Rekomendasi Gadget dan Aksesoris Untuk Liburan Akhir Tahun

Libur akhir tahun telah tiba. Bagi Anda yang berencana melakukan mudik, traveling atau rencana liburan lainnya di akhir tahun, kali ini kita akan membahas gadget dan aksesoris yang cocok dibawa untuk menemani liburan.

Karena di era digital seperti saat ini kita tidak bisa bisa lepas dari teknologi. Selam teknologi tidak mengurangi kebahagiaan saat liburan dan malah men-supportnya, kenapa tidak Anda membawa barang-barang ini selama liburan?

Walaupun liburan kali ini agak berbeda karena adanya covid 19, tapi bukan berarti kita tidak bisa sama sekali melepas penat sejenak dari pekerjaan/rutinitas sehari-hari dalam rangka memulihkan kembali energi.

Berlibur juga penting untuk kesehatan mental, apalagi tahun 2020 ini menjadi tahun yang luar biasa berdinamika untuk banyak orang. Namun tentunya liburan kali ini kita harus tetap berhati-hati dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku ya.

Apa saja gadget dan aksesoris yang biasanya di bawa saat liburan? Langsung saja kita bahas satu persatu!

1. Tas Khusus Gadget

tas khusus gadget

Selain membawa koper untuk baju ataupun peralatan lain, Anda bisa membawa tas khusus gadget. Kenapa bukan tas biasa?

Karena tas khusus gadget ini bisa membuat gadget Anda lebih aman dan juga memudahkan Anda saat ingin menggunakannya.

Karena biasanya terbuat dari lapisan yang sulit di tembus air, sehingga gadget Anda tidak langsung terkena air dengan mudah jika tidak sengaja tersiram air.

Selain itu, tas khusus gadget juga menyediakan bantalan empuk untuk menyimpan laptop/ tablet. Bahkan ada juga yang punya port USB di luar yang dihubungkan dengna powerbank di dalam tas. Sehingga Anda bisa menge-cas smartphone/tablet dari luar apabila sedang menggunakannya.

Tas khusus gadget ini tidak mahal kok. Harganya standart seperti tas pada umumnya, yang membedakan hanya kualitasnya saja. Berikut beberapa tas khusus gadget bisa menjadi rekomendasi tas khusus gadget!

  • Tas Armagedon Shield 3 (Harga Rp. 250.000)
  • Tas DXYIZU (Rp. 239.000)
  • Tas Aoking (Rp. 255.000)

Sebanrnya masih banyak tas-tas khusus gadget yang lebih murah yakni di bawah Rp. 150.000. Anda hanya perlu mencarinya di marketplace favorit Anda.

Namun jika Anda ingin tas gadget yang lebih simple dan kecil bisa juga membeli tas pocket yang bisa di masukan kedalam ransel Anda.

2. Smartphone Baterai Jumbo dan Support NFC

Selanjutnya, tentu saja kita perlu membawa smartphone. Karena kini smartphone sudah bisa menjadi pusat segala hal di sepanjang perjalanan Anda.

Bukan hanya untuk telepon atau chat, tapi juga bisa menunjukan arah dengan google maps, mencari informasi seputar tempat atau apapun, melakukan pembayaran dll.

Jadi sebaiknya Anda membawa smartphone yang memiliki kapasitas dan kualitas baterai yang bagus. Sehingga Anda tidak perlu bolak-balik untuk charging hp. Jika Anda juga sedang mencari hp yang memiliki baterai jumbo, mungkin Anda bisa mempertimbangkan beberapa brand dan tipe smartphone di bawah ini.

  • Redmi 8A, baterai 5000 mAh (Rp. 1,3 juta)
  • Redmi 9 baterai 5020 mAh (Rp. 1,75 juta)
  • Samsung M51 7000 mAh (Rp 5,1 juta)

Selain baterai yang besar, carilah smartphone yang sudah support NFC terutama jika liburan Anda perlu melakukan perjalanan lewat tol.

NFC ini berguna untuk mengisi ulang dan melihat saldo e-money langsung dari smartphone. Selanjutnya install-lah beberapa aplikasi yang bisa menghempaskan kebosanan saat di perjalanan.

Misalnya jika Anda suka bermain games, menonton video youtube atau bisa juga mendownload e-book.

