anda memegang Realme X3 SuperZoom atau seri Realme 6 yang harganya lebih murah.

Layar Sensor Sidik Jari yang Nyaman

Tampilan layar Realme X50 Pro 5G
© Prasetyo Herfianto/Gizmologi

Jika X3 SuperZoom yang rilis dua bulan lalu dijual lebih murah yakni sekitar Rp7 jutaan tapi sudah menggunakan layar 120Hz, Realme memilih layar 90Hz untuk X50 Pro 5G. Dengan panel Super AMOLED, resolusi X50 Pro 5G sudah full HD+ dan mendukung touch sampling rate 180Hz.

Terlindungi lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5, warna pada layar X50 Pro 5G benar-benar mampu memberikan kesan terang benderang lantaran dapat menyala hingga 1000 nits! Anda bisa memilih tiga mode tingkatan akurasi warna yakni Gentle (sRGB), Vivid (100% DCI-P3) dan Brilliant (rentang warna lebar). Hal ini membuat tampilan layar X50 Pro 5G begitu maksimal baik siang hari di luar ruangan atau malam hari, karena adanya mode perlindungan mata.

Sementara untuk transmisi animasi layar, X50 Pro 5G menawarkan opsi refresh rate 90Hz sehingga lebih halus dan cepat. Tak ingin konsumen kecewa, Realme memberikan peningkatan pada sensor sidik jari X50 Pro 5G baik dari segi keamanan atau tingkat akurasi pengenalan sidik jari dengan buka kunci G3.0. Sehingga ketika membaca sidik jari, sensor pengenal bakal mengeluarkan pendar cahaya berwarna putih.

Kamera dengan Segudang Fitur Istimewa

bodi belakang Realme X50 Pro 5G
© Smartprix

Sejak pertama kali dikenalkan, Realme memang mengusung diri sebagai pabrikan smartphone yang siap memenuhi generasi milenial dan Z. Kelompok usia muda ini jelas begitu identik dengan ponsel yang mempunyai kemampuan kamera mumpuni. Dan rupanya kebutuhan ini sangat dipenuhi oleh X50 Pro 5G.

Bahkan untuk posisi kamera belakang, Realme memberikan modul kamera yang tidak terlalu menonjol seperti layaknya ponsel-ponsel flagship pada umumnya, sehingga memberi kesan elegan. Modul kamera utama ini diletakkan dalam desain vertikal seperti ciri khas Realme. Dimana lensa kamera dipasang berurutan mulai 64MP (resolusi ultra-tinggi), 8MP (ultra wide-angle dan makro), 12MP (kamera tele) dan 2MP (kamera B&W portrait).

Baca juga: Bisa Foto 60x Zoom, Realme X3 SuperZoom Dijual Rp7 Jutaan

Kamera utama X50 Pro 5G diklaim mampu membuat resolusi dan kualitas gambar meningkat, sekalipun memotret dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Hal ini dikarenakan fitur Nightscape yang bisa otomatis berganti ke Ultra-Nightscape saat benar-benar gelap. Anda pun bisa mengatur mode wide-angle secara cepat dalam sekali sentuhan. Lantaran mempunyai lensa makro, X50 Pro 5G bisa memotret gambar sedekat 3cm.

Butuh untuk memperbesar obyek? Tenang saja. Lensa X50 Pro 5G memiliki kemampuan 2x Hybrid Optical Zoom yang bisa meningkat sampai 5x Optical Hybrid Zoom dan 20x Hybrid Zoom, lewat teknologi Smooth Zoom Technology. Sehingga hasil perbesaran saat memotret jauh lebih halus.

Kamera Ganda untuk Puaskan Kebutuhan Selfie

Untuk Anda yang doyan selfie, X50 Pro 5G jelas bisa memuaskan dahaga. Karena Realme meletakkan kamera depan ganda alias Dual In-display, pada desain layar dual punch-hole. Tak main-main, lensa selfie utama memiliki resolusi cukup tinggi yakni 32MP. Sementara lensa kedua, adalah kamera ultra wide-angle 8MP.

