Sang Jawara, Xiaomi Rilis Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia

Menyambut masa transisi ke new normal, sepertinya sudah banyak produsen smartphone yang mulai optimis dengan pasar di Indonesia. Ya, meskipun hingga Kamis (11/6) malam jumlah pasien positif Covid-19 masih sangatlah tinggi, bahkan hari Rabu (10/6) penambahannya memecahkan rekor lebih dari 1.000 kasus harian, faktanya berbagai sendi perekonomian sudah bakal berdenyut lagi.

Salah satu produsen smartphone yang tampaknya juga begitu semangat untuk meraih cuan kembali adalah Xiaomi. Raksasa elektronik Tiongkok yang berpusat di Beijing ini bahkan langsung mengusung dua andalan mereka, Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Tepat hari Selasa (9/6) kemarin, Xiaomi Indonesia mengumumkan perilisan dua smartphone unggulan mereka itu melalui siaran live streaming.

Baca juga: Murah Meriah, Xiaomi Jual Redmi 8A Pro Seharga Rp1,6 Juta

Dilansir Selular, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia berujar bahwa tagline yang digunakan untuk Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 adalah Para Jawara. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp2,4 juta untuk Redmi Note 9 dan Rp3,4 juta untuk Redmi Note 9 Pro, tentunya Xiaomi tak main-main dengan kedua produknya ini.

Bakal sekece apa sih kedua ponsel ini? Yuk kita bedah satu-persatu!

Xiaomi Redmi Note 9

tampilan belakang Xiaomi Redmi Note 9
© pocket-lint
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Layar: IPS LCD berukuran 6.53″ dengan resolusi 1080 x 2340 piksel
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Internal/RAM: 64GB/4GB, 128GB/6GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (depth), 2PM (macro)
  • Kamera Selfie: 13MP
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5020 mAh dengan fast charging 18W

Ponsel dengan Kamera 48MP Terbaik

tampilan depan Xiaomi Redmi Note 9
Liputan6.com/Agustinus M.Damar

Mengusung tiga keunggulan utama yakni Jawara Desain, Jawara Kamera dan Jawara Performa, Redmi Note 9 hadir dengan kekuatan penuh. Menjadi penerus dari Redmi Note 8, ponsel ini sudah mengusung Dot Display dengan lubang kamera sebesar 13MP di bagian depannya. Xiaomi bahkan cukup percaya diri menyebutkan kalau Redmi Note 9 adalah ponsel dengan kamera 48MP terbaik di kelasnya.

Fitur kameranya bahkan memiliki peningkatan di mana ada document scanner. Seperti namanya, kamera pada Redmi Note 9 memungkinkan siapapun bisa mengubah dokumen fisik menjadi digital dengan cara di-scan. Tentunya fitur ini akan mempermudah Anda yang membutuhkan salinan dokumen digital tanpa perlu repot-repot mencari mesin scanner.

Selain document scanner, empat kamera belakang Redmi Note 9 yang disusun persegi itu memiliki kemampuan bokeh background menggunakan sensor depth. Kemudian untuk mode makro memungkinkan pengguna bisa melakukan memotret auto-focus hingga 2 cm. Adanya potrait sinematik, kaleidoskop dan bingkai film jelas membuat kegiatan fotografi makin seru.

Untuk kamera selfie, Redmi Note 9 menawakan portrait mode, AI beautify, panorama selfies dan palm shutter. Tidak hanya menggunakan sensor pemindai sidik jari, keamanan Redmi Note 9 juga diperkuat dengan face unlock yang memanfaatkan kamera selfie 13MP.

Nyaman Juga Untuk Gaming

Xiaomi Redmi Note 9
Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk chipset, Xiaomi memasang Helio G85 dari MediaTek. Chipset ini termasuk baru karena pabrikan chip asal Taiwan itu baru memperkenalkannya pada awal Mei 2020. Sama seperti G70 dan G80, G85 dimanufaktur dengan proses fabrikasi 12nm yang ditujukan pada perangkat gaming kelas menengah. Namun meskipun begitu G85 lebih unggul dari sektor pengolahan grafis alias GPU.

Di mana Helio G85 menggunakan GPU ARM Mali-G52 yang mampu mencapai kecepatan 1 Ghz, lebih baik daripada G70 (820 Mhz) atau G80 (950 Mhz). Dengan fitur optimasi HyperEngine, Mali-G52 bisa meningkatkan performa sehingga Redmi Note 9 bakal sangat nyaman untuk gaming. Dipadukan dengan prosesor delapan inti yang mempunyai kecepatan 2.0 Ghz dan 1.8 Ghz, performa Redmi Note 9 jelas tak akan mengecewakan.

Ada dua varian RAM yang ditawarkan Xiaomi untuk Redmi Note 9 yang pastinya mempengaruhi harga. Di mana untuk RAM 4GB dan kapasitas memori internal 64GB, Xiaomi menjualnya mulai harga Rp2,4 juta. Sementara untuk varian RAM 6GB dan kapasitas internal 128GB, harga yang dibanderol mulai Rp2,8 juta. Dengan kisaran harga kurang dari Rp3 juta dan melihat spesifikasi yang ditawarkan, Redmi Note 9 jelas siap untuk menarik perhatian. Bahkan sekalipun tidak difokuskan untuk gaming, ponsel ini bakal bekerja melebihi harapan.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

tampilan depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro
© gadgetren.com
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Layar: IPS LCD berukuran 6.67″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Internal/RAM: 64GB/6GB, 128GB/6GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (depth), 5PM (macro)
  • Kamera Selfie: 16MP
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5020 mAh dengan fast charging 30W

Ponsel Jawara Kelas Flagship

tampilan belakang Xiaomi Redmi Note 9 Pro
© xda-developers.com

Saat melihat tampilan Redmi Note 9 Pro untuk pertama kali, tentu kesan yang bisa terasa langsung adalah layar yang sangat lega. Dengan ukuran 6.67″, ponsel ini menggunakan panel IPS LCD yang sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Sangat tangguh terhadap goresan. Kendati tidak ada refresh rate 90 Hz seperti sang kompetitor, Realme 6 Pro, layar Redmi Note 9 Pro sudah sangat memuaskan.