3. TWS Earphone

gadget liburan TWS Earphone

Salah satu aksesoris yang wajib di bawa saat liburan adalah earphone. Namun, ada baiknya jika Anda membawa TWS earphone supaya Anda tidak ribet dengan kabel.

Tapi karena TWS earphone sendiri perlu menggunakan daya, sebaiknya Anda memilih TWS yang memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Sehingga Anda tidak perlu repot mengecasnya berulang kali.

Pilih juga TWS yang memiliki kualitas suara yang baik agar perjalanan Anda semakin sempurna. Inilah beberapa rekomendasi TWS earphone yang cukup tahan lama dan punya kualitas suara yang jernih.

  • Creative Outlier Air (Rp. 1,1 juta)
  • Jabra Elite 65 T (Rp. 1,8 juta)

Sebenarnya harga TWS saat ini bermacam-macam. Ada yang cukup mahal, hingga yang paling murah sekitar Rp. 40 ribuan saja. Semuanya tergantung kebutuhan Anda karena ada harga ada kualitas tentunya.

4. Powerbank

Aksesoris selanjutnya yang penting untuk di bawa saat liburan adalah powerbank. Kapasitas penampungan daya powerbank bermacam-macam. Mulai dari 5000 mAh, 10000 mAh dan seterusnya. Harganya pun bervariasi, tergantung kualitas dan kapasitas powerbanknya.

Jika Anda hendak berlibur, sebaiknya menyiapkan powerbank dengan kapasitas yang cukup untuk kebutuhan gadget harian Anda.

Selain itu, saat ini keunggulan teknologi charging bukan hanya berbicara tentang kapasitas daya yang besar tapi juga tentang kecepatan pengecasan.

JIka smartphone Anda sudah support fitur fast charging, lebih baik lagi jika Anda membawa powerbank yang sudah mendukung fitur quick charge atau power delivery. Sehingga Anda bisa lebih cepat mengisi daya hp Anda.

Saat ini ada banyak sekali brand yang telah menciptakan powerbank dengan fitur tersebut dengan kapasitas yang beragam. Diantaranya :

  • Fomee AD10I 10.000 mAh (Rp. 200 ribu)
  • Acmic Q10 Pro 10.000 mAh (Rp. 165 ribu)
  • Vivan VPB-F10S 10.000 mAh (Rp. 155 ribu)
  • Anker A1266 10.000 mAh (Rp. 289 ribu)

Sebagai informasi, untuk Anda yang hendak naik pesawat sebaiknya membawa powerbank dengan kapasitas maksimal 10.000 mAh saja.

Karena powerbank berkapasitas 20.000 mAh keatas perlu mendapat persetujuan dari maskapai dan cenderung tidak di izinkan untuk di bawa.

5. Terminal Listrik T dan Travel Adaptor

Masih berhubungan dengan pengisian daya, sebenarnya termimal listrik ini opsional saja. Namun seringkali berguna terutama jika Anda menggunakan kereta. Jadi jika penumpang lain sedang menggunakan stop kontak di saat baterai gadget Anda habis, Anda tetap bisa men-charge dengan mudah.

Bentuk dan jumlah socket terminal listrik juga bermacam-macam. Sebaiknya pilih terminal listrik berbentuk T yang mudah di bawa kemana-mana dan mudah di masukan ke dalam tas. Dengan begitu Anda tidak perlu tunggu menunggu untuk charging gadget dengan penumpang lain.

Selain itu, jika Anda hendak pergi keluar negri ada baiknya jika Anda membawa travel adaptor. Karena bentuk stop kontak di luar negeri biasanya berbeda dengan di Indonesia.

Travel adaptor ini sangat berguna untuk Anda manakala baterai gadget habis. Untuk rekomendasi travel adaptor Anda bisa membeli Sniper Powerboom seharga Rp. 200 ribu yang punya berbagai socket standart luar negeri.

6. Gimbal

Bagi Anda yang senang merekam video saat perjalanan maupun di tempat liburan di rekomendasikan untuk membawa gimbal (smartphone stabilizer).

Gimbal ini membantu Anda merekam dengan lebih mudah. Ada bermacam jenis gimbal yang ada di pasaran, sebaiknya Anda pilih yang portable agar lebih simple di bawa kemana-mana.

Selain itu, hasil perekaman video menggunakan dan tanpa menggunakan gimbal sangat berbeda. Anda bisa menghasilkan kualitas video yang lebih stabil, jelas dan smooth.