Kendati mungkin perekaman video maksimal kamera depan hanya 1080p 30fps, Realme memberikan fitur cukup lengkap seperti stabilisasi video UIS, kemampuan selfie slow motion hingga efek video bokeh real-time, seperti dilansir Gizmologi. Kamera depan X50 Pro 5G ini juga diperkaya dengan fitur Portrait Mode, Timelapse, AI Beauty, Face-Recognition, Portrait Nightscape, HDR hingga Filter yang pastinya memenuhi seluruh kebutuhan selfie atau live video media sosial.

Komponen Berkualitas, Performa Kelas Atas

bodi belakang Realme X50 Pro 5G © Future
© Future

Sebagai ponsel flagship, performa X50 Pro 5G bisa dibilang cukup di atas rata-rata sehingga memuaskan. Kehadiran chipset Snapdragon 865 buatan Qualcomm yang sudah berinti performa A77, X50 Pro 5G mampu mencapai clock speed 2.84GHz. Kendati kencang, tak perlu khawatir boros baterai karena Snapdragon 865 didesain hemat daya berkat AI Engine generasi kelima.

Pengguna bisa memainkan aplikasi dan game-game kelas berat dengan grafis tertinggi tanpa hambatan sama sekali dengan X50 Pro 5G, berkat komponen yang digunakan. Penggunaan RAM dengan teknologi terbaru LPDDR5, membuatnya dua kali lebih cepat daripada LPDDR4, seperti dilansir Selular. Sementara pada dapur ROM, Realme memasangkan dual-channel UFS 3.0 pada X50 Pro 5G yang dipadukan dengan teknologi Turbo Write serta HPB (Host Performance Booster), sehingga kecepatan tulis dan baca data begitu cepat.

Suka gaming atau menggunakan aplikasi dalam waktu lama? Tenang, X50 Pro 5G tak akan mudah panas karena keberadaan sistem pendingin khusus 5D Vapor Cooling Pro. Melalui sistem itu, X50 Pro 5G dibekali vapor chamber dan beberapa lapis grafit solid yang meng-cover seluruh area sumber panas pada ponsel. Bahkan menurut Realme, kinerja sistem pendingin khusus ini lebih baik 339% daripada generasi terdahulu.

Terakhir untuk baterai, X50 Pro 5G dibekali baterai cukup besar yakni 4200mAh. Tak cuma hemat energi, waktu pengisian daya baterai pun begitu cepat berkat 65W SuperDart Flash Charge. Karena fitur ini pula, Anda bisa mengisi penuh dua sel baterai 4200mAh dalam waktu 35 menit saja.

Hanya punya waktu 20 menit? tenang saja, 65W SuperDart Flash Charge akan membantu baterai X50 Pro 5G terisi daya 60%. Bagaimana saat charging sambil main game? 65W SuperDart Flash Charge masih bisa mengisi daya 57% dalam waktu 30 menit! Kok bisa X50 Pro 5G mengisi daya baterai dengan efektif? Ternyata berkat penggunaan semikonduktor canggih berupa GaN pada bagian adapter pengisi daya.

Baca juga: Rilis 24 Maret, Intip Spesifikasi Realme 6 dan 6 Pro: HP Kamera 64MP

Usung 5G, Cocok di Indonesia?

paket pembelian Realme X50 Pro 5G

Seperti namanya, X50 Pro 5G mampu mencapai teknologi 5G yang saat ini sudah banyak digunakan di berbagai negara. Sayangnya, di Indonesia sendiri jaringan 5G sepertinya masih belum dapat dinikmati. Dilansir Tempo, menurut ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), kemungkinan besar jaringan 5G baru masuk Tanah Air pada tahun 2022.

Meskipun begitu, sudah banyak operator seluler di Indonesia yang mencoba menerapkan jaringan 5G sejak 2017. Bahkan pada event olahraga akbar Asian Games 2018 lalu, beberapa titik di Jakarta sudah menguji coba penerapan 5G. Namun dalam perkembangannya, jaringan 5G lebih banyak digunakan di sektor industri, alih-alih konsumen komersial.

Ririek Adriansyah selaku Ketua Umum ATSI, sempat menjelaskan bahwa karakteristik konsumen di Indonesia berbeda dengan China atau Korea Selatan yang sudah menggunakan jaringan 5G secara komersial sejak 2019. Namun meskipun masih harus menanti lagi, membeli X50 Pro 5G membuat Anda sudah melakukan persiapan lebih awal, dengan perangkat yang berkualitas dan memuaskan.