Meskipun keempat kamera di bagian bodi belakang sama-sama didesain persegi, sensor sidik jari Redmi Note 9 Pro dipindah ke sisi kanan. Sementara yang menemani quad-camera, ada LED flash di bagian bawahnya. Selain kamera utama yang memiliki resolusi 64MP, ada kamera sudut ultrawide 8MP 119 derajat FoV. Dibantu dua kamera lain, Redmi Note 9 Pro mampu memotret fotografi RAW dan Mode Malam yang sudah makin meningkat.

Lalu untuk kamera depan, Redmi Note 9 Pro ternyata memiliki kemampuan serupa iPhone 11 yakni mampu merekam video dalam gerak lambat alias slow motion. Oleh Xiaomi, kemampuan ini disebut sebagai Slow-mo-fie. Dalam software kameranya sendiri, Anda bisa mencoba smooth video zoom, penguncian titik fokus manual, perekaman video Pro dan 4K hingga Log mode.

Dirancang Khusus Untuk Gaming

Xiaomi Redmi Note 9 Pro untuk gaming
© redminoteseries.com

Dipatok memiliki harga lebih mahal, performa Redmi Note 9 Pro memang lebih unggul jika dibandingkan ‘saudaranya’. Kalau skor AnTuTu untuk Redmi Note 9 lebih dari 200 ribu, skor Redmi Note 9 Pro justru menembus 270 ribu. Bukan tanpa alasan karena Xiaomi mengusung Qualcomm Snapdragon 720G sebagai chipset dari produk unggulannya ini.

Baca juga: Redmi K30 Rilis di China Dengan Jaringan 5G, Kapan di Indonesia ?

Seperti yang diketahui, Snapdragon 720G adalah penerus dari Snapdragon 710 dan Snapdragon 712 SoC. Chipset yang dibuat dengan fabrikasi 8nm ini mempunyai delapan core yang disusun 2x Kryo 465 berbasis Cortex-A76 dan 6x Kryo 260 berbasis Cortex-A55. Melalui kode G, sudah dipastikan kalau chipset ini memang fokus pada kebutuhan gaming.

Ada banyak sekali fitur-fitur gaming unggulan dari Qualcomm yang ditawarkan Snapdragon 720G mulai dari game HDR, Qualcomm aptX Adaptive Audio, hingga kualitas grafis yang lebih halus. Demi mendekatkan diri pada komunitas gamer di Indonesia, Xiaomi bahkan bekerjasama dengan Bigetron, salah satu tim e-Sport asal Indonesia. Kerjasama ini semakin membuktikan jika Redmi Note 9 Pro adalah flagship terbaik untuk kebutuhan gaming.

Fitur Terbaru? NFC!

tampilan depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro (2)
© hugtechs.com

Selain memiliki keunggulan dalam kebutuhan gaming, Redmi Note 9 Pro hadir dengan berbagai kelebihan lain. Mulai dari bodi nano coating yang tahan percikan, headphone jack dan Remote IR, speaker yang 30% lebih keras dan 80% lebih ngebass, ponsel ini bahkan juga mempunyai fitur 2×2 MIMO WiFi serta Z-axis linear motor.

Namun dari semua kelebihan itu, ada satu fitur yang sudah bisa dipastikan membuat Anda harus membeli Redmi Note 9 Pro. Fitur itu adalah NFC alias Near Field Communication. Dalam kebutuhan mobile, NFC ini berfungsi sebagai alat sharing data jarak dekat. Dengan zaman yang makin digital, NFC bahkan bisa digunakan untuk berbagai hal.

Mulai dari koneksi ke perangkat lain tanpa perlu pairing bluetooth atau satu jalur internet, Anda tinggal menempelkan Redmi Note 9 Pro dengan perangkat lain yang sudah aktif fitur NFC. NFC juga bisa untuk mengirim data seperti berbagi kontak hingga kirim file, serta ke depannya, dimanfaatkan dalam sistem keamanan.

Baca juga: 4 Hp Redmi Seri Note Terbaik Saat ini, Spesifikasi dan Harga Update

Tetapi dalam kehidupan masa kini, NFC justru sangat berguna dalam pembayaran digital. Tak perlu lagi menggesek kartu kredit, mengeluarkan uang tunai dari dompet atau melakukan transfer terlebih dulu. Anda bisa tinggal menempelkan Redmi Note 9 Pro ke mesin NFC yang terhubung dengan sistem kasir. Dalam sekejap, barang yang Anda inginkan bakal langsung terbayar. Tertarik membeli? Xiaomi mematok Rp3,4 juta untuk varian RAM 6GB dan memori internal 64GB. Sedangkan untuk RAM 8GB dan memori internal 128GB, Redmi Note 9 Pro dijual mulai Rp3,9 juta.

Kesimpulan

Melihat berbagai keunggulan baik dari desain, kamera, performa hingga fitur, tak bisa dipungkiri kalau Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro adalah dua produk smartphone yang layak dipertimbangkan. Bagi Anda yang ingin ganti ponsel tapi tak perlu terlalu mahal, kedua produk ini amat sangat baik untuk dipilih. Kalau kebutuhan A