Jika Anda tertarik membeli gimbal, berikut beberapa rekomendasi gimbal portable yang cocok di bawa traveling!

  • Moza mini S (Rp. 900 ribu)
  • Feiyu Vimble (Rp. 950 ribu)
  • Moza mini MI (Rp. 1 juta)
  • Zhiyun Smooth 4 (Rp. 1,2 juta)

7. Dashcam

dashcam mobil

Bagi Anda yang hendak dengan menggunakan mobil, penting sekali memasang dashcam di mobil Anda untuk mendokumentasikan perjalanan jarak jauh.

Dashcam ini sebenarnya bukan hanya berfungsi untuk mengabadikan momen perjalanan, melainkan untuk proteksi. Dashcam dapat merekam kejadian jika seandainya terjadi kecelakaan.

Anda tinggal memutar rekaman video dari dashcam sehingga Anda bisa melihat dengan lebih jelas apa yang sebenarnya terjadi. Jadi jika terjadi kecelakan, pelaku pelanggaran bisa di tindak lanjuti dengan melihat rekamanan.

Baca juga : Brand Baru di Indonesia, Tecno Spark 6 Go Dibanderol Rp1,2 Jutaan

Selain itu, Anda juga bisa memantau barang bawaan di dalam mobil jika seandainya dalam perjalanan Anda meninggalkan mobil sebentar. Harga dashcam mulai dari Rp. 500 ribuan.

8. Drink & Smartphone Holder

Masih untuk Anda yang berpergian menggunakan mobil, sebaiknya Anda juga menyiapkan drink & smartphone holder.

Dengan begitu Anda bisa nyaman melihat layar smartphone saat diperluka. Seperti melihat maps atau notifikasi penting lain selama di perjalanan tanpa mengganggu konsentrasi menyetir.

Saat di perjalanan, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik. Supaya tetap bisa mnejaga konsekntrasi dan aman saat menyetir.

Baca juga : Ini Dia, 5 Smartwatch Favorit 2020

Jadi pilihlah smartphone holder yang juga memiliki spot drink holder secara bersamaan. Jadi Anda tidak perlu kesulitamlagi menggapai minuman saat menyetir mobil. Untuk membelinya, Anda bisa mencari lewat marketplace seperti shopee.

9. Modem Portable

Barang wajib selanjutnya ini khusus untuk Anda yang menggunakan modem portable untuk konetivitas internet di gadget Anda.

Namun jika Anda menggunakan data selular bisa skip poin ke enam ini. Modem mobile ini wajib Anda bawa saat liburan karena untuk bisa berfungsi maksimal, gadget kita tentu memerlukan internet.

Jika Anda tertarik menggunakan modem mobile, berikut adalah rekomendasi modem mobile berkualitas yang banyak dicari!

  • Huawei E5576 (Rp 640 ribu)
  • Bolt Aquila slim/max (Rp 160 ribu)
  • Bolt Juno (Rp 330 ribbu)
  • Movimax MV007 (Rp 600 ribu)

10. Pompa Portable

pompa portable

Selain powerbank dan modem portable saja, ternyata ada juga pompa mobil portable. Pompa ini berguna untuk Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan mobil jika sewaktu-waktu ban mobil Anda ternyata butuh di pompa dan tidak menemukan tukang pompa di pinggir jalan dan kondisi badan sedang lelah. Anda tidak perlu mengeluarkan energi terlalu besar dan bentuknya yang kecil bisa menghemat space.

Baca juga : Ini dia! Alasan RAM 1 GB iPhone Lebih Kencang Dari 4 GB Android

Ada beberapa rekomendasi pompa mobil portable yang bisa di jadikan opsi untuk Anda beli, seperti :

  • Mijia Pompa Electric dari Xiaomi (Rp 415 ribu)
  • Baseus Energy Inflator (Rp 690 ribu)

Bagaimana, tertarik membelinya?

Penutup

Itulah beberapa gadget dan aksesoris yang di rekomendasikan untuk di bawa saat liburan. Selain barang-barang diatas, jangan lupa membawa port-port yang diperlukan untuk membaca data dari gadget saat di perlukan. Gadget maupun aksesoris diatas bisa membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan dan lebih nyaman. Tapi pada liburan kali ini jangan lupa untuk tetap menjaga jarak, dan kesehatan Anda dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.